Jenis Tanaman Buah di Pot Yang Cepat Berbuah

Dibuat oleh blogunik

Sedih rasanya, ketika kita ingin menanam buah-buahan di rumah tapi melihat kenyataan lahan dirumah tidak mencukupi. Tak perlu bersedih lagi karena meskipun kita memiliki halaman yang kecil atau sama sekali tidak memiliki taman dirumah kita masih bisa berkebun lho. Solusi yang tepat untuk mengatasinya yaitu dengan menaman buah-buahan tersebut di dalam sebuah pot.

Selama ini mungkin kamu hanya melihat tanaman hias saja yang dapat ditanam dipot, tapi tahukah kamu ternyata buah-buahan juga dapat kita tanam dengan menggunakan pot. Tapi yang harus diperhatikan, tidak semua jenis buah-buahan cocok ditanam di pot. Nah, berikut ini beberapa jenis tanaman buah yang dapat berbuah meskipun hanya di tanam disebuah pot.

1. Apel

Jenis Tanaman Buah Di Pot

photo via plantinstructions.com

Buat yang suka dengan buah apel, ini bisa jadi kabar gembira lho ternyata apel bisa ditanam di pot lho. Tapi yang harus kamu perhatikan ketika menanamnya yaitu gunakan pot sebesar, usahakan ukuran potnya memiliki lebar 45 cm – 50 cm. Selain pot peletakannya juga di perhitungkan, pohon apel memerlukan sinar matahari langsung kurang lebih selama enam jam.

Tanaman apel diketahui harus ditanam berpasangan agar berbuah karena pohon apel sendiri tidak dapat melakukan penyerbukan sendiri. Maka dari itu dibutuhkan dua pohon yang berbeda untuk melakukan penyerbukannya.

2. Aprikot

Jenis Tanaman Buah Di Pot

photo via havlis.cz

Buah satu ini mungkin jarang sekali dijual di Indonesia, namun kehadirannya sangat dinantikan para penikmatnya. Dari pada pusing mencari keberadaan buah ini, bukankah lebih baik menamannya sendiri? Tanaman buah ini ternyata dapat ditanam di dalam pot lho. Tanaman ini juga dapat melakukan menyerbukan sendiri sehingga cukup hanya menanam satu pohon saja kamu sudah bisa mendapatkan buahnya, mudah bukan?

Tanaman aprikot juga menyukai sinar matahari, namun bisa hidup juga di dalam suhu yang dingin. Untuk media tanamnya bisa menggunakan media tanam berupa campuran humus dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Cara merawatnya juga gampang cukup menyiramnya setiap dua kali sehari dan pemberian pupuk setiap sebulan sekali menggunakan pupuk NPK.

3. Blueberry

Jenis Tanaman Buah Di Pot

photo via dobies.co.uk

Next ada buah blueberry, blueberry menjadi salah satu tanaman yang memiliki umur panjang dan pertumbuhannya juga tergolong cepat. Ukuran tanaman ini juga terus akan membesar, tapi jangan khawatir karena tanaman blueberry ini juga bisa ditanam di dalam pot yang lebih kecil kok. Sediakan pot yang ukurannya sekitar 50 cm dengan kedalaman yang mencapai 45 cm.

Media tanam yang cocok digunakan untuk blueberry ini yaitu cocopeat atau kompos. Pot blueberry ini lebih baik diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung agar cepat berbuah.

Tapi yang perlu kamu perhatikan dari si blueberry ini yaitu buah blueberry ini membutuhkan teman. Sehingga diperlukan dua tanaman blueberry dari dua varietas berbeda untuk penyerbukan silang. Letakkan teman-teman blueberry ini dengan jarak yang berdekatan. Buah blueberry ini juga sangat disukai burung jadi lindungi tanaman blueberry ini dengan memberikan jaring burung di sekeliling tanaman atau membungkus tanaman dengan plastik.

4. Delima

Jenis Tanaman Buah Di Pot

photo via pinterest.com

Jenis tanaman buah di pot yang cepat berbuah selanjutnya yaitu delima, delima memiliki sistem perakaran yang lebih pendek dibandingkan buah-buahan lainnya sehingga buah ini akan cepat tumbuh dalam pot. Buah ini juga dikenal dengan rasanya yang khas dan unik, menariknya lagi buah ini dikenal dengan kandungan antioksidan tinggi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Tanaman ini sangat mudah dirawat, cukup menyiramnya 2 – 3 kali seminggu dan letakkan dibawah sinar matahari saja. Nanti buahnya bisa kamu nikmati kurang dari dua bulan saja. Tertarik untuk mencobanya?

5. Jambu Air

Jenis Tanaman Buah Di Pot

photo via carousell.ph

Buah satu ini sangat banyak digemari orang-orang karena memiliki kandungan air yang cukup banyak sehingga cocok sekali dinikmati ketika cuaca sedang panas-panasnya. Jambu biji ini tergolong tanaman buah yang cepat panen di dalam pot. Untuk menaman disarankan dari bibit yang sudah dicangkok dari induk yang sudah berbuah.

Usahakan umur bibitnya kurang lebih 2 – 3 bulan karena akan lebih mudah tumbuh dalam media pot. Jangan lupa lakukan pentiraman setidaknya 2 kali sehari serta pemupukan setiap 1 bulan sekali. Tak bisa dipungkiti terkadang buah jambu air terserang hama dan penyakit. Untuk melindunginya sebaiknya lakukan pembungkusan buah, kalian bisa menggunakan plastik bening untuk membungkusnya.

6. Jambu Biji

Jenis Tanaman Buah Di Pot

photo via balconygardenweb.com

Pada umumnya jambu biji ini banyak ditanam di area perkarangan rumah saja, tapi tahukah kamu jika jambu biji ini juga dapat ditanam dalam pot lho. Buah ini termasuk ke dalam buah tropis sehingga disarankan diletakkan di area yang hangat dan terkena sinar matahari langsung.

Untuk menanam buah ini, kamu hanya perlu menanam bibitnya yang dihasilkan dari proses okulasi selama kurang lebih 4 bulan pada pot berukuran medium. Yang perlu diperhatikan ketika menanam jambu biji ini, karena akar serta batangnya cukup panjang dan tebal pastikan jika pot yang digunakan cukup kuat untuk menahan beban dari pohon.

Tahukah kamu? Buah jambu biji ini tidak hanya memiliki rasa yang lezat saja, namun juga memiliki bunga yang beraroma manis. Yuk buruan tanam di rumah!

7. Jeruk Nipis

Jenis Tanaman Buah Di Pot

photo via stbalia.ac.id

Para ibu-ibu pastinya ingin memiliki tanaman buah satu ini di perkarangan rumahnya yaitu jeruk nipis. Selain dapat digunakan sebagai bumbu dapur, tanaman ini juga dapat digunakan sebagai obat tradisional. Buat yang ingin memiliki tanaman ini, kalian bisa menanamnya dengan hanya menggunakan pot saja.

Untuk mendapatkan jeruk nipis yang berkualitas dan cepat berbuah, jangan lupa untuk melakukan penyiraman setiap sore. Serta jangan lupa lakukan pemupukan dan pembersihan tangkai jeruk nipis secara rutin karena tanaman ini lebih rentan terhadap hama.

8. Lemon

Jenis Tanaman Buah Di Pot

photo via marthastewart.com

Buah berwarna kuning ini memiliki aroma yang menyegarkan dan biasanya digunakan sebagai penyedap dan penyegar dalam masakan. Pohonnya berukuran sedang ini dapat mencapai 6 meter, meskipun begitu tanaman ini dapat juga ditanam dalam sebuah pot. Lemon ini tumbuh dengan baik di daerah yang beriklim tropis dan sub-tropis, namun tidak akan bertahan dalam cuaca yang dingin.

Pemilihan pot untuk menaman lemon ini juga perlu kamu perhatikan, akan lebih baik jika menggunakan pot yang terbuat dari tanah liat karena berpori dan bisa mengeluarkan air dari sisi-sisinya karena tanaman lemon tidak baik jika terendam air. Pastikan jika tanaman lemon ini terkena sinar matahari langsung dan terlindungi dari angin yang kencang.

Karena kamu menanamnya menggunakan pot, pastikan untuk memangkas pohon secara teratur agar ukurannya tetap kecil dan mudah untuk dipanen.

9. Melon Oranye

Jenis Tanaman Buah Di Pot

photo via kampustani.com

Melon kuning memiliki buah yang terbilang cukup besar dan tanamannya pun merambat sehingga jika dipikirkan sangat mustahil dapat di tanam dirumah. Untuk mengakali hal ini kamu bisa menyediakan teralis atau batang untuk menyangga buah dan menjadi tempat merambatnya pohon.

Agar melon dapat tumbuh dengan baik dan sehat gunakan media tanam dengan campuran tanah, pupuk kandang, arang sekam dengan perbandingan 1:2:3. Beri juga pupuk agar pertumbuhan melon lebih optimal.

Pemilihan buah sebaiknya dipilih antara cabang ke 7 dan 12, kamu bisa memangkas cabang lain supaya pertumbuhannya bisa optimal. Atau bisa juga kamu memangkas cabang yang muncul pada ketiak daun pertama hingga ke 8 dan biarkan daun ke 9 hingga 13 supaya buah bisa tumbuh.

10. Nanas

Jenis Tanaman Buah Di Pot

photo via pinterest.com

Dibandingkan dengan buah-buahan lainnya, nanas tergolong memiliki akar yang dangkal sehingga dapat ditanam dalam pot. Potonglah mahkota nanas, kemudian rendam dalam air selama 1 – 2 hari. Lalu tanam di pot dan letakkan dibawah sinar matahari.

Untuk memaksimalkan hasil pembuahan, proses penyiraman pun sangat dibutuhkan setidaknya siram tanaman nanas sebanyak 2 minggu sekali pada waktu pagi dan sore hari. Tanaman ini juga perlu perawatan untuk mengantisipasi gulma yang dapat memicu timbulnya serangan hama dan penyakit. Maka dari itu lakukan penyiangan guna membersihkan rumput atau tanaman pengganggu disekitar pot. Jangan lupa lakukan penggemburan tanah untuk memperbaiki serta menjaga struktur tanah.

11. Pisang

Jenis Tanaman Buah Di Pot

photo via tamaninspirasi.com

Pisang merupakan salah satu jenis tanaman buah yang ternyata dapat kita tanamn di pot lho, padahal jika dipikirkan sangat mustahil ditanam di sebuah pot. Cara menaman pohon pisang dalam pot ini cukup mudah, kamu hanya memerlukan pot besar dengan lubang-lubang untuk mengeluarkan air sehingga pohon pisang tidak terendam air.

Karena termasuk tanaman tropis, pohon pisang ini memerlukan sinar matahari yang cukup. Tanaman pisang ini juga termasuk tanaman menahun sehingga kamu cukup menanamnya sekali saja dan tara….pohon pisang pun tumbuh dengan baik di rumah. Pohon pisang di dalam pot ini juga dapat memberikan nuansa tropis pada rumah lho.

12. Persik

Jenis Tanaman Buah Di Pot

photo via fast-growing-trees.com

Buah ini terbilang cukup jarang di Indonesia, buah persik ini berasal dari Tiongkok. Buahnya mirip sekali dengan apel tapi ketika dipotong buah persik memiliki warna daging yang berbeda. Buah ini memiliki daging buah berwarna kuning dan beraroma harum, rasanya pun manis dengan tekstur daging renyah.

Buah persik ini akan tumbuh dengan baik di daerah dataran rendah dengan iklim tropis. Ketinggian tanaman ini jika di habitat aslinya bisa mencapai 4 hingga 10 meter. Namun jika kamu berminat menanamnya, kamu bisa menggunakan pot sebagai tempatnya.

Pastikan jika tanaman memiliki sistem drainase yang abik agar tanaman tidak tergenang air karena dapat menyebabkan tanaman tidak tumbuh dengan baik atau mati. Untuk mendukung pertumbuhannya pastika jika tanaman ini terkena sinar matahari setiap harinya.

13. Raspberry

Jenis Tanaman Buah Di Pot

photo via andorra.desertcart.com

Selanjutnya ada rasberry, buah ini masih satu keluarga dengan blackberry dan blueberry. Ukuran buahnya kecil-kecil dan pada bagian tengahnya terdapat sebuah rongga. Rasberry memiliki rasa yang sangat manis dengan sedikit rasa masam yang khas.

Tanaman buah ini akan sangat baik tumbuh di tempat yang memiliki musim dingin dan musim semi yang dingin. Buahnya bisa kamu panen ketika sudah berubag warna menjadi merah.

14. Stroberi

Jenis Tanaman Buah Di Pot

photo via gardenersdream.co.uk

Buah berwarna merah ini sangat cocok ditanam dengan pot karena tumbuhan ini termasuk tumbuhan menahun sehingga kamu hanya perlu menanamnya sekali saja. Meskipun hanya ditanam dalam pot, stroberi akan cepat tumbuh dan berbuah. Stroberi sendiri dapat dipanen dua kali setahun.

Tempat penanam buah stroberi ini akan lebih baik dengan sistem drainase yang baik agar tanaman tidak busuk. Setidaknya sediakan pot dengan ukuran 45 cm dengan kedalaman minimal 10 cm untuk menenam 10 – 12 pohon stroberi.

Stroberi akan tumbuh dengan sehat jika pohonnya terkena sinar matahari langsung dan atur agar mahkota stroberi rata dengan permukaan kompos.

15. Semangka

Jenis Tanaman Buah Di Pot

photo via balconygardenweb.com

Di musim panas, buah ini menjadi banyak incaran orang-orang karena memiliki kandungan air yang cukup banyak. Tanaman semangka ini juga dapat kita tanam dalam sebuah pot, bahkan potnya dapat kita letakkan di dalam atau diluar ruangan. Pastikan saja jika tanaman ini terkena sinar matahari setiap hari dan sering disiram.

Pada umumnya semangka tumbuh menjalar, nah karena kalian menggunakan pot setidaknya tumbuhan semangka ini tidak akan memenuhi taman dirumah.

16. Srikaya

Jenis Tanaman Buah Di Pot

photo via panduanbertanam.blogspot.com

Srikaya merupakan tanaman yang berasal dari daerah tropis, buah ini berbentuk bulat dengan kulit bermata banyak. Daging buahnya berwarna putih dan pohonnya bisa mencapai ketinggian 8 meter. Tanaman ini dapat ditanam di pot jika dilakukan pemangkasan dan perawatan yang baik. Selain itu, tanaman srikaya ini juga sangat mudah beradaptasi dengan baik dengan aneka kondisi tanah dan iklim.

17. Tomat

Jenis Tanaman Buah Di Pot

photo via coolings.co.uk

Tanaman tomat ini sangat cepat sekali di panen meskipun hanya ditanam disebuah pot. Jika ditanam di pot pastikan tomat diberi penyangga karena buahnya cukup berat. Selain itu dengan memperian penyangga, umur tumbuhan juga menjadi lebih lama karena lebih kuat.

Tanaman tomat ini juga memiliki tantangan sendiri dimana tanaman ini dapat terserang hama atau penyakit yang mengganggu. Tapi dengan pemberian air dan pupuk yang tepat serta menjaga buah dan bagian tanaman tidak menyentuh tanah, biasanya masakah tersebut dapat diatasi.

18. Jeruk Santang

Jenis Tanaman Buah Di Pot

photo via shopee.co.id

Tanaman jeruk pada umumnya dibudidayakan dilahan atau kebun yang luas. Tapi buat yang memiliki lahan terbatas jeruk santang ini dapat ditanam dengan menggunakan pot. Jeruk santang ini akan lebih cepat berbuah ketika berumur 1 – 2 tahun.

Perawatan dari tanaman ini terbilang cukup mudah ketika musim kemarau lakukan penyiraman setia 2 – 3 hari sekali disesuaikan dengan kondisi kelembapan media tanam. Jangan lupa berikan pupuk secara rutin setiap sebulan sekali dengan menggunakan pupuk NPK (16-16-16). Agar terbebas dari hama, kalian bisa menggunakan insektisida. Sebagian hama biasanya datang saat tumbuh tunas baru dan saat bunga mekar hingga buah menjelang tua.

 

 

Itulah beberapa jenis tanaman buah di pot yang cepat berbuah. Buah-buahan tidak mesti ditanam di lahan yang besar, contohnya seperti diatas. Hanya dengan menggunakan pot saja kamu sudah bisa memiliki beragam buah yang enak-enak. Ingin mencoba menanamnya?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *