Tanaman Hias Beracun dan Berbahaya Yang Wajib Kalian Ketahui

2 tahun lalu

Tanaman hias merupakan tanaman yang memang sengaja di budidayakan atau ditanam karena memiliki daya tarik tersendiri dan untuk menghias pada suatu halaman atau taman agar telihat lebih indah. Tanaman hias tersebut memiliki banyak kategori seperti tanaman hias bunga, tanaman hias indoor, tanaman hias outdoor, tanaman hias daun. Bahkan tanaman hiaspun ada yang beracun, tanaman tersebut terlihat indah namun dibalik semua itu terdpat zat atau cairan yang bisa menyebabkan seseorang keracunan bahkan bisa sampai meninggal. Berikut ini tanaman hias beracun :

1. Nerium Oleander

Nerium Oleander merupakan nama latin dari tanaman hias oleander atau di Indonesia biasanya disebut bunga jepun atau bunga mendega. Kata Oleander berasal dari bahasa latin kata Olea yang mempunyai arti minyak atau oil. Tanaman ini dikenal sebagai tanaman yang mampu memproduksi minyak yang dapat memenuhi lahan sekitarnya. Namun tanaman ini beracun dari bunga, buahnya hingga rantingnya, walaupun terlihat indah. Tanaman ini memiliki zat sejenis rosagenin, nerioside, saponins, oleandroside dan cardiac glycoside. Dimana zat ini mampu mengakibatkan denyut jantung menjadi lambat dan bisa mengakibatkan gagal jantung. Walapun zat beracun ini ada pada setiap bagian tanaman, akan tetapi biasanya racun tersebut lebih terkonsentrasi pada bagian getah tanaman ini yang berwarna putih seperti susu. Jika getah ini mengenai kulit anda, bisa menyebabkan kulit mati rasa.

 

2. Daun Sri Rejeki


Tanaman ini sangat umum sekali tumbuh di Indonesia dan menjadi tanaman hias hampir setiap rumah. Tanaman yang memiliki lnama latin dieffenbachia ini, memiliki racun pada bagian seluruh tubuhnya mulai dari daun hingga batangnya. Meskipun terdapat racun, tanaman ini masih bisa dijadikan tanaman hias dirumah. Hanya saja jauhkan dari jangkauan anak-anak, tanaman ini racunnya terdapat di getahnya. Getah tersebut ada disetiap daun dan batangnya, jika terkena getahnya bisa menyebabkan gatal-gatal, kejang-kejang dan bahkan jika sampai terkena ke kerongkongan bisa menggangu saluran pernafasan yang akan berakibat fatal. Getah dari tanaman ini memiliki kandungan kristal kalsium oksalat di dalam sitoplasma sel yang disebut dengan rafida bentuknya seperti jarum.

 

3. Bunga Kecubung atau Terompet


Tanaman ini tingginya bisa mencapai 2-4 m ini memiliki bunga yang sangat indah dan cantik. Tetapi, bunga ini ternyata terdapat zat beracun. Racun tersebut berupa “memabukkan”, di dalam bunga ini terkandung alkaloid, atropine dan beberapa zat lainnya yang bisa menyebabkan halusinasi. Efek yang didapatkan oleh bunga ini tidak jauh berbeda dengan jenis obat terlarang. Jika seseorang yang memakannya, dia akan merasakan kegembiraan yang berlebihan. Dan apabila dilanjutkan, kesadaran orang tersebut bisa hilang dan bisa berujung pada kematian.

 

4. Bunga Daphne


Bunga Daphne dikenal juga dengan nama Lady Laurel atau tanaman surga. Meskipun bunga ini terlihat cantik, ternyata seluruh bagian dari bunga ini beracun. Dan yang paling beracun berpusat pada getah dan buahnya. Tanaman ini mengandung daphnin dan mezerine, kedua zat tersebut sangatlah kuat yang bisa menyebabkan kepala terasa sakit, diare, sakit perut dan kegilaan. Apabila ada yang memakannya secara berlebihan, bisa menyebabkan koma bahkan sampai kematian.

Baca Juga Foto Unik Hewan-hewan Lucu Berlindung Dari Hujan

Baca Juga Hewan Peliharaan Paling Kaya Di Dunia

Baca Juga Spesies Ayam Langka Yang Belum Kalian Ketahui

 

5. Arrowhead plants


Arrowhead plants adalah tanaman yang berbentuk panjang dengan daun yang berbentuk hati yang terlihat sangat indah, bagus untuk menghiasi rumah. Tanaman ini terlihat indah dan untuk merawatnya cukup mudah, banyak orang yang menanam tanaman ini diperkarangan rumahnya tanpa mengetahui ternyta tanaman ini memiliki racun. Racun yang terkandung di dalam tanaman ini sangat rentan terhadap manusia dan hewan. Terutama pada bagian getahnya yang mengandung kristal oksalat yang cukup beracun.

Baca Juga