12 Tanaman Hias Termahal Selain Janda Bolong, Ada Yang Milyaran Lho!

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Janda bolong bukan satu-satunya tanaman hias termahal lho! Masih banyak tanaman hias lainnya yang dibandrol dengan harga selangit. Penasaran? Yuk cek daftarnya berikut ini!

Selain tabulampot, penggemar tanaman hias juga semakin meningkat. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, mulai banyak orang yang berburu dan mengoleksi tanaman hias sebagai hobi baru. Salah satu jenis tanaman hias yang populer adalah tanaman janda bolong atau mostera. Tanaman ini sedang diganderungi masyarakat karena dapat menjadi dekorasi ruangan bergaya minimalis atau skandinavia karena bentuknya yang dinilai sangat estetik.

Namun nggak semua orang bisa memiliki tanaman hias satu ini, pasalnya janda bolong alias mostera ini merupakan tanaman hias yang perkembangbiakannya tergolong lambat sehingga membuat tanaman ini sangat langka.

Nah kelangkaannya inilah yang membuat janda bolong menjadi salah satu tanaman hias termahal bahkan hanya para sultan yang disebut dapat memilikinya. Satu pot tanaman hias yang memiliki nama ilmiah Monstera Adansonii ini bahkan bisa terjual dengan harga Rp 95 juta hingga Rp 100 juta. Sangat fantastis bukan?

Tapi ternyata tanaman hias janda bolong bukan satu-satunya yang termahal lho! Karena masih ada banyak jenis tanaman hias lainnya yang disebut memiliki harga yang sama-sama mahal seperti janda bolong bahkan ada yang sampai milyaran rupiah lho. Penasaran tanaman hias apa saja? Berikut daftar!

12 Tanaman Hias Termahal

1. Ketapang Biola – Rp 1,1 – 4,2 jutaan

Aneka Tanaman Hias Mahal Selain Janda Bolong

photo via homedepot.com

Tanaman hias yang mahal diawali dengan tanaman Ketapang Biola. Tanaman hias ini dikenal juga dengan nama latin Ficus lyrata dan merupakan tanaman dari keluarga Moraceae yang berasal dari Afrika. Tanaman ini biasanya dijadikan sebagai tanaman peneduh karena mampu tumbuh hampir setinggi 15 meter di hutan hujan tropis.

Meski begitu, peminat tanaman ketapang biola sebagai tanaman hias semakin melonjak lantaran tanaman satu ini bisa tumbuh didalam pot dan bisa dijadikan sebagai tanaman hias indoor. Nggak heran sih, lantaran tanaman ketapang biola ini memang termasuk tanaman yang elegan dengan daun yang lebar berbentuk seperti biola. Bahkan banyak orang yang mengoleksi tanaman hias ini untuk mendekor sudut rumah mereka agar terlihat lebih estetik.

Meningkatnya peminat tanaman hias ketapang biola, menjadi salah satu alasan yang membuat tanaman hias ini dijual dengan harga yang mahal. Tanaman dengan bentuk daun menyerupai biola ini dijual dengan harga berkisaran mulai 80-300 USD atau sekitar Rp 1,1 jutaan sampai Rp 4,2 jutaan.

2. Hoya carnosa (compacta) – Rp 91,5 jutaan

Aneka Tanaman Hias Mahal Selain Janda Bolong

photo via pinterest.com/sachikohewin

Selanjutnya ada tanaman hias Hoya carnosa yang merupakan salah satu tanaman hias termahal dengan harga puluhan juta. Hoya carnosa compacta sendiri merupakan tanaman hias gantung yang berasal dari Asia dan bisa diletakkan di dalam ruangan ataupun di luar ruangan. Tanaman hias gantung yang mahal ini disukai karena memang memiliki bentuk yang unik.

Hoya carnosa ini akan tumbuh merambat dan bentuknya menyerupai tali tebal melingkar. Selain itu, tanaman hias ini juga memiliki daun yang hijau padat dengan bentuk yang mengkerut dan melengkung. Uniknya, tanaman hias termahal selain janda bolong ini juga memiliki bunga dengan ukuran yang kecil dan berbentuk bulat serta berwarna merah muda. Daun dari tanaman hias ini bisa sangat mengkilap jika kamu rajin membersihkannya lho!

Dengan keunikkan yang dimilikinya, nggak heran jika Hoya carnosa (compacta) dibanderol dengan harga yang mahal. Bahkan tanaman hias ini pernah dijual di Trade Me pada Juni 2020 dengan harga 6500 USD atau sekitar Rp 91,5 jutaan.

3. Philodendron Minima Variegata – Rp 114,7 jutaan

Aneka Tanaman Hias Mahal Selain Janda Bolong

photo via reddit.com

Tanaman hias termahal dengan harga selangit berikutnya adalah Philodendron Minima Variegata. Tanaman hias ini juga dikenal dengan nama ‘Mini Monstera’ atau ‘Piccolo.’ Philodendron Minima Variegata merupakan salah satu jenis tumbuhan dari suku Araceae, yang memiliki harga yang sangat mahal. Ini karena tanaman hias ini merupakan tanaman yang cukup langka, sehingga mendorong nilai juga yang sangat mahal.

Philodendron Minima Variegata sendiri memiliki bentuk daun yang estetik. Daunnya mengkilap dengan warna hijau muda dan hijau kekuningan yang indah. Nggak heran jika tanaman hias satu ini sangat diburu oleh pecinta tanaman hias. Bahkan seorang ahli botani asal Selandia Baru berhasil menjual tanaman jenis tersebut seharga Rp 114,7 jutaan atau USD 8.150. Menariknya, tanaman hias yang terjual dengan harga ratusan juta tersebut hanya memiliki 4 lembar daun dan ditanam didalam pot plastik hitam berukuran enam inci.

4. Anggrek Shenzhen Nongke – Rp 2,8 miliar

Aneka Tanaman Hias Mahal Selain Janda Bolong

photo via the-outlet.com

Anggrek Shenzhen Nongke juga menjadi salah satu jenis tanaman hias termahal yang mungkin hanya para sultan yang bisa memilikinya. Pasalnya, satu tanaman Anggrek Shenzhen Nongke ini dijual dengan harga mencapai Rp 2,8 miliar lho!

Anggrek Shenzhen Nongke sendiri merupakan bunga buatan manusia yang dikembangkan oleh perusahaan agrikultur. Anggrek termahal ini hanya bisa berbunga tiap lima tahun sekali. Cara pembuatannya juga sangat unik dimana para ilmuwan bekerja keras untuk membudidayakan bunga ini selama 8 tahun.

Sebagai tanaman hias termahal, Bunga Anggrek Shenzhen Nongke yang hanya mekar setiap lima tahun sekali ini memiliki kelopak bunga berwarna hijau dengan bentuk yang sangat indah dan estetik, aromanyapun sangat harum dan akan mempesona setiap orang yang meciumnya. Jadi nggak heran jika tanaman anggrek ini dibandrol dengan harga selangit. Bahkan spesies tanaman anggrek ini pernah dilelang hingga 200.000 USD atau sekitar Rp 2,8 miliar!

5. Old Pine Bonsai – Rp 18,3 miliar

Aneka Tanaman Hias Mahal Selain Janda Bolong

photo via krishijagran.com

Tanaman hias termahal berikutnya adalah Old Pine Bonsai. Tanaman hias termahal ini merupakan jenis bonsai dari tanaman pinus putih yang telah berusia berabad-abad. Nggak heran jika tanaman hias ini ditaksir seharga US$ 50 hingga US$ 1.3M atau setara dengan Rp 702.175 hingga Rp 18,2 miliar.

Selain Old Pine Bonsai, rata-rata tanaman hias bonsai memang dijual dengan harga yang cukup mahal. Bahkan harga satu bonsai bisa berbeda-beda tergantung kerumitan bentuk bonsai tersebut. Semakin rumit, maka nilai jual bonsai akan semakin mahal. Harga termurah untuk jenis tanaman ini mulai dari ratusan ribu
hingga termahal mencapai Rp 18,2 miliar, sebagaimana harga dari Old Pine Bonsai.

6. Anthurium Jemani Cobra Varigata – Rp 1,5 juta

Aneka Tanaman Hias Termahal

photo via shopee.co.id

Tanaman hias yang dibandrol dengan harga mahal berikutnya adalah tanaman hias Anthurium Jemani Cobra Varigata. Tanaman hias ini dibanderol dengan harga mencapai Rp1,5 juta di pasaran.

Nggak heran sih, pasalnya tanaman hias satu ini memiliki bentuk yang sangat menarik. Tanaman ini memiliki daun tebal dengan serat-serat daun lebih terlihat. Corak warna daun yang hijau dan kuning membuat tanaman ini terlihat semakin menarik. Selain itu, pinggiran dari daun juga agak bergelombang karena adanya kelainan genetika. Saking uniknya, beberapa tahun silam, tanaman hias ini bahkan harganya ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

7. Anggrek Hitam Papua – Rp 100 juta

Aneka Tanaman Hias Mahal Selain Janda Bolong

photo via forums-orchidees.fr

Tanaman hias termahal berikutnya adalah Anggrek Hitam Papua yang disebut harganya mencapai Rp 100 juta. Anggrek Hitam Papua sendiri memiliki ciri utama yang terletak pada keindahan kelopak bunga yang berwarna hitam legam dengan bagian putik dan benang sari berwarna merah muda keunguan. Anggrek hitam Papua hanya bisa tumbuh pada dataran rendah yang bersuhu sekitar 30-35 derajat celcius dan memiliki masa mekar 3-5 kali dalam 1 bulan.

Sesuai dengan namanya, anggrek ini hanya bisa ditemukan di hutan tertentu di Papua. Namun karena keunikkannya banyak orang mulai berlomba mencari bibit tanaman termahal ini dan mulai membudidayakan anggrek hitam Papua. Termasuk golongan tanaman hias langka sehingga tidak heran kalau harganya bisa mencapai Rp 100 juta.

8. Juliet Rose – Rp 225 miliar

Aneka Tanaman Hias Mahal Selain Janda Bolong

photo via world.taobao.com

Juliet Rose merupakan salah satu jenis bunga mawar yang dibandrol dengan harga yang sangat mahal. Selain karena bentuknya yang berlayer-layer serta kecantikan warna yang tampak lembut dan aromanya yang khas, faktor lain yang membuat bunga ini menjadi sangat mahal adalah biaya pembudidayaan yang tidak murah.

Bahkan Juliet Rose hanya berbunga setiap 15 tahun sekali dan dapat bertahan selama 6 sampai 7 hari. Nggak heran jika tanaman hias bunga ini dibandrol dengan harga USD 15,8 juta atau sekitar Rp 225 miliar bahkan harga itu hanya untuk setangkai bunganya saja.

9. Bunga Kadupal – Ratusan milyar rupiah hingga tidak ternilai

Aneka Tanaman Hias Mahal Selain Janda Bolong

photo via flickr.com/photos/msampath

Tanaman hias termahal berikutnya adalah Bunga Kadupal. Saking mahalnya bahkan tanaman hias ini disebut memiliki harga mulai ratusan milyar rupiah hingga tidak ternilai.

Bunga Kadupal sendiri merupakan tanaman hias yang hanya tumbuh di Sri Lanka dan merupakan spesies kaktus serta hanya mekar di malam hari sehingga dijuluki sebagai “The Queen of The Night”. Ketika mekar, bunga yang memiliki kelopak berwarna putih ini memancarkan aroma yang menenangkan dan bentuknyapun sangat indah. Sayangnya Kadupul hanya dapat hidup beberapa jam setelah dipetik sehingga tidak memungkinkan untuk memanen bunga yang eksotis dan unik ini.

Karena kelangkaan dan keunikannya tersebut, nggak heran jika bunga Kadupal dibandrol dengan harga yang sangat tinggi. Bahkan bunga kadupal menjadi nominasi bunga termahal di dunia pada urutan pertama karena memiliki harga yang tidak ternilai.

10. Gold of Kinabalu – Rp 73 juta/tangkai

Aneka Tanaman Hias Mahal Selain Janda Bolong

photo via flickr.com/photos/anschieber

Satu lagi tanaman hias mahal selain janda bolong adalah Gold of Kinabalu alias anggrek emas Kinabalu atau disebut juga dengan nama Rothschild’s Orchid. Tanaman ini adalah jenis anggrek termahal dan hanya ditemukan di Kinabalu Nation Park Malaysia.

Salah satu alasan tanaman ini menjadi mahal adalah karena ciri khas bunganya yang sangat indah berwarna hijau muda dan terdapat bintik-bintik merah. Kelopak pada bunga anggrek ini memanjang dengan ukuran bunga anggrek cukup besar. Tanaman ini termasuk ke dalam golongan tanaman langka. Dibutuhkan waktu 8 hingga 10 tahun untuk dapat memiliki bunga Gold of Kinabalu Orchid yang telah tumbuh dewasa. Mungkin inilah sebabnya mengapa bunga ini bisa sangat mahal. Bahkan harga tanaman hias ini bisa mencapai Rp 73 juta per tangkainya saja.

11. Alocasia Hybrid Monstruosum – Rp 4,3 juta

Aneka Tanaman Hias Termahal

photo via shopee.co.id

Alocasia Hybrid Monstruosum juga menjadi salah satu tanaman hias yang tergolong mahal dan langka. Tanaman ini adalah salah satu jenis tanaman keladi yang mahal. Pasalnya, tanaman hias ini merupakan hasil persilangan dan kategori hybrid, sehingga daun keladi mahal ini makin eksotis. Jenis tanaman hias keladi ini memiliki bentuk daun yang mengerucut, dengan pangkal daun membentuk kuping dengan warna hijau yang menarik.

Itulah yang menjadi salah satu alasan kenapa Alocasia Hybrid Monstruosum dibandrol dengan harga yang mahal, yakni mencapai angka Rp 4,3 juta.

12. Alocasia Azlanii – Rp 8 jutaan

Aneka Tanaman Hias Termahal

photo via zielony-parapet.pl

Satu lagi tak boleh dilewatkan adalah Alocasia azlanii. Ini merupakan salah satu tanaman hias mahal yang berasal dari Malaysia dan dikenal dengan nama red mambo.

Tanaman hias ini memiliki daya tatik dimana memiliki daun yang berwarna hijau tua dengan urat daun warna-warni, seperti pink, ungu, dan merah.

Tanaman hias satu ini juga tergolong langka dan sangat sulit untuk dibiakkan. Inilah yang membuat tanaman hias cantik ini dijual dengan harga mahal yakni sekitar Rp 8 jutaan.

Nah itu dia aneka tanaman hias mahal selain janda bolong. Bagaimana menurut kalian? Tertarik mengoleksi semua tanaman hias termahal tersebut?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.