Jenis Tanaman Hidroponik Sayur Dan Buah Yang Mudah Ditanam di Rumah

by blogunik
 0  

Tanaman Hidroponik Sayur Dan Buah Yang Mudah Ditanam

Ada banyak orang yang bermimpi memiliki kebun sayur dan buah sendiri di halaman rumah mereka. Sayangnya nggak semua orang punya lahan yang cukup untuk berkebun. Oleh karenanya saat ini berkebun secara hidroponik menjadi solusi berkebun yang banyak diminati oleh masyarakat. Pasalnya sistem berkebun dengan air ini cocok dilakukan di rumah, tanpa memerlukan lahan yang luas.

Cara menanam dengan teknik hidroponik ini sendiri menggunakan air sebagai medianya dengan bantuan nutrisi yang dimasukkan ke dalam air tersebut. Menanam secara hidroponik juga dikenal sebagai metode tanam yang dapat tumbuh dengan cepat. Bahkan masa panen tanaman hidroponik pun dapat dilakukan dalam waktu yang cukup singkat, sehingga cocok untuk jenis kebun rumahan. Meskipun di tanam di air, namun tanaman yang ditanam secara hidroponik ini memiliki gizi yang tak kalah dari tanaman sayur dan buah yang ditanam dengan media tanah dan pupuk.

Sayangnya, nggak semua jenis tanaman sayur dan buat bisa di tanam dengan teknik hidroponik. Untuk itu, bagi kamu yang tertarik mencoba berkebun dengan teknik hidroponik, berikut ini Blog Unik rekomendasikan beberapa jenis tanaman hidroponik sayur dan buah yang mudah di tanam di rumah. So let’s check it out guys!

22 Tanaman Hidroponik Yang Mudah Ditanam di Rumah

1. Sawi hijau

Jenis Tanaman Hidroponik Sayur Dan Buah Yang Mudah Ditanam Di Rumah

photo via pinterest.com/healthypal

Selain selada, jenis sayuran yang cukup umum ditanam dengan teknik hidroponik adalah sawi hijau. Sawi hijau sendiri merupakan salah satu jenis sayuran yang dapat tumbuh dimanapun dan dapat beradaptasi dengan mudah di berbagai media tanaman dan lingkungan. Untuk itu buat kamu yang ingin menanam sayuran dengan cara hidroponik, maka sawi hijau bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan menanam sawi hijau dengan teknik hidroponik di rumah, kamu bisa panen sayuran dengan cepat dan tentunya akan menghemat pengeluaran dapur kamu.

2. Seledri

jenis sayuran dan buah yang bisa ditanam secara hidroponik

photo via greenhousegrower.com

Selanjutnya ada seledri yang juga merupakan salah satu jenis sayuran yang cocok ditanam dengan teknik hidroponik. Biasanya seledri ditanam secara hidroponik menggunakan sistem sumbu atau wick, bahkan ada juga yang menggunakan sistem hidroponik lain seperti, rakit apung.

Seperti yang kita tahu, seledri sendiri adalah jenis sayuran yang banyak dikonsumsi masyarakat karena kaya akan manfaat. Biasanya seledri menjadi bahan tambahan untuk dicampurkan dalam berbagai hidangan makanan kuah seperti sup dan bahkan menjadi campuran untuk jus buah maupun sayur karena memiliki aroma yang segar.

3. Pakcoy

Jenis Tanaman Hidroponik Sayur Dan Buah Yang Mudah Ditanam Di Rumah

photo via kampustani.com

Pakcoy juga menjadi salah satu jenis sayuran yang bisa dengan mudah ditanam di rumah secara hidroponik. Sayuran berwarna hijau yang lezat ketika ditumis dan dijadikan beragam hidangan ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, sehingga kamu tidak akan rugi memilih pakcoy untuk ditanam di kebun rumah.

4. Selada

jenis sayuran dan buah yang bisa ditanam secara hidroponik

photo via seedsnow.com

Jenis sayuran yang bisa ditanam dengan mudah secara hidroponik adalah selada. Jenis sayuran ini merupakan jenis sayuran yang paling sering ditanam secara hidroponik. Ini karena selada bisa tumbuh dengan lebih cepat dalam sistem hidroponik dan perawatannyapun tidak sulit. Sehingga sangat cocok bagi kamu yang masih pemula dalam teknik berkebun hidroponik. Selain itu, saat panen kamu juga bisa langsung mengkonsumsi selada sebagai menu pelengkap, lalapan, salad, sandwich dll tanpa harus membeli ke pasar maupun supermarket.

5. Brokoli

jenis sayuran dan buah yang bisa ditanam secara hidroponik

photo via flokq.com

Jenis sayuran yang bisa ditanam secara hidroponik dengan mudah di rumah selanjutnya adalah brokoli. Yup sayuran yang bagus untuk diet dan memiliki banyak khasiat untuk kesehatan ini umumnya banyak tumbuh di daerah dataran tinggi. Namun saat ini kamu bisa menanam brokoli dikebun rumah sendiri dengan metode hidroponik. Bahkan produksi tanaman brokoli bisa lebih meningkat ketika kamu menanamnya secara hidroponik.

6. Kailan

Jenis Tanaman Hidroponik Sayur Dan Buah Yang Mudah Ditanam Di Rumah

photo via rokewood.co.uk

Kalau kalian penggemar sayuran, maka jangan lupa untuk menanam kailan dikebun rumah kamu. Kailan sendiri merupakan sayuran yang berasal dari cina. Sayuran ini mempunyai daun dan batang yang tebal dan dikenal dengan sebutan brokoli cina. Tanaman ini juga termasuk kedalam salah satu jenis sayuran yang mudah untuk dibudidayakan dengan cara hidroponik.

7. Bayam

jenis sayuran dan buah yang bisa ditanam secara hidroponik

photo via trendhidroponik.blogspot.com

Siapa yang nggak tau sayur bayam? Bayam adalah salah satu jenis sayuran yang populer di Indonesia dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Bayam juga termasuk salah satu sayuran yang dapat ditanam di mana saja, termasuk dengan teknik hidroponik. Tentunya menanam bayam dengan cara hidroponik akan mempercepat waktu panen, sehingga kamu tidak perlu membeli bayam di pasar lagi ketika ingin memakannya.

8. Kangkung

Jenis Tanaman Hidroponik Sayur Dan Buah Yang Mudah Ditanam Di Rumah

photo via jirifarm.com

Kangkung yang merupakan sayuran sejuta umat Indonesia ini juga sangat cocok ditanam dengan teknik hidroponik dirumah. Pada dasarnya menanam kangkun sangat mudah, bahkan kangkung bisa tumbuh dengan subuh pada media tanah. Namun kangkung yang ditanam dengan media air tentu akan lebih cepat tumbuh dan bisa dengan cepat dipanen. Selain enak, kangkung juga memiliki manfaat kesehatan yang banyak seperti meningkatkan kualitas otak, menjaga sistem imun, mengurangi kolesterol, dll.

9. Kale

jenis sayuran dan buah yang bisa ditanam secara hidroponik

photo via shopee.co.id

Meski bukan termasuk sayuran yang umum dijual di pasar, namun kale merupakan salah satu jenis sayuran yang saat ini tengah populer, apalagi bagi mereka para pegiat makanan dan gaya hidup sehat. Pasalnya sayuran ini memiliki kandungan gizi dan manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh. Alangkah senangnya jika kamu memiliki kebun sayur kale kamu sendiri, pasalnya kale juga sangat mudah untuk ditanam menggunakan sistem hidroponik di kebun rumah.

10. Kemangi

Jenis Tanaman Hidroponik Sayur Dan Buah Yang Mudah Ditanam Di Rumah

photo via bibitbunga.com

Jenis tanaman sayur yang bisa ditanam secara hidroponik berikutnya adalah kemangi. Kemangi biasanya digunakan sebagai pelengkap lalapan hingga pelengkap untuk masalah seperti sambal pepes dll, karena memiliki aroma dan rasa yang khas. Tak hanya ditanam di tanah, kemangi juga cukup baik ditanam menggunakan teknik hidroponik. Bahkan kemangi hidroponik bisa dipanen pada usia 50 hari dan bisa dipanen setiap minggunya ketika sudah matang sempurna.

11. Daun bawang

jenis sayuran dan buah yang bisa ditanam secara hidroponik

photo via aeroponicsvshydroponics.com

Daun bawang merupakan salah satu bahan makanan yang paling sering digunakan untuk memasak. Dan untungnya, daun bawang juga merupakan tanaman yang membutuhkan banyak air untuk dapat bertumbuh. Maka dari itu, daun bawang juga sangat cocok ditanam di kebun rumah secara hidroponik. Kamu bisa memanen daun bawang dari 6-8 minggu, lalu 3-4 minggu sampai pertumbuhan berikutnya. Menarik bukan?

12. Daun mint

Jenis Tanaman Hidroponik Sayur Dan Buah Yang Mudah Ditanam Di Rumah

photo via learnagro.com

Jenis tanaman hidroponik yang mudah ditanam di rumah selanjutnya adakah daun mint. Daun min memiliki jenis akar yang dapat menyebar begitu cepat sehingga cocok ditanam secara hidroponik. Akar daun mint akan cepat menyerap air yang menjadi nutrisi utama. Sementara itu daun mints menjadi salah satu bahan makanan yang biasa digunakan sebagai perasa alami berbagai minuman, kue dll.

13. Radish/lobak

jenis sayuran dan buah yang bisa ditanam secara hidroponik

photo via news.wjct.org

Selanjutnya ada radish atau lobak. Jenis sayuran ini termasuk jenis tanaman yang mudah tumbuh baik di tanah maupun secara hidroponik. Bila kebun rumah kamu terbatas, menanam lobak secara hidroponik bisa menjadi pilihan yang tepat. Menariknya, lobak tidak membutuhkan lampu atau panas, melainkan suhu dingin, sehingga kamu bisa menanam lobak secara hidroponik dimana saja.

14. Buncis

Jenis Tanaman Hidroponik Sayur Dan Buah Yang Mudah Ditanam Di Rumah

photo via agrotonomy.com

Siapa nih yang suka sayur buncis? Buncis juga merupakan salah satu jenis tanaman hidroponik yang mudah ditanam di rumah berikutnya lho. Dengan cara hidroponik, buncis bisa tumbuh dengan cepat dan dapat segera dipanen dan diolah sebagai menu sehari-hari. Karena selain enak, buncis juga merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya akan vitamin A, B, C juga kandungan protein yang tinggi.

15. Tomat

jenis sayuran dan buah yang bisa ditanam secara hidroponik

photo via gardenandgreenhouse.net

Tomat adalah salah satu bahan makanan yang wajib selalu ada di dapur, karena selain nikmat digunakan sebagai sambal, tomat juga biasa dijadikan sebagai pelengkap sayuran. Nggak heran jika tomat menjadi salah satu tanaman yang paling banyak dicari untuk ditanam di kebun rumah.

Tomat juga menjadi salah satu jenis tanaman yang bisa mudah tumbuh dengan subur menggunakan metode hidroponik. Hanya saja kamu harus pastikan untuk memilih bibit yang berkualitas dan melakukan penyemaian menggunakan sabut kelapa sehingga nantinya siap ditanam dengan teknik hidroponik.

16. Mentimun

Jenis Tanaman Hidroponik Sayur Dan Buah Yang Mudah Ditanam Di Rumah

photo via hydrobuilder.com

Selain tomat, mentimun juga merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak penggemarnya. Tak hanya segar ketika dimakan sebagai lalapan, timun juga memiliki banyak khasiat untuk kecantikan dan juga kesehatan. Jadi jangan ragu untuk menanam tanaman timun di kebun rumah kamu. Jika lahan terbatas, mentimun juga merupakan salah satu jenis tanaman yang bisa tumbuh subur dengan metode hidroponik, bahkan semua jenis mentimun bisa tumbuh dengan baik di hidroponik. Hanya saja pastikan untuk memberikan cahaya dan suhu yang cukup karena mentimun merupakan jenis tanaman hangat.

17. Terong

jenis sayuran dan buah yang bisa ditanam secara hidroponik

photo via m.gulf-times.com

Selain mentimun, terong juga bisa ditanam menggunakan teknik hidroponik. Bahkan cara menanam terong hidroponik saat ini sedang populer di terapkan oleh para petani sayur, selain lebih mudah pemeliharaannya juga lebih menguntungkan. Sementara itu, terong sendiri merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki rasa yang nikmat ketika diolah menjadi sambal maupun sayuran.

18. Cabai

Jenis Tanaman Hidroponik Sayur Dan Buah Yang Mudah Ditanam Di Rumah

photo via indiamart.com

Jenis tanaman yang mudah ditanam secara hidroponik dirumah oleh pemula selanjutnya adalah cabai. Seperti yang kita tahu, kebanyakan masyrakat Indonesia tidak bisa hidup tanpa cabai, sehingga membuat cabai masuk dalam kebutuhan pokok yang harus selalu ada di dapur. Karenanya cabai sangat cocok ditanam menggunakan metode hidroponik karena akan lebih cepat bisa dipanen. Hanya saja, pastikan tanaman cabaimu mendapatkan suhu yang hangat dan pencahayaan yang banyak.

19. Paprika

jenis sayuran dan buah yang bisa ditanam secara hidroponik

photo via young-alisha2198.firebaseapp.com

Sama halnya seperti cabai, paprika juga merupakan salah satu jenis tanaman yang bisa tumbuh dengan subur menggunakan teknik hidroponik. Untuk menanam tumbuhan ini dengan hidroponik, hal yang harus diperhatikan adalah konsentrasi nutrisi hidroponik yang diperoleh paprika. Jika kamu penggemar paprika, jangan ragu untuk menanam paprika di kebun rumah kamu menggunakan teknik hiroponik agar bisa dengan cepat dipanen.

20. Stroberi

Jenis Tanaman Hidroponik Sayur Dan Buah Yang Mudah Ditanam Di Rumah

photo via hortamericas.com

Buah yang satu ini biasanya tumbuh di dataran tinggi. Namun, saat ini stroberi bisa ditemukan dimana saja bahkan bisa kamu tanam di kebun rumah kamu sendiri dan memanennya sepanjang tahun. Ini karena stroberi merupakan salah satu jenis tanaman yang sangat cocok untuk ditanam secara hidroponik. Bahkan sudah banyak orang yang membudidayakan tanaman ini dengan teknik hidroponik.

21. Melon

jenis sayuran dan buah yang bisa ditanam secara hidroponik

photo via ilmubudidaya.com

Jenis tanaman buah yang cocok ditanam dengan teknik hidroponik selanjutnya adalah melon. Melon butuh kelembapan, serta suhu yang tepat agar buahnya dapat tumbuh dengan baik dan segar. Selain itu, agar akarnya kuat, tanaman melon membutuhkan oksigen yang cukup. Jadi, sebaiknya pasang gelembung air untuk memberikan oksigen ke akarnya. Selain itu, melon juga merupakan jenis tanaman semusim dengan ciri khas batang merambat. Jadi sebelum buah melon yang kamu tanam membesar, pastikan kamu menyediakan tempat merambatnya.

22. Semangka

Jenis Tanaman Hidroponik Sayur Dan Buah Yang Mudah Ditanam Di Rumah

photo via pagenews.net

Satu lagi jenis tanaman buah yang bisa dengan mudah ditanam dirumah menggunakan teknik hidroponik adalah semangka. Untuk menanam semangka dengan metode hidroponik, kamu haru pastikan agar media air benar-benar terbebas dari hama dan penyakit. Lakukan juga pembersihan gulma dan pemberian pupuk susulan agar pertumbuhan tanaman berjalan optimal. Selain itu, menanam semangka juga memerlukan sedikit lahan yang lebih luas jika kamu ingin hasil yang maksimal.

Nah itu dia beberapa jenis tanaman hidroponik sayur dan buah yang mudah ditanam di rumah. Bagaimana menurut kalian? Tertarik berkebun di rumah dengan teknik hidroponik?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait