Tempat Berbuka Puasa di Jogja Yang Enak dan Murah

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Memasuki bulan suci Ramadhan, ada berbagai kegiatan seru yang bisa dilakukan salah satunya yaitu berbuka puasa bersama. Kegiatan satu ini sangat dinantikan oleh para remaja hingga orang dewasa, sebab dimoment ini kita bisa jadikan sebagai ajang reuni atau mempererat silahturahmi baik dengan teman maupun kerabat dekat. Sambil menunggu waktu berbuka puasa tiba, kita bisa mengisinya dengan bercengkrama dengan keluarga atau kerabat terdekat.

Selain dirumah, berbuka puasa juga bisa dilakukan di luar seperti pergi ke restoran atau tempat makan lainnya. Jika saat ini kamu sedang berada di Jogja atau tinggal di Jogja, kota pelajar ini menawarkan banyak sekali tempat-tempat berbuka puasa yang enak namun ramah dikantong. Lantas dimana saja itu? Berikut ini beberapa rekomendasi tempat berbuka puasa di Jogja yang enak dan murah.

1. Angkringan Lik Man

Tempat Berbuka Puasa di Joga Yang Enak dan Murah

photo via wowkeren.com

Di Jogja terdapat salah satu tempat yang banyak digemari orang-orang yaitu Angkringan Lik Man. Angkringan legendaris ini merupakan generasi awal pedagang angkringan di Jogja. Disini ada beragam minuman yang ditawarkan dari panas maupun dingin, tapi yang favorit yaitu kopi joss. Kopi ini disajikan pans dengan diberi arang.

Selain minuman, berbagai makanan juga tersedia dari sego kucing berlauk oseng tempe dan sambal teri hingga gorengan serta jadah. Sego kucing disini sangat nikmat larena nasinya pulen, oseng tempe dan sambal terinya berbumbu pas. Lengkapi juga dengan lauk gorengan hingga sate telur yang tersedia agar semakin nikmat. Ketika makanan dingin, kamu juga bisa meminta penjual untuk menghangatkannya dengan cara dibakar.

Di Angkringan Lik Man ini kamu bisa memilih tempat duduk di dua tempat yang disediakan, jika ingin berbincang dengan pedagang duduk saja didekat bakul. Tapi jika ingin bercengkrama dengan teman duduk saja di tikat yang sudah disiapkan.

Alamat : Jl. Poncowinatan No.7, Gowongan, Jetis, kota Yogyakarta

2. Bale Bebakaran

Tempat Berbuka Puasa di Joga Yang Enak dan Murah

photo via tripadvisor.ie

Bale Bebakaran ini memiliki beberapa lokasi di Jogja, kamu bisa mengunjunginya yang paling dekat. Tempat ini memiliki bangunan berbentuk Joglo yang sederhana namun menyajikan menu makanan ala restoran berkelas. Bahan-bahan yang digunakan diolah dengan baik dan disajikan dengan tampilan berkelas. Ketika mencicipinya kamu akan merasakan sensasi rasa yang khas dan sedikit berbeda dari makanan bakar lainnya.

Disini terdapat dua space yang bisa dipilih yaitu bangku dan lesehan. Buat yang ingin berbuka puasa beramai-ramai, tempat ini sangat cocok karena sangat luas dan parkirnya juga luas. Fasilitas yang disediakan ada toilet dan tempat shalat. Menu yang ditawarkan juga cukup banyak ada paket bebakaran, paket gorengan, aneka seafood dan lainnya.

Terdapat juga 8 jenis bumbu bakar yang bisa dipilih yaitu bumbu madu, rempah, kecap, lombok ijo, kecap pedas, lombok abang, lombok rawit dan bumbu bale spesial. Selain makanan, minuman yang ditawarkan juga beragam ada soda, jus, milkshake, kelapa muda, es campur dan lainnya.

Alamat :

  • Jl. Menteri Supeno No.100, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jl. Doktor Sutomo No.19, Bausasran, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jl. Wahid Hasyim No. 5, Nologaten, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jalan Afandi No. 12, Gang Guru, Catur Tunggal, Depok, Santren, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jl. Kaliurang No.KM.9 No.71, Gondangan, Sardonoharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jalan Godean, Sidoarum, Godean, Bantulan, Sidoarum, Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

3. Bale Ayu Resto

Tempat Berbuka Puasa di Joga Yang Enak dan Murah

photo via pojokjalan.com

Tempat berbuka puasa di Jogja yang enak dan murah selanjutnya ada Bale Ayu Resto. Tempatnya luas terdapat area lesehan dan gazebo sehingga cocok untuk kumpul dengan teman atau saudara.

Bagi para pecinta ikan gurame wajib kesini sebab ada beragam olahan ikan gurame yang disajikan dengan harga terjangkau. Setidaknya ada sekitar 18 varian menu olahan gurame yang ditawarkan dengan rasa yang enak.

Dari sekian banyak menu yang ditawarkan, yang paling banyak dipesan adalah cumi goreng tepungnya. Minuman yang ditawarkan juga cukup lengkap ada es teler, es buah hingga es cokelat Bale Ayu. Ingin menuman tradisional, disini juga ada seperti beras kencur, gula sem segar, wedan pletok dan lainnya.

Alamat : Jl. Imogiri Tim. No.KM, Nglebeng, Tamanan, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

4. House of Raminten

Tempat Berbuka Puasa di Joga Yang Enak dan Murah

photo via wikipedia.org

House of Raminten merupakan salah satu tempat makan populer di Jogja yang menonjolkan kultur Jawa secara unik. Dari luar restoran terlihat seperti rumah biasa saja namun di dalamnya terasa sekali nuansa Jawa yang dilihat dari desain interiornya yang terbuat dari kayu.

Nuansa Jawa pun terasa makin kental terlihat dari pelayanannya yang menggunakan baju adat Jawa serta alunan musik khas Jawa. House of Raminten ini menyediakan meja makan yang atau lesehan yang muat 2 orang hingga 8 orang.

Tempat ini selalu padat pengunjung dan buka selama 24 jam sehingga sangat cocok dijadikan tempat berbuka puasa, tapi jangan lupa untuk reservasi terlebih dahulu sebelum berkunjung disini. Rasa masakan disini sangat lezat dan nikmat, ada banyak jenis makanan dan minuman yang akan menggoyang lidahmu disini.

Alamat : Jl. Faridan M Noto No.7, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

5. Jejamuran

Tempat Berbuka Puasa di Joga Yang Enak dan Murah

photo via jogja.genpi.co

Untuk kamu pecinta jamur, Jogja memiliki surganya makanan jamur bernama Jejamuran. Tak perlu takut kehabisan tempat karena tempatnya cukup luas dan parkirannya juga luas.

Hampir semua menu yang tersedia berbahan dasar jamur bahkan ada juga minuman yang mengandung jamur lho. Menu-nya sendiri ada jamur oyster goreng tepung, sop jamur, sate jamur, tongseng jamur, pepes shitake, rendang jamur, jamur asam manis shitake dan lainnya.

Harga makananya juga cukup terjangkau, tidak akan membuat kantong jebol. Tempat ini juga memiliki fasilitas yang akan membuat pengunjung nyaman mulai dari mushola, toilet, area parkir dan playgorund untuk anak-anak.

Alamat : Jl. Pandowoharjo, Niron, Pandowoharjo, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

6. Kedai Rumah Pohon

Tempat Berbuka Puasa di Joga Yang Enak dan Murah

photo via ringgarentcar.com

Kedai Rumah Pohon ini desain bangunannya menggunakan bambu yang dibuat secara bersusun. Dari tempat tertinggi kita bisa melihat pemandangan berupa pegunungan sambil menunggu waktu adzan magrib tiba.

Suasananya sangat alami, tempat ini terdiri dari 6 lantai dengan satu gardu pandang dan bisa menampung sekitar 500 orang. Banyak menu yang bisa dinikmati disini dan yang menjadi andalan yaitu gurami bakar dan iga bakar, selain itu menu yang wajib dicicipi lainnya yaitu sate udang bakar dan nasi guendheng. Sedangkan untuk minumannya ada es rondho gendhit, jus buah dan wedhang Kraton.

Alamat : Jalan Blunyahrejo TRII /808, Karangwaru, Kec. Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

7. Kedai Kebun

Tempat Berbuka Puasa di Joga Yang Enak dan Murah

photo via tripadvisor.com

Tempat buka puasa selanjutnya ada Kedai Kebun, tempat ini berupa kedai dengan penyajikan cita rasa nusantara sekaligus ruang seni. Berbagai menu ditawarkan disini bahkan hampir semuanya memiliki rasa yang lezat dan harganya juga cukup terjangkau.

Aktifitas ngabuburit bisa kamu lakukan disini, kamu bisa berjalan ke sebuah ruangan yang cukup besar yang merpakan ruang seni dimana terdapat beberapa seniman muda yang kerap melakukan pameran. Saat berada disini jangan lupa juga untuk mencicipi camilan lezatnya yaitu mendoan dan sambal kecap. Menu lainnya yang tak kalah nikmat yaitu oseng-oseng tahu yang memiliki rasa manis dipadukan dengan gurih serta pedas yang bikin nagih.

Alamat : Jl. Tirtodipuran No.3, Mantrijeron, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

8. Lesehan Aldan

Tempat Berbuka Puasa di Joga Yang Enak dan Murah

photo via yogyes.com

Lesehan Aldan ini memiliki banyak sekali cabang di Jogja, tempat makan ini menyajikan beraneka ragam lauk seperti ayam, lele, bebek dan ikan nila. Murahnya harga yang dipatok disini membuat siapa saja tertarik terlebih ketika bulan ramadhan tempat ini selalu dipadati pengunjung.

Selain menu lauk, Lesehan Aldan juga menawarkan aneka menu sambal yang menggoyang lidah dengan harga yang murah, salah satunya yaitu sambal cobek yang menjadi rekomendasi pengunjung. Suasana disini juga cukup nyaman sehingga tak heran Lesehan Aldan ini selalu ramai dikunjungi.

Alamat :

  • Jl. HOS Cokroaminoto, Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jl. Monjali, Nandan, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jl. Wonosari No.11, Mantup, Baturetno, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jalan Godean KM 5, Modinan, Banyuraden, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jl. Magelang KM.7 No.5, Mlati Glondong, Sendangadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

9. Nanamia Pizzeria

Tempat Berbuka Puasa di Joga Yang Enak dan Murah

photo via tripadvisor.co.id

Tempat ini memiliki konsep mediteranian style yang dipadukan dengan nuansa outdoor sehingga cocok sekali dipilih sebagai tempat berbuka puasa di Jogja. Ada yang menarik dari tempat ini yaitu, dapurnya terletak dibagian depan.

Jika diperhatikan sangat sulit menemukan tempat seperti ini ditempat lain, hal ini dikarenakan desainnya langsung dibuat oleh pemiliknya. Selain menyuguhkan menu pizza, Nanamia Pizzeria juga memiliki menu lainnya yang cocok untuk berbuka puasa seperti panini, pasta, salad, soup dan lainnya. Jika ada yang vegetarian, mereka juga memiliki menu yang lezat disini.

Alamat : Jl. Tirtodipuran No.1, Mantrijeron, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

10. Omah Dhuwur

Tempat Berbuka Puasa di Joga Yang Enak dan Murah

photo via tripadvisor.co.id

Omah Dhuwur merupakan salah satu tempat berbuka puasa di Jogja yang enak dan murah. Tempat makan ini memiliki arsitektur bangunan yang tinggi sehingga untuk memasuki resto para pengunjung harus menaiki tangga terlebih dahulu.

Resto ini menyajikan kuliner kelas atas yang dikombinasikan dengan bahan impor yang diolah sesuai resep tradisional tak heran jika menghasilkan masakan yang sangat nikat dan berkualitas. Berbagai masakan khas lokal dipadukan dengan masakan kontinental dan oriental yang menambah selera makan ditawarkan disini.

Minuman yang disajikan disini juga nikmat dengan beragam pilihan yang bisa dipilih sesuai dengan selera masing-masing mulai dari minuman tradisional hingga modern.

Alamat : Jl. Mondorakan No.252, Bodon, Jagalan, Kec. Kotagede, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

11. Pondok Cabe

Tempat Berbuka Puasa di Joga Yang Enak dan Murah

photo via traveloka.com

Pondok Cabe dapat dipilih ketika ingin berbuka puasa bersama di Jogja. Nuansa restoran sangat sedrhana dengan perpaduan warna merah, hijau dan kuning. Bangunannya sendiri berbentuk seperti pendopo.

Tempat ini sangat cocok untuk kalian para penggila rasa pedas. Berbuka puasa akan lebih seru karena tempat ini dibuat semi outdoor yang tidak akan membuat siapa saja bosan. Menu yang ditawarkan ada olahan lauk, sayuran dan mie, mereka juga memiliki makanan pedas yang perlu dicobain.

Alamat : Jalan C. Simanjuntak No. 41B, Terban, Gondokusuman, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

12. Pondok Makan Pelem Golek

Tempat Berbuka Puasa di Joga Yang Enak dan Murah

photo via guideku.com

Makan ditempat yang bernuansa alam memang menjadi pengalaman yang menarik, maka dari itu coba saja berkunjung ke Pondok Makan Pelem Golek. Tempat ini berkonsep alam dan cocok untuk keluarga terlebih ketika berbuka puasa.

Dengan suasana hutan alami dan kental dengan gemericik air terjun serta kicauan burung membuat para pengunjung merasa tenang dan damai ketika berada disini. Pondok Makan Pelem Golek menawarkan menu makanan khas nusantara seperti kwe bakar bambu jimbaran, gurame tabur permata, udang bago saus lada hitam dan lainnya.

Alamat : Jl. Palagan Tentara Pelajar KM.7 No.99, Mudal, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

13. Waroeng SS (Super Sambal)

Tempat Berbuka Puasa di Joga Yang Enak dan Murah

photo via yogyes.com

Buat kalian yang mencari tempat berbuka puasa di Jogja yang enak dan murah, datang saja ke Waroeng SS (Super Sambal). Tempat makan ini akan sangat ramai dikunjungi terlebih ketika bulan puasa. Maka dari itu untuk mendapatkan tempat disini kamu harus memesan tempatnya terlebih dahulu, jika memungkinkan pesan ketika H-1.

Makanan disini menyajikan sajian kuliner khas Indonesia dengan harga yang merakyat, tak heran jika ramai pengunjungnya. Pilihan sambalnya juga beragam dan sayurannya juga beragam. Bahkan mereka memiliki banyak cabang di Jogja, pilih saja lokasi yang dekat dengan tempat tinggal.

Alamat :

  • Jl. Mayjend Sutoyo No.62, Mantrijeron, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jl. Kyai Mojo No.68, Bener, Kec. Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jl. Veteran No.122, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

14. Lombok Idjo Diponegoro

Tempat Berbuka Puasa di Joga Yang Enak dan Murah

photo via tripadvisor.fr

Tempat berbuka puasa di Jogja ini memiliki ruangan makan yang nyaman dan rapi. Lombok Idjo Diponegoro ini menyuguhkan berbagai menu dengan sambal hijaunya yang pedas namun sangat nikmat.

Ada beragam lauk dan minuman segar yang akan menyegarkan dahaga setelah berpuasa seharian disini. Selain makanannya yang enak, tempatnya juga unuk, disini kamu bisa melihat paduan arsitektur Belanda dan Jawa klasik. Lantainya tegel, atapnya juga dihiasi lampu-lampu gantung yang terlihat elegan.

Alamat : Jl. Pangeran Diponegoro No.64, Gowongan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

15. Phuket Thai Resto

Tempat Berbuka Puasa di Joga Yang Enak dan Murah

photo via whatsnewindonesia.com

Selain menawarkan kuliner nusantara, Jogja juga menawarkan menu masakan Asia lainnya. Jika saat ini kamu ingin berbuka puasa dengan menu khas Thailand, kunjungi saja Phuket Thai Resto. Rasa dari makanan disini sangat cocok dengan lidah orang Indonesia. Tempatnya juga selalu ramai pengunjung terlebih pada malam hari sehingga disarankan untuk reservasi.

Menu yang ditawarkan disini ada beragam namun kamu perlu mencicipi chicken pad thai-nya karena ini menjadi salah satu menu recomended. Perpaduan rasa gurih dan pedas akan menggoyang lidahmu ketika mencicipinya. Terdapat juga aneka hidangan snack khas Thailand disini yang wajib dicicipi.

Alamat : Jl. HOS Cokroaminoto No.159B, Tegalrejo, Kec. Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

 

Nah, itulah beberapa tempat berbuka puasa di Jogja yang enak dan murah. Jogja memang dikenal memiliki beragam tempat kuliner yang lezat-lezat dengan harga terjangkau. Jadi kamu ingin berbuka puasa dimana?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.