42 Tempat Wisata Alam Terbaik di Lombok

Dibuat oleh blogunik

Siapa sih yang tak kenal dengan pulau Lombok? Pulau kecil ini merupakan salah satu destinasi wisata paling populer di Indonesia, bahkan kepopulerannya nggak kalah dengan pulau Bali lho. Tak hanya itu, Lombok juga seringkali disebut-sebut sebagai salah satu pulau tropis terbaik di Indonesia. Jadi nggak heran jika Lombok memiliki banyak sekali tempat wisata alam terbaik yang memiliki pemandangan eksotis dan indah yang mampu membuat siapapun tercengang.

Nah berikut daftar tempat wisata alam terbaik di Lombok yang akan menghipnotis matamu akan keindahannya. Let’s check it out guys!

1. Pantai Penyisok

Tempat wisata alam terbaik di Lombok

photo via instagram.com/pesona_lombok__

Tempat wisata alam terbaik di Lombok yang akan membuatmu kagum adalah Pantai Penyisok. Wisata alam Lombok yang nggak kalah memukaunya dengan tempat wisata yang ada diluar negeri ini memang menyajikan keindahan yang tiada tara.

Kamu bisa melihat hamparan padang savana yang membentang hijau, birunya Samudera Hindia yang tak terbatas, serta tebing karang yang berlapis-lapis berwarna keemasan. semua keindahan itu membuat kamu merasa seperti ada di benua lain.

Untuk menuju ke sini kamu harus melalui ladang jagung dan bebatuan terjal. Namun semua usaha tersebut langsung terbayar lunas begitu melihat kemegahan alam yang ada di baliknya. Karena sulit dicapai, tempat ini masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan, sehingga kondisinya masih tergolong asri dan bersih. Surga tersembunyi ini terletak di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur.

2. Pantai Senggigi

Tempat-Wisata-Alam-Terbaik-Di-Lombok

photo via hanatour.com

Siapa sih yang nggak kenal Pantai Senggigi? Tempat wisata alam yang paling populer di Lombok ini memang paling ramai dikunjungi oleh para wisatawan, lokasinya berada di bagian Barat Pulau Lombok. Pantai Senggigi mempunyai suasana yang mirip dengan Pantai Kuta di Bali, namun mempunyai ombak yang tenang sehingga sangat cocok untuk kegiatan berenang dan snorkeling. Pantai ini akan memanjakan mata kamu dengan keindahan pasir pantai dan air laut yang jernih. Fasilitas penunjang wisata seperti restoran, hotel, bar, sarana transportasi, dan aneka fasilitas lainnya juga sangat lengkap sehingga membuatmu akan betah berlama-lama di pantai ini.

3. Pantai Setangi

Tempat-Wisata-Alam-Terbaik-Di-Lombok

photo via instagram.com/lombokexperience

Tak kalah dengan pantai Senggigi, pantai Setangi juga memiliki pemandangan yang amat menakjubkan. Pantai ini terlihat nyaris tak pernah tersentuh, kamu akan jarang bertemu dengan orang disepanjang pantai ini. Meski memiliki banyak nama (Setangi, Telu dan Tiga Pantai), semua sepakat bahwa pantai ini seperti surga impian. Di pantai ini kamu akan melihat hamparan pasir putih dan birunya laut. Dipesisir pantai ada banyak pepohonan tropis yang semakin membuat tempat wisata ini terlihat eksotis.

4. Pantai Semeti

Tempat-Wisata-Alam-Terbaik-Di-Lombok

photo via instagram.com/lombokexperience

Tempat wisata alam terbaik di Lombok selanjutnya adalah Pantai Semeti. Pantai ini memiliki pemandangan yang begitu menakjubkan. Kamu akan menemukan bebatuan karang yang berbentuk unik, ada yang berbentuk balok raksasa, membentuk perbukitan hingga tonggak-tonggak besar layaknya kristal. Bebatuan karang tersebut berpadu sempurna dengan birunya laut sehingga pemandangan di pantai ini begitu indah dan instagramable. Pantai Semeti ini terletak di Desa Mekar Sari, Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah.

5. Pantai Nambung

Tempat-Wisata-Alam-Terbaik-Di-Lombok

photo via instagram.com/lombokexperience

Pantai Nambung merupakan tempat wisata alam terbaik di Lombok yang berlokasi di Dusun Pengantap, Desa Buwun Emas, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat. Meskipun pantai, namun tempat wisata Lombok ini memiliki air terjun yang cukup unik. Air terjun yang ada di pantai ini terbentuk karena ombak besar yang menghempas ke dinding batu karang lalu mengucur jatuh kembali ke laut layaknya air terjun. Selain menikmati pemandangan pantai yang indah, kamu juga bisa beraktivitas seru, mulai bermain pasir, berjemur, berenang hingga berselancar. Namun kamu harus membawa sendiri peralatan berselancarnya karena ditempat ini tak tersedia tempat penyewaan alat selancar.

6. Pantai Tebing

Tempat-Wisata-Alam-Terbaik-Di-Lombok

photo via instagram.com/juliaalicee

Pantai Tebing menjadi tempat wisata alam terbaik di Lombok berikutnya yang perlu kita kunjungi. Di tempat wisata ini kamu akan menemukan bukit tebing yang menjulang tinggi yang terdapat di pantai berpasir hitam sehingga terlihat begitu unik dan eksotis. Pantai yang terletak di Dusun Luk, Desa Sambiq Bangkol, Kecamatan Gangga, Lombok Utara ini menjadi tempat yang pas buat kamu yang ingin mencari tempat foto yang instagramable.

7. Pantai Telawas

Tempat-Wisata-Alam-Terbaik-Di-Lombok

photo via instagram.com/lombokexperience

Tempat wisata alam terbaik di Lombok yang sayang untuk dilewatkan selanjutnya adalah Pantai Semeti. Pantai yang nyaris tanpa sampah ini disebut sebagai hidden paradise in Lombok karena memang masih begitu asri dan nyaris tanpa tersentuh tangan manusia. Pantai ini memiliki kontur gunung karang yang lebih menantang daripada pantai Semeti. Jika kamu datang pada saat air surut, maka kamu bisa merasakan sensasi berjalan di atas karang-karang yang bentuknya sangat unik. Berhadapan langsung dengan Samudera Hindia membuat ombak besar yang menghantam karang Pantai Telawas terlihat sangat memukau.

8. Pantai Tanjung Bloam

tempat-wisata-alam-terbaik-di-lombok

photo via wisatadilombok.com

Pantai Tanjung Bloam merupakan salah satu spot wisata alam pantai terbaik di Lombok. Daya tarik utama dari pantai berpasir putih ini adalah batu-batu karang yang ada di sekitarnya, termasuk dua buah tebing karang yang mencuat dan mengapitnya. Kontrasnya warna hitam dari bebatuan, dan warna keemasan dari tebing berpadu dengan birunya laut menghasilkan sebuah komposisi yang sungguh menawan. Tak hanya itu, di pantai ini juga merupakan tempat penangkaran penyu, jika kalian beruntung kalian bisa melihat kumpulan penyu yang sedang merapat ke daratan. Pantai Tanjung Bloam ini terletak di Dusun Tangsi, Desa Temeak, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur.

9. Pantai Tanjung Aan

Tempat-Wisata-Alam-Terbaik-Di-Lombok

photo via instagram.com/lombokexperience

Selanjutnya ada Pantai Tanjung Aan nih guys! Pantai satu ini merupakan salah satu tempat wisata yang menjadi primadona di Lombok. Pantai ini menawarkan keindahana alam seperti pesona laut biru kehijauan, pasir putih dan ombak tenang layaknya kristal. Para pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas, mulai berjemur, berselancar, snorkling hingga diving. Bahkan bisa mendapatkan banyak spot photo yang instagramable.

10. Pantai Kuta Lombok

Tempat wisata alam terbaik di Lombok

photo via gotripina.com

Nggan cuman Bali yang punya Pantai Kuta lho, Lombok juga memiliki Pantai Kuta yang nggak kalah eksotisnya dengan yang ada di Bali. Pantai Kuta Lombok ini berada di Desa Kuta, sekitar 56 KM dari kota Mataram, Lombok. Salah satu daya tarik dari tempat wisata pantai ini adalah memiliki pasir yang sangat halus, oleh karena itu banyak penduduk setempat yang menyebut pantai ini sebagai pantai merica. Pantai Kuta Lombok adalah salah satu tempat wisata di Lombok yang paling indah, bahkan juga salah satu yang terindah di Indonesia karena masih jarang dijamah oleh gangguan manusia. Aktivitas utama yang bisa kamu lakukan di pantai ini adalah berselancar karena ombaknya yang merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Aktivitas lain yang dapat dilakukan di Pantai Kuta Lombok di antaranya: memancing, menyelam, snorkeling, dan aneka kegiatan lainnya yang tak kalah menyenankan.

11. Pink Beach/Pantai Tangsi

tempat-wisata-alam-terbaik-di-lombok

photo via instagram.com/wonderful__travels__

Pink Beach alias Pantai Pink yang disebut juga sebagai Pantai Tangsi merupakan salah satu tempat wisata alam terbaik di Lombok yang wajib kamu kunjungi. Seperti namanya, pantai ini menyuguhkan keindahan pantai yang berbeda dari pantai pada umumnya. Pantai ini memiliki pasir berwarna pink yang sangat indah. Warna pink tersebut berasal koral serta pecahan cangkang organisme laut foraminifera yang berwarna kemerahan. Semakin sore warna pasirnya akan semakin pink dan semakin memesona mata para pengunjung. Akses menuju ke pantai ini ada dua cara, yaitu melalui jalan darat (melalui jalanan yang rusak dan berlubang) atau lewat laut dengan menyewa perahu di pelabuhan Tanjung Luar. Karena lokasi ini belum dikembangkan secara maksimal, maka fasilitas penunjangnya seperti warung, toilet, maupun penginapan pun nyaris tak ada. Pantai ini terletak di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur.

12. Pantai Sire

Tempat-Wisata-Alam-Terbaik-Di-Lombok

photo via indonesia-tourism.com

Selanjutnya ada Pantai Sire yang merupakan salah satu tempat wisata alam yang layak dikunjungi saat berlibur ke Lombok. Pantai Sire yang ada di Lombok Utara ini berjarak kurang lebih 35 km dari kota Mataram. Menawarkan panorama pantai yang sangat indah. Bahkan saat cuaca sedang cerah, kamu bisa melihat Gunung Rinjani dari pantai ini. Dengan garis pantai hampir 4 km, Pantai Sire menawarkan aktifitas wisata yang cukup beragam seperti berenang, snorkeling, bermain kano, sampai dengan memancing.

13. Pantai Ekas

Tempat-Wisata-Alam-Terbaik-Di-Lombok

photo via instagram.com/lombokexperience

Salah satu objek wisata alternatif yang bisa menjadi sarana refreshing ketika berkunjung ke Lombok adalah Pantai Ekas. Pantai Ekas terletak di Desa Pemongkong, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Seperti kebanyakan pantai lainnya, sajian utama Pantai Ekas tentu saja pasir pantai yang putih dengan air laut yang jernih. Bahkan, saking jernihnya air laut di pantai ini, wisatawan dapat melihat dengan jelas berbagai biota laut yang menakjubkan, termasuk terumbu karang dan berbagai varian ikan. Tak hanya itu, Pantai Ekas juga menjadi tempat yang sempurna untuk melihat pemandangan sunset yang tidak kalah dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Pulau Lombok.

14. Pantai Selong Belanak

Tempat-Wisata-Alam-Terbaik-Di-Lombok

photo via instagram.com/lombokexperience

Pantai Selong Belanak merupakan tempat wisata terbaik di Lombok yang menjadi favorit wisatawan. Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat indah sekali, pasirnya halus dan putih serta terdapat hamparan pulau-pulau di sekitarnya sehingga membuat pantai ini semakin terlihat eksotis. Pantai ini cocok untuk rekreasi keluarga karena menawarkan sensasi bermain pasir yang putih bersih. Pengunjung juga bisa menikmati sensasi naik kano sekaligus berwisata khusus di Desa Selong Belanak.

15. Pantai Sekotong

Tempat-Wisata-Alam-Terbaik-Di-Lombok

photo via instagram.com/pesona_lombok__

Pantai Sekotong terdapat di Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, sekitar 60 km dari Kota Mataram. Salah satu tempat wisata alam terbaik di Lombok ini dikelilingi oleh perbukitan yang melingkar tidak jauh dari tepi pantai. Pemandangan laut yang biru serta pasirnya yang putih menjadikan tempat ini sebagai salah satu tempat wisata alam di Lombok yang wajib dikunjungi. Menariknya, Pantai Sekotong ini masih sangat asri dan bebas dari tangan manusia yang tak bertanggung jawab.

16. Pantai Seger

Tempat-Wisata-Alam-Terbaik-Di-Lombok

photo via instagram.com/pesona_lombok__

Selanjutnya ada Pantai Seger yang merupakan salah satu tempat wisata alam terbaik di Lombok yang wajib dikunjungi. Pantai Seger memiliki keindahan alam yang memukau. Pantai dengan pasir putih, air yang sangat jernih dan batu karang yang cukup besar berada tak jauh dari bibir pantai. Menariknya, pantai ini terletak didekat pedesaan dengan landscape bebatuan serta dikelilingan oleh bebukitan yang indah, sehingga membuat pemandangan di Pantai Seger ini begitu menawan.

17. Pantai Surga

Tempat-Wisata-Alam-Terbaik-Di-Lombok

photo via instagram.com/country_bumpkin_dude

Tempat wisata alam terbaik di Lombok berikutnya adalah Pantai Surga. Yup gak perlu mati dulu biar masuk surga guys, pasalnya kamu bisa berkunjung ke Lombok untuk menyaksikan surga dunia di Pantai Surga. Pantai di Lombok Timur ini sangat eksotis dan memukau. Terbentang sepanjang 600 m dan diapit oleh tebing-tebing tinggi. Di pantai ini kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seru, mulai berenang, snorkeling, berselancar, memancing dan menikmati pemandangan pantai yang memanjakan mata.

18. Pantai Mawun

Tempat-Wisata-Alam-Terbaik-Di-Lombok

photo via instagram.com/eamoutbound

Pantai Mawun bisa menjadi tempat wisata di Lombok selanjutnya yang bisa kamu kunjungi. Meskipun sepi pengunjung, tempat wisata Lombok satu ini merupakan sebuah pantai yang cantik dan indah. Spot pantai bersih dan asri, memiliki pasir putih yang bersih, memiliki ombak yang landai dan menariknya kamu bisa melihat bukit besar yang gagah berdiri di sisi pantainya. Fasilitas di Pantai Mawun cukup lengkap, ada gazebo serta kursi pantai berpayung yang tersebar di sepanjang pantai tersebut.

19. Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air

Tempat-Wisata-Alam-Terbaik-Di-Lombok

photo via marlionllc.com

Pulau di Lombok yang paling terkenal tentunya adalah Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno. Ketiga pulau itu seakan mampu mewakili potret keindahan pantai-pantai di Lombok. Semuanya menyajikan kebeningan air laut, butiran pasir putih tanpa serakan sampah, serta terumbu karang dengan ikan hias yang menggemaskan. Ketiga pulau mungil yang berada di tengah lautan itu memiliki perbedaan karakteristik yang unik. Masing-masing punya suasana alam dan ciri khas tersendiri.

Tempat-Wisata-Alam-Terbaik-Di-Lombok

photo via hungrybackpack.com

Gili Trawangan merupakan pulau terbesar, teramai sekaligus terjauh dari pulau utama Lombok. Gili Trawangan (atau bisa disebut dengan julukan Gili T) adalah tempat terbaik untuk berpesta. Terdapat bar dan beberapa club yang semakin membuat suasana semakin meriah.

Tempat-Wisata-Alam-Terbaik-Di-Lombok

photo via instagram.com/lombokexperience

Berbeda dengan Gili Trawangan, Gili Air merupakan pulau yang terdekat dari Lombok. Pulau ini lebih sesuai bagi wisatawan yang berlibur bersama keluarga. Di sisi timur pulau tersebut kamu bisa menemukan banyak bar, namun kehidupan malam di sini lebih tenang dibandingkan Gili Trawangan. Selain berpesta, di sini kamu bisa bersepeda, snorkeling, atau sekadar bersantai. Dihuni penduduk lokal paling banyak, pulau ini lebih menawarkan suasana pantai yang tidak ramai namun tidak terlalu sepi.

Tempat-Wisata-Alam-Terbaik-Di-Lombok

photo via instagram.com/lombokexperience

Sedangkan Gili Meno yang terletak di tengah-tengah antara Gili Trawangan dan Gili Air, lebih sesuai bagi wisatawan yang mengidamkan relaksasi di tengah kesunyian. Pengunjung benar-benar disuguhi nuansa alami pantai tropis yang tenang. Pepohonan bakau masih terlihat merimpun di sepanjang pesisir pantainya. Gili Meno memiliki reputasi sebagai “Pulau Bulan Madu” dikarenakan pantainya yang bersih dan jernih serta suasananya yang tenang. Sebagai pulai terkecil dari ketiga pulau Gili, Gili Meno memang memiliki suasana yang lebih tenang. Hanya ada sedikit restoran, bar, dan resort di sini, jadi kamu akan memiliki lebih banyak privasi. Bagian terbaik lain dari Gili Meno adalah berbagai diving site keren di sekeliling pulau.

20. Gili Nanggu

Tempat-Wisata-Alam-Terbaik-Di-Lombok

photo via instagram.com/lombokexperience

Tak sepopuler Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air, namun Gili Nanggu merupakan salah satu pulau cantik di Lombok yang wajib dikunjungi. Gili Nanggu berada di Selat Lombok atau di pesisir barat Pulau Lombok. Secara administratif, pulau ini berada di wilayah Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Di Gili Nanggu terdapat pantai cantik dengan hamparan pasirnya yang putih serta lautnya yang biru. Suasana alamnya yang hening, membuat pulau ini menjadi pilihan yang tepat bagi para pasangan yang ingin berbulan madu. Matahari tenggelam merupakan momen yang paling indah di pulau seluas sekitar 8 hektar ini. Tak hanya itu, di pulau ini, kamu juga bisa menikmati aktivitas diving, melihat terumbu karang yang cantik dan aneka ikan kecil berwarna-warni.

21. Tanjung Poki

Tempat-Wisata-Alam-Terbaik-Di-Lombok

photo via nomadahowfar.com

Tempat wisata alam terbaik di Lombok berikutnya adalah Tanjung Poki. Tanjung Poki memiliki keindahan alam yang memukau, sehingga mampu membuat siapa saja yang datang terpesona. Ditempat ini kamu bisa menyaksikan gelombang ombak yang terhempas di batu karang. Meskipun asik mengagumi keindahan alam di sekitar Tanjung Poki, kamu tetap harus waspada akan hempasan ombak yang begitu besar. Bahkan saking besarnya, hempasan yang dihasilkan bisa mencapai ketinggan 10 meter ke udara lho.

22. Tanjung Ringgit

Tempat-Wisata-Alam-Terbaik-Di-Lombok

photo via instagram.com/lombokexperience

Selanjutnya ada Tanjung Ringgit yang merupakan salah satu objek wisata alam terbaik di Lombok. Tempat wisata ini menyuguhkan keindahan panorama tebing-tebing cadas yang curam. Keindahan Tanjung Ringgit bahkan tak kalah dengan Uluwatu Bali yang menawarkan tebing-tebing eksotis dan memanjakan para pengunjung. Tanjung Ringgit sendiri adalah lautan lepas di Samudera Hindia. Banyaknya tanjung dengan tebingnya yang eksotis, pasir putih dan air laut yang berwarna biru menjadi daya tarik utama dari tempat wisata ini. Selain itu, Tanjung Ringgit juga memiliki situs sejarah peninggalan masa penjajahan Belanda dan Jepang di Indonesia.

23. Taman Wisata Pusuk Sembalun

Tempat-Wisata-Alam-Terbaik-Di-Lombok

photo via backpackerjakarta.com

Taman Wisata Pusuk Sembalun menjadi tempat wisata alam terbaik Lombok yang sayang untuk dilewatkan. Di tempat ini kamu bisa melihat pemandangan megah Gunung Rinjani di antara kabut dan awan tanpa harus mendaki. Kamu akan disuguhi pemandangan hutan yang indah, perbukitan, sawah dan kebun stroberi di sepanjang jalan. Begitu sampai di sana, Kamu bisa beristirahat dan menikmati pemandangan indah dari gazebo. Ditempat ini merupakan spot photo instagramable yang sangat cantik.

24. Taman Wisata Alam Gunung Tunak

Tempat-Wisata-Alam-Terbaik-Di-Lombok

photo via instagram.com/lombokexperience

Tempat wisata alam Lombok selanjutnya yang memiliki panorama indah dan sayang kalau dilewatkan adalah Taman Wisata Alam Gunung Tunak. Disini kamu bisa menikmati keindahan alam yang memukau dari atas menara pandang yang cukup tinggi dan bertengger dibibir tebing. Kamu juga bisa menikmati keindahan pantai Tunaj yang memiliki pasir putih, hamparan rumput hijau, dinding kapur yang kokoh serta bukit batu berbentuk runcing yang memukau. Di atas bukit-bukit hijau yang masih asri di bagian pantai selatan Lombok ini kamu akan dibuat takjub oleh indahnya panorama laut tanpa batas dan tebing-tebing karang.

25. Taman Narmada

Tempat-Wisata-Alam-Terbaik-Di-Lombok

photo via goodnewsfromindonesia.id

Selanjutnya ada Taman Narmada yang merupakan salah satu destinasi wisata alam di Lombok yang wajib kamu kunjungi. Taman Narmada berlokasi di Desa Lembuak, sekitar 10 km di sebelah timur kota Mataram. Taman seluas kurang lebih 2 hektar ini dibangun oleh Raja Mataram Lombok pada tahun 1727. Dulunya, taman ini digunakan sebagai tempat peristirahatan Raja dan tempat upacara, namun sekarang ini, taman telah beralih fungsi menjadi tempat wisata. Desain taman yang merupakan replika mini dari Gunung Rinjani akan membuat kamu terpesona. Selain itu ada juga sumber mata air Gunung Rinjani yang dipercaya dapat membuat kamu awet muda.

26. Bukit Pergasingan

Tempat-Wisata-Alam-Terbaik-Di-Lombok

photo via instagram.com/tripzilla.id

Wisata alam terbaik di Lombok yang memiliki pemandangan spektakuler berikutnya adalah Bukit Pergasingan. Bukit Pergasingan merupakan salat satu spot terbaik untuk menikmati keindahan Gunung Rinjani dari atas bukit. Dari sini kamu bisa melihat pemandangan yang asri dan indah. Mulai dari petak-petak sawah dan kebun-kebun warga yang berwarna-warni dan dikelilingi deretan pegunungan tinggi, ditambah langit biru yang membentang amat sangat menyejukkan mata. Berdiri di ketinggian 1.670 meter di atas permukaan laut atau sekitar 673 meter dari dataran Sembalun, Bukit Pergasingan bisa didaki selama 2 – 2,5 jam dan sering dijadikan tempat latihan sebelum mendaki Gunung Rinjani.

27. Bukit Malimbu

Tempat-Wisata-Alam-Terbaik-Di-Lombok

photo via instagram.com/pesona_lombok__

Bukit Malimbu merupakan tempat wisata alam terbaik di Lombok yang mampu membuat pengunjung terpukau akan keindahan panorama yang disajikan. Dari atas bukit kamu bisa menyaksikan pemandangan Pantai Senggigi yang begitu indah dari ketinggian. Kamu juga bisa melihat warna pantai yang biru kehijauan. Yang paling favorit adalah kamu bisa menikmati sunset dari atas Bukit Malimbu.

28. Bukit Merese

Tempat-Wisata-Alam-Terbaik-Di-Lombok

photo via instagram.com/lombokexperience

Bukit Merese merupakan sebuah kawasan wisata yang berada di daerah Mandalika, Kuta, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Di bukit ini tidak ada satupun pohon besar yang tumbuh tinggi menjulang kecuali sebuah pohon yang dikenal dengan sebutan Pohon Galau. Lokasi objek wisata ini berjarak sekitar 54 kilometer dari pusat Kota Mataram, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 15 menit menggunakan kendaraan pribadi. Terdapat beberapa aktivitas menarik yang bisa kita lakukan di bukit ini. Diantaranya adalah mendaki, bersantai, dan menikmati matahari terbit dan terbenam. Para wisatawan bisa menikmati hamparan rerumputan luas serta pemandangan menakjubkan sepuasnya.

29. Bukit Selong

Tempat-Wisata-Alam-Terbaik-Di-Lombok

 

photo via instagram.com/lombokexperience

Bukit Selong merupakan objek wisata berupa perbukitan yang menawarkan keindahan alam Pulau Lombok. Bahkan, berada di bukit ini, kamu dapat dimanjakan dengan pemandangan megah Gunung Rinjani dan keindahan Desa Sembalun. Selain itu, kamu juga akan dimanjakan dengan keindahan Bukit Pergasingan dan perkebunan holtikultura milik warga yang berlanskap Gunung Rinjani. Di sini juga terdapat gardu pandang, yang menjadi spot kekinian bagi wisatawan untuk berswafoto. Bukit ini terletak di Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), Bukit Selong berada tepat di belakang Dusun Beleq.

30. Gunung Rinjani

Tempat wisata alam terbaik di Lombok

 

photo via instagram.com/lombokexperience

Gunung Rinjani adalah ikon wisata sekaligus tempat wisata di Lombok yang paling terkenal. Dengan ketinggian lebih dari 3,700 meter, gunung rinjani adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Gunung rinjani dianggap sebagai gunung dengan pemandangan terindah di Asia, sehingga banyak orang yang mendaki gunung ini untuk dapat menikmati pemandangan yang tiada duanya. Nggak heran deh kenapa Gunung Rinjadi disebut sebagai salah satu wisata alam terbaik di Lombok.

31. Air Terjun Penimbungan

Tempat-Wisata-Alam-Terbaik-Di-Lombok

photo via instagram.com/lombokexperience

Selanjutnya ada Air Terjun Penimbungan yang menjadi salah satu tempat wisata terbaik dan paling indah di Lombok. Disebut juga dengan Air Terjun Penimbungan Torean, tempat wisata ini memiliki ketinggian mencapai 100 meter dan terletak di Utara lereng Rinjani. Keunikannya terletak pada hempasan air terjun yang terkadang diselimuti kabut. Aliran airnya berasal dari Segara Anak sehingga cukup segar. Bahkan airnya sangat jernih dan berwarna hijau tosca.

32. Air Terjun Mangku Sakti

Tempat-Wisata-Alam-Terbaik-Di-Lombok

photo via instagram.com/lombokexperience

Air Terjun Mangku Sakti merupakan tempat wisata alam tersembunyi yang berlokasi di kaki Gunung Rinjani. Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 40 meter dan ornamen batuan serta air yang berwarna biru tosca. Struktur dan formasi bebatuan yang ada di air terjun ini benar-benar mengesankan. Formasi unik menyerupai ngarai tersebut terbentuk secara alami akibat aliran air yang terus-menerus melewatinya. Air yang berhulu di Danau Segara Anak (Gunung Rinjani) tersebut tampak sedikit keruh seperti susu karena kandungan belerang yang diyakini ampuh menyembuhkan berbagai gangguan kulit.

33. Air Terjun Mangku Kodek

Tempat-Wisata-Alam-Terbaik-Di-Lombok

photo via oppobaca.news

Air Terjun Mangku Kodek merupakan satu dari banyaknya tempat wisata di Lombok yang wajib kamu kunjungi. Tinggi air terjun Mangku Kodek tidak lebih dari tiga meter saja. Akan tetapi, keindahan yang bisa kamu nikmati sangat berbeda dan sangat unik. Air Terjun Mangku Kodek terletak di antara tebing bebatuan yang sangat eksotis. Lokasi air terjun ini tersembunyi sehingga kamu harus masuk ke dalam sungai untuk dapat menikmati keindahannya. Warna Air Terjun Mangku Kodek tergantung dari aktifitas Gunung Rinjani. Kadang berwarna toska yang artinya air tersebut banyak mengandung belerang, kadang air tersebut jernih dengan warna agak kehijauan.

34. Air Terjun Benang Kelambu

Tempat wisata alam terbaik di Lombok

photo via instagram.com/lombokexperience

Selanjutnya ada Air Terjun Benang Kelambu yang nggak boleh dilupakan. Air terjun ini memiliki pemandangan yang unik dan lain daripada air terjun pada umumnya. Aliran air yang jatuh dari ketinggian tebing tidak langsung terhempas ke bawah, melainkan melewati celah-celah tanaman merambat yang tumbuh lebat di tebing sehingga tampak bagai kelambu atau tirai yang menggantung di udara. Air terjun ini terletak di Desa Aik Bukaq, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah.

35. Air Terjun Sendang Gile

Tempat-Wisata-Alam-Terbaik-Di-Lombok

photo via befreetour.com

Masih berupa tempat wisata air terjun, kali ini ada Air Terjun Sendang Gile yang wajib kamu kunjungi saat berlibur ke Lombok. Berlokasi di Lombok Utara, Air Terjun Sendang Gile berjarak sekitar 60 km atau 3 jam perjalanan dari kota Mataram. Berada di kawasan Desa Senaru, Air Terjun Sendang Gile adalah pintu masuk awal pendakian Gunung Rinjani. Kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang asri yang menyejukkan mata.

36. Air Terjun Tiu Kelep

Tempat-Wisata-Alam-Terbaik-Di-Lombok

photo via instagram.com/lombokexperience

Tempat wisata alam terbaik di Lombok selanjutnya masih berupa air terjun indah yaitu Air Terjun Tiu Kelep. Air terjun ini memiliki ketinggian 45 meter dan berada di dalam hutan dengan pohon besar dan lebat. Begitu kamu sampai ditempat ini, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan kolam didasar air terjun yang sangat jernih dan sejuk.

37. Air Terjun Tiu Teja

Tempat-Wisata-Alam-Terbaik-Di-Lombok

photo via bahtiarlagi.blogspot.com

Tiu Teja merupakan salah satu objek wisata air terjun di Pulau Lombok, khususnya Lombok Utara. Objek wisata ini menjadi incaran para wisatawan karena terkenal dengan keelokannya. Selain itu, tempat wisata ini juga menawarkan berbagai pengalaman berwisata yang romantis. Maka tidak salah jika banyak pasangan pengantin baru yang mengunjunginya.

38. Air Terjun Temponan Atas/Tiu Tiding

Tempat-Wisata-Alam-Terbaik-Di-Lombok

photo via instagram.com/lombokexperience

Selanjutnya ada Air Terjun Temponan Atas atau sering disebut dengan Air Terjun Tiu Tiding. Air Terjun Tiu Tiding berlokasi di Kabupaten Lombok Utara, kecamatan Gangga di desa Genggelang. Air Terjun Tiu Tiding memiliki keitnggian kurang lebih 60 m. Di bawahnya terdapat kolam yang bisa digunakan sebagai tempat pemandian. Aktivitas wisata yang bisa dilakukan disini yaitu forest tracking, wisata agro, berkemah, dan fotografi.

39. Air Terjun Madu

Tempat wisata alam terbaik di Lombok

photo via dabayutravel.blogspot.com

Air terjun Madu merupakan salah satu lokasi air terjun terbaik yang dimiliki oleh Lombok. Air Terjun Madu dipromosikan sebagai daya tarik wisata di Desa Bilok Petung, kecamatan Sembalun, Lombok Timur sebagai pengganti Air Terjun Mayung Putik yang kini mengalami kekeringan. Air di Air Terjun Madu ini berasal dari luapan Danau Segara Anak dari ketinggian 2.000 mdpl kawah Gunung Rinjani.

Meskipun bernama madu, bukan berarti air yang ada di tempat ini mirip dengan madu. Air kolam di tempat ini justru berwarna putih kehijauan karena mengandung sulfur. Area telaga di sekitarnya memiliki kedalaman berkisar antara 0.5 meter hingga 2 meter. Mandi di tempat ini diyakini dapat mengobati berbagai jenis penyakit kulit dan juga tulang.

40. Sumber Air Panas Aik Kalak

Tempat-Wisata-Alam-Terbaik-Di-Lombok

photo via pagitrans.com

Buat kamu yang ingin rileksasi, kamu bisa mengunjungi Sumber Air Panas Aik Kalak yang berada tidak jauh dari Gunung Rinjani, tepatnya di kaki gunung tersebut. Seperti namanya, telaga ini berisi air yang cukup panas dan mengandung belerang, sehingga warnanya juga keruh. Beberapa orang juga percaya bahwa sumber air tersebut bisa menyembuhkan penyakit tertentu, seperti gatal-gatal atau semacamnya. Tidak heran jika destinasi wisata tersebut tidak kalah ramainya dengan wisata alam terbaik Lombok lainnya.

41. Danau Segara Anak

Tempat-Wisata-Alam-Terbaik-Di-Lombok

photo via instagram.com/cilukk__

Danau Segara Anak merupakan salah satu tempat yang juga wajib dikunjungi, terutama bagi para pecinta wisata alam. Berlokasi di kawah Gunung Rinjani, Danau Segara Anak sampai sekarang masih diyakini sebagai bagian dari laut yang terpecah ke atas sebuah pulau. Hal ini dikarenakan warna air danau ini yang berwarna biru, persis sama seperti warna air laut. Kegiatan utama di danau ini adalah memancing dan berkemah dipinggir danau.

Kareana Segara Anak berada di ketinggian sekitar 2.000 mdpl. Butuh waktu sekitar 6-7 jam untuk mendaki menuju Segara Anak. Namun keindahannya memang tak perlu diragukan lagi. Banyak wisatawan yang rela mendaki Gunung Rinjani hanya untuk berkunjung ke Segara Anak.

42. Gua Bangkang

Tempat wisata alam terbaik di Lombok

photo via instagram.com/lombokexperience

Gua Bangkang adalah salah satu alternatif destinasi dan spot petualangan yang unik yang berada di Lombok yang wajib kamu kunjungi. Gua Bangkang yang berada di Desa Prabu, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah ini tengah diburu oleh petualang karena pemandangan di dalam gua yang indah.

Keunikan dari Gua Bangkang adalah sisinya yang berada di atas dan bawah, bukan dari kanan atau kiri. Sisi di bagian bawah inilah yang cukup terkenal keberadaanya di Instagram, karena memiliki spot foto yang luar biasa instagrammable. Pasalnya, di sisi bawah tersebut, ada sebuah lubang yang ditembus oleh cahaya matahari, sehingga menjadi pemandangan yang cukup indah.

Nah itulah beberapa tempat wisata alam terbaik di Lombok yang wajib kamu kunjungi saat berlibur ke Lombok versi Blog Unik. Pastikan kamu menyediakan waktu beberapa hari untuk menjelajah Lombok karena sehari saja nggak akan cukup. Semoga artikel kali ini bermanfaat!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.