15 Tempat Wisata Dieng Terbaru Dan Terpopuler Yang Harus Kamu Kunjungi

1 bulan, by blogunik

Tempat Wisata Dieng Terbaru Dan Terpopuler

Dataran Tinggi Dieng merupakan sebuah wilayah di pusat Jawa Tengah yang memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Dataran ini diapit oleh jajaran perbukitan di sisi utara dan selatan.

Ketinggian dataran ini berada pada 1600 hingga 2100 m dari permukaan laut, dengan suhu udara berkisar 12 -20°C di siang hari dan 6 – 10°C di malam hari. Daerah ini juga pernah mencapai suhu 0°C di pagi hari meskipun daerah ini termasuk iklim subtropis.

Suhu ini juga menimbulkan embun beku yang disebut bun upas (embun racun) oleh penduduk sekitar karena menyebabkan keruakan pada tanaman pertanian. Meskipun begitu, Dieng tetaplah menjadi salah satu tempat wisata yang harus dikunjungi ketika berkunjung ke Jawa Tengah.

Sebagai salah satu kawasan wisata yang populer di Jawa Tengah, tak heran jika ada banyak sekali tempat wisata yang ditawarkan. Mulai dari wisata sejarah, budaya hingga alam pun ada di Dieng.

Agar kamu mendapatkan suasana liburan yang menyenangkan, tak ada salahnya kamu mencoba mengunjungi beberapa tempat wisata di Dieng ini. Nah, dimana saja tempat tersebut? Berikut ini tempat wisata Dieng terbaru dan terpopuler yang harus kamu kunjungi.

15 Tempat Wisata Dieng Terbaru dan Terpopuler

1. Air Terjun Sikarim

Tempat Wisata Dieng Terbaru Dan Terpopuler

photo via instagram.com/mr.allli

Air Terjun Sikarim ini berada di Dataran Tinggi Dieng diantara Gunung Bisma dan Gunung Sikunir. Air terjun ini berasal dari limpahan Telaga Cebong yang mengalir menuruni tebing perbukitan setinggi hampir 90 meter dan jatuh ke Sungai Mlandi.

Ketika debit air cukup besar, air terjun ini akan menampakkan tak hanya satu air terjun saja. Di sekitar air terjun ini terdapat pohon pakis yang tumbuh subur serta tebing-tebing hijau yang menyegarkan mata.

Di tempat wisata ini juga terdapat spot-spot foto yang pastinya tak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung.

2. Bukit Sikunir

Tempat Wisata Dieng Terbaru Dan Terpopuler

photo via instagram.com/abi__tholib

Jika berkunjung ke Dieng kurang lengkap rasanya jika belum mengunjungi Bukit Sikunir. Bukit Sikunir ini menyajikan panorama alam yang akan membuatmu takjub, dimana disini kamu dapat melihat sunrise yang sangat cantik. Bukit ini juga menjadi salah satu spot sunrise terbaik di Indonesia.

Untuk menikmati sunrise di Bukit Sikunir ini ada baiknya kamu datang dipagi hari sebelum fajar. Selain itu kamu juga harus trackking kurang lebih 300 meter untuk mencapai puncaknya. Meskipun cukup melelahkan, namun semua rasa lelahmu akan terbayar ketika sudah sampai di atas.

Ketika sampai diatas, rasakan hembusan angin yang mengenai rambutmu serta tataplah pemandangan indah di depan. Pokoknya kamu tidak akan menyesal mengunjungi tempat wisata satu ini.

3. Bukit Sidengkeng atau Petak 9

Tempat Wisata Dieng Terbaru Dan Terpopuler

photo via instagram.com/skysoultan

Selanjutnya tempat wisata yang tak kalah bagusnya dari Bukit Sikunir yaitu Bukit Sidengkeng atau dikenal juga dengan nama Petak 9. Bukit Sidengkeng ini berada di Desa Dieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Tempat wisata ini menawarkan pemandangan yang sangat indah sehingga sangat cocok dijadikan sebagai spot foto. Di tempat ini kamu bisa melihat betapa indahnya Telaga Warna dan Telaga Pengilon dari ketinggian. Lihat juga betapa cantiknya warna telaga-telaga tersebut dipadukan dengan alam disekitarnya. Pasti kamu betah berlama-lama disini.

Sama seperti perjalanan menuju bukit lainnya, kamu harus menyiapkan tenaga ekstra karena kamu harus melewati jalan setapak yang cukup menanjak untuk mencapai tempat indah ini.

Disini juga tersedia area camping ground yang dapat menampung sekitar 100 tenda. Jika kamu suka berkemah tak ada salahnya mencoba berkemah disini. Lihatlah pemandangan pada malam harinya dimana kamu dapat melihat bintang-bintang di langit yang sangat cantik.

4. Bukit Scooter Dieng

Tempat Wisata Dieng Terbaru Dan Terpopuler

photo via instagram.com/badakkekar

Bukit Scooter ini menyajikan pemandangan alam yang sangat indah sehingga tak boleh kamu lewatkan begitu saja ketika berkunjung ke Dieng. Bukit ini berada di atas ketinggian kurang lebih 2.200 Mdpl, tak heran pemandangan yang disajikan begitu indah.

Dari atas Bukit Scooter ini, kita dapat melihat perkampungan Dieng yang dipadukan dengan keindahan perbukitan serta persawahan yang berada di sekitarnya. Untuk menikmatinya, kamu harus trackking sekitar 15 menit menuju puncak bukit.

Tempat wisata ini juga telah dilengkapi dengan gazebo yang bisa kamu gunakan untuk bersantai sambil menikmati keindahan alam yang tersedia. Disini kamu juga dapat melihat sunrise dan sunset yang pastinya akan sangat menarik untuk dilihat.

5. Batu Pandang Ratapan Angin

Tempat Wisata Dieng Terbaru Dan Terpopuler

photo via instagram.com/angga1219

Tempat wisata ini harus masuk kedalam list tempat wisata yang harus dikunjungi di Dieng lho. Lihat saja betapa indahnya pemandangan yang tersaji disana, cocok banget jadi spot foto yang instagramable.

Batu Pandang Ratapan Angin ini berada di ketinggian 2010 mdpl, tak heran jika pemandangan yang disajikan begitu menyejukkan hati. Seperti namanya diatas bukit ini terdapat tumpukan batu, diatas batu ini kamu bisa merasakan hembusan angin serta suara-suara yang menyejukkan hati.

Selain itu, di tempat ini kamu juga bisa melihat Telaga Warna dan Telaga Pengilon yang sangat cantik jika cuaca sedang cerah. So, tunggu apalagi buruan kunjungi Batu Pandang Ratapan Angin.

6. Gunung Prau

Tempat Wisata Dieng Terbaru Dan Terpopuler

photo via instagram.com/novemlawalata

Gunung Prau adalah gunung yang terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng. Gunung ini menjadi tapal batas antara empat Kabupaten yaitu Kabupaten Batang, Kendal, Temanggung dan Wonosobo.

Di puncak gunung yang memiliki ketinggian sekitar 2.565 mdpl ini kita dapat melihat bukit-bukit kecil dan sabana dengan sedikit pepohonan. Udara sejuk khas pegunungan pun dapat kita rasakan disini.

Dari atas gunung ini kita juga dapat menikmati keindahan matahari terbenam dan matahari terbit.

7. Gardu Pandang Tieng

Tempat Wisata Dieng Terbaru Dan Terpopuler

photo via instagram.com/franz_sobo

Berlokasi di ketinggian 1789 Mdpl tepatnya di Desa Tieng, tempat wisata ini menjadi salah satu tempat yang cocok untuk melihat golden sunrise. Gardu Pandang Tieng ini juga tempat yang tepat untuk melihat keindahan landscape pedesaan.

Dari tempat ini kita bisa melihat indahnya pegunungan yang berjajar ditambah dengan perkebunan warga yang berundak-undak. Sesekali juga tampak beberapa kabut yang membuat kita seperti berada di negeri di atas awan.

Buat kalian yang ingin berkunjung kesini ada baiknya memperhatikan cuaca terlebih dahulu, agar kamu tidak kecewa ketika sudah sampai di tujuan.

8. Kompleks Candi Arjuna

Tempat Wisata Dieng Terbaru Dan Terpopuler

photo via lensanasrul.com

Tak lengkap rasanya berwisata ke Dieng tanpa berkunjung ke Kompleks Candi Arjuna. Kompleks Candi Arjuna ini merupakan sebuah bangunan candi Hindu yang terletak di Dataran Tinggi Dieng. Candi ini memiliki usia yang lebih tua dari Candi Borobudur sehingga bisa dikatakan menjadi salah satu bangunan kuno tertua di Jawa.

Kawasan yang menempati luas 1 hektare ini memiliki lima bangunan candi yaitu Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa dan Candi Sembadra. Selain dari Candi Semar, keempat candi lainnya merupakan candi utama yang digunakan untuk tempat sembahyang.

Jika kamu berkunjung disaat cuaca sedang bagus, maka kamu dapat melihat panorama alam yang sangat indah. Selain itu tempat ini juga memiliki spot foto yang instagramable.

9. Kawah Sikidang

Tempat Wisata Dieng Terbaru Dan Terpopuler

photo via instagram.com/efik_villa_dieng

Kawah Sikidang merupakan salah satu tempat wisata Dieng terpopuler yang harus kamu kunjungi. Kawah ini terbentuk dari letusan gunung berapi yang masih aktif dengan lumpur vulkanik yang masih meletup-letup serta mengeluarkan gas. Maka dari itu buat kalian yang ingin mengunjunginya dianjurkan untuk menggunakan masker agar gas yang keluar tidak terhirup.

Karena terdapat gas diarea ini, kamu tidak diperkenankan untuk menyalakan api atau membuang puntung rokok. Kamu tidak ingin ada kejadian yang membahayakan diri sendiri dan orang lain kan? Maka dari itu turuti peraturan yang ada.

Hal menarik yang bisa kamu lakukan di kawah ini adalah merebus telur di salah satu kawah. Untuk telurnya sendiri bisa kamu temukan di sekitar lokasi. Namun tetap jaga kebersihan ya ketika berkunjung kesana.

10. Lubang Sewu

Tempat Wisata Dieng Terbaru Dan Terpopuler

photo via instagram.com/hanakrisna_

Lubang Sewu ini terletak di Desa Erorejo, Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo. Tempat ini mulai populer berkat foto yang tersebar melalui media sosial. Lubang Sewu ini banyak dilirik orang tak lain karena keindahan batu karangnya yang berwarna putih. Bebatuan ini membentuk seribu lubang yang sangat cantik dijadikan spot foto.

Namun tempat wisata satu ini hanya bisa dilihat di waktu tertentu saja karena bebatuan indah ini hanya muncul ketika air waduk surut saja. Ketika musim hujan maka bebatuan dari tempat ini akan tenggelam. Maka dari itu penting mengetahui waktu yang tepat untuk mengunjunginya.

Lubang Sewu ini juga sangat cocok dikunjungi ketika sore hari, karena kamu juga bisa menikmati sunset. Carilah tempat yang dirasa nyaman untuk duduk sambil menunggu matahari terbenam.

11. Padang Savana Dieng

Tempat Wisata Dieng Terbaru Dan Terpopuler

photo via instagram.com/setiasihdiyah

Rasanya tidak perlu jauh-jauh terbang ke Afrika hanya untuk menikmati keindahan padang savana, karena di Indonesia sendiri juga terdapat padang savana tepatnya di Dieng. Tempat wisata terbaru di Dieng ini berada di Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Padang Savana Dieng ini menyajikan pemandangan alam yang indah, dimana disini kamu bisa melihat pada rumput hijau yang memanjakan mata. Berada di ketinggian sekitar 2.000 mdpl tentunya suasana yang ditawarkan begitu menyegarkan.

Tempat wisata ini juga menjadi spot foto yang sangat bagus, serasa kamu sedang berada di Afrika.

12. Telaga Merdada

Tempat Wisata Dieng Terbaru Dan Terpopuler

photo via instagram.com/tejawisata

Telaga Merdada ini merupakan telaga terluas di Dieng, telaga ini memiliki luas mencapai 21 hektar dan memiliki kedalaman mencapai kurang lebih 2 – 10 meter. Pada musim kemarau, telaga yang sumber airnya berasal dari air hujan ini akan menyusut dan bagian dasar telaga pun akan terlihat.

Tempat wisata ini membendang diantara bukit Pangonan dan Sumurup sehingga pemandangan yang dihasilkan mampu menyegarkan pikiran dikala penat. Terdapat juga ladang pertanian yang berundak-undak yang menambah keindahan dari Telaga Merdada ini.

Selain bersantai kamu juga dapat berkayak di telaga ini dan ketika berkunjung jangan lupa untuk membawa baju hangat karena suhu udara di tempat ini cukup dingin.

13. Telaga Dringo

Tempat Wisata Dieng Terbaru Dan Terpopuler

photo via instagram.com/nencywulan

Selain Telaga Merdada terdapat juga Telaga Dringo, Telaga ini dilindungi oleh pegunungan menjulang, semak belukar dan hutan lebat. Namun sayangnya akses menuju kesana cukup menantang, dimana jalurnya kecil, sempit dan masih berbatu sehingga tidak semua kendaraan berani melaju di medan seperti ini. Tapi jika kamu memang sangat ingin mengunjunginya kamu bisa juga melakukan trackking atau lintas alam.

Ketika mengunjungi Telaga ini kamu akan disuguhi dengan perbukitan yang menjulang hijau, lereng-lerengnya disulap menjadi lahan pertanian yang berundak-undak. Selain itu, udaranya pun sangat sejuk khas pegunungan.

Karena sulit di akses tentunya tempat wisata satu ini cukup sepi pengunjung. Cocok deh buat kamu yang menyukai kesunyian.

14. Telaga Pengilon

Tempat Wisata Dieng Terbaru Dan Terpopuler

photo via instagram.com/achmad_noer_cholis

Selain perbukitan, Dieng juga memiliki wisata telaga yang wajib kamu kunjungi salah satunya yaitu Telaga Pengilon. Telaga ini memiliki air yang begitu jernih sebening kaca sehingga diberi nama Telaga Pengilon.

Menariknya ada sebuah mitos di Telaga Pengilon ini, dimana jika kamu berkaca di air telaga ini dan bayangan yang muncul dalam air enak dipandang berarti kamu memiliki hati yang bersih dan begitu juga sebaliknya.

Telaga ini dikelilingi oleh bukit dengan pepohonan endemik seperti akasia. Suasananya begitu nyaman disini, ditambah kamu bisa memandangi ikan-ikan kecil yang ada di dalam telaga ini.

15. Telaga Warna

Tempat Wisata Dieng Terbaru Dan Terpopuler

photo via instagram.com/annas_achmad

Terakhir, tempat wisata yang harus kamu kunjungi ketika berada di Dieng adalah Telaga Warna. Berlokasi di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabuoaten Wonosobo, Jawa Tengah. Tempat wisata ini sangat cocok sebagai tempat relaksasi dan menghilangkan rasa penat di perkotaan.

Keunikan dari tempat ini yaitu terletak pada warna air telaganya yang warnanya mampu berubah-ubah tergantung dari cuaca dan sudut pandang. Telaga ini juga dikatakan memiliki kandungan belerang di dalamnya maka dari itu warna airnya dapat berubah-ubah.

Selain warna air, pemandangan alam disekitar telaga ini juga menarik untuk dilihat. Sejauh mata memandang, kamu hanya akan dihadapkan oleh pemandangan alam yang hijau.

 

Itulah beberapa tempat wisata Dieng terbaru dan terpopuler yang harus kamu kunjungi. Bagaimana indah bukan pemandangan yang disajikan oleh tempat wisata diatas? Pokoknya jika kamu berlibur ke Dieng harus mengunjungi tempat-tempat ini deh, dijamin kamu tidak akan menyesal setelah mengunjunginya.

0
Artikel Terkait