18 Tempat Wisata Kuliner di Solo Dengan Cita Rasa Yang Maknyus

7 bulan, by blogunik

Solo merupakan salah satu kota tujuan wisata yang populer di Jawa. Kota satu ini tidak hanya menawarkan wisata budaya dan sejarah saja, namun juga dikenal memiliki wisata kuliner enak-enak yang wajib kamu kunjungi. Kota yang memiliki slogan “The Spirit of Java” ini memiliki banyak sekali kuliner yang menggugah selera dan wajib kamu cicipi jika berkunjung. Nah, berikut ini rekomendasi tempat wisata kuliner di Solo yang tak boleh kamu lewatkan.

1. Cabuk Rambak Solo

Tempat Wisata Kuliner Di Solo - Cabuk Rambak Solo

Photo via jolygram.com

Cabuk Rambak adalah makanan yang berupa irisan ketupa dan siraman sambal wijen dengan tamabahan karak. Karak sendiri adalah kerupuk khas Solo yang terbuat dari nasi kukus yang dicampur dengan bumbu-bumbu. Makanan satu ini wajib kamu cicipi jika berkunjung ke Solo. Biasanya makanan ini dijadikan sebagai sarapan karena porsinya tidak terlalu banyak. Para wisatawan juga menyebut makanan satu ini sebagai kduapan.

2. Es Dawet Telasih Bu Dermi

Tempat Wisata Kuliner Di Solo - Es Dawet Telasih Bu Dermi

Photo via inibaru.id

Jika kamu berkunjung ke Solo jangan lupa untuk menikmati Es Dawet Telasih Bu Dermi. Seporsi es dawet ini terdiri dari dawet yang berukuran kecil, dicampur dengan biji-biji telasih, ketan hitam, bubur sumsum dan tape ketan. Harga untuk seporsi es dawet ini juga tergolong murah yaitu sekitar Rp. 5.000.

Alamat : Pasar Gede Hardjonagoro, Jl. Jend. Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah

3. Es Gempol Pleret Pak Suhar

Tempat Wisata Kuliner Di Solo - Es Gempol Pleret Pak Suhar

Photo via surakarta.go.id

Selain es dawet, kamu juga bisa menikmati segarnya Es Gempol Pleret Pak Suhar. Es khas Solo satu ini memang tidak mudah di temukan lagi. Namun kamu bisa menikmatinya di sebelah Masjid Tegalsari. Es gempol ini terbuat dari campuran tepung beras dan gula jawa dengan siraman santan cair, kemudian ditambah dengan gula cair dan es batu.

Alamat : Jl. Dr. Wahidin, Purwosari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah

4. Gudeg Ceker Bu Kasno

Tempat Wisata Kuliner Di Solo - Gudeg Ceker Bu Kasno

Photo via travelingyuk.com

Gudeg Ceker Bu Kasno adalah salah satu tempat wisata kuliner di Solo, dimana warung gudeg ini sudah ada sejak tahun 1970. Tempat ini menjadi salah satu yang wajib kamu kunjungi untuk mencicipi gudeg dengan cita rasa Solo. Gudeg satu ini dikenal dengan cekernya yang menggugah selera. Seporsi gudeg ceker ini kamu hanya perlu membayar sekitar Rp. 18.000.

Alamat : Jalan Wolter Monginsidi No.41-43, Setabelan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah

5. Nasi Liwet Wongso Lemu

Tempat Wisata Kuliner Di Solo - Nasi Liwet Wongso Lemu

Photo via travelingyuk.com

Berkunjung ke Solo jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Solo satu ini yaitu Nasi Liwet Wongso Lemu. Makanan ini terdiri dari nasi putih yang ditambah dengan telur rebus, sayur labu dan suwiran ayam. Nasi Liwet Wongso Lemu ini ternyata sudah ada sejak tahun 1950 dan dikelola secara turun-temurun.

Alamat : Jl. Teuku Umar, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah

6. Nasi Soto Ayam Gading

Tempat Wisata Kuliner Di Solo - Nasi Soto Ayam Gading

Photo via wowkeren.com

Nasi Soto Ayam Gading adalah salah satu tempat wisata kuliner di Solo yang sangat cocok disantap untuk menu sarapan. Seporsi soto ini berisi nasi, sohun, suwiran daging ayam dan kenyang kemudian disiram dengan kuah bening. Selain itu, kamu juga dapat menambah lauk lainnya seperti ampela, sate usus dan sate telur puyuh.

Alamat : Jl. Brigjen Sudiarto No.74, Danukusuman, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah

7. Pecel Ndeso Solo

Tempat Wisata Kuliner Di Solo - Pecel Ndeso Solo

Photo via travelingyuk.com

Tempat wisata kuliner satu ini memang terkenal hits dan selalu menjadi tujuan utama saat berada di Solo. Seporsi menu satu ini terdiri dari nasi merah, daun bayam, daun pepaya, kembang turi, jantung pisang, daun kenikir dan siraman dengan sambal kacang. Sambal kacang ini dicampur dengan wijen hitam yang telah disangrai sehingga membiat sambal kacang terasa lebih gurih. Selain itu wijen hitam ini juga menjadi ciri khas dari pecel ndeso Solo.

Alamat : Jl. Prof. DR. Supomo No.55, Mangkubumen, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah

8. Selat Solo Mbak Lies

Tempat Wisata Kuliner Di Solo - Selat Solo Mbak Lies

Photo via keepo.me

Selat Solo Mbak Lies adalah salah satu tempat wisata kuliner di Solo yang wajib kamu cicipi. Makanan satu ini berisi potongan daging giling, lontong, wortel, selada, kentang, buncis dan kacang polong. Kemudian diatasnya disiram dengan kuah kental dengan rasa manis asam yang khas.

Alamat : Jl Veteran, Gg. 2 No.42, Serengan, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah

9. Sate Kambing Buntel Mbok Galak

Tempat Wisata Kuliner Di Solo - Sate Kambing Buntel Mbok Galak

Photo via pikdo.biz

Buat kamu penggemar daging kambing kamu harus mencoba kuliner satu ini yaitu sate kambing buntel mbok galak. Sate satu ini tergolong berbeda dari yang lainnya karena sate kambingnya terbungkus lemak atau bahasa Jawanya biasa disebut buntel. Setelah di bakar sate ini disiram dengan kuah kacang yang menambah kadar nikmatnya. Selain sate, disini kamu juga bisa mencicipi aneka olahan daging kambing lainnya seperti gulai dan tongseng.

Alamat : Jl. Ki Mangun Sarkoro No.112, Sumber, Banjarsari, Banyuanyar, Sumber, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah

10. Serabi Notosuman

Tempat Wisata Kuliner Di Solo - Serabi Notosuman

Photo via travelingyuk.com

Ketika kamu berkunjung ke Solo tak lengkap rasanya jika kamu belum mencicipi makanan satu ini yaitu Serabi Notosuman. Serabi Notosuman ini sudah berdiri sejak tahun 1923 dan terkenal akan kelezatannya yang melegenda. Serabi ini dibuat dengan resep dan metode yang masih sangat tradisional sehingga tak perlu di ragukan lagi kenikmatannya. Serabi Notosuman ini memiliki dua varian rasa yaitu original dan coklat.

Alamat : Jl. Moh. Yamin No.28, Jayengan, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah

11. Sate Kambing Hj. Bejo

Tempat Wisata Kuliner Di Solo - Sate Kambing Hj. Bejo

Photo via phinemo.com

Selain sate bundel mbok galak, kamu juga harus mencicipi sate kambing Hj. Bejo yang dikenal enak. Menu yang wajib kamu cicipi disini yaitu sate buntel, dimana sate buntel ini terdiri dari daging kambing cincang yang dibungkus dengan lemak kambing kemudian di bakar. Selain sate buntel, disini juga terdapat gulai, tongseng dan tengkleng.

Alamat : Jl. Sungai Sebakung No.10, Kedung Lumbu, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah

12. Sambel Tumpang Pecel Bu Kis

Tempat Wisata Kuliner Di Solo - Sambel Tumpang Pecel Bu Kis

Photo via wowkeren.com

Sambel Tumpang Pecel Bu Kis adalah salah satu tempat wisata kuliner di Solo yang tak boleh dilewatkan. Menu utama di tempat ini yaitu pecel, yang membedakan pecel-pecel lainnya yaitu adanya sambel tumpang. Makanan ini terbuat dari irisan tahu putih, tahu goreng, rempah-rempah, krecek dan tempe yang berusia lama. Di padukan dengan sambel tumpang yang memiliki perpaduan rasa pedas, gurih dan manis.

Alamat : Jl. Gleges, Sriwedari, Laweyan, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah

13. Tahu Kupat Pak Brewok

Tempat Wisata Kuliner Di Solo - Tahu Kupat Pak Brewok

Photo via travelingyuk.com

Buat kalian yang gemar dengan makanan tahu kupat kalian bisa mencicipi Tahu Kupat Pak Brewok. Dimana seporsinya berisi irisan ketupat, kol, tauge, tahu goreng dan mie kuning. Kemudian disiram dengan kuah kecap dan air bawang diatasnya tak lupa ditambah dengan bawang goreng, daun bawang dan irisan cabe rawit. Ketika kamu menyantapnya, rasa asam, manis, pedas dan gurih akan menggoyang lidahmu.

Alamat : Jl. R. M. Said No.197, Mangkubumen, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah

14. Tengkleng Bu Edi

Tempat Wisata Kuliner Di Solo - Tengkleng Bu Edi

Photo via solo.korinatour.co.id

Jika kamu berkunjung ke Pasar Klewer jangan lupa untuk mampir mencicipi tengkleng Bu Edi. Tengkleng Bu Edi ini sudah sangat populer di Solo dan warung ini selalu penuh dengan pengunjung. Warung ini buka dari jam 14.00 setiap hari dan dalam hitungan jam saja dagangan Bu Edi sudah habis terjual. Makanan disini memang dikenal memiliki rasa gurih dan pedas, menariknya lagi makanan disini disajikan dengan menggunakan pincuk daun pisang.

Alamat : Jl. DR. Radjiman, Kauman, Gajahan, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah

15. Tahok Solo Pak Citro

Tempat Wisata Kuliner Di Solo - Tahok Solo Pak Citro

Photo via travelingyuk.com

Tempat kuliner satu ini sangat direkomendasikan jika kamu berkunjung ke Solo, tempat ini adalah Tahok Solo Pak Citro. Makanan satu ini mirip dengan kembang tahu dimana sama-sama diolah dari kacang kedelai. Makanan ini memiliki warna putih yang disiram dengan gula Jawa yang kaya akan rempah-rempah. Makanan satu ini juga terbilang sangat terjangkau, semangkok tahok dijual seharga Rp. 4.000. Sangat murah dan rasanya juga enak jadi sangat direkomendasikan untuk mencicipinya. Tahok Solo Pak Citro ini buka dari pukul 6 pagi hingga 4 sore.

Alamat : Jl. Suryopranoto No.21, Kepatihan Wetan, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah

16. Timlo Sastro

Tempat Wisata Kuliner Di Solo - Timlo Sastro

Photo via phinemo.com

Timlo Sastro adalah salah satu tempat wisata kuliner yang sangat populer dan terjamin rasanya. Buat kamu yang belum tahu tentang timlo, timlo adalah sejenis sup berkuah kaldu bening yang disajikan dengan ayam suwir, hati, ampla, sosis solo dan potongan telur pindang. Timlo sastro ini tidak pernah sepi pengunjung, tempat ini buka mulai dari jam 06.00 pagi hingga 15.30 sore.

Alamat : Jl. Dr. Wahidin No.30, Purwosari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah

17. Warung Sate Kere Yu Rebi

Tempat Wisata Kuliner Di Solo - Warung Sate Kere Yu Rebi

Photo via travel.tribunnews.com

Satu lagi sate yang perlu kamu cicipi jika berkunjung ke Solo yaitu Warung Sate Kere Yu Rebi. Sate ini diberi nama sate kere karena mengambil dari bahan sate yang digunakan yaitu jeroan sapi. Tentu saja jika dibandingkan dengan dagingnya, jeroan memiliki harga jual yang lebih murah. Satu porsi sate kere ini dibandrol dengan harga Rp. 10.000.

Alamat : Jl. Kebangkitan Nasional No.2, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah

18. Wedangan Pendopo

Tempat Wisata Kuliner Di Solo - Wedangan Pendopo

Photo via travelingyuk.com

Wedangan Pendopo adalah salah satu tempat wisata kuliner di Solo yang wajib kamu kunjungi. Tempat satu ini memiliki suasana yang tenang, ramah dan bersahabat khas Jawa Tengah. Disini ada berbagai macam makanan dan minuman tradisional yang bisa kamu cicipi. Wedangan Pendopo ini selalu ramai pengunjung setiap harinya apalagi menjelang malam hari.

Alamat : Jl. Srigading I No.7, Mangkubumen, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata kuliner di Solo, jika berkunjung ke Solo jangan lupa untuk mampir ke tempat-tempat di atas ini ya guys.

0
Artikel Terkait