15 Tempat Wisata Pegunungan di Indonesia Dengan Pemandangan yang Menakjubkan

1 bulan, by blogunik

Tempat Wisata Pegunungan di Indonesia

Bosan dengan keadaan ibu kota yang panas, ramai, penat dan penuh sesak? Saatnya kamu meluangkan waktu untuk berlibur sejenak. Nah salah satu jenis tempat wisata yang cocok untuk relaksasi adalah wisata pegunungan. Ada banyak tempat wisata pegunungan di Indonesia yang tentunya terkenal dengan udaranya yang sejuk, asri dan jauh dari yang namanya polusi udara, sehingga cocok untuk relaksasi dan melepas penat serta stres.

Selain menawarkan udara yang sejuk, deretan wisata pegunungan di Indonesia juga menyuguhkan panorama yang spektakuler pastinya. Pemandangan indah yang didominasi warna hijau akan menjadi obat yang pas untuk menghilangkan rasa lelah dan stres. Mau tahu mana saja rekomendasi tempat wisata pegunungan terbaik di Indonesia versi Blog Unik? Simak rangkumannya berikut ini.

15 Tempat Wisata Pegunungan Terbaik di Indonesia

1. Umbul Sidomukti, Lereng Gunung Ungaran – Semarang

Tempat Wisata Pegunungan di Indonesia

photo via wisatainfo.com

Tempat wisata pegunungan yang menawarkan pemandangan yang menakjubkan diawali oleh Umbul Sidomukti yang terletak di Lereng Gunung Ungaran, Semarang, dengan ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut. Karena letaknya di lereng Gunung Ungaran, Umbul Sidomukti menawarkan latar berfoto yang indah. Dengan latar berupa awan dan pemandangan Kota Ungaran di bawahnya, menjadi spot favorit bagi pengunjung yang datang.

Umbul Sidomukti sendiri merupakan sebuah tempat nongkrong keren yang menawarkan pemandangan pegunungan yang indah. Menikmati secangkir kopi ditemani dengan udara pegunungan yang bersih dan sejuk tentu membuat segalanya tambah nikmat. Tak hanya kopi, kamu juga bisa menikmati beraneka macam gorengan yang panas yang tentu akan menyempurnakan acara minum kopi kamu.

Selain menikmati kopi, kamu juga bisa menginap di vila yang juga terdapat di area pondok kopi tersebut. Fasilitas yang ada di kawasan wisata ini pun cukup lengkap untuk liburan bersama keluarga. Ada arena flying fox, sepeda down hill, ATV, kolam renang, juga berkuda.

Lokasi : Desa Sidomukti-Jimbaran, Kec. Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

2. Ngarai Sianok, Bukittinggi – Sumatera Barat

Tempat wisata alam terbaik di Indonesia

photo via travel.kompas.com

Selanjutnya ada Ngarai Sianok, yang terkenal sebagai tempat wisata pegunungan yang menakjubkan dengan berbagai hal yang bisa membuat kamu betah berlibur ditempat ini. Ngarai Sianok merupakan lembah curam yang berada di tengah Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat. Di dasar ngarai mengalir sebuah anak sungai yang berliku-liku menelusuri celah-celah tebing dengan latar belakang Gunung Merapi dan Gunung Singgalang. Keindahan Ngarai Sianok sangat terkenal bahkan sampai ke mancanegara, tak jarang ada yang menyamakan keindahan Ngarai Sianok dengan Grand Canyon di Amerika.

Ada dua lokasi utama dimana kamu bisa menikmati keindahan Ngarai Sianok ini. Yang paling mudah adalah melalui lokasi Taman panorama tepat di tengah kota Bukittinggi. Yang kedua, pilihan yang cukup ekstrim dan membutuhkan sedikit perjuangan, yaitu perjalanan menuju lembah dengan melintasi jalanan yang menurun terjal.

Disekitar Ngarai Sianok, kamu bisa mampir ke sebuah café bernama Taruko Café Resto. Café ini sangat unik, selain karena letaknya di dasar lembah dan dikelilingi bukit-bukit hijau, sawah, dan sungai, cafe ini juga menyediakan pondok-pondok bernuansa khas Minang yang tentu sangat instagenik.

Lokasi : Taman Panorama, Kayu Kubu, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat 26136

3. Dataran Tinggi Dieng – Jawa Tengah

Tempat Wisata Pegunungan di Indonesia

photo via inibaru.id

Buat kamu yang mencari tempat wisata pegunungan dengan pemandangan yang indah, maka Dataran Tinggi Dieng bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu. Dataran Tinggi Dieng memiliki banyak pilihan wisata yang indah membuatnya menjadi daerah kunjungan wisata cukup direkomendasikan. Udara dingin, alam pegunungan, sunrise mempesona, hingga budaya dan kuliner menjadi daya tariknya.

Dataran tinggi yang mempunyai suasana sejuk ini mempunyai banyak tempat wisata yang mungkin belum Kamu ketahui, seperti Kawah Sikidang, Candi Arjuna, dan masih banyak lagi. Di Kawah Sikidang Kamu bisa menyaksikan aktivitas vulkanik dari kawah yang merupakan letusan dari gunung di sekitar Dieng. Pemandangan di sekitar kawah ini amatlah memesona, perpaduan antara asap belerang, hamparan bukit hijau dan tanah kapur yang begitu kontras.

Selain Kawah Sikidang, tempat lain yang bisa kamu temui di Dataran Tinggi Dieng adalah Telaga Warna. Telaga Warna ini sangat unik karena warna airnya dapat berubah-ubah. Hal tersebut karena air di Telaga Warna mengandung sulfur yang jika terkena matahari akan memantulkan warna berbeda-beda.Jangan lupa untuk berswafoto di tempat ini karena pemandangannya sangat instagramable.

Lokasi : Bakal Buntu, Bakal, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah.

4. Taman Langit Gunung Banyak – Batu, Malang

Tempat wisata alam terbaik di Indonesia

photo via seringjalan.com

Taman Langit Gunung Banyak merupakan tempat wisata pegunungan di Jawa dengan pemandangan alam yang instagenik yang tengah diincar banyak wisatawan. Tempat wisata pegunungan ini menawarkan banyak spot foto yang isntagramable. Taman Langit ini juga memiliki rumah-rumah unik serta patung-patung yang lucu yang terbuat dari ranting dan akar kayu. Kamupun bisa berfoto dengan pemandangan alam yang indah dipadu dengan spot yang unik.

View yang ditawarkan disini memang luar biasa cantiknya, seakan mampu menghipnotis siapa saja. Apalagi saat malam hari, suasana di puncak Taman Langit ini akan dihiasi lampu taman warna-warni serta melihat pemandangan Kota Batu, Malang dan Pujo dari atas ketinggian.

Selain tempat berswafoto, Taman Langit Gunung Banyak juga menawarkan berbagai fasilitas yang pastinya membuat liburan kamu lebih seru. Beberapa fasilitas yang ditawarkan oleh Taman Langit Malang diantaranya seperti Restoran Cangkruk Manuk, Penginanapan Lavender Villa, Omah Kayu, Gardu Pantau, Camping Ground hingga Paralayang.

Lokasi : Jl. Gn. Banyak, Gunungsari, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65312

5. Telaga Sarangan – Magetan, Jawa Timur

Tempat Wisata Pegunungan di Indonesia

photo via youthwanderer.blogspot.com

Tempat wisata di Indonesia yang memiliki panorama pegunungan yang memanjakan mata selanjutnya adalah Telaga Sarangan. Telaga Sarangan adalah telaga pasir alami yang terletak di lereng Gunung Lawu, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Telaga ini berada pada ketinggian kurang lebih 1200 mdpl, dengan luas wilayah sekitar 30 ha serta kedalaman airnya mencapai 28 meter. Daya tarik utama yang berhasil mencuri perhatian para wisatawan untuk berkunjung ke sini, apalagi kalau bukan telaganya. Dimana kamu bisa menyewa perahu untuk berkeliling menikmati keindahan telaga dengan background pegunungan yang menakjubkan. Wisata pegunaungan ini menyajikan keindahan panorama dan ragam fasilitas yang bisa kamu manfaatkan untuk merefresh hari penatmu. Selain wahana kapal, kamu juga bisa menggunakan jasa naik kuda. Dimana, kuda ini akan mengantar kamu berkeliling telaga.

Lokasi : Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur, 5 km dari tawangmangu

6. Paropo – Sumatera Utara

Tempat wisata alam terbaik di Indonesia

photo via phinemo.com

Paropo adalah sebuah desa kecil di Kecamatan Silalahi Sabungan, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Wilayah indah ini berada tepat di tepi Danau Toba. Desa ini memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa. Dimana kamu akan dimanjakan dengan hijaunya hamparan bukit dan danau Toba yang indah. Tempat ini jadi salah satu tempat strategis dan asyik untuk sekedar duduk santai sambil menikmati keindahan Danau Toba. Nggak heran tempat ini dijadikan lokasi favorit untuk camping. Saat camping di tempat ini, kamu nggak hanya akan disuguhi dengan pemandangan danau, tapi kamu juga bisa melihat jejeran perbukitan yang nggak akan pernah membosankan.

Lokasi : Silahisabungan, Paropo I, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara 22281.

7. Rumah Teh Ndoro Donker – Karanganyar

Tempat Wisata Pegunungan di Indonesia

photo via inibaru.id

Rumah Teh Ndoro Donker menyajikan suasana menyejukkan khas pegunungan yang cocok untuk tempat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga ataupun kekasih. Lokasinya berada di tengah perkebunan teh Dusun Kemuning, atau di kaki Gunung Lawu membuat suasana di sekitar sini terasa sangat asri dan menyejukkan. Pemandangan tanaman dan pohon-pohon hijau mampu manjakan mata pengunjung. Tidak hanya itu, para pengunjung akan disajikan dengan pemandangan kebun teh. Tak hanya itu, Rumah Teh Ndoro Donker juga memiliki bentuk bangunan yang terkesan kuno sehingga terlihat sangat unik dan vintage. Mengusung konsep terbuka, di mana para pengunjung dapat duduk sambil bersantai di bawah payung besar dengan udara yang sejuk.

Lokasi : Jl. Karangpandan-Ngargoyoso, Kemuning, Puntukrejo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57793

8. Kampung Tradisional Wae Rebo – NTT

Tempat wisata alam terbaik di Indonesia

photo via jadiberita.com

Wae Rebo adalah sebuah kampung tradisional yang terletak di dusun terpencil tepatnya di Kabupaten Manggarai Provinsi Nusa Tenggara Timur. Wae Rebo terletak di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl) membuat Wae Rebo kerap dihiasi dengan kabut tipis setiap paginya. Tempat ini juga dikelilingi oleh perbukitan yang sangatlah asri, jadi tak heran, kampung ini dijuluki sebagai kampung di atas awan. Salah satu hal yang menarik dari Desa Wae Rebo adalah rumah adatnya yang berbentuk kerucut dan atapnya terbuat dari daun lontar. Hasil kerajinan tangan warga, hasil kopi, vanili dan kulit kayu manis laris sebagai barang cendera mata yang dibawa pulang oleh wisatawan denga harga yang memuaskan. Tak hanya itu, di malam haripun, kamu bisa melihat dengan jelas langit yang bertaburan bintang dari Kampung Tradisional Wae Rebo ini.

Lokasi : Kecamatan Satarmese Barat, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur

9. Bukit Ollon Bonggakaradeng – Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Tempat Wisata Pegunungan di Indonesia

photo via liputan6.com

Tempat wisata pegunungan di Indonesia selanjutnya yang memiliki pemandangan yang menakjubkan adalah Bukit Ollon Bonggakaradeng yang terletak di Tana Toraja. Bukit Ollon Bonggakaradeng sendiri merupakan sebuah lembah dan bukit yang berada 40 kilometer dari Kota Makale. tepatnya di Kecamatan Bonggakaradeng yang memiliki kontur wilayah berliku-liku. Di Bukit Ollon Bonggakaradeng kamu akan disuguhkan keindahan alam yang tak kalah dengan Pegunungan Alpen di negara Swiss, berupa bentangan pegunungan yang dibalut oleh padang rumput nan hijau serta aliran sungai nan jernih dan sejuk.

Pengunjung yang datang ke sini bisa menikmati pemandangan yang indah, bermain di sungai yang mengalir di bawah, atau mengunjungi peternakan kuda hingga berkemah sambil menikmati pemandangan malam yang sunyi dan indah. Hampir setiap angle dari lembah dan perbukitan ini sangat fotogenik.

Lokasi : Buakayu, Bonggakaradeng, Buakayu, Bonggakaradeng, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan 91872

10. Taman Nasional Lorentz – Papua

Tempat wisata alam terbaik di Indonesia

photo via tempatwisataunik.com

Taman Nasional Lorentz yang terletak di Papua juga merupakan salah satu tempat wisata pegunungan Indonesia yang wajib dikunjungi. Taman Nasional Lorentz memiliki luas 2.4 juta hektar dengan keanekaragaman hayati yang tinggi, terdapat pula beberapa keunikan, salah satu yang paling terkenal adalah gletser di Puncak Jaya. Juga ada sungai unik yang tidak memiliki muara. Sungai itu menghilang beberapa kilometer ke dalam tanah di sebuah lembah bernama Lembah Baliem.

Taman Nasional Lorentz berisi beberapa ekosistem, termasuk padang rumput, rawa-rawa, pantai lautan, hutan hujan, dan pegunungan alpine yang diatapi oleh gletser tropis yang cukup langka. Gunung yang paling terkenal bernama Puncak Jaya, yang juga merupakan puncak tertinggi di Asia Tenggara. Kawasan ini juga memiliki danau tertinggi di Indonesia, yakni Danau Habema. Danau ini berada di kawasan Taman Nasional Lorentz, dengan luas danau kurang lebih 224,35 hektar dengan keliling 9,79 kilometer. Meskipun untuk berlibur ke tempat wisata ini memerlukan izin khusus, namun pemandangan yang kamu temui akan memanjakan mata kamu.

Kawasan Taman Nasional (TN) Lorentz merupakan Taman Nasional terluas di Asia Tenggara. Dengan luas hampir sekitar 2,4 juta hektar, kawasan ini masuk ke dalam 10 kabupaten di Provinse Papua yaitu Kabupaten Mimika, Kabupaten Paniai, Kabupaten Intan Jaya, Kabupaten Puncak, Kabupaten Puncak Jaya, Kabupaten Lanny Jaya, Kabupaten Jaya Wijaya, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Ndua, dan Kabupaten Asmat.

11. Munduk Moding Plantation – Bali

Tempat Wisata Pegunungan di Indonesia

photo via phinemo.com

Ingin liburan mewah di Bali dengan suasana pegunungan yang sejuk, maka kamu bisa menginap di Munduk Moding Plantation. Tempat ini merupakan sebuah resort mewah yang menawarkan keindahan alam dari Bali Utara. Lokasi resort mewah ini berdekatan dengan pegunungan serta danau kawah sehingga memberikan nuansa alam yang menyejukkan. Tak hanya itu, resort ini juga dekat dengan perkebunan kopi dan teh.Kamu dapat memilih berbagai macam pilihian villa dan suite. Villa-villa yang ada menyuguhkan pemandangan perbukitan yang begitu luar biasa. Memiliki pintu panel kaca besar yang akan membiarkan kamu melihat pemandangan dari dalam villa.

Keseruan lainnya yang akan kamu temui di tempat wisata ini adalah kolam renangnya yang terkenal, yaitu infinity pool degan panjang 18 meter. Berada di infinity pool akan membuat kamu merasakan sensasi berenang diantara awan-awan. Bersantai sambil berenang ditemani oleh pemandangan spektakuler tentunya akan mencipatakan pengalaman liburan yang seru dan menyenangkan.

Lokasi : Banjar Dinas Asah, Desa Gobleg, Kecamatan Banjar, Munduk, Buleleng, Bali, Indonesia, 81152

12. Desa Pinggan, Kintamani – Bali

Tempat wisata alam terbaik di Indonesia

photo via instagram.com/rizqi13

Desa Pinggan yang berada di Kintamani, Bangli, Bali adalah salah satu tempat wisata terpopuler di Bali yang menawarkan suasana pegunungan yang menakjubkan. Desa yang berada di wilayah Kintamani ini menyajikan pemandangan desa berkabut berlatar pegunungan yang cantik. Tempat ini terkenal menyajikan pemandangan matahari terbit di ufuk timur dari lokasinya yang berupa dataran tinggi.

Karena berada pada ketinggian pegunungan, Desa Pinggan bersuhu sangat dingin mencapai 16-18o Celcius dan ini termasuk kategori yang suhu udara yang sangat dingin. Hal ini juga membuat Desa Pinggan sering tertutupi kabut. Keindahan sunrise di Desa Pinggan Kintamani akan semakin indah oleh adanya permadani kabut yang terhampar di areal pegunungan. Tampak di bawah adalah pemandangan areal persawahan yang samar-samar tertutup kabut. Banyak wisatawan yang datang ketempat ini untuk berswafoto dengan latar yang indah dan langka tersebut.

Lokasi : Desa Pinggan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali

13. Malino Highlands – Sulawesi Selatan

Tempat Wisata Pegunungan di Indonesia

photo via nyero.id

Dari Bali, kita terbang ke Sulawesi Selatan untuk mengunjungi Malino Highlands. Sebuah tempat wisata populer yang menghadirkan panorama serba hijau di area pegunungan. Di sini, wisatawan dapat melihat hamparan perkebunan teh dengan udara sejuk khas Kabupaten Gowa. Berada di ketinggian 1.200 mdpl, luas lahan kebun Malino Highlands sekitar 200 hektar. Selain perkebunan teh, kamu juga bisa menikmati pemandangan pinus menghijau hingga air terjun yang indah.

Malino Highland juga menawarkan beberapa permainan outdoor yang dapat kamu nikmati, seperti misalnya kegiatan paralayang, menunggang kuda, bungee jumping, trampolin, cross country running, bersepeda, festival layang-layang, dan masih banyak kegiatan lainnya.

Lokasi : Kecamatan Tinggimoncang, Kabupaten Goa, Sulawesi Selatan.

14. Bukit Doa – Tomohon, Sulawesi Utara

Tempat wisata alam terbaik di Indonesia

photo via wisato.id

Bukit Doa Tomohon merupakan salah satu objek wisata alam yang juga menjadi tempat wisata religi. Bukit ini berada tepat di bawah kaki Gunung Mahawu dan terlihat begitu indah khas dengan suasana pegunungan. Di Puncak Bukit Doa, kamu bisa melihat pemandangan yang memukau. Ada Chapel of Mother Mary atau juga disebut Kapel Maria. Selain itu ada juga Grotto of Mother Marry. Dari tempat inilah umat kristiani biasa memanjatkan doa. Bentuk Kapel Maria sangat menarik perhatian. Karena, bentuknya sangat berbeda dari gereja pada umumnya. Belum lagi pemandangan Kota Tomohon yang sangat memukau. Bukit Doa adalah lokasi yang tepat untuk berfoto. Karena, tempatnya sangat instagramable.

Lokasi : Kakaskasen Tiga, Kec. Tomohon Utara, Kota Tomohon, Sulawesi Utara

15. Desa Cancar – Ruteng, NTT

Tempat Wisata Pegunungan di Indonesia

photo via twitter.com/caldera_journey

Satu lagi tempat wisata pegunungan di Indonesia yang menawarkan pemandangan yang menakjubkan adalah kota Ruteng, Nusa Tenggara Timur. Kota Ruteng merupakan kota berhawa sejuk dengan latar belakang pegunungan Mandosawu yang asri. Berkunjung ke Kota ini, kamu akan menjumpai banyak sekali gereja katedral dari yang bersejarah sampai yang baru sehingga kota ini nampak memiliki nuansa Eropa yang begitu kental,nggak heran kota ini dijuluki sebagai Praha dari Flores. Salah satu spot wisata yang wajib dikunjungi saat ke Ruteng ini adalah Desa Cancar.

Di Desa Cancar ada satu pemandangan yang luar biasa uniknya yaitu pemandangan luas sawah yang berbentuk jaring laba-laba atau yang biasa dikenal dengan Spider Field. Beruntung area persawahan di Cancar dikelilingi oleh perbukitan, sehingga pengunjung seperti diberi tempat yang terbaik untuk melihat sawah jaring laba-laba. Jika dilihat dari atas bukit bentuk sawah di sana mirip dengan bentuk misterius Crop Circle.

Lokasi : Desa Cancar, Ruteng, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur

Nah itu dia 15 tempat wisata pegunungan di Indonesia yang memiliki pemandangan yang menakjubkan. Bagaimana menurut kalian guys? Sudah siapkan tanggal liburan untuk menjelajahi tempat-tempat wisata menakjubkan tersebut?

0
Artikel Terkait