Tempat Wisata Sungai Terbaik Dan Paling Hits di Indonesia

by blogunik
 0  

Tempat Wisata Sungai Terbaik di Indonesia

Di Indonesia memang tidak sulit mencari tempat wisata, ada beragam tempat wisata yang disuguhkan mulai dari pegunungan, pantai hingga hutan. Salah satu tempat wisata yang banyak diminati orang-orang yaitu tempat wisata sungai. Selain dapat melihat pemandangan alam, kita juga bisa sepuasnya bermain air. Menariknya beberapa sungai yang awalnya kumuh pun disulap menjadi spot liburan yang seru dan instagramable. Nah, dimana saja itu? Berikut ini tempat wisata sungai terbaik dan paling hits di Indonesia.

15 Tempat Wisata Sungai Terbaik di Indonesia

1. Sungai Arut

Tempat Wisata Sungai Terbaik Dan Paling Hits Di Indonesia

photo via instagram.com/infopbun

Sungai Arut yang berada di Pangkalan Bun, Kanupaten Kotawaringin Barat ini tidak hanya menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat setempat saja. Tapi juga dapat dijadikan sebagai tempat wisata yang menawan.

Disini kamu dapat menaiki getek untuk menyusuri indahnya sungai dengan perjalanan sepanjang 2 kilometer. Untuk pemandangan yang menakjubkan kamu dapat menyusuri sungai ketika sore hari. Karena pada saat itu, secara bersamaan kamu bisa melihat betapa indahnya matahari terbenam.

Selain itu, disekitar sungai juga akan diterangi dengan lampu-lampu dari kampung. Lampu-lampu ini pun memiliki warna yang beragam sehingga warga sekitar menyebutnya Kampung Pelangi.

2. Sungai Bawah Tanah Goa Pindul

Tempat Wisata Sungai Terbaik Dan Paling Hits Di Indonesia

photo via tiket.com

Ketika mendengar bawah tanah, yang ada dibenakmu mungkin panas dan pengap. Tapi suasana tersebut akan berbeda jika kamu mengunjungi Sungai Bawah Tanah Goa Pindul.

Berlokasi di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, tempat ini seperti membawa kita ke dunia lain dengan air serta cahaya yang mengintip diselah-selah goa. Dijamin kamu akan merasakan sensasi yang berbeda dan tidak bisa kamu temukan di tempat lain.

3. Sungai Elo

Tempat Wisata Sungai Terbaik Dan Paling Hits Di Indonesia

photo via superadventure.co.id

Salah satu wisata alam yang menarik di Kabupaten Magelang adalah rafting di Sunga Elo. Tingkatan rafting di Sungai Elo ini terbilang aman untuk pemula karena berada pada tinggka II-III. Buat yang tidak bisa berenang tidak perlu khawatir karena disini tersedia pelampung yang wajib digunakan .

Jarah tempuh rafting di sungai elo ini sekitar 12,3 kilometer dengan waktu perjalanan 2,5 jam pengarungan. Selama perjalanan, kamu akan melihat betapa jernihnya air dan tempatnya juga dikelilingi dengan hutan serta pemandangan desa setempat.

4. Sungai Kapuas

Tempat Wisata Sungai Terbaik Dan Paling Hits Di Indonesia

photo via pegipegi.com

Selanjutnya ada sungai kapuas, sungai yang berada di Kalimantan ini dikenal sebagai sungai terpanjang di Indonesia dimana panjangnya sekitar 1.141 kilometer. Dari sungai ini kamu bisa melihat keindahan Keraton Kadariah. Ketika matahari mulai terbenam, sungai ini terasa semakin mengesankan. Terlihat rumah-rumah warga dan kerlap-kerlip lampu yang menawan.

5. Sungai Kampar

Tempat Wisata Sungai Terbaik Dan Paling Hits Di Indonesia

photo via mediaindonesia.com

Sungai terbaik di Indonesia satu ini tidak boleh terlewatkan, sungai ini juga cukup terkenal di Kabupaten Pelalawan, Riau karena memiliki ombak yang sangat indah. Terdengar cukup unik karena biasanya ombak hanya ada di pantai.

Ombak ini ada karena arus sungai yang naik dan bertemu dengan arus air laut. Keduanya berpapasan sehingga membentuk gelombang dan terjadilah ombak yang menuju muara sungai. Omabk ini juga dikenal dengan nama ombak bono.

Menariknya ombak ini menjadi salah satu yang terbesar di dunia. Tingginya mencapai 6 hingga 10 meter dengan panjang 42 kilometer serta memiliki kecepatan hingga 40 -60 kilometer/jam. Namun ombak ini tidak selalu ada, ombak ini hanya datang di waktu tertentu. Biasanya ombak ini akan datang disaat musim hujan sekitar bulan November dan Desember.

6. Sungai Kahayan

Tempat Wisata Sungai Terbaik Dan Paling Hits Di Indonesia

photo via wisatakalimantan.com

Sungai Kahayan dikenal sebagai salah satu destinasi wisata yang akan membawamu menyusuri sungai yang indah dengan panjang mencapai 600 kilometer. Sungai ini memiliki rute yang berkelok-kelok dan memiliki pemandangan hutan rimba. Di sungai ini kamu juga bisa melihat suku Dayak yang hidup disekitaran sungai.

7. Kalisuci

Tempat Wisata Sungai Terbaik Dan Paling Hits Di Indonesia

photo via jogjakita.co.id

Kalisuci merupakan sungai yang terletak di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Destinasi ini khusus menawarkan susur sungai bawah tanah sekaligus susur goa dikawasan karst Gunungkidul.

Melewati sungai yang mengalir menyusuri goa-goa bawah tanah menjadi salah satu daya tari dari sungai ini. Para pengunjung tidak harus bisa berenang, semua pengunjung akan dilengkapi dengan pelampung dan helm untuk keselamatan.

Sepanjang perjalanan juga akan banyak penjelasan dari pemandu. Di dalam goa cukup gelap dan memang tidak disediakan penerangan demi menjaga ekosistem yang ada di dalam goa.

8. Kalibiru

Tempat Wisata Sungai Terbaik Dan Paling Hits Di Indonesia

photo via instagram.com/ash_bharlly

Keindahan alam Papua memang tidak pernah mengecewakan, alamnya menyimpan banyak pesona yang belum terjamah oleh manusia. Salah satu tempat wisata sungai terbaik nya terdapat di  Raja Ampat.

Selain dikenal dengan keindahan bawah lautnya, Raja Ampat juga memiliki sungai yang keindahannya akan membuatmu takjub yaitu Kalibiru.

Kalibiru ini terletak dipedalaman hutan untuk sampai ditujuan wisatawan harus menggunakan speed boat dan berjalan kaki sekitar 15 – 20 menit.

Seperti namanya, sungai ini memiliki air yang berwarna biru terang dan kamu tidak akan melihat satu pun sampah disini. Siapa pun yang melihatnya akan tidak sabar untuk melompat ke dalam air. Namun meskipun aman, para pengunjung harus hati-hati karena beberapa bagian memiliki kedalaman 2,5 meter hingga 3 meter.

9. Sungai Maron

Tempat Wisata Sungai Terbaik Dan Paling Hits Di Indonesia

photo via jogjaday.com

Sungai yang berada di Jawa Timur ini sering sekali disamakan dengan sungai Amazon. Air sungai ini berwarna hijau kebiruan dengan pemandangan tepi kanan dan kiri sungai pohon kelapa yang lebat. Sehingga mampu menimbulkan suasana yang asri dan menenangkan.

Jika kamu ingin menyusuri sungai ini, sewalah sebuah perahu yang mampu memuat 5 orang. Dan nikmati keindahan alam sungai Maron yang memiliki panjang 4,5 kilometer ini.

10. Sungai Mahakam

Tempat Wisata Sungai Terbaik Dan Paling Hits Di Indonesia

photo via instagram.com/tambang.update

Sejak dari dulu kala, sungai mahakam ini dikenal menjadi ikon kota Samarinda. Sungai yang menjadi rumah bagi ikan pesut ini memiliki panjang sekitar 920 kilometer melewati Kabupaten Kutai Barat, Kapubaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda.

Buat kalian yang ingin menyusuri sungai, kamu dapat menumpang kapal wisata yang besar. Selama perjalanan kamu akan disuguhi dengan pemandangan yang indah.

Selain itu, sungai ini juga diklaim menjadi sungai dengan cadangan minyak dan gas alam yang memiliki keindahan ketika matahari terbenam.

11. Sungai Musi

Tempat Wisata Sungai Terbaik Dan Paling Hits Di Indonesia

photo via wikipedia.org

Di Palembang ada salah satu sungai terbaik dan paling hits di Indonesia bernama Sungai Musi. Sungai Musi ini menjadi urat nadi perekonomian di Sumatera Selatan khususnya kota Palembang.

Untuk menyusuri sungai ini para wisatawan dapat menggunakan getek dan akan dibawa menuju Pulau Kemaro. Di perjalanan, kamu akan disuguhi dengan pemandangan tepi sungai seperti pagoda di Pulau Kemaro dari kejauhan.

Pemandangan sungai Musi dimalam hari pun semakin indah, tidak hanya karena jembatan Ampera yang dihiasi oleh cahaya namun juga beberapa kapal dan speed boat dengan lampu kecil gemerlap. Disini terdapat juga restoran apung di tepi sungai, tempat ini sangat cocok menikmati makanan sambil melihat pemandangan indah Sungai Musi.

12. Sungai Niyama

Tempat Wisata Sungai Terbaik Dan Paling Hits Di Indonesia

photo via instagram.com/tulungagungtourism

Tempat wisata ini menjadi salah satu destinasi yang terkenal di Tulungagung yaitu Sungai Niyama. Sungai ini memiliki air yang berwarna hijau dilengkapi dengan pepohonan yang rindang disekitar sungai.

Disini terdapat juga terowongan peninggalan kolonial Jepang ketika terjadi sistem kerja paksa romusa dan terowongan ini diberinama Terowongan Niyama. Buat yang ingin mengunjunginya, disarankan untuk tidak datang ketika musim hujan tiba karena voume airnya akan tinggi.

13. Sungai Tamborasi

Tempat Wisata Sungai Terbaik Dan Paling Hits Di Indonesia

photo via instagram.com/riaulifeindonesia

Sungai Tamborasi menjadi sungai yang terpendek didunia dengan panjang hanya sekitar 20 meter dan lebar 15 meter saja. Sungai ini berlokasi di Desa Tamborasi, Kecamayan Wolo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Meskipun pendek, sungai ini menyajikan pesona alam yang menakjubkan. Airnya berwarna hijau jernih, hulu dan hilirnya didalam satu tempat yang sama. Hulunya berjarak 20 meter dari hilir yang langsung bermuara ke laut.

Di satu sisi sungainya dipenuhi dengan pepohonan hijau dan sisi satunya lagi berbatasan dengan pasir pantai. Ada hal unik yang hanya ada di sungai ini yaitu air sungainya terasa dingin dan air pantainya terasa hangat.

14. Sungai Sekonyer

Tempat Wisata Sungai Terbaik Dan Paling Hits Di Indonesia

photo via instagram.com/gembel_traveller

Sungai ini berada di kawasan Taman Nasional Tanjung Puting, Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Sungai Sekonyer ini menawarkan menyusuri sungai dengan pemandangan hutan di sisi kanan dan kirinya. Untuk menyusuri sungainya, kalian bisa menggunakan klotok.

Ketika kamu menyusuri sungainya, tidak jarang kamu akan menemukan beraneka ragam hewan seperti orang utan, kera hingga burung-burung. Menariknya kamu juha bisa menyusuri sungai ini sambil menikmati makan siang lho.

15. Cukang Taneuh

Tempat Wisata Sungai Terbaik Dan Paling Hits Di Indonesia

photo via wikipedia.org

Terakhir ada Cukang Taneuh, sungai ini memiliki air berwarna hijau yang diapit dengan dua tebing serta pepohonan yang rimbun. Selain itu terdapat juga gua yang memiliki air terjun. Karena dikelilingi oleh pepohonan jangan kaget jika ada ular maupun kadal yang melompat ke sungai atau datang kepermukaan.

Cukang Taneuh ini juga dikenal sebagai Green Canyon-nya Indonesia yang terletak di Kabupaten Ciamis. Kegiatan yang bisa kamu lakukan disini yaitu menyewa perahu untuk menyusuri sungai yang memiliki warna cantik ini.

Itulah beberapa tempat wisata sungai terbaik dan paling hits di Indonesia. Bagaimana? Pemandangan sungai diatas cantik-cantik bukan? Maka dari itu jaga selalu kebersihan sungai ya, agar keindahannya bisa kita nikmati.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait