Tempat Wisata Terbaru Di Thailand Yang Wajib Kalian Kunjungi

4 minggu lalu

Masih termasuk dalam Asia Tenggara, Thailand menjadi salah satu negara favorit orang Indonesia untuk berlibur setelah Kuala Lumpur dan Singapura. Ketika kamu berpikir untuk berlibur ke Thailand, pastinya yang ada dipikiran kamu adalah menikmati keindahan pasir putih dan laut biru yang berkilau di Phuket. Atau mungkin mengunjungi jalan-jalan yang ramai dengan street foodnya dan melihat kemegahan kuil-kuil yang ada di Bangkok, Thailand.

Thailand yang merupakan salah satu destinasi wisata kelas dunia memang menawarkan berbagai pilihan lokasi untuk menghabiskan waktu. Sayangnya beberapa destinasi wisata populer di Thailand yang mungkin saja termasuk dalam agenda yang ingin kalian kunjungi sudah terlampau sesak untuk dikunjungi. Bagaimana tidak, pasalnya setiap tahunnya, Negeri Gajah Putih ini kedatangan sekitar 40 juta wisatawan. Kamu nggak mau kan, jauh-jauh ke Thailand untuk mengunjungi tempat-tempat yang menarik berakhir dengan penyesalan karena kamu tidak bisa menikmati momen tersebut dengan nyaman dan puas karena terlalu banyak orang?

Tapi kamu jangan khawatir guys, pasalnya Thailand masih banyak memiliki tempat wisata terbaik yang belum banyak diketahui orang yang bahkan lebih instagramable dari wisata-wisata populer di Thailand lainnya. Penasaran seperti apa menariknya tempat-tempat wisata terbaru di Thailand tersebut? Untuk itu berikut beberapa rekomendasi tempat wisata terbaru di Thailand yang wajib kamu kunjungi. Check it out guys!

1. Sam Phan Bok (The Grand Canyon of Thailand)

Tempat wisata terbaru di Thailand yang menjadi populer dikalangan wisatawan karena spot yang sangat instagramable adalah Sam Phan Bok. Tempat wisata ini terletak di bagian Timur provinsi Ubon Ratchathani. Tempat wisata ini menjadi populer karena terlihat mirip seperti Grand Canyon yang ada di Amerika. Ngagak heran kalau Sam Phan Bok ini disebut sebagai Grand Canyon-nya Thailand. Buat kamu yang ingin berkunjung ke Sam Phan Bok, kamu harus memilih musim kemarau karena tempat wisata terbaru di Thailand satu ini hanya terlihat saat musim kemarau.

Sam Phan Bok ketika diterjemahkan berarti 3.000 lubang dalam bahasa Inggris. Nama itu berasal dari sejumlah besar lubang di dasar Sungai Mae Khong, hasil dari jutaan tahun erosi air. Air mengukir batu-batu ini menjadi berbagai bentuk. Dan selama musim kemarau ketika air surut, lubang-lubang ini akan menampakkan diri mereka seperti pemandangan mistis namun indah.

2. Talay Bua Dang, Udon Thani (Red Lotus Sea)

Jalan-jalan ke taman bunga sudah biasa, tapi kalau mendayung ke taman bunga tentunya sangat menarik dan perlu dicoba. Buat kamu yang ingin merasakan sensasi menaiki perahu di tengah-tengan hamparan bungan lotus berwarna merah, maka kamu wajib mengunjungi tempat wisata terbaru yang sangat populer yakni Talay Bua Dang di provinsi Udon Thani. Setiap tahunnya dari bulan Desember hingga Februari, sebuah danau yang berada di Udon Thani akan berubah menjadi lautan merah. Pasalnya lebih dari 8.000 hektar Danau Nong Han akan ditutupi dengan bunga-bunga teratai merah yang bermekaran. Sehingga sejauh mata memandang, kamu akan melihat indahnya hamparan bunga teratai yang bermekaran.

Untuk dapat menikmati pemandangan, kamu bisa menyewa perahu untuk mendekati bunga-bunga indah ini. Saat kamu berada di tengah-tengah hamparan bunga, maka kamu akan merasa seperti berada di dunia fairy tale, penuh keindahan dan juga atmosfir romantis yang kental. Waktu terbaik untuk mengunjungi Talay Bua Dang, ini adalah pagi hari sebelum jam 10 pagi. Dimana pada saat itu, bunga-bunga akan berada pada puncak mekarnya.

3. Tham Phra Waterfall

Tham Phra Waterfall atau air terjun Tham Phra adalah salah satu air terjun indah yang terletak di suaka margasatwa Phu Wua, sekitar 40 kilometer dari Bung Khong Long. Bebeda dari air terjun pada umumnya yang bisa dicapai dengan berjalan kaki, air terjun Tham Phra ini hanya dapat dicapai dengan perahu yang memakan waktu sekitar 15 menit rute melewati sungai Nam Ning. Di kedua sisi air terjun adalah hutan lebat hijau, beberapa bagian adalah tebing batu dengan tampilan bunga yang melimpah.

Turun dari perahu itu berjalan kaki singkat untuk melihat air terjun. Ada dua patung Buddha di tepi tebing batu pasir merah. Menurut info, dulunya ada sebuah kuil di tempat ini tetapi dipindahkan untuk membuka daerah ini bagi pengunjung. Saat tiba di tempat wisata terbaru di Thailand satu ini kamu akan menemukan area yang luas dengan aliran air yang mengalir melalui batu-batu besar. Dekat air terjun adalah tebing batu pasir merah yang luar biasa, simbol timur laut. Tham Phra Waterfall ini bisa menjadi tempat wisata favorit kalian untuk berenang, bermain di air atau hanya bersantai dan menikmati alam sekitarnya.

4. Wat Phra Dhammakaya

Meskipun bukan tempat wisata baru, namun kemegahan Wat Phra Dhammakaya nggak boleh dilupakan. Tempat wisata terpopuler di Thailand ini memiliki bentuk yang unik dibandingkan kuil lainnya. Bangunan Wat Phra Dhammakaya berbentuk bulat serupa pesawat UFO yang digambarkan pada banyak film. Wat Phra Dhammakaya atau Kuil Dhammakaya, berada di Distrik Khlong Luang, di sebelah Utara Bangkok, Thailand. Ada sebuah kubah raksasa yang dibangun di tengah kuil yang dilapisi dengan emas murni. Kubah itu di kelilingi ratusan ribu patung Buddha berlapis emas. Sedangkan puluhan ribu patung lainnya diletakkan di bagian dalam kuil. Selain itu, Wat Phra Dhammakaya juga termasuk salah satu kuil terbesar di Thailand. Kuil Dhammakaya dipakai untuk kegiatan keagamaan. Di hari Minggu, kuil ini biasanya dipenuhi dengan orang-orang yang ingin beribadah. Kamu yang ingin mengunjungi kuil ini bebas memilih waktu pasalnya baik siang maupun malam, pemandangan sekitar kuil ini sangat menakjubkan.

5. Wat Chaloem Phra Kiat Phrachomklao Rachanusorn

Wat Chaloem Phra Kiat Phrachomklao Rachanusorn mungkin bisa dikatakan tempat wisata terbaik di Thailand yang belum banyak di ketahui wisatawan. Lokasinya berada di Lampang, Thailand. Dijuluki kuil pagoda mengambang karena letaknya di puncak gunung. Menurut cerita, kuil ini dibangun dengan tangan oleh para bhikkhu dan bhakta berkemauan kuat dari komunitas. Caranya dengan membawa kuil satu per satu ke puncak gunung.

Akses ke tempat wisata terbaru di Thailand ini cukup terpencil, kamu hanya bisa mencapainya dengan mengandarai mobil dari Chiang Mai. Untuk mencapai puncak, kamu harus naik truk dan menaiki tangga 500 meter untuk dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan. Saat berada dipuncak, kamu akan melihat sebuah kuil dan lebih dari 10 stupa putih yang berdiri kokoh di atas puncak. Orang Thailand percaya bahwa siapa pun yang mencapai puncak (dengan berjalan kaki) di mana keajaiban alam ini berada, akan diberkati dengan keberuntungan dan kekayaan. So kamu yang ingin berkunjung ke Thailand jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata yang penuh keajaiban satu ini.

6. Ratchaprapha Dam

Tempat wisata di Thailand yang belum banyak kita ketahui selanjutnya adalah Ratchaprapha Dam. Tempat wisata di Thailand satu ini sangat mirip dengan Guilin yang ada di China. Pemandangannya sangat indah dan sangat instagramable. Ratchaprapha Dam dulunya merupakan pegunungan kapur, namun kini dibanjiri untuk membangun sebuah bendungan yang disebut dengan Ratchaprapha atau yang dikenal dengan sebutan Bendungan Chieo Lan.

Dibangunnya bendungan ini menciptakan daerah dengan kelompok puncak gunung yang yang tajam, menjulang dari air yang sangat tenang. Pohon-pohon hijau tumbuh diatas permukaan gunung karang yang kasar membuat pemandangan menjadi benar-benar indah. Karena keindahannya ini, Ratchaprapha Dam dijuluki sebagai “Little Guillin” dari Thailand.

Landmark yang paling terkenal di tempat wisata populer ini disebut dengan “Khao Sam Gler” atau “Three Friends Rock” yang merupakan 3 bongkah gunung batu karang yang menjulang tinggi ditengah-tengah perairan. Buat kamu yang ingin mencari ketenangan dan melepas stress, maka tempat wisata di Thailand ini sangat wajib kamu kunjungi.

7. Sra Morakot (Emerald pool)

Selain Ratchaprapha Dam, kamu juga bisa mengunjungi tempat wisata populer selanjutnya yakni Sra Morakot atau Emerald pool. Emerald Pool adalah kolam bermata air alami beralaskan batu kapur yang mengubah warna air menjadi kehijauan karena sinar matahari. Emerald Pool berlokasi di Thung Teao Forest Natural Park. Untuk sampai ke kolam alami ini, kamu harus berjalan kaki menyusuri kedalaman hutan sejauh 800 meter. Rasa lelahmu akan tergantikan dengan pemandangan yang tak pernah kamu dimukan ditempat lain.

Ditemani sinar matahari yang muncul di antara rimbunan daun pohon dan suara aliran air yang sangat jernih turun dari tebing pegunungan menuju Emerald Pool. Selain Emerald Pool, di sini juga terdapat Blue Pool yang tentunya kolam berwarna biru. Sayangnya, di kolam yang terbentuk dari air panas bumi dan masih aktif ini dilarang berenang karena di bawahnya ada lumpur hisap. Namun tetap saja pemandangan disekitar Blue Pool ini sangat indah, kamu bisa berselfi ria ditepian kolam yang sangat instagramable. Tapi tetap harus berhati-hati agar tidak terperosok kedalam kolam hisap tersebut.

8. Thi Lo Su Waterfall

Saat mengunjungi Thailand jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata yang sangat instagramable yakni Thi Lo Su Waterfall alias Air Terjun Thi Lo Su. Air terjun ini diklaim sebagai air terjun terbesar dan tertinggi di Thailand. Tingginya 300 meter dan membentang hampir sepanjang 500 meter di Sungai Mae Klong, mengalir ke Huai Klotho ke Suaka Margasatwa Umphang yang menjadi situs warisan dunia UNESCO. Air terjun ini memiliki aliran air yang terkuat dari kumpulan air terjun lain yang berada di dekatnya.

Selama musim hujan, kamu akan menyaksikan pemandangan aliran air yang kuat tak berujung yang jatuh di bawah menciptakan kabut putih yang datang dari musim gugur dan sering kali menjadi pelangi. Jika kamu berkunjung pada musim kemarau, kamu akan melihat keindahan yang berbeda. Di tempat wisata instagramable ini kamu akan dapat melihat air yang mengalir turun dari atas ke berbagai tingkat batuan yang ditutupi lumut dan pepohonan hijau. So buat kamu yang ingin belibur ke tempat wisata yang instagramable, maka air terjun Thi Lo Su ini sangat rekomended buat kalian.

9. Grand Canyon of Ubon Ratchathani

Tenpat wisata Thailand yang baru dan menarik untuk dikunjungi selanjutnya adalah Grand Canyon of Ubon Ratchathani. Berbeda dari penampakan Grand Canyon-Grand Canyon lainnya, Grand Canyon of Ubon Ratchathani justru terlihat seperti labirin dengan tepian berupa kolam-kolam berair biru. Tempat wisata satu ini sangat instagramable, sehingga tak heran jika banyak wisatawan yang ingin berselfie ria di tempat ini.

Berlokasi di desa Bueng Nong Khot, Kecamatan Nong Khon, Distrik Mueang, Provinsi Ubon Ratchathani. Awalnya Grand Canyon of Ubon Ratchathani ini tidak dibuka untuk wisatawan, pasalnya penggalian dilakukan untuk keperluan pertanian di desa terdekat. Kolam-kolam tersebut digunakan untuk menyimpan air saat desa dilanda kekeringan.

Setiap kolam memiliki kedalaman 3-4 meter, serta celah sumbing. Sebagian besar tanah yang digali adalah tanah berpasir. Saat mengunjungi tempat wisata ini, pastikan kamu menggunakan sepatu kets, karena tempat kamu berpijak untuk menglilingi area indah ini sangat sempit dan juga berpasir. Bahkan anak-anak kecil dilarang melintasi lika-liku Grand Canyon of Ubon Ratchathani ini sama sekali.

10. The Verona at Tub Lan

photo via veronaattublan.com

Ingin liburan ke Italia, tapi budgetnya nggak cukup? Tenang, kamu masoh bisa menikmati suasana Italia dengan mengunjungi Thailand guys! Pasalnya di Thailand terdapat sebuah tempat wisata baru bernama The Verona at Tub Lan. Mendengar namanya, pastinya kamu akan teringan dengan kota tua Verona yang terletak di Italia. Yup The Verona at Tub Lan memang terinspirasi dari salah satu kota tertua di dunia tersebut dan juga kisah cinta dari novel legendaris kaya William Shakespeare, Romeo and Juliet, yang berlatar belakang di Verona. Lokasinya berada di wilayah Nadee, Prachinburi, sekitar tiga jam berkendara ke arah timur laut dari Bangkok.

photo via veronaattublan.com

Tha Verona at Tub Lan merupakan tempat wisata terpadu yang menawarkan berbagai macam aktivitas, tempat, dan hal-hal menarik yang sayang untuk dilewatkan. Mulai dari flying fox, rock climbing, swing rope, roller ball hingga bergaya ala cowboy di Texas dan mengunjungi peternakan kuda dan kambing. Kalian juga bisa berbelanja sepuasnya di community mall, menikmati makanan-makanan lezat di gerai-gerai yang tersedia, dan naik gondola mengelilingi danau buatan. Tempat wisata baru di Thailand ini juga menyediakan penginapan buat kamu yang tidak puas menghabiskan waktu di tempat ini hanya sehari.

11. Santorini Park Cha-Am

Buat kamu yang ingin foto ala selebgram di Instagram dengan latar belakang ala Santorini ala Yunani namun budgetnya untuk ke Santorini nggak ada, kamu masih punya alternatif lain lho. Pasalnya di Thailand ada tempat wisata unik yang namanya Santorini Park Cha-Am.

Sebenarnya Tempat wisata ini merupakan sebuah komplek taman bermain yang mengadaptasi bangunan dari beberapa negara. Salah satunya Santorini Park, Camel Ride, The venezia dan beberapa lainnya, Namun Santorini Parklah yang paling diminati oleh pengunjung karena desainnya mendekati sempurna. Seakan-akan ketika berkunjung kesini rasanya memang benar-benar di Yunani.

Replika semua detailnya, mulai dari bangunan bercat putih klasik ala Santorini, jendela yang dicat warna-warni, sampai ke jalan setapak batu dan menara kubah semianua dibikin semirip mungkin. Tak hanya itu, rangkaian toko, restoran dan taman hiburan yang unik akan menarik perhatian semua orang yang berkunjung kesini.

Lokasi taman hiburan ini berada di outdoor dan panoramanya cukup fotogenik, cocok untuk kalian yang suka berburu foto Instagram. Lokasinya yang berada di dekat Pantai Cha-Am juga membuat suasananya seperti benar-benar sedang berada di Santorini, Yunani. Tempat ini cocok buat kalian yang ingin merasakan warna-warni Santorini, namun tanpa pergi ke Yunani.

12. The Venezia

Selain Santorini Park Cha-Am, kamu juga bisa menikmati keindahan Kota Venice di Italia melalui The Venezia. The Venezia adalah tempat wisata di Thailand Hua Hin dengan objek wisata yang cantik dan indah. The Venezia merupakan komplek perbelanjaan dengan konsep Kota Venice di Italia dengan deretan toko-toko disekitarnya, memberikan kamu kesempatan foto-foto romantis, ditambah beberapa atraksi dan tempat hiburan.

Venezia memiliki beberapa objek wisata kebun binatang mini dan museum 3D. Lokasinya pun tidak terlalu jauh dari Santorini Park Sehingga dalam sehari di Cha Am kalian bisa mengunjungi tiga tempat wisata populer sekaligus. Di dalam kompleks The Venezia terdapat deretan bangunan bergaya Mediterania dengan cat berwarna-warni yang merupakan pertokoan, cafe, restoran, supermarket, bank, dan sebagainya. Satu hal yang jangan sampai kalian lewatkan, yaitu naik gondola mengelilingi kanal mini dengan nuansa yang romantis.

13. Taman Nasional Phu Kradueng

Taman Nasional Phu Kradueng adalah taman nasional Thailand yang paling terkenal di negeara Gajah Putih tersebut dan merupakan tempat berlibur yang sangat populer.Taman nasional ini berada di atas dataran tinggi dan memiliki trek berjalan luas di antara padang rumput, hutan pinus pegunungan, hutan gugur kering dan hutan evergreen. Taman Nasional Phu Kradueng ini jauh lebih sejuk daripada daerah pedesaan di sekitarnya, dan sebenarnya memegang kehormatan menjadi salah satu tempat paling keren di Thailand, dengan suhu semalam yang diketahui mencapai 0 ° C dan suhu siang hari naik dengan cepat kembali ke 21 ° C.

Dari semua sisi gunung ditutupi dengan hutan hijau, yang digantikan oleh padang rumput terbuka. Gajah dan kera mendiami daerah ini, dan ada banyak spesies burung yang berbeda. Phu Kradueng adalah tempat trekking yang populer.

Nah itu dia beberapa tempat wisata terbaik di Thailand yang baru-baru ini menjadi populer dan hits dikalangan pecinta travel. Nah bagaimana guys? Tempat wisata mana nih yang ingin kamu kunjungi saat berlibur ke Thailand?

Baca Juga