Tips Agar Rumah Aman Dan Terhindar Dari Teror Ular Kobra

1 tahun, by blogunik

Tips-Agar-Rumah-Aman-Dan-Terhindar-Dari-Teror-Ular-Kobra

Fenomena munculnya ular kobra di beberapa pemukiman warga membuat geger masyarakat. Pasalnya kemunculan ular kobra ini tidak hanya terjadi di satu wilayah, tercatat di Jakarta dan sejumlah wilayah di Jawa Barat termasuk Bogor, Karawang, Purwakarta, hingga sebagian daerah di Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur tak luput dari teror ular kobra yang memasuki rumah. Meskipun kebanyakan adalah bayi-bayi ular kobra namun tetap saja bahayanya sama saja dengan sang induk. Terutama jika gigitan atau semburan dari bayi kobra ini mengenai bagian kulit yang terluka.

Dikutip dari Tirto.id, kemunculan bayi-bayi kobra yang biasanya berjenis kobra Jawa ini bukanlah tanpa alasan. Mengingat musim pancaroba atau pergantian dari musim kemarau ke musim hujan merupakan waktu ideal bagi ular kobra untuk kawin, bertelur dan menetas atau berkembang biak. Jadi bukan tak mungkin, ular-ular kobra ini membuat sarang didekat rumah kalian untuk bertelur lalu ketika telurnya telah menetas, bayi-bayi kobra akan menyebar kemana-mana dan tersesat hingga kepekarangan rumah kalian.

Kebanyakan orang percaya kalau menabur garam dipekarangan rumah dapat menangkal ular masuk kerumah, padahal itu sama sekali tidak benar guys! Jangan sekali-kali menabur garam di pekarangan rumah, pasalnya klaim garam bisa menangkal ular kobra masuk ruangan adalah mitos belaka. Ini disampaikan langsung oleh Amir Hamidy, peneliti reptil dari Pusat Peneliti Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), seperti yang dikutip dari Kumparan.com.

Lalu, bagaimana cara mencegah ular masuk ke dalam rumah yang benar? Dikutip dari berbagai sumber, ada beberapa tips dan cara yang bisa dilakukan agar ular kobra tidak masuk rumah. Kira-kira bagaimana caranya? Berikut ulasannya!

1. Bersihkan dan rapikan rumah

Tips-Agar-Rumah-Aman-Dan-Terhindar-Dari-Teror-Ular-Kobra

photo via idea.grid.id

Dikutip dari Kumparan.com, ular jenis kobra sangat menyukai tempat yang cenderung berantakan dan lembab. Jika di salah satu bagian rumah kalian ada tumpukan barang, seperti kardus, buku-buku bekas, peralatan rumah tangga, kain, dan segala macam yang bisa menjadi tempat tinggal ular. Lebih baik segera rapikan dan bersihkan agar tidak menjadi tempat favorit mereka untuk bersarang.

Selain membersihkan rumah dari tumpukan barang, sisa-sisa makanan juga harus segera dibuang di tempat sampah, karena dapat mengundang tikus yang menjadi makanan ular. Jangan lupa untuk selalu mengecek saluran air, sebab ular sangat senang dengan lingkungan yang lembab.

2. Beri pengharum yang menyengat

Tips-Agar-Rumah-Aman-Dan-Terhindar-Dari-Teror-Ular-Kobra

photo via indonesiainside.id

Tips kedua yang bisa dilakukan untuk menghindari rumah dari teror ular kobra adalah dengan membersihkan rumah dengan cara mengepel menggunakan wangi-wangian seperti cairan pembersih lantai. Selain itu, kamu juga bisa memberikan pengharum seperti pembersih kamar mandi di bagian pojok pintu atau tempat yang lembab di sekitar rumah kamu. Hal ini bisa menjadi salah satu cara ampuh sebab ular kobra tidak suka akan bau wangi yang menyengat.

3. Bersihkan halaman rumah

Tips-Agar-Rumah-Aman-Dan-Terhindar-Dari-Teror-Ular-Kobra

photo via chippewa.com

Setelah didalam rumah sudah bersih dan juga sudah diberi pengharum yang menyengat, kamu juga harus membersihkan halaman rumah kamu guys. Hal yang mesti diperhatikan adalah memastikan tidak ada tumpukan material di luar rumah, dan membersihkan daun-daun kering yang membusuk. Sebab tempat-tempat seperti itulah yang menjadi lokasi favorit ular kobra untuk bersarang.

4. Manfaatkan kapur barus, minyak tanah dan bensin

Tips-Agar-Rumah-Aman-Dan-Terhindar-Dari-Teror-Ular-Kobra

photo via productnation.co

Mengingat ular sangat sensitif dengan bau-bauan yang menyengat, kamu bisa memanfaatkan kapur barus, minyak tanah, dan bensin yang memang memiliki bau yang cukup menyengat, dan benda-benda ini juga ternyata bisa menjadi solusi untuk mencegah ular masuk rumah. Kamu bisa menghaluskan kapur barus kemudian menyebarkannya di sekitar rumah. Aroma wangi yang tajam dari kapur barus dipercaya dapat mencegah masuknya ular kobra ke dalam rumah. Untuk penggunaan minyak tanah dan bensin kamu harus berhati-hati agar tidak memicu kebakaran.

5. Jaga agar rumput dihalaman tetap pendek

Tips-Agar-Rumah-Aman-Dan-Terhindar-Dari-Teror-Ular-Kobra

photo via youtube.com (cah Gunung kidul twins)

Jika kamu memiliki halaman atau taman dirumah, pastikan untuk menjaga agar rumput tetap pendek. Hal ini akan mencegah ular merayap mendekat ke rumah kamu. Ular sering menggunakan rumput tinggi untuk bersembunyi, menghindari dirinya terlihat oleh predator, seperti burung besar, kucing, atau anjing liar. Dan karena ular berdarah dingin, mereka sangat suka tempat teduh, salah satunya semak-semak, sebagai tempat istirahat agar tubuhnya tetap dingin.

Selain itu, hindari juga menumpuk daun-daun kering di sudut halaman karena tempat tersebuta merupakan spot terfavorit mereka untuk bersembunyi dan bersarang.

6. Jangan memelihara pohon merambat

Tips-Agar-Rumah-Aman-Dan-Terhindar-Dari-Teror-Ular-Kobra

photo via lazada.co.id

Buat kamu yang dirumahnya ada pohon merambat apalagi menempel pada bangunan rumah, ada baiknya untuk membersihkan atan membabat habis pohon tersebut sementara waktu, pasalnya pohon-pohon seperti itu kerap menjadi akses utama bagi ular untuk masuk ke rumah.

7. Rapatkan celah pintu dan jendela

Tips-Agar-Rumah-Aman-Dan-Terhindar-Dari-Teror-Ular-Kobra

photo via moedah.com

Tips agar rumah tidak kemasukan ular kobra selanjutnya adalah dengan menutup tiap celah kecil yang ada dirumah. Celah tersebut, biasanya menjadi akses ular untuk masuk kedalam rumah. Seperti kedua celah antar-pintu dengan lantai yang harus ditutup rapat. Bisa menggunakan kain atau keset yang terbuat dari ijuk yang permukaannya kasar, karena ular tidak suka.

Tips menangani ular kobra yang terlanjur masuk ke dalam rumah

Tips-Agar-Rumah-Aman-Dan-Terhindar-Dari-Teror-Ular-Kobra

photo via nulis.babe.news

Namun, jika ular kobra atau jenis ular lainnya sudah terlanjur masuk ke dalam rumah, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengeluarkan ular tersebut dari rumah. Berikut ulasannya!

1. Jangan panik

Saat ular sudah masuk ke dalam rumah kamu, usahakan agar kamu dan anggota keluarga lain agar tetap tenang dan jangan panik. Biasanya saat bertemu dengan manusia, ular akan menghindar dan pergi untuk bersembunyi. Jadi saat kamu melihat ular didalam rumah, jangan terlalu membuat gerakan berlebih agar ular tidak mencari persembunyian yang sulit kamu jangkau didalam rumahmu. Usahakan tetap tenang.

2. Semprotkan wewangian

Seperti yang dijelaskan tadi, ular tidak menyukai bau wangi yang menyengat seperti pengharum kamar mandi atau pembersih kamar mandi. Saat ular masuk ke rumah kamu bisa menyemprot pembersih kamar mandi di sekitar ular tersebut.

Tips-Agar-Rumah-Aman-Dan-Terhindar-Dari-Teror-Ular-Kobra

photo via pikiran-rakyat.com

3. Jangan pegang pakai tangan

Biarpun kamu orang pemberani, namun jangan sekali-kali mecoba mengambil ular kobra dengan tangan kosong, jika kamu bukan orang profesional di bidang ini. Sebaiknya gunakan hook, kayu ataupun besi panjang yang ujungnya melengkung untuk memindahkan ular kobra, tapi ingata selalu berhati-hati.

4. Perhatikan gerakan ular

Terus perhatikan pergerakan ular. Bila sempat, ambil sapu untuk mengusir ular keluar. Tapi harus beri celah agar ular keluar

5. Panggil bantuan

Jika ular masuk ke dalam rumah, ada baiknya segera memanggil bantuan tenaga profesional, kamu bisa memanggil pawang ular, pemadam kebakaran atau damker untuk membantu mengevakuasi ular-ular tersebut.

Nah itulah beberapa tips ampuh dalam menjaga rumah tetap aman dan terhindar dari teror ular kobra. Segera lakukan tips tersebut sebelum ular kobra bersarang di lingkungan rumah kalian.

0
Artikel Terkait