Tips Dan Cara Mengatasi Kebiasaan Suka Menunda Pekerjaan

Dibuat oleh blogunik

Siapa nih yang suka menunda-nunda pekerjaan? Kebiasaan yang buruk ini nggak baik lho kalau dibiarkan saja, karena akan membuat tugas dan pekerjaan kamu menjadi semakin menumpuk dan ujung-ujungnya bisa membuat kamu lebih stres. Maka dari itu, kali ini Blog Unik hadir dengan beberapa tips dan cara mengatasi kebiasaan suka menunda pekerjaan yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Nggak bisa dipungkiri, semua orang pasti pernah dilanda rasa malas sehingga membuat kita memilih menunda pekerjaan untuk melakukan hal yang lain. Menunda pekerjaan memang seringkali dianggap sebagai sesuatu yang sepele dan bukan hal yang perlu dipermasalahkan oleh sebagian orang.

Padahal, kebiasaan menunda pekerjaan, tanpa disadari bisa menghancurkan mimpi dan kehidupan kamu secara keseluruhan lho. Tak hanya menciptakan pekerjaan yang menumpuk, pekerjaan yang ditunda padahal sudah mendekati deadline juga akan membuat kamu merasa stress. Bahkan kebiasaan buruk ini sama saja dengan membuang-buang waktu, dimana waktu akan terus berjalan namun kamu tak memiliki kemajuan sedikitpun. Ingatlah bahwa kita tidak akan mampu mengembalikan waktu yang telah berlalu sehingga kita akan hidup dengan perasaan menyesal karena tidak bisa memanfaatkan waktu dengan baik.

Untuk itu, berikut beberapa tips dan cara mengatasi kebiasaan suka menunda pekerjaan yang bisa kamu terapkan dalan kehidupan sehari-hari. So let’s check it out guys!

1. Buat jadwal tertulis

Tips Dan Cara Mengatasi Kebiasaan Suka Menunda Pekerjaan

photo via forbes.com

Tips dan cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengubah kebiasaan suka menunda pekerjaan adalah dengan membuat jadwal tertulis. Kamu bisa membuat tabel jadwal pekerjaan mingguan ataupun langsung bulanan dan tempatkan pada area yang sering kamu lihat, seperti di meja kerja ataupun di pintu kulkas, sehingga setiap kamu melihatnya kamu akan terus teringat dengan pekerjaan kamu.

Bila ada pekerjaan deadline, kamu juga bisa membuat apa saja tugas dan pekerjaan yang harus diprioritaskan. Bila perlu, masukkan juga tanggal kapan seharusnya pekerjaan tersebut harus diselesaikan atau dikumpul. Dengan begitu, kamu bisa memperkirakan berapa lama setiap tugas akan selesai.

2. Buatlah checklist harian atau mingguan

Cara selanjutnya yang bisa membantu kamu menghilangkan kebiasaan menunda pekerjaan adalah dengan membuat checklist harian atau mingguan. Tulis semua pekerjaan yang harus kamu kerjalan dalam waktu sehari itu atau dalam waktu seminggu. Mulai dari membersihkan kamar, mencuci baju, menyetrika pakaian, mengepel lantai, memasak ataupun menyelesaikan tugas sekolah atau pekerjaan kantor.

Setiap kamu menyelesaikan satu tugas, berikan tanda checklist sebagai tanda kalau kamu sudah menyelesaikannya. Cara ini bisa membantu kamu untuk menyelesaikan tugas lainnya dengan segera dan lebih semangat.

3. Majukan tanggal deadline

Tips Dan Cara Mengatasi Kebiasaan Suka Menunda Pekerjaan

photo via linkedin.com

Tips dan trik lainnya yang bisa kamu lakukan agar tidak menunda-nunda pekerjaan adalah dengan memajukan tanggal deadline. Tips ini sangat ampuh terutama bagi kamu yang memiliki pekerjaan dengan deadline.

Seringkali karena deadline yang masih jauh, kita menjadi santai dan cenderung menunda mengerjakannya karena merasa memiliki banyak waktu untuk mengerjakannya. Padahal dengan segera mengerjakannya, kamu bisa mengambil pekerjaan lain dan melakukan hal lainnya dengan lebih nyaman.

Untuk itu, dengan memajukan tanggal deadline, diharapkan kamu bisa lebih terdorong untuk mengerjakan pekerjaan itu dengan segera.

4. Pastikan tempat dan suasana selalu nyaman

Tempat dan suasana terkadang memberi pengaruh pada mood kita dalam bekerja. Tempat yang nyaman dan kondusif membuat kita bersemangat dan fokus dalam bekerja, sebaliknya, tempat yang berantakan dan bising membuat kita malas dan cenderung tidak fokus dalam bekerja yang akhirnya membuat kita tidak bersemangat untuk melanjutkan pekerjaan.

Maka dari itu, pastikan tempat kerja kamu dan suasana sekitarnya selalu nyaman, bersih, rapi dan jauh dari kata bising. Ini akan membuat kamu dapat bekerja dengan optimal dan meminimalisir kebiasaan suka menunda pekerjaan.

5. Fokus, jauhkan gadget dan hindari sosial media

Tips Dan Cara Mengatasi Kebiasaan Suka Menunda Pekerjaan

photo via typetalk.com

Salah satu kunci agar kamu tidak menunda pekerjaan adalah dengan fokus. Cobalah untuk berkomitmen pada diri sendiri bahwa kamu akan fokus dalam mengerjakan pekerjaan. Meskipun agak susah, namun kamu harus memaksakannya.

Untuk membantu kamu fokus dalam pekerjaan, hal mudah yang bisa dilakukan adalah menghindari hal-hal yang dapat membuat fokus kamu terpecah untuk sementara waktu, seperti ponsel, game dan media sosial. Semakin sering kamu melirik HP, semakin tinggi keinginan kamu untuk bermain game, membuka media sosial dan lain-lain, yang akhirnya membuat kamu menunda pekerjaan.

6. Temukan motivasi

Jika kamu punya kebiasaan sering menunda kebiasaan, bisa jadi kamu kurang motivasi. Kamu tidak memiliki alasan kuat yang membuat kamu bersemangat dalam mengerjalan pekerjaan. Maka dari itu, temukan motivasi atau dukungan yang membuat kamu lebih bersemangat dalam mengerjakan pekerjaan dengan segara. Misalnya, kamu akan pergi berlibur jika pekerjaanmu bisa selesai tepat waktu. Atau kamu bisa lebih cepat mendapatkan bayaran jika pekerjaan kamu cepat selesai. Dengan cara ini, tentu kamu akan berpikir dua kali untuk menunda-nunda pekerjaan.

7. Belajar mengelola waktu dengan baik

Tips Dan Cara Mengatasi Kebiasaan Suka Menunda Pekerjaan

photo via corporatefinanceinstitute.com

Tidak ada cara yang lebih ampuh dari belajar untuk mengelola waktu dengan baik untuk menghilangkan kebiasaan suka menunda pekerjaan. Karena manajemen waktu yang buruk hanya akan membuat kamu menumpuk pekerjaan.

Cara ini bisa dilakukan dengan membagi waktu kamu, misalnya mulai jam 10 malam kamu tidur, dan bangun jam 6 pagi. Jam 6 pagi kamu mulai beberes, seperti membersihkan kamar, olahraga, mandi dan sarapan yang mungkin menghabiskan waktu hingga jam 9 pagi. Mulai jam 9 pagi sampai jam 5 sore, bisa kamu gunakan untuk bekerja. Bahkan ini merupakan waktu normal bagi pegawai. Dan setelah itu, kamu masih bisa memiliki waktu yang cukup untuk melakukan hal lain yang kamu suka sebelum waktu tidur.

Ingat, kita memiliki 24 jam dalam sehari, dan ada banyak hal yang bisa kita lakukan dalam 24 jam tersebut. Mulai dari tidur, bekerja hingga melakukan hal-hal yang kamu sukai. Jadi tidak ada alasan jika kamu tidak memiliki waktu untuk menyelesaikan pekerjaan.

8. Pastikan ada niat

Keinginan kamu untuk mengubah kebiasaan suka menunda pekerjaan tidak akan berhasil jika kamu tidak memiliki niat. Niat adalah kunci utama jika kamu ingin berubah menjadi lebih baik.

Mungkin ditengah-tengah proses mengubah kebiasaan ini, akan ada waktu dimana kamu merasa malas, dan merasa kalau menunda pekerjaan sebentar saja tidak akan menjadi masalah karena sistem kerjar kebut semalam sudah biasa kamu lakukan. Selama pekerjaan bisa diselesaikan tepat waktu, maka kamu menganggap menunda pekerjaan bukanlah hal yang merugikan.

Namun percayalah, saat kamu bersantai meskipun kerjaan belum selesai, kamu tidak akan merasakan ketenangan. Selain itu, saat mengerjakan pekerjaan dengan terburu-buru, kamu menjadi kurang teliti dan bisa saja apa yang kamu kerjakan menjadi salah.

Oleh karena itu, cobalah untuk memunculkan niat yang tinggi bahwa kamu ingin berubah dan tidak ingin menunda pekerjaan lagi. Dengan tidak tidak menunda pekerjaan, hidup akan lebih produktif dan tenang.

9. Mulai saja dulu

Tips Dan Cara Mengatasi Kebiasaan Suka Menunda Pekerjaan

photo via blog.prepscholar.com

Ada banyak alasan yang membuat seseorang suka menunda pekerjaan, mulai dari malas, tidak mood, suasana yang tidak nyaman dan kondusif dan masih banyak lagi. Namun, meskipun kamu sedang tidak mood dalam mengerjakan tugas, cobalah untuk tetap mengerjakannya. Mulai saja dulu mengerjakannya meskipun kamu dalam kondisi yang malas, tidak mood dan lain-lain.

Anggap saja pekerjaan tersebut adalah ulangan harian dari guru yang memang harus diselesaikan saat itu juga. Bahkan beberapa pakar psikolog menyampaikan bahwa sesaat setelah kamu memulai melakukan sesuatu, rasa malas, tidak nyaman dan rasa lainnya yang membuatmu ingin menunda pekerjaan menjadi lebih berkurang.

Saat kamu mulai mengerjakaannya apalagi dengan fokus dan serius, maka kamu akan merasa ingin menyelesaikan pekerjaan tersebut. Jadi walaupun ada rasa malas, tetap mulai saja dulu mengerjakannya.

10. Konsisten dalam menyicil pekerjaan

Mungkin ada pekerjaan yang tidak bisa diselesaikan dalam satu waktu dan mau tidak mau pengerjaannya harus dicicil. Namun nggak jarang ketika dicicil, kita menjadi malas untuk mengerjakannya. Alhasil pekerjaan yang seharusnya selesai dalam waktu seminggu harus selesai dalam waktu 2 minggu.

Untuk mencegah hal ini terjadi, pastikan kamu selalu konsisten untuk menyicilnya hari demi hari. Jadwalkan mulai jam berapa sampai jam berapa kamu mengerjakannya dalam sehari. Walau hanya sedikit, namun pastikan kamu selalu mengerjakannya setiap hari.

11. Berikan reward pada diri sendiri

Tips Dan Cara Mengatasi Kebiasaan Suka Menunda Pekerjaan

photo via layeredindulgence.com

Jangan lupa untuk memberikan reward atau hadiah pada diri kamu setiap kali kamu mampu mengerjakan pekerjaan tepat waktu tanpa menundanya. Misalnya kamu berhasil mengerjakan tugas mingguan kamu tanpa membuatnya jadi menumpuk, maka diakhir pekannya kamu bisa me time dengan melakukan berbagai hal yang kamu suka.

Ada baiknya kamu menetapkan reward yang kamu inginkan di awal sebelum kamu memulai pekerjaan, karena ini akan membuat kamu semakin termotivasi untuk menyelesaikan pkerjaan secara maksimal dan tepat waktu.

Nah itu dia beberapa tips dan cara mengatasi kebiasaan suka menunda pekerjaan yang bisa kamu coba agar terhindar dari pekerjaan yang menunpuk karena sering ditunda. Semoga bermanfaat!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait