15 Tips Dan Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Self-confidence atau percaya diri merupakan sikap atau keyakinan atas kemampuan diri sendiri yang dapat mempengaruhi tindakan atau keputusan untuk hal sekecil apapun. Memupuk rasa percaya diri memiliki banyak manfaat dan dapat menghindarkan diri dari rasa cemas, takut, khawatir dan rendah diri. Namun ada kalanya kita merasa kurang percaya diri, tentu saja hal itu wajar dan hampir setiap orang pernah mengalaminya.

Tapi sebaiknya jangan terlalu terbawa arus perasaan. Rasa tidak percaya diri juga bisa membuatmu kehilangan kesempatan untuk menyalurkan potensi-potensi yang ada dalam diri. Jika ini dibiarkan terus menerus, bukan tidak mungkin kamu akan merasa kecewa pada diri sendiri.

Perlu diketahui, penyebab munculnya rasa kurang percaya diri ada beragam dan berbeda di setiap orang. Ada yang kurang percaya diri karena sempat mengalami pengalaman buruk seperti penindasan atau trauma. Ada juga yang merasa kurang percaya diri karena pengaruh pola asuh sewaktu.

Apa yang terjadi di masa lalu memang tidak bisa kita rubah, tapi akan selalu ada langkah untuk mengubah pikiran agar rasa percaya diri dapat meningkat. Memang tidak mudah untuk melakukannya, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba. Nah, berikut ini ada beberapa tips dan cara untuk meningkatkan rasa percaya diri kamu.

1. Merencanakan Tujuan Hidup

Tips Dan Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri

photo via floreseditorial.com

Untuk menumbuhkan rasa percaya diri, mulailah untuk merencanakan hidup. Rencanakan tujuan hidup baik itu dalam jangka waktu pendek, menengah ataupun jangka panjang.

Menjalani hidup mengikuti alur memang baik, tapi akan lebih baik lagi jika kamu memiliki rencana atau tujuan hidup kedepannya. Dengan adanya tujuan hidup, ini akan memacu dirimu untuk melakukan segalanya dengan baik agar tujuan tercapai. Memiliki perencanaan akan meningkatkan kepercayaan diri seseorang.

2. Bersyukur Dengan Apa Yang Dimiliki

Bersyukur dengan apa yang telah kamu miliki dan telah kamu capai adalah salah satu kunci untuk meningkatkan rasa percaya diri. Selain itu, bersyukur dengan penampilan fisik yang lengkap tanpa kekurangan juga patut kamu syukuri.

Sebab diluar sana banyak orang yang tak seberuntung kamu tetapi mereka masih mampu untuk berkarya. Jika kamu memiliki kekurangan fisik tetaplah untuk selalu bersyukur karena dibalik kekurangan Tuhan selalu menciptakan kelebihan dari kamu.

3. Bangun Pola Pikir Yang Positif

Jika sebelumnya kamu selalu merasa tidak bisa menjalani sesuatu dengan baik, mulai dari sekarang cobalah untuk membentuk pola pikir positif dalam diri kamu. Setiap kamu ragu, coba katakan “Saya bisa belajar dan melakukan ini semua”.

4. Perbaiki Penampilan

Tips Dan Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri

photo via myselfcare.org

Tips meningkatkan rasa percaya diri selanjutnya yaitu memperbaiki penampilan. Memang tak semua orang bisa memahami hal ini dan mau membenahi penampilannya atau terkadang memang merasa tidak pede dengan penampilan barunya. Namun tak ada salahnya kamu mengubah penampilan mulai dengan menggunakan baju yang nyaman, bersih, rapi dan wangi.

Selain itu, rapikan juga rambut ke salon agar mendapatkan perawatan dan model rambut yang tepat. Tak lupa juga, selalu rawat kulit agar wajah terlihat lebih baik dan menarik. Jika penampilanmu sudah baik dan membuatmu nyaman tentu saja orang yang bertemu denganmu juga ikutan nyaman. Penampilan yang enak dilihat tentunya secara otomatis akan membuat kepercayaan diri seseorang semakin meningkat.

5. Kenali Kekurangan Dan Kelebihan Diri

Setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Jika kamu melakukan sebuah kesalahan atau memiliki kekurangan, jangan anggap hal itu sebuah kebodohan. Karena setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan dan tidak ada orang yang sempurna di dunia ini. Ketika kamu melakukan kesalahan, kamu hanya perlu memperbaikinya dan belajar untuk tidak mengulangi kesalahan itu.

Fokuslah pada kelebihan diri dan kembangkan kemampuan itu agar kamu merasa punya ruang untuk berkembang. Disaat kamu berhasil memperoleh sesuatu, hargai dan pujilah diri sendiri atas pencapaian itu.

6. Fokuslah Pada Langkah atau Perubahan Kecil

Membangun rasa percaya diri memang tidak bisa dilakukan dalam waktu sekejap. Maka dari itu kamu perlu menghargai setiap proses atau perubahan kecil yang kamu lakukan. Jangan berkecil hati jika keadaan tidak membaik secepat yang kamu bayangkan. Percayalah, setiap perubahan kecil yang kamu lakukan nantinya akan tumbuh menjadi perubahan yang besar.

7. Lakukan Hal Yang Disukai

Tips Dan Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri

photo via istockphoto.com

Menghabiskan waktu luang dengan melakukan kegiatan yang disukai juga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan rasa percaya diri. Jika kamu suka dengan hal-hal tentang ketrampilan, tak ada salahnya untuk mencobanya siapa tau hal itu bisa dijadikan hobi baru.

Selain dapat menimbulkan rasa bahagia, aktivitas ini juga bisa membuatmu menguasai keterampilan baru. Kamu juga bisa fokus pada hal yang positif ketimbang kekuranganmu. Dengan begini, kamu akan merasa lebih percaya diri, terutama ketika orang lain melihat betapa kamu menikmati hal ini.

8. Belajar Menerima Kritikan Orang Lain

Pada umumnya kritik atau komentar datang dari orang yang berada di sekitar kita. Tak semua kritik dari orang lain bersifat negatif atau merugikan kita. Terkadang ada juga kritik yang positif, maka dari itu tugas kita untuk memilah-milah dan mengukur seberapa besar pengaruh kritik itu untuk diri sendiri.

Ketika kamu mengalami hal ini, kamu harus cakap untuk membuat sebuah kritikan dari orang lain ini menjadi pelajaran yang dapat membangun diri kita. Selain itu, wajar jika kamu takut atas kritikan orang lain terhadapmu. Dengan ketakutan itu tentunya kamu tidak boleh menghindarinya, justru kamu harus menghadapi rasa takut itu.

Memang tidak mudah mengatasi rasa takut pada suatu kritikan. Namun jika kamu ingin hidup lebih positif dan meningkatkan rasa percaya diri. Berlatihlah untuk menerima kritikan karenal hal ini lebih efektif meningkatkan rasa percaya diri.

9. Stop Membandingkan Diri Sendiri Dengan Orang Lain

Mungkin banyak dari kita yang mengalami quarter life crisis di dalam dirinya. Kegelisahan ini terkadang muncul karena disebabkan berbagai faktor. Kegelisahan yang sedang dialami ini dapat menimbulkan rasa membanding-bandingkan diri dengan orang lain.

Ketika kita melihat seseorang yang lebih mapan, cantik dan pandai, dalam diri bertanya-tanya mengapa hidup ini rasanya tidak adil. Prilaku toxic ini tidak akan ada habisnya jika terus membandingkan diri dengan orang lain. Ketika kita terus membandingkan dan mencari kekurangan pada diri sendiri, kita akan mengalami insecure dan selalu merasa ada yang kurang pada diri kita. Hal ini menjadi salah satu faktor yang menimbulkan rasa tidak percaya diri.

Agar terhindar dari perasaan ini, kamu harus menerima apa adanya dirimu. Tetaplah semangat dan meningkatkan kemampuan dalam diri. Selain itu berada di circle lingkungan yang tidak memberi dukungan malah menjatuhkan juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan diri kita merasa minder. Agar kamu merasa lebih percaya diri berilah batasan dengan orang-orang yang kurang mendukungmu.

10. Berteman Dengan Orang-orang Positif

Tips Dan Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri

photo via ketugic.bar

Jika kamu memiliki teman yang suka menjatuhkan, berbicara negatif, suka pamer dan membuatmu berkecil hati mulai saat ini sebaiknya batasi berteman dengan mereka. Sebab teman yang seperti itu tidak bisa memberikan efek positif ke diri sendiri. Lebih baik berteman dengan orang-orang yang bisa menghargai kamu. Berteman dengan orang-orang yang positif akan membuatmu termotivasi menjadi orang yang lebih baik sehingga kamu bisa berkembang menjadi pribadi yang percaya diri.

11. Siapkan Rencana B dan Rencana C

Seperti yang diketahui, manusia bisa berencana namun tetap Tuhan yang berkehendak. Jika kamu memiliki sebuah rencana, tak ada salahnya kamu menyusun rencana B dan rencana C untuk mengantisipasi jika rencana A gagal. Orang yang memiliki rencana cadangan terkesan lebih siap menghadapi masalah yang ada karena memiliki beberapa solusi. Dengan kesiapan itu, seseorang akan lebih percaya diri lagi.

12. Terapkan Pola Hidup Sehat

Pola hidup yang sehat juga dapat membentuk pola pikir yang sehat. Rasa percaya diri ini menjadi salah satu bentuk dari pola pikir yang sehat. Maka dari itu, kamu harus menjaga kesehatan tubuh dan menerapkan pola makan sehat. Jangan lupa untuk berolahraga secara rutin setidaknya selama 30 menit setiap harinya.

13. Tidak Bergantung Pada Orang Lain

Tips Dan Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri

photo via poradnikzdrowie.pl

Bergantung kepada orang lain akan membuatmu merasa kurang percaya diri, sebab bergantung dengan orang lain sama saja tidak mengandalkan kemampuan pribadi karena hidup dibawah bayang-bayang orang lain.

14. Bergabung Dalam Kegiatan Sosial

Tingkatkan rasa percaya dirimu dengan bergabung dalam kegiatan sosial sebagai sukarelawan contohnya. Selama kamu menjadi relawan , setidaknya kamu bisa menumbuhkan rasa bangga terhadap diri sendiri. Perasaan ini bisa membangun pandangan yang positif terhadap diri sendiri. Kamu juga dapat melihat dirimu sebagai orang yang baik dan berkemampuan untuk melakukan hal yang baik juga.

15. Mempelajari Hal Baru Di Sekitar

Terus perbarui wawasanmu dengan mengamati dan mempelajari hal-hal yang ada di sekitar. Semakin banyak hal baru yang didapatkan, maka kamu semakin yakin dengan kemampuanmu dalam berbagai hal.

Ambil sisi positif dari lingkungan sekitar yang dapat membangun perasaan tidak minder atau kurang percaya diri. Tingkat kepercayaan diri setiap orang memang berbeda-beda, kamu dapat menumbuhkannya dengan hal-hal sederhana di sekitar.

Itulah beberapa tips dan cara meningkatkan rasa percaya diri. Kurang percaya diri dapat membuat kamu merasa tidak nyaman dengan diri sendiri dan akan berpengaruh besar terhadap kinerja serta produktivitasmu. Sehingga untuk meningkatkan rasa percaya diri tersebut kamu bisa melakukan beberapa cara seperti diatas.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.