Tips Fashion Dan Make Up Untuk Kulit Gelap Agar Tampil Lebih Cerah Dan Bersinar

7 bulan lalu

Didunia ini manusia diciptakan dengan berbagai jenis warna kulit. Ada yang putih, kuning langsat, sawo matang, tan hingga hitam. Beruntunglah kamu jika memiliki kulit yang putih dan kuning langsat, karena hampir semua warna pakaian akan cocok di kulit kamu. Sedangkan mereka yang memiliki kulit sawo matang, tan hingga hitam, harus pintar-pintar memilih dan menentukan warna pakaian hingga penampilan mereka terlihat lebih fresh dan cerah. Pasalnya jika salah memilih warna pakaian mereka yang memiliki warna kulit agak gelap akan terlihat kusam, kucel dan tidak cerah.

Tapi kalian gak usah khawatir guys! pasalnya kali ini Blog Unik akan berbagi beberapa tips, bagi kalian yang berkulit gelap agar bisa tampil lebih cerah, bersih dan bersinar. Dimulai dari pemilihan warna dan jenis pakaian, hairstyle hingga make up yang harus kalian gunakan. Penasaran seperti apa? Berikut Tips Fashion Buat Kamu Yang Punya Kulit Gelap Agar Tampil Lebih Cerah Dan Bersinar. Check it out!

1. Hindari pakaian berwarna putih

photo via : www.tilependant.com

Warna putih memang memiliki kesan terang dan bersih, karena itu banyak orang menganggap jika baju berwarna putih cocok digunakan oleh mereka yang berkulit gelap. Tapi kenyataannya salah besar guys! Penggunaan pakaian putih pada kulit kalian yang agak gelap akan membuat kulit dan baju kamu terlihat kontras, bukannya membuat lebih cerah, namun pakaian putih akan menonjolkan warna kulit kamu yang gelap. Sebagai gantinya kamu bisa menggunakan pakaian dengan sentuhan warna krim, dusty pink ataupun pink pastel. Pemilihan dengan warna ini akan membuat kamu terlihat lebih bersinar dan bersih.

2. Pilihlah warna yang cerah dan warna pastel

photo via : www.simibridaldresses.com

Jangan takut untuk menggunakan pakaian berwarna cerah, pasalnya warna cerah akan terlihat lebih sesuai dengan latar kulit yang gelap. Warna ini juga mampu membuatmu tampil lebih bersih dan bersinar. Namun jangan sembarangan dalam memadupadankan warnanya, jangan sampai kamu terlihat norak karena warna yang saling bertabrakan. Lebih baik kamu pilih satu item saja yang berwarna cerah dan lainnya berwarna netral. Warna-warna warm seperti merah, oranye dan kuning akan terlihat bagus jika digunakan orang berkulit gelap. Selain itu, jika kalian memiliki kulit sawo matang warna pastel bisa menjadi pilihan yang tepat, perpaduan warna-warna ini bisa mengeluarkan sisi kelembutan pada diri kalian dan kalian akan terlihat feminim dan fresh saat mengenakan warna ini.

3. Warna khaki

photo via : http://www.beigerenegade.com/

Selain warna cerah, warna khaki juga akan terlihat pas saat bersanding dengan warna kulit yang agak gelap. Pastikan memilih warna khaki yang lebih terang dengan warna kulit. Lebih baik kalau menggunakan warna khaki yang merupakan campuran warna cokelat dan kuning. Cara ini akan mengimbangi kulit kamu yang gelap.

4. Hindari warna gelap yang terkesan dingin

photo via : www.instagram.com/mbayang_diouf

Pemilik kulit gelap memang harus pandai-pandai memilih warna pakaian agar penampilan enak dilihat. Kamu juga harus tau warna-warna apa saja yang terlihat buruk saat bersanding dengan warna kulitmu. Warna-warna gelap yang dingin akan berbenturan dengan kulitmu yang gelap seperti coklat tua, turquoise, magenta dan hijau terang.  Warna-warna ini akan membuat kulit kamu terlihat kusam dan kucel. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

5. Gunakan kaos kaki berwarna hitam

photo via : egoshoes.com

Walaupun warna gelap dihindari, namun saat memilih kaos kaki, kalian yang memiliki kulit yang agak gelap wajib menghindari kaos kaki warna cerah dan sebaiknya gunakan kaos kaki berwarna hitam. Kaos kaki yang berwarna cerah akan membuat penampilan kamu menjadi aneh sedangkan kaos kaki warna hitam akan mengimbangi warna kulitmu yang agak hitam. Hindari juga kaos kaki berwarna coklat tua karena bisa membuat kamu terlihat kucel.

6. Warna rambut hitam

photo via : /www.fashionpandacity.com/

Prinsip memilih warna rambut untuk kamu yang berkulit gelap ada dua yakni lebih gelap 2 tingkat dari warna kulit dan dua tingkat lebih terang dari warna kulitmu. Jadi warna rambut hitam legam adalah pilihan teraman bagi kalian agar terlihat lebih cerah, bersih dan bercahaya.

7. Warna rambut copper

photo via : http://isoo.site

Tak semua orang suka rambut hitam, nah kalau kamu salah satu orang yang suka mewarnai rambut, kamu bisa memilih warna rambut jenis copper sebagai warna rambut yang cocok untuk kulit kamu yang sawo matang ataupun gelap. Warna coklat kemerahan seperti tembaga ini mampu membuat kamu terlihat lebih segar, cerah dan lebih hidup.

8. Gaya rambut ponytail

photo via : www.womenfitness.net

Buat kamu yang memiliki rambut panjang ada baiknya kamu mengikat rambut kamu dengan gaya ponytail agar penampilan kamu terlihat lebih bersih dan segar. Rambut yang mengganggu hingga ke wajah dan menyembunyikan terlinga bisa membuat kalian yang memiliki warna kulit agak gelap terlihat kucel dan kusam. Jikapun kamu memiliki poni, pilihlah poni ke samping atau poni depan yang tipis (see through pony) sehingga kamu tetap terlihat segar dan cerah.

Selain gaya rambut ponytail kamu bisa mencoba gaya rambut lainnya, yang penting kamu harus pastikan kalau bagian telinga kanan dan kirimu terlihat dan tidak tertutup dengan rambut sehingga mampu memberikan kesan bersih, cerah dan segar pada penampilan kamu.

9. Gunakan jepit rambut atau bando

photo via : thestir.cafemom.com

kalau kamu memiliki potongan rambut yang pendek dan mustahil untuk dikuncir, kamu bisa menggunakan jepit rambut ataupun bando untuk menghalau rambut menutupi telinga. Dengan cara ini kamu tidak hanya akan terlihat segar dan cerah, namun kamu juga akan terlihat lebih feminim dan menawan.

10. Make up natural

photo via : www.instagram.com/hindash

Riasan wajah berpengaruh terhadap keseluruhan penampilan. Bagi yang berkulit gelap lebih baik menggunakan riasan wajah yang natural untuk sehari-hari agar terlihat lebih fresh dan cerah. Jika kalian keliru menerapkan make up, justru akan membuat wajah tampak lebih kusam bahkan terlihat menor.

Kamu bisa menggunakan foundation dengan warna senada atau satu tingkat lebih gelap dari warna kulit, pilih juga yang berbahan dasar air atau oil-free. Hindari menggunakan foundation dengan warna yang terlalu cerah karena hanya akan membuat wajahmu mirip topeng. Jangan lupa, oleskan tipis-tipis saja untuk mendapatkan hasil yang natural.

Setelah itu, pilihlah bedak dengan warna yang sama dengan warna kulit kamu. Pemilik kulit sawo matang akan lebih baik jika memilih bedak jenis translucent, yakni bedak transparan yang jika terkena cahaya maka akan memberi efek wajahmu jadi lebih cerah dan bercahaya. Jika kulitmu tergolong kulit berminyak dan sensitif, lebih baik menggunakan bedak tabur. Sebaliknya, gunakan bedak padat untuk jenis kulit normal dan kering.

11. Sesuaikan warna alis dengan warna rambut

photo via : www.instagram.com/hindash

Salah satu poin penting agar wajah kamu terlihat lebih cerah dan fresh adalah penampilan alis kamu. Alis yang tipis dan berantakan akan membuat tampilan kamu terlihat kusam. Untuk itu kamu juga harus memperhatikan bentuk alis kamu. Gak ada salahnya kamu membentuk alis kamu menggunakan pensil alis. Bagi pemilik warna kulit yang gelap atau sawo matang, ada baiknya mengaplikasikan warna hitam dan coklat pada alis agar mendapat tampilan yang terkesan natural, alami dan segar.

12. Gunakan blush on yang sesuai

photo via : www.instagram.com/hindash

Warna blush on yang tepat untuk kulit sawo matang adalah seperti peach atau keunguan, coral, apricot, dan deep rose. Gunakan warna-warna tersebut untuk riasan siang hari agar wajah tampak lebih segar. Pilih blush on dengan sedikit shimmer agar kulit wajah terlihat lebih glowy dan eksotis. Hindari warna-warna kecokelatan dan nude karena akan membuat kulitmu tampak lebih kusam.

13. Pilihlah warna lipstik yang sesuai

photo via : www.instagram.com/hindash

Memilih warna lipstik yang sesuai dengan warna kulit gelap memang susah-susah gampang. Pasalnya menggunakan lipstik yang warnanya muda bisa membuat penampilan menjadi pucat, begitupun sebaliknya, saat menggunakan lipstik dengan warna yang terang akan terlihat kontras dan menor. Lalu warna apa yang cocok bagi mereka yang berkulit gelap? Pilihan warna lipstik yang sesuai untuk kulit sawo matang atau gelap adalah peach, coral pink, wine, merah, burgundy, plum dan cokelat nude. Jika kulitmu terkesan kering, kamu bisa menggunakan lipgloss agar ada efek lembab dan membuat kamu terlihat lebih fresh dan cerah.

14. Gunakan aksesoris sederhana berwarna netral

photo via : www.popsugar.com

Kalau kamu suka menggunakan aksesoris, pilihlah aksesoris yang warnanya netral. Pastikan kamu selalu memakai aksesori dengan tampilan yang cerah di bagian permukaannya agar bisa kontras dengan warna kulitmu tapi tak berlebihan. Seperti contohnya frame kacamata yang berwarna netral dan setingkat lebih cerah dengan warna kulitmu. Hindari juga menggunakan aksesoris yang berlebih karena akan membuat penampilan kamu terkesan penuh sesak. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

Nah itulah beberapa tips fashion yang bisa kamu coba agar terlihat lebih segar, cerah dan bercahaya walaupun memiliki warna kulit yang gelap. Kamu salah besar, jika selama ini kamu selalu berpikiran bahwa kulit gelap menghalangi kamu untuk bergaya. Faktanya, setiap orang dengan kulit gelap bisa terlihat lebih cerah dalam berpenampilan. Tentunya dengan menggunakan beberapa tips diatas. Yang penting kamu harus percaya diri guys!

Baca Juga