Tips Liburan Murah di Bali Ala Backpacker

1 bulan lalu, by blogunik

Tips Liburan Murah Di Bali Ala Backpacker

Bali merupakan salah satu pulau di Indonesia yang menjadi pulau impian banyak orang untuk menghabiskan waktu liburan. Pulau Dewata ini dikenal memiliki tempat destinasi yang seru dan pemandangan alam yang menakjubkan. Namun dibalik keindahannya, banyak yang mengira liburan ke Bali membutuhkan dana yang besar. Liburan ke Bali bisa dikatakan mahal, jika kamu berpergian ke cafe-cafe hightclass dan menginap di hotel berbintang. Padahal, nyatanya dengan biaya yang murah pun kamu sudah bisa berlibur ke Bali. Buat kamu yang ingin berlibur ke Bali dengan budget murah kamu bisa mencoba berlibur ala backpacker. Namun sebelum berlibur ala backpacker ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Berikut ini tips liburan murah di Bali ala backpacker

1. Memilih Waktu Yang Tepat

Tips Liburan Murah Di Bali Ala Backpacker - Memilih Waktu Yang Tepat

Photo via informatesalta.com.ar

Ketika kamu hendak berlibur ke Bali, kamu harus memilih waktu yang tepat. Hindari berlibur ketika libur nasional dan musim liburan sekolah karena pada waktu-waktu tersebut berbagai fasilitas dan akomodasi di Bali mengalami kenaikan. Selain itu, pastinya tempat-tempat wisata akan penuh dengan para pengunjung baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Sehingga untuk mengatasi hal tersebut kamu harus memilih waktu yang tepat dan ada baiknya kamu pergi ketika low season.

2. Perlengkapan Yang Perlu Dibawa

Tips Liburan Murah Di Bali Ala Backpacker - Perlengkapan Yang Perlu Dibawa

Photo via theadventurejunkies.com

Bawalah barang-barang secukupnya, kamu hanya perlu membawa barang yang benar-benar dibutuhkan seperti pakaian ganti. Hindari membawa barang yang banyak karena hal itu akan menyulitkanmu sebagai backpacker.

3. Transportasi Menuju Pulau Bali

Tips Liburan Murah Di Bali Ala Backpacker - Transportasi Menuju Pulau Bali

Photo via ayosemarang.com

Biaya transportasi adalah salah satu pengeluaran yang cukup menguras isi kantong apalagi jika kamu memilih menggunakan pesawat terbang. Banyak yang tahu jika Bali bertetangga dengan Jawa sehingga memberikan banyak alternatif transportasi selain pesawat terbang yaitu kereta api. PT KAI menyediakan rute khusus kereta api Mutiara Timur ke Bali dua kali sehari. Perjalanan dengan kereta api akan memakan waktu sekitar 12 jam dari stasiun Gubeng Surabaya dan kereta api ini akan berhenti di stasiun Banyuwangi Baru.

Setelah itu, naiklah bus Damri yang akan mengantarmu sampai ke terminal Ubung, Denpasar. Memang perjalanan menggunakan tranportasi darat sangat panjang dan melelahkan, tapi jika kamu ingin cepat sampai kamu juga bisa menggunakan pesawat. Hanya saja kamu harus pergi ke sana ketika low season dan carilah promo tiket jauh-jauh hari.

4. Pilih Tempat Menginap

Tips Liburan Murah Di Bali Ala Backpacker - Pilih Tempat Menginap

Photo via agoda.com

Jika kamu berencana liburan ke bali lebih dari seminggu ada baiknya kamu mencari kos-kosan dengan tagihan per-minggu. Hal ini tentunya akan menghemat biaya dan kamu tidak akan perlu membawa barang bawaanmu setiap harinya kemana-mana. Tapi kamu juga harus memastikan lokasinya dekat dengan daerah yang akan kamu kunjungi.

Namun jika kamu berlibur hanya beberapa hari saja, kamu bisa mencari hostel, capsul hotel atau guest house. Jika kamu ingin menginap di daerah Kuta, kamu bisa menjelajahi daerah Poppies Lane. Poppies Lane adalah sebuah lorong atau gang kecil yang berada di jalan yang sudah dikenal dengan night lifenya dan tempat ini menjadi tujuan utama para backpacker. Disni ada banyak sekali penginapan dibawah Rp. 100 ribu.

5. Memilih Tempat Makan

Tips Liburan Murah Di Bali Ala Backpacker - Memilih Tempat Makan

Photo via baligetaway.co.id

Berlibur ke kota orang tentunya tantangan terbesarmu adalah mencari tempat makan yang enak dan murah. Untuk kamu yang ingin mencari makanan murah kamu bisa membeli nasi bungkus yang biasanya dijual di warung-warung atau di jual keliling oleh warga sekitar. Tapi jika kamu tidak ingin kamu bisa makan di warung masakan padang. Untuk minum ada baiknya kamu membawa botol minum sendiri dan mengisinya di penginapan jika ada.

6. Pilih Tempat Wisata Yang Ingin Dikunjungi

Tips Liburan Murah Di Bali Ala Backpacker - Pilih Tempat Wisata Yang Ingin Dikunjungi

Photo via agoda.com

Bali memang memiliki banyak sekali tempat wisata yang bagus-bagus namun tentunya kamu tidak bisa menjelajahinya dalam sekali kunjungan. Sehingga kamu perlu membuat rincian perjalanan yang detail agar nantinya kamu tidak bingung ketika sudah di Bali. Salah satu tempat wisata yang tidak boleh kamu lewatkan yaitu pantainya. Kamu bisa datang ke pantai yang terkenal indah seperti pantai Kuta, pantai Seminyak dan pantai Legian. Baca juga : Tempat wisata alam murah meriah di Bali

7. Transportasi Umum Yang Ada Di Bali

Tips Liburan Murah Di Bali Ala Backpacker - Transportasi Umum Yang Ada Di Bali

Photo via dewamotorbalirental.com

Meskipun saat ini ojek online sudah menjamur di Bali, kamu akan lebih menghemat jika menyewa kendaraan. Di Bali ada banyak tempat yang menyewakan motor atau mobil, tapi berhubung budgetmu terbatas disarankan menyewa motor saja. Untuk motor pun bisa kamu pilih sendiri namun disarankan menggunakan motor matic agar kamu tidak terlalu lelah, harganya mulai dari Rp. 40.000 – Rp. 100.000 per hari (tidak termasuk bensin).

Jangan lupa untuk menawar harga karena bisa saja kamu mendapatkan harga lebih murah jika menyewa sepeda motor selama lebih dari satu hari. Selain itu, dengan menggunakan motor tentunya lebih praktis untuk menjelajahi destinasi di Bali. Meskipun begitu, kamu juga harus tetap hati-hati selama perjalanan, kamu juga bisa bergantian dengan teman untuk mengendarainnya.

8. Membeli Oleh-oleh Di Pasar

Tips Liburan Murah Di Bali Ala Backpacker - Membeli Oleh-oleh Di Pasar

Photo via au.hotels.com

Oleh-oleh merupakan salah satu item yang akan meningkatkan pengeluaranmu tapi tidak lengkap rasanya jika berlibur tanpa membeli oleh-oleh. Buat kamu yang ingin membeli oleh-oleh dengan harga yang miring, kamu bisa berbelanja di pasar. Kamu bisa datang ke Pasar Seni Sukawati, Pasar Seni Guwang, Pasar Seni Tanah Lot atau Pasar Seni Lainnya. Jangan lupa untuk menawar barang yang ingin kamu beli agar diberikan potongan harga.

Itulah beberapa tips liburan murah di Bali ala backpacker, semoga tips diatas dapat membantu kalian yang ingin mengunjungi pulau Bali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait