Temanmu Lagi Depresi? Berikut Tips Untuk Membantunya Agar Lebih Tenang Dan Kuat

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Kehidupan memang tak selamanya selalu merasakan bahagia, terkadang manusia juga memiliki masalah berat dalam hidupnya. Banyaknya masalah dalam hidup, membuat beberapa memiliki pikiran-pikiran yang negatif sehingga menyebabkan seseorang menjadi stres hingga cemas berlebihan. Hal ini bisa terjadi oleh beberapa faktor seperti pola pikir yang selalu negatif serta lingkungan sekitar. Jika masalah-maslaah berat ini tidak diatasi secepatnya maka bisa memicu terjadinya gangguan serius seperti depresi.

Depresi merupakan salah satu gangguan kesehatan mental yang ditandai dengan suasana hati yang terus mengalami tekanan dan kehilangan semangat untuk menjalani aktifitas sehari-hari. Gangguan kesehatan mental ini memang sangat umum terjadi di dunia bahkan tak menutup kemungkinan orang terdekat kita juga bisa mengalaminya.

Tapi sayangnya tidak semua orang tahu bagaimana cara menghadapi teman yang depresi. Akibat dari ketidaktahuan ini, orang yang sedang mengalami depresi merasa sendirian dan tidak mendapat dukungan dari orang terdekat. Selain itu terkadang orang yang mengalami depresi tidak selalu menjukkannya dengan gamblang dan sering sekali mereka bertingkah normal di depan banyak orang. Lantas bagaimana cara menghadapi teman yang sedang depresi? Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

1. Tunjukkan Kepedulianmu Padanya

Tips Mengahadapi Teman Depresi

photo via elversiculodeldia.com

Ditengah masa sulitnya, temanmu pasti membutuhkan seseorang yang peduli dengannya. Berikan mereka pelukan atau sentuhlah tangannya dengan lembut, tunjukkan jika kamu benar-benar peduli dengannya. Jika kamu merasa tindakan itu cukup canggung, kamu bisa mengucapkan kata “Aku peduli denganmu”. Tapi perlu diingat, temanmu yang sedang depresi tidak membutuhkan kata-kata manis dalam kondisi seperti ini. Sehingga tunjukkan saja kepedulianmu padanya, agar ia tahu jika ia sangat penting untukmu.

2. Ingatkan Dia Jika Kamu Akan Selalu Ada Untuknya

Tips Mengahadapi Teman Depresi

photo via thoughtcatalog.com

Umumnya orang yang sedang mengalami depresi akan menarik diri dari lingkungan sekitar. Hal ini karena mereka merasa tidak ada yang mengerti apa yang sedang ia rasakan. Untuk itu tak ada salahnya kamu meluangkan waktu untuk mereka, habiskanlah waktu bersama dengannya dan tawarkan bantuan. Jika mereka belum siap untuk bercerita, jangan memaksanya. Cukup dengan sering menanyakan kabar atau kondisinya serta bicarakan hal-hal yang seru. Jika tak bisa menemuinya secara langsung, kamu bisa melakukan video call atau meneleponnya.

3. Tanyakan Apa Yang Bisa Dibantu

Tips Mengahadapi Teman Depresi

photo via grands-meres.net

Tak hanya mempengaruhi mental, orang yang mengalami depresi juga dapat mempengaruhi kondisi fisiknya hingga kehidupan sehari-harinya. Tawarkan bantuan padanya, meskipun pada awalnya dia akan menolak karena takut membebani. Tapi jelaskan padanya kalau kamu tidak keberatan dan ingin meringankan saja. Kamu bisa mencoba untuk membantunya untuk makan yang teratur atau lainnya.

4. Jadilah Pendengar Yang Baik

Tips Mengahadapi Teman Depresi

photo via happifyourworld.com

Ketika temanmu siap untuk bercerita tentang masalahnya, jadilah pendengar yang baik. Dengarkan apa yang ia ceritakan tanpa memotong pembicaraannya. Dengan begitu ia merasa leluasa menceritakan permasalahan yang sedang dihadapinya. Selain itu kamu juga dapat meringankan rasa tertekannya.

5. Yakinkan Jika Dia Bukan Orang Yang Lemah

Tips Mengahadapi Teman Depresi

photo via facetofeet.com

Orang yang depresi cenderung merasa lemah karena ia merasa ada yang salah dengan dirinya. Karena itu ia memerlukan kekuatan untuk melawannya. Yakinkan dia bahwa ia kuat, tangguh dan mampu melewati masa-masa terberat ini.

6. Katakan Jika Masih Ada Harapan

Tips Mengahadapi Teman Depresi

photo via journal.sociolla.com

Seseorang yang depresi masih dapat diobati hingga pulih jika melakukan perawatan dan penanganan yang tepat, maka dari itu yakinkan mereka jika masih ada harapan untuk bangkit.

7. Bantu Teman Untuk Mencari Pertolongan

Tips Mengahadapi Teman Depresi

photo via patrickbaileys.com

Bukan hal yang mudah mengajak seseorang yang sedang mengalami depresi untuk mencari pertolongan. Mereka akan menganggap jika semua akan baik-baik saja dan hanya membutuhkan waktu sendiri saja. Sebagai teman, yakinkan padanya jika tak ada salahnya untuk berkonsultasi ke psikolog atau dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Katakan padanya, depresi ini adalah masalah kesehatan dan jika diabaikan begitu saja tidak akan membuat keadaan menjadi lebih baik. Bila perlu antarkan temanmu yang sedang depresi untuk mencari perawatan medis terlebih jika temanmu ini sudah mulai muncul pikiran untuk mengakhiri hidupnya.

8. Dukung Pengobatan Yang Dijalani

Tips Mengahadapi Teman Depresi

photo via psycholognadosah.sk

Jika kamu sudah menemukan dokter atau psikolog yang tepat untuk mengatasi temanmu yang depresi. Dukung pengobatan yang ia jalani, dampingi mereka ketika menjalankan terapi dan pastikan jika obat-obatan yang diresepkan teratur dikonsumsi. Dengan begitu mereka akan merasa jika masih ada orang yang peduli dengannya dan masih ada harapan untuk melanjutkan hidup yang lebih baik lagi.

Itulah beberapa tips untuk menghadapi teman yang sedang depresi agar kuat dan lebih tenang. Penting bagimu untuk mengetahu cara mengatasi depresi yang sedang diderita orang-orang terdekatmu. Sebab dukungan dan dampingan yang kamu berikan sangat berkontribusi untuk kesembuhan mereka.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.