Tips Memilih Teman Yang Baik Dan Membentuk Pribadi Positif Kamu

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Manusia merupakan makhluk sosial yang perlu berinteraksi satu sama lain. Berkomunikasi dengan keluarga terdekat tidaklah cukup untuk mengembangkan diri, maka dari itu manusia perlu yang namanya berteman. Berteman adalah salah satu aktivitas dan kebutuhan yang tidak bisa diabaikan, terlebih ketika mereka menginjak usia remaja.

Seorang remaja tumbuh dan berkembang tidak lepas dari pengaruh teman-teman sebayangnya yang berada di berbagai lingkungan seperti tempat tinggal, lingkungan sekolah dan lainnya. Ketika berteman, seseorang bisa tumbuh menjadi lebih baik namun dapat juga tumbuh sebaliknya.

Maka dari memilih teman yang baik adalah hal yang penting karena teman dapat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan dan kesehatan terutama kesehatan mental. Berikut ini ada beberapa tips memilih teman yang baik dan membentuk pribadi positif

1. Pilih Yang Dapat Menghargai Pertemanan

Tips Memilih Teman Yang Baik

photo via medium.com

Meskipun kamu banyak memiliki teman, pertemanan yang baik haruslah memiliki hubungan yang seimbang. Sehingga pilihlah teman yang dapat menerima dan menghargai pertemanan.

2. Memiliki Sifat Tulus Dan Bisa Dipercaya

Dalam sebuah hubungan baik itu pertemanan, kepercayaan adalah salah satu hal yang sangat penting dalam membangun pertemanan. Seseorang yang memiliki sifat terbuka dan apa adanya bisa lebih dipercaya ketimbang teman yang memiliki kepribadian penuh kepura-puraan. Selain itu hindari teman yang memiliki motif tertentu di dalam berteman.

3. Dapat Membantu Kamu Berkembang

Jangan pernah memilih teman yang sering cemburu atas keberhasilanmu atau menampilkan sikap yang pesimis. Sebab teman yang baik tentu akan membantu kamu untuk berkembang demi kemajuanmu bukan malah sebaliknya.

4. Memiliki Kecocokan Karakter

Tips Memilih Teman Yang Baik

photo via verywellfamily.com

Perlu diketahui pertemanan bukan hanya sekedar bertemu di kantor atau pesta saja karena jika seperti itu siapa saja bisa. Tetapi untuk menjali sebuah pertemanan yang mendalam kamu harus memiliki kecocokan karakter. Dengan begitu, dapat memberikanmu rasa aman secara emosional, komunikasi terjalin baik dan interaksi terjaga dengan baik.

5. Pilih Teman Yang Sifatnya Baik

Hal ini mungkin sudah sering kita dengar mencari teman haruslah yang memiliki sifat yang baik. Sebab mendapatkan teman yang bersifat baik dapat membuat hidupmu menuju ke arah yang lebih positif dan terhindar dari hal-hal negatif. Sifat baik disini cukup sederhana saja seperti kebiasaan mengucapkan terima kasih dan memperlakukan orang lain dengan baik.

6. Pilih Teman Pendengar Yang Baik

Ketika kita berteman pasti sebagian waktu akan dihabiskan untuk berbicara. Untuk membangun pertemanan yang baik, kamu perlu mencari pendengar yang baik dan menjadi pendengar yang baik juga. Dengan saling menjadi pendengar yang baik satu sama lain, kamu bisa menciptakan ruang aman untuk saling bercerita. Hal ini juga bisa membantu meringankan beban pikiran meskipun perbincangan tidak harus selalu berbuah solusi. Menerima dan memberikan empati ketika didengar dan mendengarkan dapat membuat hidup lebih tenang.

7. Cari Teman Yang Membantu Mengendalikan Diri

Tips Memilih Teman Yang Baik

photo via inc.com

Jika kamu termasuk orang yang merasa sulit untuk mengendalikan diri dan cenderung impulsif, memiliki teman yang lebih displin dapat membantu memberi pengaruh baik. Memilih teman yang baik juga bisa berdasarkan karakter mereka yang memiliki pengendalian diri. Pengendalian diri ini sangat penting untuk mencapai tujuan jangka panjang.

8. Pilih Teman Dengan Nilai Yang Sama

Pilihlah teman yang memegang nilai dan prinsip dasar yang mirip atau sama. Walaupun kita dapat menghormati pendapat dan perbedaan orang lain, memiliki teman yang menganut nilai-nilai yang sama akan mencegah keretakan atau pengaruh negatif dari teman yang tidak menjunjung tinggi nilai dan standar hidup yang berbeda. Saat teman memiliki nilai-nilai yang sama, mereka bisa saling membantu untuk memegang teguh prinsip dan nilai yang dianut.

9. Pilih Teman Yang Bisa Membawa Keseimbangan

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilihlah teman yang dapat saling melengkapi kita. Dengan memberikan bantuan satu sama lain, semua pihak akan dapat merasakan dampak positif dari hubungan pertemanan yang terbentuk.

10. Pilih Teman Yang Selalu Memotivasi dan Menyemangati

Tips Memilih Teman Yang Baik

photo via theeverygirl.com

Teman yang baik tentunya dapat memberikan motivasi dan semangat disaat dibutuhkan. Ada kalanya kita merasa membutuhkan dorongan yang positif dan penyemangat ketika rasa kepercayaan diri turun atau sedang bersedih. Jika ia memang teman yang baik, ia akan menawarkan diri untuk mendengarkan dan membantu memberikan arahan positif disituasi apapun.

11. Tidak Selalu Berkata Setuju

Tips memilih teman yang baik selanjutnya yaitu teman yang baik tidak akan selalu menyetujui pendapat dan pemikiran kita. Peringatan dan ketidaksetujuan yang mereka katakan sering sekali penting bagi kita ketika mulai bergerak ke arah yang tidak baik. Namun awalnya seringkali teman seperti ini kurang disukai, karena menganggap penghambat. Namun, apa yang mereka katakan pada akhirnya bisa menyelamatkanmu dari kesulitan sebelum melangkah lebih jauh lagi.

12. Mendorong dan Menantang Ke Arah Perkembangan Diri

Teman yang baik berani memberikan dorongan bahkan tantangan pada temannya untuk mengembangkan dirinya lebih baik lagi. Teman seperti ini tergolong langka dan jika menemukan sangat berharga. Jika teman sedang mengalami kesulitan atau terjatuh, mereka akan berada disisinya untuk menguatkan dan membuatnya bangkit dan tidak berputus asa.

13. Pilih Teman Dengan Minat Yang Sama

Tips Memilih Teman Yang Baik

photo via onetravel.com

Memiliki teman dengan minta atau hobi yang sama tentu akan menyenangkan. Sebab kalian akan menikmati perjalanan dan aktivitas bersama-sama baik itu menonton film, makanan hingga berolahraga. Selain itu, mengunjungi tempat-tempat baru yang menarik dan menikmati pengalaman baru bersama menjadi salah satu cara memilih teman yang baik.

14. Berteman Dengan Orang Di Tingkat Yang Lebih Tinggi

Ketika kamu memiliki tujuan untuk membawa hidup, karir atau bisnis ke tingkat selanjuntya, tak ada salahnya kamu berteman dengan orang di tingkat yang lebih tinggi. Berteman dengan mereka yang lebih dahulu berpengalaman atau berada di tingkat lebih tinggi akan membantu memperluas pikiran tentang berbagai hal yang lebih besar. Sesekali keluarlah dari zona nyaman dan habiskan waktu bersama orang-orang yang dapat memberikan pandangan pada hal-hal yang lebih besar, informasi baru dan tingkat kehidupan yang lebih tinggi.

15. Pilih Teman Yang Haus Akan Ilmu

Perlu diketahui, hidup adalah tentang belajar, tumbuh dan maju. Ketika memilih teman, kamu juga perlu melihat karakternya yang tidak pernah berhenti untuk belajar. Memiliki teman seperti ini akan menyenangkan karena mereka dapat merekomendasikan buku atau informasi yang bermanfaat. Teman yang gemar membaca biasanya juga pandai berbicara dan memiliki wawasan yang luas untuk diajak berbicara.

Nah, itulah beberapa tips memilih teman yang baik dan membentuk pribadi positif. Memilih teman yang baik tentunya akan membuat diri sendiri menjadi lebih baik dan meningkatkan kualitas hidup. Sudahkah kamu memiliki teman yang baik?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *