Tips Mendapatkan Modal Usaha Untuk Bisnis Kamu

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Punya ide usaha yang keren dan inovatif untuk mendirikan bisnis, tapi selalu terhalang modal? Tenang, agar ide bisnis kamu bisa terealisasikan, berikut ini Blog Unik bagikan beberapa tips mendapat modal usaha untuk bisnis yang aman untuk dicoba.

Meski ada beberapa pilihan usaha tanpa modal, namun sebagian besar tipe bisnis pasti membutuhkan modal. Untuk itu, sebelum kamu mengumpulkan modal usaha, terlebih dahulu kamu harus tahu pasti berapa banyak dana yang dibutuhkan untuk membangun usaha kamu. Mau itu modal hanya ratusan ribu rupiah ataupun jutaan bahkan ratusan juta rupiah, semua itu merupakan kunci utama dalam mendirikan bisnis.

Nah buat kamu yang tengah kebingungan untuk mencari modal usaha, berikut ini merupakan beberapa tips mendapatkan modal usaha untuk bisnis yang bisa kamu coba. So let’s check it out guys!

13 Tips Mendapatkan Modal Usaha Untuk Bisnis Kamu

1. Ketahui rencana dana yang dibutuhkan

Tips Mendapatkan Modal Usaha Untuk Bisnis Kamu

photo via clearpointstrategy.com

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, sebelum mencari modal usaha, kamu harus mengetahui berapa dana yang dibutuhkan untuk mendirikan bisnis yang kamu dari awal. Mulai dari sewa tempat, pembelian alat dan perlengkapan usaha, operasional awal dan payroll gaji karyawan. Kamu harus memikirkannya secara detail, untuk dapat dikalkulasikan ketika akan mencari suntikan dana di berbagai sumber.

2. Kerahkan tabungan pribadi

Mengerahkan tabungan pribadi merupakan cara paling mudah untuk mendapatkan modal usaha, karena kamu bisa mulai berbisnis tanpa harus dibebani dengan hutang sehingga kamu bisa fokus untuk mengembangkan bisnis kamu. Hanya saja, cara ini membutuhkan waktu yang cukup lama, karena kamu harus menunggu tabunganmu lebih dari cukup untuk menutupi modal usaha yang kamu butuhkan.

Selain itu, kamu juga tidak boleh menggunakan tabungan pribadi seluruhnya untuk membangun bisnis. Pastikan kamu menyisihkan 30% tabungan kamu, atau setidaknya cukup untuk memenuhi kebutuhan kamu satu tahun kedepan. Ini bertujuan agar kamu masih bisa bertahan hidup meskipun bisnis kamu mengalami gejolak.

3. Mencari rekan bisnis

Tips Mendapatkan Modal Usaha Untuk Bisnis Kamu

photo via ontariobusinesscentral.ca

Cara mendapatkan modal usaha untuk bisnis berikutnya adalah dengan mencari rekan bisnis. Dengan rekan bisnis, modal yang terlalu berat jika dikumpulkan seorang diri akan lebih ringan karena kamu bisa patungan dengan rekan bisnis kamu, bahkan modal udaha kamu bisa menjadi lebih besar dengan adanya rekan bisnis.

Hanya saja, kamu tidak boleh sembarang dalam memilih rekan bisnis, sebaiknya pilih teman yang dapat dipercaya dan memiliki visi dan minat yang sama dengan kamu agar kerja sama kalian kedepannya dapat berjalan sesuai yang diharapkan.

Selain itu, kamu dan rekan bisnis juga harus menyepakati rencana bisnis secara rinci mulai dari strategi bisnis, goal yang ingin dicapai, pembagian keuntungan, dan hal-hal lainnya.

Selain modal yang jadi lebih ringan, dengan rekan bisnis, kamu bisa memiliki partner untuk brainstorm dan mendiskusikan ide-ide untuk mengembangkan bisnis.

4. Cari suntikan dana dari investor

Cara lain untuk mendapatkan modal usaha untuk bisnis adalah dengan mecari suntikan dana dari investor. Kamu bisa mencari calon investor modal yang berinvestasi di industri yang sesuai dengan bisnismu. Cara ini akan sangat membantu, karena biasanya para investor mampu memberikan suntikan dana yang cukup besar yang mampu menunjang bisnis kamu.

Berbeda dengan rekan bisnis, investor biasanya hanya akan memberikan modal berupa dana tanpa ikut terjun langsung dalam operasional. Perlu diingat bahwa hal-hal terkait pembagian hasil atau kesepakatan lain harus dibuat berupa perjanjian tertulis agar kamu dan investor tidak ada yang merasa dirugikan bila terjadi sesuatu di kemudian hari.

5. Ikut program pendukung UKM

Tips Mendapatkan Modal Usaha Untuk Bisnis Kamu

photo via portonews.com

Mengikuti pendukung program Usaha Kecil Menengah (UKM) juga menjadi salah satu tips yang bisa kamu coba untuk mendapatkan modal usaha untuk bisnis.

Program yang ditawarkan oleh berbagai lembaga baik pemerintah maupun swasta ini, tak hanya menawarkan pinjaman modal usaha, tetapi juga memberikan pelatihan dan pendampingan di awal usaha kita dirintis. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan berbagai masukan untuk setiap langkah yang ambil. Modalnya dapat, ilmunya juga dapat!

6. Hibah

Selain mengikuti program UKM, kamu juga bisa memanfaatkan dana hibah sebagai modal usaha. Hibah sendiri adalah modal cuma-cuma yang bisa diberikan oleh pemerintah atau pihak swasta untuk mendukung kegiatan usaha. Menariknya, bantuan modal ini terbuka untuk siapa saja yang membutuhkan.

Hanya saja, kamu tetap harus melalui proses seleksi sesuai kriteria yang sudah ditetapkan. Mereka yang memiliki ide bisnis yang inovatif, mereka yang memiliki bisnis yang sudah berjalan dengan omzet tertentu dan mereka yang memiliki bisnis yang memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar bisa menerima dana bantuan satu ini.

7. Dari konsumen

Tips Mendapatkan Modal Usaha Untuk Bisnis Kamu

photo via oaktree99.com

Kamu juga bisa mendapatkan modal usaha dari konsumen atau pelanggan lho! Tips ini biasanya berlaku bagi mereka yang memiliki bisnis khususnya bisnis jasa, seperti katering, sablon, desain dll. Beberapa bisnis jasa ini bisa mendapatkan modal usaha dari pembayaran yang dilakukan pembeli di awal. Pembayaran di awal ini jumlahnya bisa kamu tentukan sendiri, baik full, setengah harga, atau sekadar uang muka saja.

Nah uang dari pembayaran di awal tersebut bisa dijadikan modal untuk memproduksi pesanan. Dengan begitu, keuntungan yang kamu dapatkan bisa terus diputar untuk menjadi modal usaha.

8. Pinjam orang terdekat

Cara lain untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan meminjam ke orang-orang terdekat kamu, seperti orang tua, saudara, kerluarga dekat atau mungkin sahabat kamu. Jelaskan kepada mereka soal ide dan rencana bisnismu secara detail agar mereka pun merasa aman meminjamkan uang kepadamu.

Namun kamu juga harus berkomitmen untuk segera mengembalikan uang mereka yang kamu pinjam sebagai modal usaha. Pastikan kamu mengembalikan uang mereka dalam periode waktu tertentu, agar kepercayaan mereka padamu tidak menghilang.

Cara ini mungkin mudah dan santai, namun resikonya sangat besar jika kamu tidak bisa menjaga kepercayaan mereka. Dimana kemungkinan besar hubungan kamu dengan orang-orang yang meminjamkan kamu uang menjadi rusak bahkan bisa menjadi musuh.

9. Kredit bank

Tips Mendapatkan Modal Usaha Untuk Bisnis Kamu

photo via investopedia.com

Kamu juga bisa melakukan kredit bank. Ada berbagai macam kredit yang ditawarkan oleh bank, baik yang dengan jaminan maupun tanpa agunan. Namun yang perlu diingat, saat melakukan pinjaman uang kepada bank, sebaiknya pilih nilai bunga yang sesuai dengan kemampuan kamu. Dalam memilih kredit bank, pahami dengan benar mengenai bunga dan cicilan yang harus kamu tanggung. Jangan sampai keuntungan bisnismu malah habis hanya untuk membayar cicilan kredit bank.

10. Pinjaman koperasi

Selain ke bank, kamu juga bisa meminjam modal usaha di koperasi. Umumnya Koperasi Simpan Pinjam (KSP). Dibanding kredit bank, meminjam dana usaha di koperasi, bunganya jauh lebih rendah. Apalagi kamu tergabung sebagai anggota koperasi tersebut, kamu dapat Sisa Hasil Usaha (SHU) yang bisa mengurangi bunga pinjaman.

Hanya saja, kamu harus pastikan mengikuti koperasi yang aman, terpercaya dan resmi terdaftar di Kementerian Koperasi dan UKM. Jangan sampai terperangkap dalam koperasin bodong yang menjanjikan keuntungan tidak wajar untuk menarik nasabah.

11. P2P Lending

Tips Mendapatkan Modal Usaha Untuk Bisnis Kamu

photo via altfi.com

Selanjutnya kamu bisa mencoba P2P Lending. P2P Lending sendiri adalah layanan pinjam meminjam uang dalam mata uang rupiah secara langsung antara kreditur/lender (pemberi pinjaman) dan debitur/borrower (penerima pinjaman) berbasis teknologi informasi. Jadi kamu tidak perlu kesana-kesini untuk mencari pinjaman modah usaha.

Ada banyak aplikasi dan website yang menyediakan layanan peer-to-peer lending. Pilih P2P Lending yang sudah aman dan terdaftar di OJK untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Namun perlu diingat bahwa P2P Lending memiliki bunga yang cukup besar. Maka dari itu, perhitungkan segalanya dengan sangat detail sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman lewat P2P Lending.

12. Crowdfunding

Tips mendapatkan modal usaha untuk bisnis berikutnya adalah dengan melakukan crowdfunding. Crowdfunding merupakan penggalangan dana untuk proyek tertentu baik profit maupun non profit yang umumnya dilakukan di internet.

Ada banyak platform crowdfunding yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan modal usaha. Nantinya, platform tersebut akan menghubungkan kamu dengan orang-orang yang akan menginvestasikan uangnya pada bisnis yang akan kamu dirikan.

Hanya saja, kamu harus pandai dalam mengemas produk ke dalam sebuah cerita sehingga dapat menarik minat investor. Selain itu, kamu harus menjanjikan sesuatu kepada investor jika mereka memberikan dananya. Seperti, memberikan contoh produk atau hal lainnya yang dapat menarik kepercayaan investor.

13. Jual atau gadaikan aset

Tips Mendapatkan Modal Usaha Untuk Bisnis Kamu

photo via allbusiness.com

Pilihan terakhir untuk mendapatkan modal usaha untuk bisnis adalah dengan menjual atau menggadaikan aset pribadi kamu. Seperti perhiasan, mobil atau bahkan rumah dan tanah jika memang kamu berencana mendirikan bisnis yang besar.

Namun perlu diingat bahwa jika kamu memilih menggadaikan aset pribadi kamu, maka uang yang didapat tidak sebesar jika aset yang kamu miliki dijual. Selain itu, setelah digadaikan, perhatikan kemajuan perputaran uang dari bisnis kamu karena jatuh tempo dari barang yang digadai tersebut harus selalu diperhatikan.

Meski begitu, kamu juga tidak bisa sembarangan dalam menjual aset. kamu harus memastikan terlebih dahulu untung dan rugi dalam penjualan aset tersebut. Jangan sampai menjual aset malah membuat kamu jatuh miskin sedangkan bisnis yang kamu jalankan belum memperlihatkan keuntungan.

Nah itu dia beberapa tips mendapatkan modal usaha untuk bisnis yang bisa kamu coba. Semoga dari tips-tips di atas, kamu yang berencana untuk mendirikan usaha tidak kebingungan lagi dalam mencari modal usaha. Semoga bermanfaat!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.