Tips Mengatasi Teman Kost Yang Jorok Dan Pemalas

1 bulan, by blogunik

Tips Mengatasi Teman Kost Yang Jorok Dan Pemalas

Tinggal di sebuah kost memang banyak dipilih oleh para mahasiswa dan pekerja, hal ini lakukan karena lokasi kampus atau kantornya jauh dari rumah. Terkadang ada yang ngekost sendiri dan ada juga yang berdua. Namun untuk mereka yang ngekost berdua, sangat beruntung jika berteman dengan teman satu kost yang memiliki kebiasaan yang sama. Tapi bagaimana jika teman kost jorok serta malas? Memang susah jika kita memiliki teman kost yang jorok serta malas. Dimana barang-barang tidak tertata rapi tercecer kesana kemari, baju-baju diletakkan asal tidak dibedakan mana yang bersih dan mana yang kotor. Duh…pastinya kamu sangat tidak nyaman berada satu kost dengannya kan? Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini beberapa tips mengatasi teman kost yang jorok dan pemalas.

1. Jadi contoh

Tips Mengatasi Teman Kost Yang Jorok Dan Pemalas - Jadi contoh

Photo via realhomes.com

Jika misalnya kamu kesel dengan temanmu yang jorok serta males tapi kamu sendiri juga seperti itu, ya sama saja dan tentunya temanmu itu tidak akan nyadar. Maka dari itu cobalah dari diri sendiri untuk bersih-bersih, minimal kalian bersihkan barang sendiri. Nah, jika barang-barang kalian sudah tertata dengan rapi, tentunya ia malu sendiri jika di kost hanya barang temanmu saja yang berantakan.

2. Berikan sindiran semi bercanda

Tips Mengatasi Teman Kost Yang Jorok Dan Pemalas - Berikan sindiran semi bercanda

Photo via shutterstock.com

Jika teman kostmu jorok dan pemalas, langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah memberikan sindiran pada teman se-kost tersebut. Jika temanmu itu suka membuat kamar kost berantakan, kamu bisa menyindirnya dengan mengatakan “Waduh…ini kamar atau kapal abis kena badai ya?”. Selain itu, kamu juga bisa membuat semacam pengumuman peraturan untuk di kost. Jika teman kostmu peka maka ia akan sadar dan merubah sikapnya.

3. Bicarakan baik-baik langsung ke orangnya

Tips Mengatasi Teman Kost Yang Jorok Dan Pemalas - Bicarakan baik-baik langsung ke orangnya

Photo via cairowestmag.com

Jika cara diatas tidak mempan untuk membuatnya sadar, maka langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah bicarakan baik-baik langsung ke orangnya. Namun yang harus diingat, kamu harus membicarakannya baik-baik jangan ngegas. Kamu juga bisa mengajaknya makan bersama dan bicarakan tentang hal-hal pribadi dulu. Ketika makan bersama inilah saatnya membicarakan tentang kamu yang sebenarnya kurang suka dengan kondisi yang kotor serta pemalas.

4. Buat jadwal piket

Tips Mengatasi Teman Kost Yang Jorok Dan Pemalas - Buat jadwal piket

Photo via wrike.com

Setelah berbicara secara langsung dengannya, kamu bisa berinisiatif untuk membuat daftar piket. Buatlah secara bergantian siapa saja yang bertanggung jawab pada kebersihan kost. Dengan adanya daftar piket ini teman sekost yang jorok dan pemalas jadi bisa belajar tentang kebersihan. Namun tentunya kamu juga harus mengawasinya juga.

5. Berikan teguran

Tips Mengatasi Teman Kost Yang Jorok Dan Pemalas - Berikan teguran

Photo via avera.org

Jika sudah diberikan jadwal piket namun ternyata teman sekost-mu itu tetap saja jorok dan malas, kamu bisa mencoba untuk menegurnya. Terkadang karena teman sendiri, kita menjadi tidak enak buat menegurnya. Tapi demi kebaikan, kamu bisa saja menegurnya secara halus. Namun jika kamu ingin menegurnya lihat sikon terlebih dahulu, takutnya ia sedang badmood atau sedang ada masalah nanti takutnya kalian akan bertengkar. Utarakan lagi jika kamu sangat risih jika kamar kost terlihat jorok.

6. Pindah kamar

Tips Mengatasi Teman Kost Yang Jorok Dan Pemalas - Pindah kamar

Photo via bukalapak.com

Jika teman kost-mu tidak berubah juga setelah segala cara kamu lakukan. Mungkin kamu memang tidak cocok dengan kebiasaan temanmu itu. Langkah terakhir yang bisa kamu ambil adalah pindah kamar. Sebisa mungkin kamu jangan sampai pindah kos, lebih baik kamu pindah kamar saja untuk mengatasi semuanya ini. Meskipun kebiasaan kalian tidak cocok, bukankah kalian masih bisa berteman dengannya kan?

Nah, itulah beberapa tips mengatasi teman kost yang jorok dan pemalas. Semoga tips diatas bisa kamu terapkan jika kalian memiliki teman kos seperti itu.

Artikel Terkait