Tips Menyimpan Makanan Dalam Freezer Yang Benar



Menyimpan makanan dalam freezer merupakan salah satu cara alternatif yang bisa dilakukan agar makanan menjadi lebih awet dan tahan lama. Hal ini biasanya dilakukan ketika makanan tidak habis dimakan atau sengaja membekukan makanan (freezer cooking). Freezer cooking ini biasanya dilakukan wanita karir atau ibu yang sibuk bekerja untuk menghemat waktu, energi dan uang tentunya. Namun biasanya makanan beku jadi kehilangan kesegarannya, tapi jika kamu mengetahui caranya makanan matang bisa disimpan di freezer hingga setahun lho. Nah, berikut ini tips menyimpan makanan dalam freezer

 

1. Dinginkan Makanan Dulu Sebelum Dimasukan Ke Freezer

Photo via : https://pune365.com

Jika makanan yang ingin kamu simpan masih panas, lebih baik kamu dinginkan terlebih dahulu. Sebaiknya tunggu sampai 2 jam terlebih dahulu baru masukan masakan tersebut ke dalam freezer.  Hal ini dilakukan agar masakan tidak mudah basi saat ditutup dengan wadah. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

 

2. Pisahkan dan Bungkus Makanan

Photo via : https://www.retaildata.co.uk

Lebih baik kamu pisahkan makanan berdasarkan jenisnya, letakan dalam wadah yang berbeda. Jangan lupa tutup rapat wadah makanan tersebut agar aromanya tida menyebar di dalam freezer dimana yang akan menimbulkan bakteri.

 

3. Aturlah Suhu Freezer

Photo via : https://www.indotara.co.id

Aturlah suhu freezer minimal 18 derajat Celcius. Suhu ini dipercaya dapat mengurangi kerusakan pada tekstur makanan. Namun jika dibekukan pada suhu 0 derajat Celcius, tekstur makanan akan mudah rusak.

 

4. Hindari Membekukan Sayuran

Photo via : http://time.com

Sayuran yang sudah dimasak lebih baik jangan dibekukan karena akan menghancurkan teksturnya jika nanti dipanaskan lagi. Baiknya sayuran matang dimakan habis agar manfaat nutrisinya bisa maksimal.

 

5. Bekukan Lauk Pauk Kering

Photo via : https://mamamommymom.com

Rendang dan sambal goreng merupakan lauk kering dan memiliki sedikit minyak. Makanan jenis ini mudah didinginkan, kamu cukup taruh dalam wadah bertutup rapat atau tutup dengan kertas aluminium foil dan bekukan.

 

6. Bekukan Lauk Pauk Basah

Photo via : https://hearthookhome.com

Untuk jenis makanan yang berkuah, kamu memerlukan kecermatan saat menyimpannya. Opor, kaldu dan saus biasa kamu taruh dalam kantung plastik lalu diikat atau taruh di wadah yang tertutup. Taruhlah dalam posisi rebah di dalam freezer agar makanan mudah beku.

 

7. Double Lapisan

Photo via : https://www.rd.com

Untuk makanan yang disimpan dalam waktu yang tidak terlalu lama, kamu bisa langsung menyimpannya ,seperti daging yang baru kamu beli bisa langsung kamu simpan. Biasanya daging yang dijual sudah dilapisi dengan plastik tipis, namun jika ingin menyimpannya dalam waktu lama sebaiknya kamu beri lapisan lagi untuk memastikan tak ada udara yang masuk ke dalam daging.

 

8. Berikan Label Pada Makanan Yang Dibekukan

Photo via : https://www.southernliving.com

Ada baiknya kamu berika label pada daging, tuliskan tanggal, berat dan jenis daging yang disimpan. Hal ini dilakukan agar lebih mudah saat mengambil dan mengolah daging. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

 

9. Pastikan Freezer Tidak Penuh

Photo via : https://www.bonappetit.com

Pastikan agar freezer kamu tidak penuh, hal ini dilakukan agar freezer tetap memiliki suhu yang pas dan mencegah makanan di dalamnya tetap berkualitas baik.

 

10. Waktu Penyimpanan

Photo via : https://hellosehat.com

Ketahanan makanan di dalam freezer bervariasi. Ada yang hanya awet satu bulan, namun ada juga yang bisa disimpan setahun. Berikut Cara menyimpannya :

  • Suhu freezer harus selalu kurang dari 0 F (atau setara -18 C). Wadah yang digunakan untuk menyimpan makanan harus freezer safe agar tidak retak atau terbuka karena terlalu dingin.
  • Bungkus daging dan casseroles dua kali. Jika menggunakan aluminum foil, dua lapis heavy duty foil cukup.
  • Jangan lumerkan makanan di meja dapur. Setelah makanan dikeluarkan dari freezer, letakkan di kulkas bagian bawah (refrigerator) atau microwave. Makanan yang sudah dilumerkan tidak boleh dibekukan kembali.
  • Letakkan daging, berry, dan cairan/minuman di bagian belakang atau bawah freezer agar tidak tumpah ke mana-mana jika mati listrik.
  • Tempelkan label berisi makanan apa yang disimpan di dalam plastik/wadah serta tanggal berapa makanan tersebut mulai dibekukan.
  • Gunakan bahan yang sudah lebih lama berada di freezer, jangan asal ambil.

 

Waktu penyimpanan
1 bulan : daging asap mentah
2-3 bulan : masakan matang seperti casseroles, sup, semur, dan udang, serta dessert seperti es krim, pie, cake, dan muffin.
4-6 bulan : iga sapi mentah, daging giling, ikan dan dada ayam matang, keju, roti tawar, serta roti manis.
6-9 bulan : potongan daging ayam mentah, mentega, dan sayuran beku (tak boleh lebih dari 8 bulan)
12 bulan : steak mentah, ayam atau kalkun utuh, dan cookies yang sudah dipanggang

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >