Tips Untuk Bangkit Setelah Putus Cinta

Tips Untuk Bangkit Setelah Putus Cinta

Perpisahan memang sangat menyakitkan, terlebih rasa yang sudah kita berikan kepada pasangan harus berakhir. Yang bisa kita lakukan saat itu adalah menangis untuk melampiaskan semuanya entah itu marah, bingung dan kesepian. Tidak apa-apa menangis karena itu wajar terjadi, namun setelah menangis ingatlah kamu masih memiliki jalan panjang.

Tidak baik kamu terus-menerus merasa kehilangan atau terpuruk karena itu dapat mempengaruhi aktivitasmu sehari-hari. Jalan terbaik untuk bangkit dari keterpurukan yaitu membuka lembaran buku yang baru. Jalani kehidupan yang baru, meskipun tidak semudah mengatakan. Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk bangkit setelah putus cinta

1. Tidak Terpuruk Dalam Kesedihan

Tips Untuk Bangkit Setelah Putus Cinta

photo via antaranews.com

Putus cinta dan patah hati memang sangat menyedihkan terlebih rasa sayang ini sudah cukup mendalam. Kamu boleh menangis untuk meluapkan segala kesedihan dihatimu tersebut, jangan di tahan. Karena dengan menangis setidaknya perasaanmu akan terasa lebih baik daripada dipendam begitu saja. Namun jangan sampai kesedihanmu ini membuatmu terpuruk terlalu lama, ini tentu saja tidak baik karena dapat mengakibatkan seseorang mengalami stres berlebihan dan berkepanjangan. Kamu tidak mau dong hal buruk terjadi pada dirimu sendiri?

2. Berikan Waktu Bersantai Untuk Diri Sendiri

Ketika kamu sedang mengalami putus cinta, sebaiknya tidak perlu terburu-buru atau memaksakan keluar rumah hanya untuk membuktikan jika kamu baik-baik saja (padahal dalam hati sedang tidak baik-baik saja). Tapi jangan juga berdiam diri dirumah atau dikamar saja. Lebih baik kamu bersantai sejenak hingga perasaanmu mulai stabil. Kamu bisa juga menghabiskan waktu dirumah dengan melakukan hal-hal menyenangkan seperti bermain game, menonton atau memasak. Undang juga teman baikmu kerumah bila perlu untuk bersenang-senang dirumah. Bukannya membicarakan mantan ya!

3. Hindari atau Lupakan Hal Yang Berkaitan Dengannya

Setelah putus cinta, sebaiknya segala sesuatu tentang mantan seperti foto berdua atau barang pemberiannya di pindahkan saja. Letakkan saja di dalam sebuah box yang tertutup. Menjauhkan segala hal tentang mantan akan membuatmu lebih mudah bangkit setelah putus cinta. Untuk media sosialnya sebaiknya di remove atau unfollow saja, lebih extrim lagi mungkin di block. Jika kamu tidak melakukan ini, kamu bisa saja berusaha untuk mengintip apa yang sedang ia lakukan. Hal ini akan membuatmu susah untuk melupakannya. Untuk komunikasi sendiri, sebaiknya segera hentikan komunikasimu dengan sang mantan. Karena kamu yang saat ini sedang terluka, berhubungan atau bertemu dengannya hanya dapat memperburuk keadaan. Sekalipun ia duluan yang menghubungimu, jangan pernah menanggapinya. Memang sih kamu masih bisa berteman dengannya, namun kondisimu saat ini tidak memungkinkan. Mungkin suatu hari nanti……

4. Bahagiakan Diri Sendiri

Tips Untuk Bangkit Setelah Putus Cinta

photo via gloriousheights.com

Lakukan apa saja yang membuatmu bahagia selama itu tidak menyalahi aturan dan merugikan dirimu sendiri. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan seperti mendengarkan musik (jangan mendengarkan lagu tentang mantan atau yang sedih-sedih), menonton film favorit, makan makanan yang enak-enak. Buat kalian yang gemar traveling, nah ini waktu yang tepat untukmu. Selain dapat menikmati pemandangan, kamu pun dapat melepaskan penatmu agar tidak stres atau timbul depresi. Ketika kamu melakukan kegiatan ini, jangan sekali-kali mendatangi tempat-tempat yang pernah kamu kunjungi bersama mantan. Mengingat kondisimu saat ini sedang mencoba bangkit dari putus cinta. Pokoknya hindari yang berbau mantan.

5. Berdamailah Dengan Keadaan

Tips Untuk Bangkit Setelah Putus Cinta

photo via time.com

Penyebab putusnya sebuah hubungan cukup beragam, ada yang sudah tidak sayang lagi, suka berbohong, selingkuh dan lainnya. Terlepas dari apapun penyebabnya, kamu harus menerima jika ini memang jalan terbaik daripada kamu terus tersiksa atau terluka dalam sebuah hubungan. Secara perlahan-lahan kamu harus menerima dan memaafkan kejadian tersebut. Mungkin ini cara Tuhan untuk mempertemukanmu dengan jodoh yang benar-benar cocok denganmu. Yang sudah lalu biarkan itu menjadi pelajaran agar di masa depan lebih berhati-hati lagi dalam memilih pasangan atau menjalani sebuah hubungan.

6. Habiskan Waktu Bersama Sahabat atau Keluarga

Jika selama ini kamu lebih banyak menghabiskan waktu dengan si mantan. Sekarang cobalah untuk menghabiskan waktumu bersama keluarga atau sahabat. Karena keluarga atau sahabat akan selalu ada disaat kita senang maupun sedih. Jangan merasa kamu beban bagi mereka, mereka pasti akan mengerti dengan kondisimu saat ini. Kunjungilah tempat-tempat yang menyenangkan bersama mereka. Rasa kesepianmu secara perlahan-lahan akan hilang dan kamu pun secara perlahan juga mampu melupakan mantan.

7. Carilah Kesibukan

Tips Untuk Bangkit Setelah Putus Cinta

photo via ec.europa.eu

Agar perhatianmu teralihkan, carilah kesibukan yang memang membuatmu merasa bahagia. Kamu bisa kembali fokus dengan hobimu seperti mengikuti kursus memasak, mengambil kursus bahasa asing atau yang lainnya. Bahkan akan lebih baik lagi jika kamu meneruskan pendidikanmu ke jenjang selanjutnya. Seiring dengan kesibukan yang kamu kerjakan, kamu pun juga akan melupakan mantan. Kegiatan ini juga bermanfaat untukmu sendiri, daripada berdiam diri tidak jelas.

8. Selalu Berpikir Positif dan Optimis Menghadapi Masa Depan

Di saat kita masih dalam masa putus cinta, memikirkan menghadapi masa depan memang berat. Apalagi tadinya kamu memiliki cita-cita atau impian yang dibangun bersamanya. Dalam sekejap segalanya hancur ketika putus cinta. Namun ingatlah, kamu masih punya banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk membuat masa depanmu lebih baik. Saat ini kamu hanya membutuhkan hiburan, pergilah bersama teman-teman ke arena bermain atau menonton film.

9. Tingkatkan Kualitas Diri Sendiri

Ingat putus cinta bukanlah akhir dari segalanya, jangan terlalu larut dalam kesedihan. Bangkitlah dan tingkatkan kualitas diri, jika selama ini kamu kurang memperhatikan penampilan kini rubahlah dirimu dengan merawat diri. Belilah baju-baju baru, jika perlu ubah potongan rambutmu agar penampilanmu lebih segar dan tampil dengan gaya baru. Selain dapat membangkitkan suasana hati, cara ini juga dapat membuat mantan menyesal ketika melihatmu dengan penampilan baru dan yang pasti lebih menarik.

10. Jatuh Cinta Lagi

Walaupun hati ini belum siap untuk menjalin cinta yang baru, namun cobalah untuk membuka hati untuk menerima orang lain. Selain itu sebelum memulai lembaran baru, pastikan jika kamu benar-benar sudah melupakannya. Setelah itu barulah memulai pertemanan dengan lawan jenis, jalani saja dengan santai tidak perlu terburu-buru menjadikannya pacar. Jangan membandingkan orang lain dengan mantan karena setiap manusia tidak ada yang sama. Apapun yang terjadi di masa lalu, kamu berhak untuk mendapatkan yang lebih baik lagi.

Itulah beberapa tips untuk bangkit setelah putus cinta. Buat kamu yang saat ini sedang putus cinta, tidak apa-apa menangis karena itu wajar. Namun ingatlah, menangis terlalu lama tidak akan mengubah apapun itu. Kini sudah saatnya kamu untuk bangkit kembali dan buka lembaran baru. Di luar sana masih banyak orang yang pantas menerima cintamu.

Artikel Terkait