Tips Yang Tepat Membersihkan Berbagai Jenis Sepatu

6 bulan lalu

Sepatu adalah salah satu bagian terpenting dalam penampilan. Sepatu juga memiliki banyak jenisnya. Meskipun sepatu digunakan untuk menginjak tanah, sepatu tidak bisa kamu biarkan kotor setiap saat. Semakin kamu rajin merawat sepatu maka semakin awet kualitas sepatu kamu. Namun tidak banyak yang tahu cara merawat dan membersihkan sepatu, mengetahui cara merawat dan cara membersihkan sepatu sama baiknya dengan menjaga pentingnya menjaga penampilan kamu. Sepatu memiliki jenis yang berbeda-beda, maka cara mencucinya pun berbeda juga. Pada umumnya orang mencuci sepatu seperti mencuci baju, padahal bisa saja beberapa jenis sepatu tidak bisa dilakukan seperti itu, kesalahan saat mencuci septu akan membuat sepatu menjadi cepat rusak. Nah, berikut ini tips yang tepat untuk mencuci sepatu

1. Sepatu Suede

Photo via : http://www.genialetricks.de

Sepatu dengan bahan suede ini, sebisa mungkin jangan sampai terkena air. Namun jika terlanjur terkena air, sebaiknya segera keringkan dengan menggunakan tisu kering dengan cara menepuk-nepuknya perlahan. Untuk membersihkannya lebih baik, kamu bisa menggunakan sikat khusus bahan suede yang di jual di berbagai toko sepatu. Tapi jika kamu tidak memilikinya, kamu bisa menggantinya dengan sikat gigi yang berbulu lembut. Sikatlah dengan perlahan dan searah, kamu bisa menambahkan deterjen hanya jika nodanya benar-benar parah saja. Ketika noda sudah memudar, sempurnakan dengan mengginakan penghapus karet.

 

2. Sepatu Kanvas dan Denim

Photo via : http://www.styleguru.org

Sepatu dengan bahan kanvas dan denim merupakan bahan yang paling mudah dibersihkan, tergantung dari kadar nodanya. Jika nodanya kecil dan debu, kamu bisa memukul-mukul sepatu agar tidak ada lagi kotoran dan debu yang menempel. Tetapi untuk noda yang berat dan membandel, kamu gunakan saja air dan deterjen. Kamu bisa menyikat dengan gerakan satu arah kemudian bilaslah dengan air bersih sampai tidak ada lagi deterjen yang tertinggal. Sisa deterjen yang masih menempel di sepatu, bisa memudarkan warna sepatu canvas dan denim. Kamu juga tidak bisa menjemurnya dibawah sinar matahari secara langsung agar warnanya tidak memudar.

 

3. Sepatu Leather atau Kulit

Photo via : http://blog.unklehouse.com

Kamu bisa membersihkan sepatu dengan bahan kulit dengan cara menggunakan lap basah kemudian keringkan dengan lap kering yang lembut untuk mencegah munculnya jamur. Kamu juga bisa menyemir sepatu kulit minimal seminggul sekali untuk mempertahankan warnanya.

 

4. Sepatu Berbahan Beludru

Photo via : https://www.blibli.com

Sepatu dengan bahan beludru bisa kamu cuci dilihat dari kotornya. Jika sepatu kamu berdebu dan noda ringan, kamu bisa menggunakan sikat lembut dan gosoklah secara perlahan ke satu arah agar tekstur bahannya tidak rusak dan kotoran noda tidak menyebar ke bagian sepatu yang lainnya. Namun jika sepatu beludru kamu terlanjur basah, kamu bisa menggunakan kain lembut yang kering untuk mengeringkannya kemudian kamu angin-anginkan hingga kering. Sepatu jenis ini jangan pernah kamu jemur secara langsung di matahari karena bahannya akan rusak dan kaku.

Baca Juga