Virgin Galactic Sukses Terbangkan Wisatawan Pertama Ke Luar Angkasa

7 bulan lalu

Apakah kalian pernah bermimpi untuk bisa melihat antariksa? Jalan-jalan di bulan seperti astronot, walaupun kamu bukan dilatih sebagai astronot ataupun bukan orang yang bekerja di NASA? Semakin majunya teknologi, sepertinya hal tersebut bukan lagi sebuah mimpi guys!. Pasalnya saat ini jika kamu memiliki uang yang banyak kamu juga bisa berlibur ke luar angkasa dan menikmati pemandangan galaksi bima sakti secara dekat.

Bagaimana caranya? Tur ke antariksa ini bisa kamu dapatkan melalui Virgin Galactic. Virgin Galactic sendiri merupakan perusahaan pesawat luar angkasa komersial Britania Raya yang bernaung di bawah Virgin Group dan digawangi oleh miliarder atau bisa dibilang triliuner bernama Richard Branson.

photo via : news.sky.com

Salah satu pesawat milik Virgin Galactic pada Desember 2018 lalu telah melakukan uji coba dengan menerbangkan pesawat jenis VSS Unity ke angkasa sampai ketinggian 82,7 kilometer. Ketinggian tersebut berhasil menembus tepian angkasa yang diklaim pemerintah Amerika Serikat berada di ketinggian 80 kilometer dari permukaan Bumi. Itu artinya, VSS Unity telah berhasil melampaui batasan minimal angkasa, karena menurut badan antariksa Amerika, NASA, batasan tepian angkasa adalah berada di ketinggian 80 kilometer. Dan menurut peraturan militer AS dan NASA, jika pilot telah terbang di atas 80 kilometer maka dianggap sebagai astronot. Namun saat uji coba pertama ini pesawat VSS Unity belum membawa penumpang, dan hanya membawa 2 pilot saja guys.

Tapi beberapa waktu lalu tepatnya hari Jumat, 22 Februari 2019, Virgin Galactic kembali melakukan uji coba VSS Unity dengan membawa penumpang pertamanya ke angkasa. Pesawat itu dikomandoi oleh dua pilot yakni Dave Mackay dan Michael Masucci serta satu penumpang yaitu Kepala Instruktur Astronot Virgin Galactic, Beth Moses. Mereka bertugas untuk mengevaluasi pengalaman penumpang dan kabin pesawat saat berada di ruang angkasa.

photo via : metro.co.uk

Sebelum mengangkasa, pesawat pengangkut WhiteKnightTwo terbang dari landasan Mojave Air and Space Port di California, Amerika Serikat. Pesawat yang dibawanya, SpaceShip Two VSS Unity yang membawa penumpang kemudian dilepaskan di ketinggian sekitar 13 kilometer sampai akhirnya, VSS Unity meninggalkan permukaan Bumi dengan ketinggian 88 kilometer pukul 08.00 waktu setempat.

Sementara itu, pemilik Virgin Galactic yakni Richard Branson berencana akan mencoba sendiri terbang menumpangi pesawat canggih tersebut, sebelum dikomersialkan untuk warga sipil. Tiket perjalanan ke ruang angkasa dari perusahaan milik Richard Branson dibandrol dengan harga US$250 juta atau sekitar Rp3,5 miliar per orang.

photo via : www.businessinsider.sg

Diketahui, Virgin Galactic milik Richard Branson bersaing dengan Blue Origin, Amazon.com, dan SpaceX untuk membawa wisatawan ke luar angkasa. Lebih dari 600 orang dari 58 negara telah melakukan pembayaran dan harus menunggu lebih dari 10 tahun untuk merasakan sensasi berada di luar angkasa. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

Nah bagaimana sobat? Ingin merasakan sensasi terbang ke luar angkasa juga? Kalau ia siapkan uang  Rp3,5 miliar dan daftar sekarang juga karena untuk dapat naik ke pesawat tersebut kamu butuh waktu hingga lebih dari 10 tahun lho!

Baca Juga