Wow.. Penghasilan Youtuber Sangat Menggiurkan. Berikut Cara Menjadi Youtuber Yang Sukses

8 bulan lalu

Youtube merupakan sebuah media sosial yang menyajikan konten – konten berupa video yang mana konten – konten tersebut dibuat oleh para pemilik akun youtube. Namun, tidak semua pemilik akun youtube yang menyumbangkan konten – konten yang mereka miliki ke dalam youtube.

Para konten maker yang aktif didalam media sosial dan selalu mengupload video di dalam sosial media inilah yang disebut sebagai youtuber. Mungkin dahulu, saat youtube pertama kali diperkenalkan pada dunia, tidak terlalu banyak orang yang menggunakannya dan tidak banyak konten video yang ada di dalam website yang juga bagian dari google ini. Namun saat ini dimana perkembangan gadget dan juga internet yang terus semakin baik membuat banyak pengguna youtube alias youtuber yang aktif memberikan konten – kontennya.

photo via : youtube.com

Apalagi, saat ini youtuber merupakan sebuah profesi yang bisa dibilang amat diidamkan oleh banyak orang. Selain karena bisa terkenal, para youtuber ini juga bisa mendapatkan penghasilan yang tak sedikit dari youtube. Contoh saja akun yotube yang dimiliki oleh Raditya Dika dan Ria Richies. Dua orang youtuber top Indonesia ini telah memiliki banyak subscriber yang mencapai jutaan dan penghasilan mereka melalui youtubepun mencapai miliaran rupiah pertahunnya.

Dengan banyaknya penghasilan para youtuber ini lah yang membuat saat ini semakin banyak orang yang ingin menjadi seorang youtuber. Namun tidak semua youtuber mampu menjadi sukses, karena semuanya bergantung dari konten video dan jumlah subscriber yang dimiliki oleh seorang youtuber. Banyak sedikitnya penghasilan seorang youtuber ditentukan oleh jumlah iklan yang tampil dalam video – video di channel youtube milik mereka. jadi semakin tinggi atau banyak orang yang memview video mereka, maka makin banyak pula penghasilan dari youtuber tersebut.

photo via : uangonline.com

Buat kamu yang ingin menjadi seorang youtuber pemula dan ingin memiliki sedikit pundi – pundi penghasilan dari akun youtube milikmu, berikut ini adalah sedikit kiat – kiat untuk menjadi seorang youtuber pemula.

1. Buat Akun Youtube yang Sesuai

Untuk menjadi seorang youtuber, tentu saja kamu harus membuat akun youtuber terlebih dahulu. Hal iin tentu saja merupakan langkah pertama yang wajib dilakukan untuk menjadi seorang youtuber. Namun akun yang dibuat tentu saja bukanlah sembarangan akun yang mana kamu harus membuat akun youtube yang sesuai dengan minat dan isi dari akun youtube ini kedepannya.

2. Buat Akun Adsense

Hanya dengan membuat akun youtube saja bukan berarti kita sudah bisa punya penghasilan loh. Karena untuk mendapatkan penghasilan dari akun youtbe, kita juga harus membuat akun adsense alias iklan yang nantinya akan menampilkan berbagai iklan di dalam video – video yang kita miliki. Untuk saat ini sendiri, tidak seperti sebelumnya, untuk bisa mendaftar di adsense youtube, kamu harus memenuhi berbagai persyaratan yang ditentukan oleh youtube. Adapun persyaratan yang ada untuk mendaftar adsense youtube adalah akun youtube kamu harus sudah memiliki sekitar 4000 jam tonton untuk konten video dan juga 1000 orang subscriber di channel yang kamu miliki.

3. Meningkatkan Jumlah Views dan Subscribers

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, besaran dari penghasilan seorang youtuber tergantung dari jumlah iklan yang yang tampil dalam video yang dimiliki oleh youtubenya tersebut. Tentu saja banyak dan sedikitnya iklan yang tampil bergantung dari sering tidaknya video dalam akun tersebut ditayangkan. Oleh karenanya, sebagai seorang youtuber perlu untuk meningkatkan jumlah view dan juga subscriber akun youtube untuk bisa menghasilkan lebih banyak pendapatan dari tayangan iklan yang ada.

photo via : vydia.com

4. Memaksimalkan Jumlah Subscribers

Meskipun jumlah pendapatan yang kita miliki dihitung dari seberapa besar dan seberapa banyak iklan adsense yang tampil dalam akun youtube kita, bukan berarti jumlah subscriber tidak penting untuk sebuah akun youtube. Justru dengan semakin banyaknya subscriber yang kita miliki dalam akun kita, akan membuat video – video yang kita miliki menjadi lebih sering untuk tayang. Dan dengan semakin seringnya video kita yang tampil, tentu saja akan membuat semakin banyak pula iklan adsense nantinya. Jadi amat perlu untuk menambah jumlah subscriber yang kita miliki hingga maksimal.

5. Menggunakan Metode Pembayaran yang Tepat

Saat kita telah memiliki saldo yang cukup untuk menarik uang yang kita miliki dalam akun youtube tersebut, kita harus memiliki metode pembayaran yang seuai dengan keinginan kita. Di dalam youtube, terdapat 3 buah jalur pembayaran yang ada yang bisa kita pilih sesuai dengan keinginan kita. Adapun ketiga jalur tersebut adalah lewat transfer bank, menggunakan cek dan menggunakan western union. Untuk jalur bank, pembayaran dari google adsense ini hanya berlaku untuk bank tertentu saja. Untuk metode cek, kita bisa mencairakn sendiri cek tersebut di Bank yang kita pilih. Sedangkan untuk pilihan ketiga yakni Western Union, kamu bisa menguankannya di kantor pos.

6. Membuat Konten yang Positif

Konten adalah raja, mungkin itulah hal yang pas untuk keadaan ini yang mana semakin baik dan bagus konten yang kita miliki, tentu saja kita akan mampu untuk memiliki banyak viewer dan subscriber. Apalagi guna menghasilkan youtuber dengan kualitas konten positif yang banyak, mulai tanggal 20 Februari 2018, Youtube memperketat aturan dalam mengupload konten video yang ada serta youtube juga memperketat persyaratan sebuah akunyoutube untuk bisa memperoleh adsense. Adapun persyaratan yang baru adalah dengan memiliki minimal 4000 jam waktu tonton pada kurun waktu 12 jam dan minimal telah memiliki 1000 pelanggan (subscribers).

7. Konsisten pada satu kategori

Jika akun youtube yang kita miliki memiliki banyak subscriber, maka orang – orang menyukai isi atau konten dari video – video yang ada di akun kita. maka dari itu, kita harus tetap mengisi akun youtube yang kita miliki dengan dengan konten – konten yang sesuai dengan kategori dari kaun youtube kita agar kita tidak kehilangan subscriber yang kita miliki. Memang benar sebuah tren bisa dikatakan sebagai cara yang cepat dan mudah untuk membuat video yang kita mliki menjadi memiliki banyak viewernya. namun tidak ada salahnya bagi kita untuk membuat sebuah video ang sesuai dengan kebutuhan dan juga keinginan dari subscriber selama video yang kita buat tidak keluar dari kategori video yang sudah ada.

photo via : youtube.com

8. Kreatifitas

Menjadi kreatif tidak selalu dengan cara melakukan hal yang aneh dan tidak terduga atau bahkan keluar dari kategori video yang ada di akun youtube milik kita. Kita harus bisa dan mampu untuk memanfaatkan semua hal yang ada di sekitar kita dan selalu berusaha untuk mencari berbagai ide unik untuk konten dari video di chennel milik kita. Sehinga setiap konten video yang kita isikan di dalmnya memiliki kualitas yang bisa menghibur, tapi juga informatif dan inspiratif.

9. Disiplin

Memang diperlukan sebuah kedisiplinan untuk bisa menghasilkan video – video yang baik dan bagus serta diperlukan juga kedisiplinan untuk selalu membuat dan mengupload konten – konten video yang baik dan juga bermanfaat. Apalagi jika kita sudah memiliki subscriber yang banyak, tentu saja kita harus memberikan sebuah jadwal untuk mengupload video kedalam akun youtube yang kita miliki. Karena percaya ataupun tidak, saat kita telah memiliki subscriber yang lumayan banyak, itu artinya kita telah memiliki penggemar dan para penggemar ini akan selalu menantikan video – video hasil karya kita.

10. Kolaborasi dengan youtuber lainnya

Untuk bisa dikenal oleh masyarakat, salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan cara membuat video atau konten video berbarengan dengan youtuber lainnya yang telah populer lebih dahulu. Tentu saja dengan cara ini, kita akan bisa untuk memiliki subscriber – subscriber baru yang didapat dari subscriber dari youtuber lainnya. Selain untuk menambah jumlah konten video dan juga viewer yang kita miliki, dengan cara ini juga efektif untuk kita memperkenalkan channel youtube milik kita sendiri pada orang lain tentunya.

Facebook Comments

Baca Juga