1001 Cara Menghindari Teman Yang Memberi Pengaruh Negatif

11 bulan, by blogunik

Kata orang tua dulu sih kita nggak boleh pilih-pilih dalam berteman. Kita harus berteman dengan siapa saja nggak memandang ras, suku maupun agama. Tapi kalau sifat temannya model mafia atau yakuza, apalagi berkedok serigala berbulu domba tentu saja harus dihindari.

Perlu kamu ketahui guys, pada kenyataannya didunia ini ada banyak orang yang memiliki sifat buruk sehingga dapat memberi pengaruh negatif jika kamu bergaul atau berteman dengannya. Apalagi kalau kamu sampai bersahabat dengan orang-orang tersebut, maka bisa dipastikan lambat laun kamu juga akan terjerumus kedalam hal-hal negatif yang ditularkan oleh temanmu.

Oleh karena itu, kita harus pintar-pintar dalam memilih teman yang baik dan dapat memberikan pengaruh positif dalam hidup kita. Tapi tentu saja teman-teman dengan pengaruh negatif ini tak bisa dihindari, dalam setiap pergaulan, pasti ada deh salah satu teman yang memiliki sifat buruk dan kadang sulit untuk dihindari.

Tapi kini kamu nggak usah khawatir guys, pasalnya kali ini Blog Unik akan berbagi pada kalian berbagai cara ampuh untuk menghindari teman dengan pengaruh negatif. Kira kira apa saja? Check it out guys!

1. Bersifat Objektif

1001-Cara-Menghindari-Teman-Dengan-Pengaruh-Negatif

photo via psychotherapist-nyc.blogspot.com

Rasa setia kawan memang penting dalam sebuah pertemanan apalagi pertemanan tersebut sudah berstatus hubungan sahabat. Namun jangan sampai rasa setia kawan ini membuat kamu buta dan tidak objektif dalam menyikapi situasi yang terjadi.

Jika kamu merasa teman kamu selalu memberikan pengaruh yang negatif dalam hidupmu, seperti mengajak kamu gosipin orang, nyinyirin orang lain, selalu berpikir negatif terhadap orang lain, selalu melakukan hal-hal curang, membuat dirimu menjadi malas dan berbagai tindakan negatif lainnya, maka jangan ragu untuk memutuskan hubungan pertemanan dengannya. Memang sih, awalnya pasti berat dan ada rasa tidak enak pada temanmu tersebut, namun ingatlah hal ini kamu lakukan demi kebaikanmu di masa depan.

2. Jadikan kesibukanmu sebagai tameng

1001-Cara-Menghindari-Teman-Dengan-Pengaruh-Negatif

photo via rawpixel.com

Ada kalanya mereka yang memiliki pengaruh negatif merupakan orang-orang yang memiliki hubungan dekat denganmu seperti sanak keluarga ataupun sahabat, sehingga kamu tidak bisa begitu saja meninggalkan mereka dan hanya bisa menghindari mereka saja. Nah salah satu cara menghindari teman dengan pengaruh negatif adalah dengan menjadikan kesibukanmu sebagi tameng. Semakin kamu memiliki hal untuk dikerjakan, semakin kamu punya alasan untuk tidak menemuinya. Buat dia sadar dengan sendirinya bahwa kamu sengaja menjauhinya. Hal ini merupakan salah satu cara membuatnya mundur perlahan.

3. Berani tegas

1001-Cara-Menghindari-Teman-Dengan-Pengaruh-Negatif

photo via shutterstock.com

Jika dia memang membawa pengaruh buruk bagi kamu, ambillah tindakan tegas. Jangan sungkan untuk menolak ajakan hangout darinya. Serta jangan mudah luluh jika dia merengek ingin ikut dengan kamu. Katakan dengan tegas kalau kamu butuh waktu sendiri tanpa dirinya. Kamu mungkin merasa bersalah pada awalnya, namun inilah jalan terbaik untuk hubungan kalian. Lebih baik menolak sekarang daripada terus menjalin pertemanan yang dapat berpengaruh negatif pada kehidupan kalian.

4. Jaga jarak

1001-Cara-Menghindari-Teman-Dengan-Pengaruh-Negatif

photo via psychologytoday.com

Pertemanan bisa terjalin akrab karena intensitas yang sering. Jadi kalau kamu mau menjauh darinya karena merasa temanmu tersebut membawa pengaruh buruk, maka sebisa mungkin mulailah untuk menjaga jarak pada hubungan kalian. Batasi intensitas untuk bertemu dengannya. Bila perlu jangan terlibat dalam berbagai hal yang berhubungan dengannya. Mengurangi intensitas bertemu akan membuat hubungan kamu dengan dirinya mulai merenggang dan kamu akan mudah terlepas dari pertemanan yang penuh pengaruh negatif.

5. Jangan menceritakan rahasia tentang dirimu

1001-Cara-Menghindari-Teman-Dengan-Pengaruh-Negatif

photo via nationalpost.com

Bila kamu tidak ingin terlibat masalah dengan teman-teman yang memiliki pengaruh buruk, maka jangan sekali-kali kamu menceritakan rahasia tentang dirimu pada mereka. Apalagi pada temanmu yang suka bergosip. Mereka adalah orang-orang yang tidak bisa dipercaya. Bisa saja hari ini, dia ada di pihakmu, namun besoknya dia bisa menjadi serigala berbulu domba yang menceritakkan berbagai hal buruk tentangmu pada orang lain.

Maka dari itu, jangan menceritakan rahasia kepada sembarang orang termasuk teman dekatmu sekalipun. Lebih baik kamu menutup rapat-rapat rahasia tentang dirimu jika tidak ingin hal tersebut menjadi bumerang untukmu.

6. Jangan ceritakan rencanamu kepada mereka

1001-Cara-Menghindari-Teman-Dengan-Pengaruh-Negatif

photo via goalcast.com

Salah satu ciri yang menunjukkan seseorang memiliki kepribadian negatif adalah senang mengkritik apa saja yang membuat orang yang dikritik menjadi down dan sakit hati. Nah jika kamu memiliki teman dengan hobinya mengkritik segala sesuatu yang dilakukan oleh orang lain, maka jangan sekali-kali menceritakan tentang rencana masa depanmu padanya. Baik itu rencana bisnis mandiri, rencana pernikahan atau berbagai rencana masa depan yang kamu miliki. Jangan biarkan mereka mengendorkan semangat kamu untuk mewujudkan berbagai rencana masa depanmu dengan komentar dan sikap negatif mereka.

7. Selalu waspada dengan karakter orang lain

1001-Cara-Menghindari-Teman-Dengan-Pengaruh-Negatif

photo via marieclaire.co.uk

Setiap orang memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda. Kamu harus bisa melihat karakter orang dengan bijaksana. Jika kamu melihat seseorang menunjukkan kepribadian yang beracun, sebaiknya hindari dan tinggalkan orang tersebut. Jangan sampai kamu ikut terjerumus dengan pengaruh buruk yang diberikan olehnya. Berikut ciri-ciri orang yang menunjukkan kepribadian yang beracun, yang wajib kamu ketahui.

  • Gugup dalam segala hal
  • Amarah, kesedihan dan kedengkian pada banyak hal
  • Selalu mengeluh pada apa saja
  • Sangat tergantung kepada orang lain
  • Senang mengkritik apa saja
  • Memandang dunia dengan negatif atau sinis

8. Hati-hati dengan orang yang suka caper

1001-Cara-Menghindari-Teman-Dengan-Pengaruh-Negatif

photo via sweetyhigh.com

Dalam setiap lingkungan sosial baik dalam lingkup pertemanan di tempat kerja atau sekolahan, pasti ada saja orang-orang yang suka mencari perhatian atau caper. Orang-orang seperti ini selalu ingin menjadi pusat perhatian, mereka sering kali berusaha mengungguli semua orang di sekitarnya. Atau selalu membelokkan percakapan kembali ke topik tentang mereka.

Kalau kamu memiliki model teman seperti ini, maka jangan ragu untuk mengacuhkannya. Jangan mencoba untuk menanggapi hal-hal yang dia ucapkan, apalagi menunjukkan rasa tertarik pada hal yang ia bicarakan. Buat dia lelah karena berbicara seorang diri, dengan begitu, lambat laun dia akan sadar kalau orang-orang disekitarnya sudah lelah mendengarkan hal-hal yang selalu menyangkut tentang dirinya.

9. Abaikan orang yang berbicara hal buruk tentangmu

1001-Cara-Menghindari-Teman-Dengan-Pengaruh-Negatif

photo via bestlifeonline.com

Kita tidak bisa mengatur agar semua orang berbicara baik tentang kita, karena pada kenyataannya ada saja orang-orang yang selalu mencari kejelekan orang lain untuk diperbincangkan.

Maka, jika kamu mendengar hal yang buruk tentangmu dari orang lain dan belum tebukti kebenarannya, abaikan saja. Selama tidak menganggu hidupmu, tidak usah dipedulikan. Karena hal itu hanya akan membuang energimu saja.

10. Jangan mudah terpancing emosi

1001-Cara-Menghindari-Teman-Dengan-Pengaruh-Negatif

photo via sweetyhigh.com

Memang sulit menahan emosi disaat kita dihadapkan dengan seseorang yang dengan jelas-jelas mengatakan hal yang buruk tentang kita tanpa ada buktinya. Namun ingatlah, mereka hanyalah orang-orang dengan kepribadian beracun yang tidak pantas menerima reaksi dari kalian. Maka dari itu, selalu kendalikan emosi saat kalian menemukan kejadian seperti ini. Jangan membuang waktumu dengan menanggapi segala hal buruk yang mereka katakan tentang kamu, apalagi sampai terpancing emosi. Yang ada hanya akan membuat mereka senang.

11. Jangan mau di-bully

1001-Cara-Menghindari-Teman-Dengan-Pengaruh-Negatif

photo via psychologytoday.com

Salah satu ciri orang dengan kepribadian negatif adalah dengan suka nyinyirin hidup orang, mau itu melakukan body shaming, mengatakan hal buruk tentang pekerjaan orang bahkan mengatakan hal-hal buruk tentang keluarga seseorang. Perlakuan seperti ini bisa juga disebut dengan bully lho.

Karena kita dilahirkan bukan untuk di-bully, maka jangan biarkan mereka bebas meremehkan bahkan mengatakan hal buruk tentang kamu. Bukan dengan melawan dan balik menyerang mereka, kamu cukup mengacuhkan segala omongan mereka dan berjalanlah dengan tegak dan penuh rasa percaya diri baik saat dihadapan mereka ataupun orang lain. Ingat pasang wajah cuek dan sombong saat kamu berpapasan dengan mereka, hal ini akan membuat mereka menyadari kalau tindakan buruk yang mereka lakukan sama sekali tidak berpengaruh pada kamu. Lama-kelamaan mereka akan lelah mengganggu hidup kamu.

12. Perbanyak diam dan tidak perlu menunjukkan reaksi

1001-Cara-Menghindari-Teman-Dengan-Pengaruh-Negatif

photo via masterfile.com

Ada yang bilang kalau diam itu emas. Untuk menghindari orang-orang dengan pengaruh negatif, sebisa mungkin hindarilah berdebat atau berdiskusi dengan mereka. Perbanyaklah diam saat berhadapan dengan orang negatif, jangan menunjukka reaksi saat mereka mulai membicarakan berbagai hal yang cenderung membanggakan diri sendiri atau bahkan menjelekkan orang lain. Tidak perlu membuang-buang waktu untuk mengkhawatirkan apa yang mereka pikirkan atau mereka lakukan terhadap kita. Jangan biarkan sikap atau komentar negatif mereka mempengaruhi kita.

13. Jadilah orang yang baik dan jangan mudah terpengaruh

1001-Cara-Menghindari-Teman-Dengan-Pengaruh-Negatif

photo via shutterstock.com

Orang tidak ingin menghabiskan waktu dengan orang lain yang akan membuat mereka dalam kesulitan atau memengaruhi mereka secara negatif. Maka dari itu, jika kamu ingin memiliki teman-teman dengan pengaruh positif maka berusahalah untuk menjadi orang yang baik dengan kepribadian yang positif. Dengan begitu, kamu juga akan terhindari dari orang-orang yang memiliki kepribadian negatif karena kepribadian positif yang kamu miliki mampu lebih cukup untuk menolak pengaruh buruk yang mereka bawa.

14. Keluarlah dari zona nyaman dan cari lingkungan dan pertemanan yang lebih positif

1001-Cara-Menghindari-Teman-Dengan-Pengaruh-Negatif

photo via thestar.com

Terkadang kita sudah merasa nyaman dengan teman-teman dekat yang kita miliki meskipun kita sadar kalau mereka memiliki kepribadian buruk dan memiliki pengaruh buruk untuk masa depan kita nanti. Namun karena sudah merasa nyaman dengan hubungan tersebut, kita tidak rela untuk keluar dari lingkup pertemanan yang sudah tidak sehat tersebut.

Tapi ingatlah bahwa hubungan sosial pertemanan sangat berpengaruh pada masa depan kalian nanti. Untuk itu kamu diwajibkan untuk pintar-pintar mencari teman dengan pengaruh positif yang dapat berdampak baik pada masa depan kalian nanti. Maka dari itu, keluarlah dari zona nyaman kalian dan carilah lingkungan dan pertemanan yang lebih baik dan mampu memberikan pengaruh positif terhadap kehidupan kamu.

15. Jelaskan padanya kenapa kamu menghindar darinya

1001-Cara-Menghindari-Teman-Dengan-Pengaruh-Negatif

photo via journalistic.org

Pada titik tertentu, dia mungkin bertanya tentang perubahan pada diri dirimu. Mengapa kamu selalu menghindarinya dalam berbagai kesempatan? Jika sudah begitu, cobalah menjelaskan tentang perilakunya yang negatif yang mengganggu atau membuat kamu frustrasi. Jelaskan dengan baik-baik alasanmu menghindarinya, jikapun dia menolak semua alasan yang kamu berikan, itu bukan urusanmu lagi.

Dalam menjalankan hidup, sebenarnya kamu tidak butuh teman-teman dengan pengaruh negatif. Jangan pernah merasa sayang atau ragu untuk meninggalkan orang-orang yang buruk dan beracun seperti mereka. Jikapun ada seseorang dengan kepribadian toxic namun sulit untuk dihindari karena mereka adalah saudara ataupun atasan kalian di tempat kerja, maka acuhkan saja mereka dan jangan bereaksi atas segala hal yang mereka lakukan. Percayalah guys, tipe orang-orang berkepribadian negatif tidak perlu untuk diajak berteman ataupun bersahabat dekat. Semoga artikel kali ini membantu guys!

+2
Artikel Terkait