14 Wisata Petik Buah Terbaik di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Ingin merasakan sensasi panen buah seperti vlogger-vlogger Indonesia di luar negeri tapi nggak punya kebun buah sendiri? Tenang, karena tempat wisata petik buah terbaik di Indonesia ini, bisa menjadi tujuan wisata kamu untuk mendapatkan pengalaman petik buah langsung dari pohon sesuka hati.

Wisata petik buah sendiri semakin digemari sebagai tujuan wisata yang menyenangkan untuk keluarga ataupun dengan kerabat dekat. Pasalnya, selain dapat memetik buah secara langsung dari pohonnya, wisata petik buah juga umumnya menawarkan pemandagan alam yang indah dan memanjakan mata.

Salah satu wisata petik buah yang paling dikenal adalah agrowisata buah yang ada di Malang yang terkenal akan buah apelnya yang manis dan segar. Namun selain agrowisata buah di Malang, masih ada sejumlah daerah di Indonesia yang juga memiliki spot wisata petik buah terbaik yang menawarkan jenis buah-buahan yang berbeda lho.

Untuk itu, berikut sejumlah tempat wisata petik buah terbaik di Indonesia yang wajib dikunjungi. So let’s check it out guys!

14 Wisata Petik Buah Terbaik di Indonesia

1. Wisata Petik Jeruk Kintamani – Bangli, Bali

Wisata Petik Buah Terbaik di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

photo via kintamani.id

Buat kamu yang ingin memetik buah jeruk langsung dari pohonnya, bisa banget mengunjungi Kintamani, Bali. Wilayah kecamatan Kintamani, Bangli memang merupakan wilayah penghasil buah jeruk terbesar di Bali. Ketika memasuki kawasan kecamatan ini, kamu akan dengan mudah menemukan perkebunan jeruk yang menawarkan wisata petik buah jeruk langsung dari pohonnya.

Jeruk-jeruk asal Kintamani sendiri terkenal akan kualitas dan rasa manisnya, belum lagi kamu bisa menikmati pemandangan yang indah khas pegunungan sambil memanen buah jeruk. Menariknya lagi, kamu tidak perlu menyiapkan dana tinggi untuk dapat menikmati sensasi petik buah jeru langsung dari pohonnya. Sebab beberapa pengelola kebun menerapkan sistem timbang buah. Artinya, kamu tidak akan dikenai harga tiket masuk.

Namun buah jeruk yang kamu petik akan ditimbang untuk menentukan berapa harga yang harus kamu bayar. Eits, buah jeruk yang kamu petik ini dibandrol dengan harga yang lebih murah dibandingkan jika membelinya di kios buah ataupun swalayan lho!.

2. Petik Strawberry Bedugul – Bali

Wisata Petik Buah Terbaik di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

photo via ihategreenjello.com

Selain memetik buah jeruk di Kintamani, Bangli, kamu juga bisa memetik buah strawberry di Bedugul, Bali. Kawasan wisata ini memang memiliki udara yang sejuk khas pegungungan, kamu bisa menjumpai berbagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi dengan beragam hal yang seru untuk dilakukan. Salah satunya adalah dengan memetik buah strawberry sesuka hati.

Dikawasan ini, ada banyak pilihan kebun buah strawberry yang bisa kamu kunjungi untuk dapat memanen buah strawberry yang segar dan manis. Bahkan kamu bisa memakan sepuasnya buah strawberry yang kamu petik langsung dari pohonnya, karena yang kamu bayar hanya buah strawberry yang akan kamu bawa pulang. Wah menarik ya?

3. Petik Buah Naga Desa Sambirejo – Banyuwangi

Wisata Petik Buah Terbaik di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

photo via victoriaramada.com

Siapa nih yang suka sama buah naga? Buah satu ini memang memiliki rasa yang manis dan segar, namun sudahkan kamu pernah merasakan sensasi memetik buah naga sendiri? Buat kamu yang penasaran, kamu bisa mendatangi wisata petik buah naga di Desa Sambirejo yang ada di Banyuwangi.

Seperti yang kita tagu Banyuwangi merupakan salah satu daerah penghasil buah naga terbesar di Indonesia. Nggak heran jika Banyuwangi disebut sebagai Desa Buah Naga. Nah di Desa Sambirejo, Banyuwangi ini, kamu bisa memetik langsung buah naga dari pohonnya dan mencoba langsung bagaimana rasa buah naga khas Banyuwangi yang segar, dan pekat tersebut.

4. Desa Wisata Kebun Kurma – Pasuruan

Wisata Petik Buah Terbaik di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

photo via home.lapakbuah.com

Siapa sing yang nggak mau merasakan sensasi memetik buah kurma secara langsung dari pohonnya? Nah Desa Wisata Kebun Kurma yang terletak di Pasuruan tepatnya di Desa Karanglo, Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan ini bisa kamu kunjungi untuk merealisasikan keinginan kamu demi memetik buah kurma segar langsung dari pohonnya.

Di Desa Wisata Kebun Kurma ini kalian bisa melihat langsung bagaimana rupa dari pohon kurma, memetik hingga langsung memakan buah kurma yang segar langsung dari tempatnya. Selain bisa menikmati buah kurma langsung ditempat, kalian juga bisa membawa pulang buah kurma sebagai oleh-oleh keluarga dirumah.

Menariknya lagi, setelah puas memetik buah kurma, kamu dan keluarga juga bisa berswafoto di Pesawat Boeing 737 yang diletakan di kawasan Wisata Kebun Kurma tersebut.

5. Agrowisata Bhakti Alam – Pasuruan

Wisata Petik Buah Terbaik di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

photo via brobali.com

Selain memetik buah kurma, di Pasuruan juga kamu bisa mengunjungi Agrowisata Bhakti Alam yang berlokasi di Jl. Bhakti Alam, Kemang, Pasuruan. Di agrowisata ini, kamu bisa tidak ahany bisa memetik satu jenis buah, namun ada beragam jenis buah yang enak dan menarik untuk dipanen, seperti buah jambu air, buah naga, melon, kelengkeng, dan lainnya. Bahkan ada buah durian yang bisa kamu petik langsung dari pohonnya dan nikmati langsung di tempat.

Selain petik buah, kamu juga bisa menikmati pemandangan alam dan spot-spot foto yang menarik serta terdapat juga taman bermain, kolam renang bahkan penginapan bagi kamu yang ingin staycation.

6. Petik Buah Taman Mekarsari – Bogor

Wisata Petik Buah Terbaik di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

photo via hargaticket.com

Kalau kamu berlibur ke Bogor, maka jangan lupa untuk mengunjungi wisata Petik Buah Taman Mekarsari. Tempat wisata yang memiliki luas hampir 300 hektar ini menawarkan berbagai macam aktivitas yang beragam, mulai dari memetik buah, pembibitan hingga menanam buah dengan cara yang benar.

Selain bisa melihat berbagai jenis buah dan memetiknya secara langsung, kamu juga bisa melihat beberapa flora yang membuat pemandangan menjadi lebih indah. Bahkan ada perahu naga, dan sepeda air yang bisa kamu naiki bersama pasangan ataupun buah hati. Dengan berbagai hal menarik yang ditawarkan, tempat wisata yang satu ini rekommended banget untuk kamu yang ingin berlibur bersama keluarga.

7. Petik Strawberry Ciwidey – Bandung

Wisata Petik Buah Terbaik di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

photo via blog.tiket.com

Tempat wisata petik buah terbaik di Indonesia berikutnya adalah Petik Strawberry Ciwidey yang ada di Bandung. Sebagai salah satu destinasi wisata alam unggulan yang ada di wilayah Bandung, Ciwidey juga dikenal memiliki banyak kebun Petik Strawberry yang menawarkan paket yang berbeda-beda untuk kamu yang ingin memetik buah strawberry secara langsung.

Tak hanya puas memetik strawberry, kamu juga bisa memanjakan mata kamu dengan melihat indahnya perkebunan strawberry yang ada di Ciwidey dan melakukan berbagai aktivitas yang menarik.

8. Kusuma Agrowisata – Batu, Malang

Wisata Petik Buah Terbaik di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

photo via asaljeplak.my.id

Kusuma Agrowisata yang terletak di Batu Malang ini tidak hanya sekedar menawarkan wisata petik apel. Namun kamu juga bisa memetik jenis buah lainnya seperti buah stroberi, buah naga, jeruk, jambu merah, dan dan lain sebagainya. Menariknya lagi, berbagai buah yang ada di Kusuma Agrowisata ini tidak mengandung pestisida, sehingga lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi.

Tak hanya memetik buah, kamu juga bisa belajar bagaimana menanam buah apel yang benar dan menikmati berbagai olahan apel di restoran yang terdapat di wisata tersebut. Menariknya lagi, kamu bisa menikmati berbagai permainan seru dan menyenangkan, seperti War Game di arena Airsoft Gun, ATV di mini of road-track, Flying Fox dan lain-lain.

9. Agro Wisata Petik Apel Kelompok Tani Makmur Abadi – Batu, Malang

Wisata Petik Buah Terbaik di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

photo via eastjavatrip.id

Selain Kusuma Agrowisata, kamu juga bisa mengunjungi Agro Wisata Petik Apel Kelompok Tani Makmur Abadi yang ada di Batu, Malang. Di tempat wisata ini, Kamu bisa menikmati sensasi memetik buah apel yang masih segar langsung dari pohonnya. Bahkan yang bikin lebih asyiknya lagi adalah kamu bisa memetik buah apel sebanyak mungkin, tanpa dibatasi dengan biaya yang sangat murah, yaitu sekitar Rp 25 ribu hingga Rp 30 ribu sekali masuknya.

Buat kamu yang tertarik, tempat wisata petik buah ini berlokasi di Jalan Pangeran Diponegoro No. 24, Tulungrejo, Batu, Malang. Nggak terlalu jauh dari Kusuma Agrowisata.

10. Wisata Petik Apel Agro Rakyat – Batu, Malang

Wisata Petik Buah Terbaik di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

photo via id-velopedia.velo.com

Masih dari Batu, Malang, kali ini ada Wisata Petik Apel Agro Rakyat yang bisa menjadi pilihan lain buat kamu yang ingin memetik buah apel segar langsung dari pohonnya. Di tempat wisata petik buah ini kamu akan disajikan dengan hamparan pohon apel yang memiliki dahan cukup rendah. Jadi kamu akan mudah memetik buah apel tanpa harus jinjit, memanjat ataupun menggunakan galah.

Tak hanya itu, kamu juga boleh memetik buah apel sebebasnya dan langsung menikmatinya di area kebun yang terletak di Jalan Raya Sidomulyo, Kecamatan Batu, Malang ini. Buat kamu yang ingin membawanya pulang, kamu harus membayar sesuai dengan tarif yang sudah ditetapkan. Namun tenang saja, harga buah apel dan juga tarif masuk ke perkebunan sangat merakyat lho!

11. Wisata Petik Jeruk Dau – Batu, Malang

Wisata Petik Buah Terbaik di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

photo via datawisata.com

Malang nggak hanya terkenal dengan buah apelnya, kamu juga bisa memanen buah jeruk di Wisata Petik Jeruk Dau yang berlokasi di Batu, Malang. Wisata petik jeruk Dau ini terletak di atas lahan seluas 750 hektar dan menyediakan beragam varietas jeruk, seperti baby Pacitan, Keprok, Valencia, dan lainnya.

Selain karena memiliki beragam jenis jeruk yang bisa dipilih sesuai selera, wisata petik buah ini juga menarik minat wisatawan karena harganya sangat merakyat. Kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 15 ribu untuk dapat memetik dan menikmati jeruk sepuasnya di kebun ini. Sedangkan untuk jeruk yang dibawa pulang, hanya perlu membayar sekitar Rp 5 ribu per kilogramnya.

12. The Highland Pujon Strawberry – Batu, Malang

Wisata Petik Buah Terbaik di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

photo via m.merdeka.com

Di kawasan Batu, Malang, kamu juga bisa menikmati wisata petik buah strawberry sepuasnya di The Highland Pujon Strawberry. Dengan membayar tiket seharga Rp 55 ribu, kamu bisa menikmati buah strawberry segar sepuasnya hasil panen sendiri. Tak hanya itu, kamu juga akan mendapat welcome drink berupa jus stroberi segar lho!

Tempat wisata petik buah ini menyediakan beragam varietas strawberry seperti strawberry California, Cherly, dan Holibert. Nah buat kamu yang ingin membawa buah stroberi segar untuk oleh-oleh keluarga di rumah, kamu hanya perlu membayar Rp 15 ribu per kilogramnya.

13. Keboen Nogo Bululawang – Malang

Wisata Petik Buah Terbaik di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

photo via jawapos.com

Masih di Malang, kali ini kamu bisa menikmati sensasi memetik buah naga sendiri dari pohonnya di Keboen Nogo Bululawang yang terletak di Jalan Koramil, Bululawang. Tempat wisata petik buah di Malang ini memiliki luas lahan sekitar 300 hektar, dengan kapasitas produksi mencapai 38 ton per hektar. Setelah kamu memetik buah naga, hasil petikanmu akan ditimbang untuk mengetahui harga yang perlu dibayar.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba beberapa olahan buah naga seperti sirup buah naga, kripik buah naga, manisan buah naga, dan masih banyak lagi beraneka olahan buah naga yang dapat kalian cicipi di Keboen Nogo Bululawang. Menariknya lagi, harga tiket masuk ke tempat wisata inipun terjangkau, yakni berkisar Rp 5 ribu saja.

14. Agrowisata Kampung Durian – Jombang

Wisata Petik Buah Terbaik di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

photo via m.jitunews.com

Buat penggemar buah durian, wajib banget mengunjungi Agrowisata Kampung Durian yang ada di Jombang untuk dapat menikmati sensasi memetik buah durian sendiri dan menikmati kelegitan buah durian secara langsung di kebun.

Selain itu, pengunjung bisa membawa pulang durian tersebut sebagai oleh-oleh dengan harga yang terjangkau. Selain membawa pulang buahnya, kamu juga bisa membeli bibit durian. Nantinya, kamu akan diajarka bagaimana cara menanam buah durian yang berkualitas.

Nah itu dia beberapa tempat wisata petik buat terbaik di Indonesia yang wajib dikunjungi. Bagaimana menurut kalian guys? Mumpung liburan sekolang sudah dekat, wisata petik buah bisa menjadi tujuan liburan yang menyenangkan untuk keluarga tercinta. Semoga bermanfaat!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.