15 Destinasi Wisata Menarik di Turki, Wajib Kamu Kunjungi

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Ini lho destinasi wisata menarik di Turki yang wajib kamu kunjungi!

Siapa sih yang nggak ingin liburan ke Turki? Secara Turki menjadi salah satu negara dengan banyak tempat wisata yang luar biasa menarik untuk liburan. Mulai dari wisata religi, wisata alam, wisata sejarah hingga wisata belanja semuanya tersedia di negara yang terletak di kawasan Eurasia ini.

Nggak hanya itu, Turki juga selalu sukses membuat kagum para wisatawan dengan gaya bangunannya yang unik dimana memadukan gaya khas Eropa dan Asia. Tak hanya unik, namun juga sangat indah di pandang. Nggak heran jika banyak wisatawan yang berburu foto instagramable dengan background bangunan-bagunan khas Turki yang unik dan indah.

Ada banyak sekali destinasi wisata di Turki yang mungkin tidak akan habis kalian jelajahi dengan waktu bertahun-tahun. Maka dari itu, berikut 15 destinasi wisata menarik di Turki yang wajib kamu kunjungi ketika berlibur. So let’s check it out guys!

15 Destinasi Wisata Menarik di Turki

1. Cappadocia

Destinasi Wisata Menarik Di Turki

photo via blisstours.net

Yang pertama ada Cappadocia. Tempat wisata terbaik di Turki satu ini sempat viral di Indonesia lantaran disebut dalam salah satu scene series “Layangan Putus” beberapa waktu lalu. Tempat wisata ini didominasi dengan pemandangan lembah, ngarai dan juga perbukitan. Ada juga bangunan rumah, gereja hingga restoran yang terbuat dari bahatan bebatuan sehingga membuatnya lebih unik.

Selain itu, daya tarik lain dari Cappadocia adalah wahana balon terbangnya. Kamu bisa menjelajahi udara menggunakan balon terbang yang hanya akan mengudara saat cuaca baik saja. Meski tak sempat menaiki balon udara, kamu masih bisa berburu foto instagramable dengan background pemandangan indah Cappadocia berhias balon udara warna-warni.

2. The Blue Mosque

Destinasi Wisata Menarik Di Turki

photo via nusagates.com

Jika ingin berlibur ke Turki, pastikan kamu memasukan The Blue Mosque ke dalam daftar kunjung kamu jika tidak ingin menyesal. The Blue Mosque sendiri merupakan salah satu masjid megah di Turki yang dikenal juga dengan Masjid Sultan Ahmed.

Masjin ini dinamakan The Blue Mosque atau masjid biru adalah karena keramik-keramik yang menutupi dinding serta kubah masjid ini berwarna biru. Selain itu, ciri khas dari masjid ini adalah arsitekurnya yang terdiri dari lima kubah utama, enam menara yang tinggi, dan delapan kubah sekunder. Desain interior masjid ini juga sangat luar biasa indah untuk dilihat baik dari sisi ornamen maupun kemegahannya.

3. Süleymaniye Mosque

Destinasi Wisata Menarik Di Turki

photo via magazin.travelportal.cz

Selain The Blue Mosque, kamu juga wajib mengunjungi Süleymaniye Mosque yang merupakan salah satu wisata religi termegah di Turki. Masjid megah ini berada di dataran tinggi di belakang Universitas Istanbul dan terkenal dengan gaya arsitektur Ustmaniyah.

Sekilas Masjid Suleymaniye memang mirip dengan The Blue Mosque, namun kenyataannya sangat berbeda. Süleymaniye Mosque dirancang dengan 4 menara setinggi 56 meter dan 76 meter, dan kubah besar berdiamter 26,6 meter. Di atapnya masih banyak lagi kubah-kubah kecil yang terpasang cantik sehingga menciptakan kesan yang unik.

Saat kamu masuk ke dalam masjid maka kamu akan melihat keindahan karya seni kaligrafi dan ornamen dinding yang begitu luar biasa. Selain itu, dari masjid ini, kamu juga bisa melihat jelas pemandangan sekeliling kota, termasuk wilayah Golden Horn dengan cukup jelas.

4. Galata Bridge

Destinasi Wisata Menarik Di Turki

photo via propertyturkey.com

Galata Bridge juga menjadi salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di Turki. Dengan bangunan bergaya Eropa dan Asia, jempabatan ini terbagi menjadi 2 tingkat. Dimana di bagian atas jembatan digunakan untuk transportasi kendaraan dan pejalan kaki. Sedangkan di tingkat bawah di penuhi dengan cafe dan juga restoran.

Jembatan ini menawarkan pemandangan sekitar yang indah, terlebih di sore hingga malam hari. Nggak heran jika Jembatan Galata yang terbentang melintasi Teluk Golden Horn ini akan semakin ramai ketika sore hari.

5. Topkapi Palace

Destinasi Wisata Menarik Di Turki

photo via twitter.com/bestripistanbu1

Selanjutnya ada Topkapi Palace yang merupakan salah satu salah satu peninggalan kejayaan masa lampau di Turki. Topkapi Palace sendiri dulunya adalah pusat pemerintahan Turki sekaligurs istana tempat tinggal dari Sultan Ottoman Turki. Namun kini istana ini telah dijadikan sebuah museum.

Selain itu, daya tarik lain dari istana Topkapi ini adalah letaknya yang berada di pinggir pantai selat Bosphorus dan berada tidak jauh dari Hagia Sophia. Istana di kelilingi tembok besar serta dilengkapi dengan keramik aneka motif dan kaligrafi yang menempel di dinding setiap ruangannya.

6. Dolmabahçe Palace

Destinasi Wisata Menarik Di Turki

photo via tullyluxurytravel.com

Dolmabahçe Palace menjadi tempat wisata di Turki selanjutnya yang wajib dikunjungi. Dolmabahçe Palace sendiri merupakan istana Kerajaan Ottoman dari 1856-1922 yang berada di distrik Besiktas tepi selat Bosphorus.

Kamua akan dibuat terpesona dengan kemegahan istana terbesar di Turki dengan luas 45.000 meter persegi ini. Dengan luas tersebut, Dolmabahce Palace dilengkapi dengan 285 kamar, 44 aula, 68 toilet dan 6 pemandian.

Tak hanya itu, bagian langit-langit istana juga dibuat dari 14 ton emas yang berkilau. Interior dari istana ini juga sangat menarik karena terdapat dekorasi galeri, lampu gantung kristal terbesar di dunia, furnitur hingga karpet yang sangat indah. Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat keindahan kolam dan patung yang sangat eksotis di kawasan istana ini.

7. Emirgan Park

Destinasi Wisata Menarik Di Turki

photo via planetofhotels.com

Buat para pecinta bunga khususnya bunga tulip, wajib banget mengunjungi Emirgan Park yang terletak di lingkungan Emirgan di distrik Sariyer di Istanbul, Turki, di pantai Eropa Bosphorus. Taman ini merupakan taman urban bersejarah terbesar di Istanbul.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, taman ini terkenal dengan koleksi tulipnya yang indah, yang biasanya bermekaran setiap bulan April selama Festival Tulip Istanbul. Tak hanya tulip, taman seluas lebih dari 100 hektar ini juga menawarkan beragam flora dan fauna. Taman ini juga memiliki taman bermain, trek jogging, beberapa paviliun hingga danau hias. Sayang sekali jika tempat wisata terbarik di Turki ini sampai dilewatkan.

8. Istiqlal Street

Destinasi Wisata Menarik Di Turki

photo via doopedia.co.kr

Destinasi wisata menarik di Turki berikutnya adalah Istiqlal Street. Jalanan ini menjadi salah satu tujuan wisata favorit para pelancong baik untuk berburu foto maupun untuk menikmati keindahan arsitektur yang menakjubkan di Istanbul. Istiqlal Street merupakan jalanan sepanjang 1,5 kilometer yang diwarnai bangunan-bangunan lama dengan arsitektur khas Ottoman di sebelah kanan dan kiri jalan. Jalanan yang panjang ini berakhir di Taksim Square, sebuah tempat yang menjadi jantung kota Istanbul.

Di Istiqlal Street yang juga dikenal dengan nama Istiqlal Caddesi ini, kamu akan menemukan berbagai jenis jualan yang cocok dijadikan oleh-oleh ataupun langsung dinikmati. Mulai dari cokelat, roti, pakaian, hingga buku. Bahkan ada juga toko musik, bioskop, kafe, restotan, klub malam, galeri seni, dan masih banyak lagi.

9. Pamukkale

Destinasi Wisata Menarik Di Turki

photo via reddit.com

Selanjutnya ada Pamukkale yang merupakan wisata alam sumber mata air panas terpopuler di Turki. Sumber mata air panas ini berwarna biru kehijauan dengan kolam-kolam membentuk teras berundak-undak seperti tangga berkilauan berwarna putih layaknya salju.

Di tempat ini kamu juga bisa melihat Hierapolis Ancient City, sebuah kota tua peninggalan Romawi. Salah satu warisan alamnya yang unik adalah Cotton Castle yang dulunya merupakan pemandian air panas. Kamu bisa menikmati pemandangan yang menakjubkan ataupun sekedar merendam kaki di sumber air panas tersebut, karena banyak yang percara kalau air di tempat tersebut dapat menyembuhkan penyakit kulit lho.

10. Hagia Sophia Museum

Destinasi Wisata Menarik Di Turki

photo via istanbultourstudio.com

Hagia Sophia Museum juga menjadi salah satu wisata sejarah terkenal di Turki. Museum ini letaknya berhadapan dengan Blue Mosque, dan menjadi salah satu ikon terkenal negara satu ini. Hagia Sophia sendiri awalnya merupakan sebuah gereja yang kemudian dialih fungsikan menjadi masjid, yang dikenal dengan nama Aya Sofia, dan kini Hagia Sophia berubah fungsi lagi sebagai museum. Kamu bisa menikmati desain interior menakjubkan dari museum terkenal ini dimana memadukan antara gaya Yunani, Kristen, Katolik, dan Islam.

11. Antalya

Destinasi Wisata Menarik Di Turki

photo via sofiaadventures.com

Destinasi wisata terpopuler di Turki berikutnya adalah Antalya.Tempat wisata ini terletak di sepanjang Riviera Turki di garis pantai Mediterania yang terkenal dengan pemandangannya yang indah. Antalya sendiri adalah kota besar yang ramai dengan berbagai resor, hotel, bar, dan restoran, sehingga kamu tidak akan menyelah telah menghabiskan rupiah untuk berkunjung ke tempat ini.

Di tempat ini, kamu bisa menikmati pemandangan pantai yang menakjubkan dan pemandangan gunung yang memanjakan mata. Uniknya lagi, kawasan Antalya memiliki lanskap reruntuhan kuno yang tak kalah eksotis dan instagramable. Banyak hal yang bisa kamu lakukan di tempat wisata ini mulai dari berenang, berlayar, mendaki gunung, atau hanya berjalan-jalan dan menikmati waktu bersama orang spesial.

12. Fethiye

Destinasi Wisata Menarik Di Turki

photo via bodrumnakliyat.net

Jangan juga melewatkan kesempatan untuk mengunjungi Fethiye. Fethiye sendiri merupakan salah satu kota eksotis yang ada di Turki yang selalu dipadati wisatawan lokal hingga internasional khususnya saat musim panas. Ada banyak jenis tempat wisata yang bisa kamu temukan di kota satu ini, mulai dari wisata sejarah, guning hingga wisata pantai yanga memanjakan mata seperti Pantai Ölüdeniz, Butterfly Valley, Kabak Bay, Pantai Kaputas hingga Pantai Çalış. Selain menikmati keindahan pantai, kamu juga bisa melakukan aktivitas lainnya seperti hiking, naik kapal pesial hingga paralayang.

13. Selat Bosphorus

Destinasi Wisata Menarik Di Turki

photo via istockphoto.com

Ada juga Selat Bosphorus yang menjadi destinasi wisata favorit wisatawan bila berkunjung ke Turki. Selat Bosphorus sendiri merupakan selat yang menyatukan dua benua yakni benua Asia dan Eropa. Selat ini memiliki panjang 30 km dengan lebar maksimum 3.700 meter dan lebar minimumnya 750 meter. Kedalamannya sekitar 36 meter sampai 124 meter. Nggak heran jika selat ini diramaikan dengan kapal. Bahkan sekitar 48 ribu kapal diketahui melewati selat ini setiap tahunnya.

Di selat ini, kamu bisa menikmati keindahan alam yang tersaji, mulai dari birunya air laut, dengan puluhan kapal yang berlayar, ada juga jembatan bosphorus yang menghubungkan dua benua. Tak hanya itu, selat ini juga dijadikan sebagai pusat memancing bagi para nelayan hingga amatiran.

Di tepi Selat Bosphorus yang dipenuhi dengan cafe, restoran, kios hingga dermaga yang selalu diramaikan oleh wisatawan yang ingin menjelajahi selat dengan kapal pesiar. Ada juga Masjid Ortaköy yang terletak di tepi alun-alun Dermaga Ortaköy. Masjid ini menjadi salah satu area paling populer di tepi selat Bosphorus.

14. Silk Market (Koza Han), Bursa

Destinasi Wisata Menarik Di Turki

photo via flickr.com/photos/camelkw

Buat kamu yang ingin mencari oleh-oleh khas Turki, bisa mengunjungi Silk Market (Koza Han) di kota Bursa. Sesuai namanya, pasar ini dikenal sebagai pusat perdagangan sutra sejak jaman dulu. Ada banyak jejeran toko yang menyediakan atau memproduksi kain berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau. Tak hanya kain sutra, namun ada juga barang artistik dan cinderamata manarik lainnya.

15. Grand Bazaar

Destinasi Wisata Menarik Di Turki

photo via silverkris.com

Selain Silk Market, kamu juga bisa mengunjungi Grand Bazaar yang merupakan pusat oleh-oleh terkenal di Turki. Grand Bazaar sendiri merupakan pasar tertua yang menyediakan beragam pernak-pernik dan oleh-oleh khas Turki dengan harga yang terjangkau.

Grand Bazaar ini sangat mudah di akses karena terletak di kompleks kota tua Istanbul, tepatnya di Distrik Fatih, dekat dengan The Blue Mosque dan Museum Hagia Sophia. Jadi setelah dari The Blue Mosque, kamu bisa berjalan sedikit untuk berwisata belanja di Grand Bazaar.

Nah itu dia 15 destinasi wisata menarik di Turki yang wajib kamu kunjungi jika berkunjung ke negeri Cappadocia tersebut. Jadi kapan kalian berangkat ke Turki?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.