6 cara membedakan smartphone asli dan palsu

    Teknologi, Tips & Trik
Iklan

Saat ini bisa dibilang smartphone merupakan sebuah kebutuhan pokok dikarenakan banyaknya pengguna smartphone dan hampir semua orang di dunia telah memiliki dan menggunakan smartphone. Dengan perkembangannya yang terus melejit dengan cepat, hampir tiap bulannya ada saja seri smartphone keluaran terbaru tentunya dengan spesifikasi yang semakin meningkat.

Hadirnya smartphone – smartphone baru dan handal, tidak jarang juga membuat muncul berbagai tiruan dari smartphone tersebut. Bagi kita para pembeli awam yang ingin membeli smartphone baru, ada baiknya kita jeli dan tahu persis mengenai spesifikasi dari smartphone yang akan kita beli nantinya. Selain hal itu kita juga perlu pengetahun tentang smarphone palsu, agar disaat kita membeli smartphone baru nantinya, kita mampu membedakan mana smartphone asli dan mana smartphne dikutip dari jalantikus.com. Dikutip dari jalantikuscom, berikut 6 cara membedakan smarphone asli dengan yang palsu.

1. Kemasan

Saat membeli smartphone, pastikan smartphone kamu masih dikemas untuk menjamin bahwa itu memang baru. Produsen ternama pasti mengemas smartphone-nya dengan packaging yang baik dan rapi. Tapi smartphone yang palsu kemasannya akan asal jadi.

2. Buku Petunjuk

Manual book atau buku petunjuk penggunaan smartphone asli harusnya menggunakan bahasa yang sesuai dengan target pasarnya. Kenapa demikian? Soalnya kan agar bisa dipahami oleh penggunanya.

Misal untuk Indonesia, pasti menggunakan bahasa Indonesia dan Inggris. Tapi jika ternyata menggunakan bahasa asing yang tidak bisa dipahami, maka kemungkinan besar smartphone itu adalah hasil black market.

3. Material

Udah dibuka dan siap dipake, eh tiba-tiba material smartphone kamu ternyata gak berkualitas dan terlihat asal jadi? Itu pasti smartphone palsu. Gak cuma bodi, material seperti adapter charger juga harus diperhatikan.

4. Detail di Smartphone

Di setiap smartphone, pasti ada detail yang ditinggalkan produsen. Biasanya berupa nama mereka. Nah, perhatikan detail font yang digunakan dan ada di smartphone itu. Jika ternyata hurufnya pecah, mudah terkelupas dan gak rapih ya pasti itu palsu.

Selain font, detail di kelengkapan smartphone lainnya juga perlu dilihat. Misalnya charger asli selalu diberikan detail khusus demi keamanan, sementara charger smartphone palsu selalu polos di bagian plastiknya.

5. Kabel USB

Kabel USB yang memiliki panjang plug tidak sesuai dengan kedalaman dan bentuk dudukan port USB juga bisa jadi indikator smartphone palsu. Maka dari itu jika smartphone kamu asli, hindari pake charger palsu juga ya!

6. Cek Nomor IMEI

Pastikan nomoer International Mobile Equipment Identity (IMEI) yang ada di dus smartphone baru kamu sama dengan yang ada di smartphone. Cara mengeceknya, kamu bisa dial *#06# di smartphone. Jika muncul angka yang sesuai, berarti smartphone kamu asli. Tapi jika tidak, maka smartphone kamu palsu.

Mudah banget kan cara membedakan smartphone asli dengan yang palsu ini? Maka dari itu, yuk lebih bijak saat membeli smartphone baru! Jangan sampai mengabaikan detail kecil yang justru malah membawa masalah besar di kemudian hari.

Recent search terms:

Facebook Comment

similar posts