7 Tips untuk Mencegah dan Mengobati Mata Minus

2 tahun lalu

Dengan pola hidup di jaman sekarang yang dipenuhi dengan teknologi, dimana setiap orang telah menggunakan komputer dan gadget untuk keperluan aktifitas sehari-hari. Dengan pola hidup demikian, tidak jarang bahkan banyak orang menderita penyakit mata minus (rabun jauh), dimana apabila mata kita minus maka kita kurang mampu untuk dapat melihat dengan jelas objek – objek yang letaknya berjauhan dengan kita. Untuk mengatasi hal ini, kami menyajikan beberapa tips untuk mencegah dan mengobati mata minus :

1. Kurangi Pola hidup yang buruk

Segala sesuatu yang ada di dunia ini pasti mempunyai sebab dan akibatnya. Begitupun dengan mata minus, mengapa mata anda bisa minus? Pasti ada pula penyebabnya. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa orang-orang yang tinggal di daerah perkotaan, mempunyai resiko lebih besar untuk terkena penyakit mata minus ketimbang orang yang hidup dan tinggal di pedesaan. Sobat inner tahu gak kenapa?

Karena sebagian besar masyarakat diperkotaan banyak menghabiskan waktu di tempat atau kegiatan dengan jarak pandang yang tidak jauh. Selai itu juga karena beraktivitas didepan layar monitor dengan waktu yang tidak sebentar. Sehingga ini akan menyebabkan otot mata yang mengatur fokus mata dan lama-kelamaan akan terbiasa dengan kondisi seperti itu. Akibatnya pada saat melihat objek yang jauh, mata tidak berfungsi dengan baik, karena sudah terbiasa melihat objek dengan jarak yang dekat.

2. Kontrol Waktu Istirahat anda

Mata rabun atau minus juga dapat disebabkan oleh kurangnya istirahat. Sama seperti anda, mata juga membutuhkan istirahat. Jadi jangan terlalu memaksakan mata anda untuk bekerja keras. Usahakan jangan duduk didepan layar monitor/komputer dalam waktu yang terlalu lama dan lakukan tidur yang cukup

3. Jangan gunakan kacamata untuk aktifitas yang kurang memerlukan kacamata

cobalah lepaskan kacamata yang anda pakai jika dirasa kurang diperlukan, seperti saat anda berada di ruangan yang sempit dan tidak sedang bekerja tentunya. Anda dapat melakukan hal ini jika masih bisa melihat dengan jelas walau pun tanpa memakai kacamata.

4. Melatih mata

Anda dapat melatih mata untuk melihat suatu benda atau objek yang jauh tanpa menggunakan kacamata. Misalnya anda dapat pergi ke tempat seperti sawah, bukit dsb, karena tempat-tempat tersebut memiliki sudut pandang yang jauh.

Selanjutnya anda juga dapat melatih mata untuk melihat benda-benda yang bergerak. Misalnya, ketika anda berada di jalan raya, anda bisa mengamati orang-orang, motor ataupun mobil yang berlalu lalang di sekitar anda. Lihat dan perhatikan setiap gerakannya, usahakan bayangan yang anda lihat adalah utuh tidak rabun.

5. Berikan mata waktu istirahat apabila anda bekerja di depan komputer

Jika anda terbiasa bekerja di depan komputer, usahakan setiap 25 menit, luangkan waktu untuk beranjak dari tempat duduk anda mungkin untuk sekedar mengambil air minum dan cobalah untuk melihat keluar jendela / luar rumah, lihat lingkungan sekitar anda.

6. Gunakan daun sirih

Caranya sangat mudah. Kita hanya perlu 2 lembar daun sirih, kemudian cuci bersih daun sirih tersebut dan tempel dimata anda setap kali anda tidur. Lakukan cara ini dengan rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

7. Mengkonsumsi makanan dengan VItamin A tinggi

Bila perlu anda juga bisa mengkonsumsi wortel ataupun makanan yang berbahan tomat, wortel misalnya, sayur sop, jus wortel dsb.

 

Save

Save

Save

Save

Baca Juga