“Adik” Isuzu MU-X Saingan Terbaru Honda BR-V

5 bulan lalu

Menurut kabar yang beredar, Isuzu saat ini sedang menggarpa sebuah proyek ub-compact SUV dan produk baru ini disebut – sebut akan berada dibawah segmen MU-X. Isu mengenai “adik” dari MU-X ini konon nantinya akan memiliki sosok berbentuk crossover.

Informasi yang tersebar tersebut tak sengaja didapat oleh media lokal India, Gaadiwaadi. Dalam keterangan persnya yang diunggah pada minggu 21 oktober 2018, mereka menerangkan jika kemungkinan mobil Isuzu tiper terbaru tersebut akan menjadi rival berat dari Hyundai Creta dan juga Nissa Kicks yang baru saja diluncurkan di India.

Sedangkan menurut keterangan Deputy Managing Director dan Executive VP Isuzu Motors India, Takashima menyebutkan jika model ini akan bermain di kelas SUV. Iapun juga mengatakan bahwa “Permintaan SUV tak hanya tumbuh di India, tapi juga di seluruh dunia dan trennya diperkirakan akan tetap seperti itu untuk beberapa tahun lagi.

Selai itu, Takashima juga menyebutkan jika SUV yang lebih kecil dari MU-X sedang dalam pengerjaan untuk pasar internasional dan relevansinya dengan India. “Pengembangan produk masih dalam tahap pengerjaan secara internasional dan kami memutuskan jika India menjadi salah satu pasarnya nanti,”

Sebelumnya India pernah menerima mobil Isuzu dengan ikuran yang lebih kecil dari MU-X sebelumnya. Mobil tersebut adalah Isuzu Panther yang dijual sebagai Chevrolet Tavera. Namun model mobil yang satu ini tidak bisa disebut sebagai SUV.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

Nantinya, Isuzu berencana untuk memasarkan model SUV yang lebih kecil ini dengan power train hybrid, asalkan harganya juga memungkinkan. Untuk pasar India sendiri, Isuzu telah menggandakan penjualannya dengan 5.000 unit pada tahun fiskal 2018. Maka pada tahun fiskal 2019, targetnya akan menjadi 7.000-7.500 unit.

Mengingat mobil baru ini apakah bakal muncul di Indonesia? kita tunggu saja nanti.

Jika nantinya mobil ini dipasarkan di Indoensia, segmen mobil yang paling pas menjadi rival dari adik MU-X ini hanya Honda BR-V. Crossover besutan PT Honda Prospect Motor (HPM) itu ternyata memang memiliki bodi yang hampir sepadan dengan Nissan Kicks.

Nissan Kicks memiliki wheelbase 2.610 mm, panjang 4.295 mm dan lebar 1.760 mm. Sedangkan Honda BR-V menggunakan dimensi wheelbase 2.660, panjang 4.455 dan lebar 1.735 mm.

Berdasarkan laporan terakhir, crossover itu bakal segera meluncur di India dan Ken Takashima, Deputy Managing Director and Executive Vice President of Isuzu Motors India bahkan menekankan akan meluncurkan jeni mobil Isuzu yang baru ini di beberapa pasar internasional.

Baca Juga