Berbagai Alasan dan Solusi Kenapa Kamu Masih Jomblo Sampai Sekarang

2 bulan, by blogunik

Alasan Masih Jomblo Sampai Sekarang

Bertahun-tahun menjomblo, bahkan seumur hidup masih saja menjomblo? Kira-kira ada yang kurang nggak sih dari diri kita? Padahal penampilan sudah cukup menarik dengan pekerjaan yang terbilang sukses namun sekian lama berusaha mencari seseorang yang tepat, tetap saja status jomblo masih melekat pada diri kita. Eits, jangan buru-buru patah semangat. Kalau kamu merasa kesulitan mencari pacar, cobalah introspeksi diri terlebih dahulu. Mungkin, ada beberapa hal yang luput dari perhatian kamu sehingga membuatmu terus-terusan menjomblo dan kesulitan mencari pacar.

Karena sebenarnya ada banyak hal yang melatarbelakangi seseorang bisa menjomblo bahkan seumur hidup mereka meski sudah berusaha untuk mencari pasangan yang tepat. Buat kamu yang masih bertanya-tanya kenapa sampai hari ini kamu masih saja menjomblo, mungkin beberapa alasan berikut ini bisa menjawab pertanyaan kamu. So let’s check it out guys!

Alasan Kenapa Kamu Masih Jomblo Sampai Sekarang

Berbagai Alasan dan Solusi Kenapa Kamu Masih Jomblo Sampai Sekarang

photo via misskyra.com

1. Terlalu pemilih

Status jomblo atau single memang bisa membuat sebagian besar orang merasa minder atau tidak percaya diri. Namun bagaimana bisa mendapatkan pacar, kalau kamu terlalu pemilih? Terlalu pemilih merupakan salah satu alasan yang sering membuat seseorang bertahan dalam status jomblo. Pasalnya, ketika ada seseorang yang berusaha mendekatikamu, kamu akan segera menolaknya karena jauh dari kriteria yang kamu harapkan tanpa mau mengenalnya terlebih dahulu.

Terlalu pemilih disini bisa juga karena kamu memiliki pengalaman buruk dalam menjalin hubungan di masa lalu, di mana kamu pernah dikecewakan atau ditolak oleh seseorang yang disayangi. Sehingga ketika ada orang lain yang berusaha mendekati, kamu pun menjadi sedikit pemilih karena takut dikecewakan lagi. Memilih itu memang bagus, terlebih memilih yang lebih baik dari sebelumnya. Tetapi jangan terlalu banyak memilih karena jika terlalu banyak memilih, kamu akan menghilangkan banyak peluang untuk orang yang sebenarnya tepat untuk kamu.

2. Terlalu menutup diri

Alasan lain kenapa kamu masih saja menjomblo bisa jadi karena kamu terlalu menutup diri. Tanpa kamu sadari, kamu justru menutup pintu hati bagi orang-orang yang ingin mendekatimu. Ini bisa ditunjukkan dengan sikap yang terlalu cuek dan jutek dengan orang lain atau tidak memberanikan diri untuk memulai pembicaraan dengan orang-orang di sekitarmu.

3. Tidak percaya diri

Tidak memiliki kepercayaan diri juga bisa menjadi salah satu alasan kenapa sampai sekarang kamu masih saja menjomblo. Kamu tidak percaya diri dengan penampilan dan segala sesuatu yang ada dalam diri mu. Kamu selalu merasa kurang cantik atau tampan, terlalu gemuk dan lain-lain yang justru membuat kamu insecure.

Hal ini membuat kamu tidak berani untuk membuka diri untuk orang lain. Kamu secara tidak sadar akan menjauhi diri dari lingkungan sosial bahkan dari orang-orang yang ingin mendekatimu. Maka dari itu, penting untuk mensyukuri dan menghargai diri sendiri. Pasalnya, jika kamu tidak bisa mencintai diri sendiri, maka akan sulit juga untuk mencintai orang lain serta menemukan orang yang mencintai kamu apa adanya.

4. Menjalin hubungan bukan prioritas

Alasan lain kenapa kamu masih belum memiliki pacar dan masih betah menjomblo, mungkin karena bagi kamu pacaran itu belum menjadi prioritas kamu saat ini. Pacaran itu belum terlalu penting banget karena kamu memiliki beberapa hal yang kamu jadikan prioritas saat ini, seperti karir, pendidikan dan lainnya. Kadang, orang-orang yang menjomblo dengan alasan ini berpendapat bahwa menjalin hubungan hanya membuang waktu-waktu saja sehingga membuat mereka lebih pusing dan akan keteteran mengurus hal lainnya.

5. Belum menemukan yang pas

Belum menemukan seseorang yang pas di hati juga bisa menjadi salah satu alasan kenapa seseorang bisa betah menjomblo. Kamu berpikir lebih baik menjomblo daripada menjalin hubungan dengan orang yang tidak dicintai hanya karena tuntutan masyarakat.

6. Terlalu mandiri

Khususnya untuk para wanita yang bertanya-tanya kenapa sampai saat ini masih saja menjomblo? Terlalu mandiri mungkin menjadi salah satu jawaban yang tepat buat kamu. Kamu terlalu mandiri dan terbiasa melakukan banyak hal sendirian. Kamu sosok yang kuat dan tidak bergantung pada siapapun. Mulai, jalan-jalan, makan, shopping, menonton bioskop hingga karaoke, semua berani kamu lakukan sendiri. Kamu merasa tidak ada yang salah dengan itu, semuanya kamu lakukan dengan enjoy dan fun.

7. Belum bisa move on dari mantan

Belum bisa move on dari mantan juga menjadi salah satu alasan yang dapat membuat kamu betah menjomblo. Kamu selalu teringat dengan mantan mulai dari kenangan yang manis hingga yang pahit. Hal ini kemudian menahanmu untuk membuka pintu hati untuk orang baru dan membuat hatimu terasa berat untuk menerima kehadiran sosok yang baru. Terjebak dalam bayang-bayang mantan justru akan membuat kamu terpuruk dan terperangkap dalam lingkaran menyakitkan.

8. Berharap para orang yang tidak mungkin dimiliki

Banyak orang yang lama menjomblo bukan karena tidak ada seorangpun yang menyukainya atau ingin menjadikannya pasangan. Namun karena mereka lebih memilih untuk berharap pada orang yang tidak mungkin mereka miliki. Seperti berharap pada sosok Idol Kpop yang disukai untuk menyatakan cintanya padamu yang notabenenya hanya fans yang bahkan kehadirannya saja tak diketahui oleh idol yang kamu sukai.

9. Kamu merupakan tipe orang yang sulit mendekati orang lain

Apakah kamu termasuk tipe orang yang sulit mendekati orang lain, pemalu dan susah beradaptasi? Kalau iya, mungkin ini salah satu alasan kenapa kamu masih saja single sampai saat ini. Tak bisa dipungkiri, orang yang pemalu dan sulit beradaptasi biasanya juga akan mengalami kesulitan dalam mencari pacar. Bagaimana bisa mencari pacar? Kalau mencari teman saja mereka masih kesulitan. Maka dari itu, penting untuk memiliki kepercayaan diri dan keberanian. Karena berkenalan dengan orang banyak itu akan membuka lebar peluang kamu dalam mencari pasangan.

10. Malas mencari

Alasan lain yang mungkin membuat kamu masih menjoblo sampai saat ini adalah karena kamu malas mencari pasangan. Memang, setiap orang telah disiapkan jodohnya masing-masing oleh Tuhan, namun kalau kamu tak berusaha mencarinya, maka kamu tak akan pernah menemukannya. Alhasil, bisa saja kamu akan menjomblo seumur hidup.

11. Terjebak dengan trauma masa lalu

Apakah kamu memiliki trauma masa lalu yang menyakitkan dalam hubungan percintaan? Kalau iya, mungkin ini menjadi salah satu alasan kenapa sampai sekarang kamu masih betah menjomblo. Masa lalu yang menyakitkan hingga menimbulkan trauma mendalam bisa membuat seseorang enggan membuka hati untuk siapa pun karena takut disakiti dan dikecewakan lagi. Walaupun sulit untuk move on, tapi bukan berarti kamu tidak bisa untuk move on dan melupakannya. Justru jadikan pelajaran berharga di kemudian hari agar tidak salah lagi dalam mencari tambatan hati.

12. Kamu terlalu sulit dijangkau

Satu lagi alasan yang mungkin saja membuat kamu selama ini menjadi jomblo adalah kamu yang terlalu sulit dijangkau oleh orang-orang yang tertarik padamu. Tanpa sepengetahuan kamu, disekitarmu ada banyak orang yang menyukaimu dan ingin menyatakan cintanya padamu. Namun karena penampilan kamu yang terlalu berkharisma dan terkesan dominan, banyak dari mereka yang ragu untuk mendekatimu.

Hal ini bisa saja terjadi karena kamu lebih pintar dan intelek dari mereka, kamu memiliki cara berpikir yang lebih luas dan berbeda dari mereka, bisa juga karena kamu terlahir dari status sosial yang tinggi sehingga membuat kamu menjadi sulit dijangkau.

13. Bergaul dengan sesama jomblo terus-menerus

Penting halnya untuk memiliki pergaulan yang luas. Karena jika lingkup pergaulanmu hanya itu-itu saja, terlebih dengan teman-teman yang sama-sama jomblo, maka hal itu bisa menjadi salah satu alasan kenapa kamu masih menjomblo. Meski tak harus memutuskan pertemanan atau menjaga jarak dengan teman-temanmu. Tapi, cobalah bergaul dengan lingkaran pertemanan yang lain. Dengan pergaulan yang beragam, kamu akan memiliki peluang yang besar untuk menemukan pasangan kamu.

Nah setelah mengetahui berbagai alasan yang mungkin saja membuat kamu masih menjomblo sampai sekarang, berikut beberapa solusi yang wajib kamu ketahui agar status jomblo bisa cepat terlepas dari diri kamu. Bagaimana solusinya? Berikut ulasannya!

Solusi Agar Kamu Tak Menjomblo Terlalu Lama

Berbagai Alasan dan Solusi Kenapa Kamu Masih Jomblo Sampai Sekarang

photo via bstables.com

1. Lakukan perbaikan untuk diri sendiri

Solusi pertama yang bisa kamu lakukan agar terlepas dari status jomblo adalah memperbaiki diri sendiri. Baik dalam penampilan, maupun prilaku. Meski bukan untuk orang lain, namun lakukan untuk diri sendiri. Jika kamu dulunya cuek dengan penampilan, acak-acakan dan cenderung jorok, maka berubahlah menjadi lebih baik. Meski kulit kamu hitam, badan lebar bakan wajah pas-pasan sekalipun, namun kalau kamu bersih, rapi, wangi dan tau bagaimana cara berpenampilan yang tepat, para lawan jenis tak nggak akan ragu untuk mendekatimu. Intinya berubahlah untuk kebaikan diri sendiri dulu, barulah berusaha mencari sosok yang tepat.

2. Introspeksi sikap kamu selama ini

Perhatikan sikap kamu saat berpacaran dengan mantan dulu. Coba deh ingat-ingat apa yang sering mantan kamu keluhkan tentangmu saat masih berpacaran dulu. Apakah kamu egois, tidak pernah menjadi pendengar yang baik, terlalu posesif, terlalu cemburu, tidak setia, terlalu menuntut, atau sering mengkritik? Jika kamu sulit menilai diri sendiri, maka tanyakan pada sahabat kamu. Karena yang bisa menilai diri kita adalah orang lain. Apabila penilaian orang terdekat ternyata sama dengan yang mantan kekasih keluhkan dulu, mungkin itulah yang mungkin membuat kamu masih jomblo sampai saat ini.

3. Perluas link pertemanan

Solusi berikutnya adalah cobalah untuk memperluas link pertemanan kamu. Jangan hanya bergaul dengan kelompok teman yang sama bahkan hanya datang ke tempat yang sama pula. Karena hal ini akan membuat kamu sulit untuk menemukan pasangan. Cobalah untuk perluas lingkup pertemanan kamu dengan mengikuti kegiatan-kegiatan sosial, datang ke pesta, dan melakukan kegiatan baru yang bisa membatu kamu menemukan suasana dan teman-teman baru.

4. Jangan menutup diri

Sakit hati yang berlebihan dapat menyebabkan seseorang menjadi orang yang tertutup. Coba sadari dan percaya bahwa suatu saat ada seseorang yang akan mendampingi kamu. Maka dari itu, jangan menutup diri dan perluas jaringan pertemanan untuk menemukan sosok pasangan yang terbaik. Jangan dirumah terus, sekali-kali keluarlah untuk hangout bersama teman-teman. Siapa tau kamu akan menemukan seseorang yang membuat kamu jatuh cinta lagi. Jika tidak pernah mencoba maka kamu tidak akan mendapatkan kekasih baru.

5. Be humble

Cobalah menjadi orang yang humble atau rendah hati dan ramah. Karena orang-orang akan tertarik dengan orang yang bersikap ramah dan humble. Hindari bersikap pamer karena hal itu justru akan membuat orang lain merasa ilfil dengan sikap kamu. Sering-seringlah menebar senyum karena akan membuat kamu terlihat friendly sehingga membuat orang tak ragu mendekatimu.

6. Tingkatkan kepercayaan diri

Tips berikutnya yang bisa membantu kamu untuk secepatnya melepas status jomblo adalah dengan meningkatkan rasa percaya diri kamu. Dengan memiliki kepercayaan diri, maka kamu akan terlihat lebih menarik dan berkharisma, bahkan orang lain akan kagum dengan hal-hal yang ada dalam diri kamu. Dengan memiliki kepercayaan diri, kamu juga tak akan takut dan ragu untuk mendekati sosok yang kamu sukai.

7. Ubah pola pikir

Kamu juga harus merubah pola pikir kamu guys! Jangan berpikir dan bertingkah kekanak-kanankan. Dewasalah dalam berpikir, dalam bersikap, dan dalam memandang kehidupan. Jangan dikit-dikit ngambek, dikit-dikit baper, yang ada bukannya dapat pasangan, justru kalian akan dijauhi dengan orang-orang yang kamu sukai.

8. Realistis

Jangan bermimpi memiliki pasangan dengan kriteria terlalu tinggi. Seperti mengharapkan pacar dengan tampang dan perilaku yang sama dengan idol yang kamu suka. Jadilah orang yang realistis dalam menentukan kriteria memilih pasangan. Jangan mengharapkan yang muluk-muluk, cukup cari sosok yang bertanggung jawab, baik, setia, mapan dan mencintai kamu apa adanya.

9. Jangan takut memulai percakapan

Biar status jomblo nggak terlalu lama melekat pada dirimu, maka ubahlah sikap pemalumu agar lebih berani memulai percakapan dengan orang lain, terlebih dengan target yang kamu suka. Kamu bisa melempar senyuman terlebih dahulu dan mulai mengajaknya mengobrol. Saat mengobrol, kamu harus berani menatap mata lawan bicara kamu. Tapi ingat, jangan berlebihan dan memaksakan diri, yang ada nanti dia jadi gak nyaman kalau kamu terlalu berlebihan.

10. Lupakan masa lalu

Bagaimana bisa membuka hati untuk orang baru kalau kamu masih terk=jebak dalan kenangan masa lalu? Agar kamu bisa menemukan cinta yang baru, sebaiknya kamu melupakan masa lalu, baik yang menyenangkan dan menyakitkan. Karena yang namanya mantan, wajib hukumnya untuk dilupakan. Yang sudah lewat biarkan saja, nggak usah terlalu lama dipikirin, karena jika kamu mikirin mantan terus, kamu akan kesulitan dalam menemukan jodoh kamu yang baru.

11. Niat dan yakin

Ingin mengakhiri status jomblo? Maka yang harus kamu miliki adalah niat dan yakin. Karena segala sesuatunya harus dimulai dari niat, kalau sudah niat, apa pun yang kamu anggap tak mungkin pasti bisa terjadi. Begitupun dengan jodoh. Jika kamu berniat untuk mencari pasangan yang tepat, maka percayalah kalau usaha kamu akan dilancarkan oleh Tuhan. Kamu juga harus yakin dengan deri sendiri kalau kamu pantas untuk mendapatkan pendamping hidup yang terbaik untuk diri kamu.

12. Jangan terlalu dipikirkan

Yang paling penting, apapun status kamu, janganlah terlalu dipikirkan. Meskipun kamu berstatus single, janganlah membuat diri kamu menjadi tertekan dengan status tersebut. Justru beberapa hal baik datang ketika kamu tidak terlalu mengharapkannya. Terlalu fokus mencari pasangan justru akan membuat kamu stres. Cobalah untuk santai dan nikmati hidup kamu sampai akhirnya bertemu dengan orang yang tepat.

Itulah beberapa alasan dan solusi kenapa seseorang masih menjomblo sampai sekarang. Dari beberapa alasan diatas, mana nih yang menjadi alasan utama kalian bertahan dalam status jomblo? Kalau sudah nggak betah lama-lama menjomblo, jangan ragu untuk menerapkan beberapa tips dan solusi untuk segera melepas status jomblo diatas ya! Semoga bermanfaat.

+2
Artikel Terkait