Aneka Ragam Alat Musik Tradisional Indonesia Yang Harus Kamu Ketahui

Dibuat oleh blogunik

Indonesia adalah salah satu negara terbesar di dunia dimana terdiri dari berbagai suku bangsa, bahasa dan agama dari Sabang hingga Merauke. Selain itu Indonesia juga memiliki alat musik tradisional yang sangat banyak dan setiap provinsi memiliki musik tradisional dengan ciri khasnya tersendiri. Nah, berikut ini alat musik tradisional Indonesia yang harus kamu ketahui

1. Serune Kalee – Aceh

Alat Musik Tradisional Indonesia - Serune Kalee

Photo via carabermainalatmusik.com

Serune Kalee adalah alat musik tradisional yang berupa terompet, dimana bentuknya ini hampir mirip dengan Klarinet. Alat musik ini terbuat dari kayu yang dipilih sebagai bahan dasarnya dan kayunya ini pun harus yang kuat dan keras sekaligus ringan. Alat musik tradisional ini dimainkan dengan cara ditiup dan menghasilkan jenis bunyi aerofon.

2. Aramba – Sumatera Utara

Alat Musik Tradisional Indonesia - Aramba

Photo via steemkr.com

Aramba adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul, dimana alat musik tradisional ini terbuat dari logam. Aramba yang memiliki ukuran kecil dapat menghasilkan suara berdengung sedang sedangkan untuk yang ukurannya besar suaranya bisa setara dengan gong atau garantung. Alat musik ini memiliki jenis bunyi Ideofon.

3. Saluang – Sumatera Barat

Alat Musik Tradisional Indonesia - Saluang

Photo via alung-bunian.blogspot.com

Alat musik tradisional ini berasal dari Minangkabau, dimana jika dilihat alat musik ini mirip dengan suling. Saluang ini terbuat dari bambu tipis atau talang, dimana bahan ini paling bagus untuk membuat saluang. Alat musik ini hanya memiliki 4 lubang dan dimainkan dengan cara ditiup.

4. Gambus – Riau

Alat Musik Tradisional Indonesia - Gambus

Photo via sijoripost.com

Gambus adalah salah satu alat musik tradisional dimana hampir diseluruh kawasan Melayu ada. Alat musik ini sekilas mirip dengan gitar hanya saja memiliki bentuk yang mirip dengan buah labu. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipetik dan biasanya gambus ini diidentikkan dengan nyanyian yang bernafaskan islam.

5. Gambus – Jambi

Alat Musik Tradisional Indonesia - Gambus Jambi

Photo via inforingankita.blogspot.com

Gambus adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik, alat musik ini memiliki 3 senar dan yang paling banyak 12 senar. Sebenarnya gambus ini berasal dari peradaban Timur-Tengah yang digunakan dalam taqsim, bashraf dan doulan. Sama seperti gambus di Riau, alat musik ini diidentikkan dengan nyanyian yang bernafaskan Islam. Dalam mengiringi penyanyi alat musik ini juga diiringi dengan alat musik lainnya.

6. Accordion – Sumatera Selatan

Alat Musik Tradisional Indonesia - Accordion

Photo via moondoggiesmusic.com

Accordion adalah alat musik tradisional yang berasal dari Sumatera Selatan, alat musik ini dimainkan dengan cara menggunakan dua tangan, tangan yang satu sebagai pengatur alunan suara sedangkan tangan satunya lagi sebagai pengatur nada.

7. Doll – Bengkulu

Alat Musik Tradisional Indonesia - Doll

Photo via sumber93.blogspot.com

Doll adalah alat musik yang berasal dari Bengkulu, dimana alat musik ini memiliki jenis bunyi Membranofon. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul bisa menggunakan pemukul atau sejenisnya.

8. Bende – Lampung

Alat Musik Tradisional Indonesia - Bende

Photo via kuzuyama1isako.blogspot.com

Bende adalah alat musik tradisional yang berasal dari Lampung, dimana alat musik satu ini dimainkan dengan cara dipukul dengan alat pemukul khusus. Alat musik ini memiliki jenis bunyi Ideofon.

9. Gendang Melayu – Kepulauan Bangka Belitung

Alat Musik Tradisional Indonesia - Gendang Melayu

Photo via putravitophank.wordpress.com

Gendang Melayu adalah alat musik yang berasal dari Kepulauan Bangka Belitung, alat musik ini dimainkan dengan cara memukul diarea yang lunak menggunkan telapak tangan.

10. Gendang Panjang – Kepulauan Riau

Alat Musik Tradisional Indonesia - Gendang Panjang

Photo via thegorbalsla.com

Gendang Panjang adalah alat musik tradisional yang berasal dari Kepulauan Riau, dimana alat musik ini memiliki bentuk yang panjang. Alat musik ini dimainkan dengan cara ditepuk di area yang lunak.

11. Tehyan – DKI Jakarta

Alat Musik Tradisional Indonesia - Tehyan

Photo via percepat.com

Alat musik ini berasal dari Ibukota Jakarta dan nama alat musik ini yaitu Tehyan. Alat musik ini dimainkan dengan cara digesel dibagian dawainya atau senar dan jika dilihat alat musik ini hampir sama dengan memainkan alat musik biola.

12. Angklung – Jawa Barat

Alat Musik Tradisional Indonesia - Angklung

Photo via angklungudjo.com

Angklung adalah salah satu alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari Jawa Barat. Alat musik ini memiliki jenis suara ideofon dan alat musik ini dimainkan dengan cara digetarkan menggunakan tangan.

13. Gamelan – Jawa Tengah

Alat Musik Tradisional Indonesia - Gamelan

Photo via goblokku.wordpress.com

Gamelan adalah alat musik yang berasal dari Jawa Tengah, dimana alat musik ini biasannya menonjolkan demung, saron, peking, gambang, kendang dan gong. Alat musik ini satu kesatuan utuh yang diwujudkan dan dibunyikan bersama. Gamelan sendiri memiliki jenis bunyi ideofon dan alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul dengan alat pemukul khusus.

14. Gendang – Daerah Istimewa Yogyakarta

Alat Musik Tradisional Indonesia - Gendang

Photo via id.wikipedia.org

Gendang adalah alat musik yang berasal dari Yogyakarta dimana alat musik ini memiliki jenis musik ideofon. Selain itu, alat musik ini dimainkan dengan cara ditepuk diarea lunak menggunakan tangan tanpa alat bantu.

15. Bonang – Jawa Timur

Alat Musik Tradisional Indonesia - Bonang

Photo via joebillyguitars.com

Bonang adalah salah satu musik tradisional Jawa Timur dimana masih masuk pengisi kesenian gamelan. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul atau ditabuh pada bagian yang menonjolnya menggunakan alat pemukul khusus. Alat musik ini terbuat dari logam dan tersusun dengan sebuah bingkai kayu.

16. Gendang – Banten

Alat Musik Tradisional Indonesia - Gendang Banten

Photo via tugassekolahku99.blogspot.com

Gendang adalah alat musik yang terbuat dari kayu dengan selaput yang menghasilkan bunyi jika dipukul. Alat musi satu ini berasal dari Banten dan biasanya digunakan untuk mengiringi gerakan silat. Gendang ini memiliki berbagai ukuran mulai dari gendang kecil, sedang dan besar.

17. Ceng ceng – Bali

Alat Musik Tradisional Indonesia - Ceng ceng

Photo via pusatpandang.com

Cengceng adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul atau diadu satu sama lainnya dengan menggunakan tangan. Alat musik ini terbuat dari logam dan alat musik ini mirip dengan simbal.

18. Serunai – Nusa Tenggara Barat

Alat Musik Tradisional Indonesia - Serunai

Photo via vervaindays.blogspot.com

Serunai adalah alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup, alat musik ini berasal dari Provinsi Nusa Tenggara Barat. Serunai ini hampir mirip dengan suling bampu yang memiliki beberapa lubang untuk mengatur nada. Alat musik ini digunakan sebagai alat musik pengiring tarian, orkestra dan lagu-lagu daerah.

19. Sasando – Nusa Tenggara Timur

Alat Musik Tradisional Indonesia - Sasando

Photo via elevenia.co.id

Sasando adalah alat musik yang berasal dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Alat musik ini mirip dengan alat musik dawai seperti gitar, kecapi, harpa dan biola. Sasando ini berbentuk tabung panjang yang terbuat dari bambu, pada bagian tengahnya melingkar dari atas ke bawah diberi ganjalan-ganjalan dimana senar-senar yang direntangkan ditabung dari atas hingga bawah. Ganjalan-ganjalan ini memberikan nada yang berbeda-beda setiap petikannya. Selain itu, tabung sasando tersebut ditaruh dalam sebuah wadah yang terbuat dari daun lontar.

20. Tuma – Kalimantan Barat

Alat Musik Tradisional Indonesia - Tuma

Photo via budaya-indonesia.org

Tuma adalah salah satu alat musik tradisional dari Kalimantan Barat dimana alat musik ini bentuknya memanjang dan dimainkan dengan cara ditabuh. Orang yang memainkan alat ini biasanya menjepitnya dengan kedua kakinya.

21. Sampe – Kalimantan Timur

Alat Musik Tradisional Indonesia - Sampe

Photo via silontong.com

Sampe adalah alat musik tradisional Suku Dayak, dimana alat musik ini dimainkan dengan cara dipetik dibagian senarnya. Alat musik ini memiliki hanya 3 senar meskipun ada juga yang bersenar 4 dan lainnya. Selain itu, alat musik ini juga berfungsi untuk menyatakan perasaan, baik perasaan riang gembira, rasa sayang, kerinduan bahkan rasa duka nestapa.

22. Japen – Kalimantan Tengah

Alat Musik Tradisional Indonesia - Japen

Photo via waneesa1dehwar.blogspot.com

Alat musik ini cukup populer di Kalimantan Tengah dan alat musik tradisional ini bernama Japen. Alat musik Japen ini memiliki dawai dan berbentuk seperti gitar dengan hiasan ukuran yang ada hampir ditiap sisi alat musik tersebut. Suara yang dihasilkan alat musik ini bisa dikatakan mirip dengan suara dari kecapi.

23. Panting – Kalimantan Selatan

Alat Musik Tradisional Indonesia - Panting

Photo via wadaya.rey1024.com

Panting adalah alat musik tradisional dari suku Banjar di Kalimantan Selatan, alat musik ini sejenis gambus yang menggunakan senar. Alat musik ini memiliki jenis bunyi Kordofon.

24. Kolintang – Sulawesi Utara

Alat Musik Tradisional Indonesia - Kolintang

Photo via travelingyuk.com

Kolintang adalah alat musik perkusi bernada dari kayu yang berasal dari daerah Minahasa, Sulawesi Utara. Bahan yang digunakan yaitu kayu lokal yang ringan namun kuat seperti kayu telur, kayu wenuang, kayu cempaka, kayu waru dan lainnya yang memiliki serat paralel. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul.

25. Ganda – Sulawesi Tengah

Alat Musik Tradisional Indonesia - Ganda

Photo via semuatentangprovinsi.blogspot.com

Ganda adalah alat musik tradisional Sulawesi Tengah dimana alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik ini memiliki dua buah kulit di kedua sisinya sehingga hampir semua orang bisa mempelajarinya. Alat musik ini hampir sama dengan alat musik pukul seperti kendang, namun ukurannya lebih kecil dan lebih ramping.

26. Keso – Sulawesi Selatan

Alat Musik Tradisional Indonesia - Keso

Photo via pusatpandang.com

Keso-keso adalah alat musk tradisional Sulawesi Selatan, dimana alat musik ini mirip dengan rebab namun alat musik rebab memiliki 3 sampai 4 dawai saja sedangkan keso hanya memiliki 2 dawai saja. Alat musik ini dimainkan dengan cara menggesek dawainya.

27. Ladolado – Sulawesi Tenggara

Alat Musik Tradisional Indonesia - Ladolado

Photo via flickr.com

Ladolado adalah alat musik tradisional Sulawesi Tenggara, dimana alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul dengan pemukul khusus. Alat musik ini memiliki jenis bunyi ideofon.

28. Ganda – Gorontalo

Alat Musik Tradisional Indonesia - Ganda Gorontalo

Photo via budayaindonesia341.wordpress.com

Alat musik satu ini memiliki 2 buah sisi yang tiap sisinya merupakan lapisan membran yang terbuat dari kuli binatang yang dikeringkan. Alat musik ini berasal dari Gorontalo dan biasanya orang mempelajari teknik memainkan ganda dengan cara melihat orang lain bermain.

29. Kecapi Mandar – Sulawesi Barat

Alat Musik Tradisional Indonesia - Kecapi Mandar

Photo via wadaya.rey1024.com

Kecapi Mandar atau yang biasa disebut Kecaping Tobaine adalah alat musik khas Sulawesi Barat dimana dimainkan oleh perempuan. Alat musik ini hanya bisa ditemui di daerah Kabuoaten Polewali Mandar. Alat musik satu ini sangat jarang ditemui karena memang tidak semua orang bisa memainkannya. Alat musik ini juga hanya diajarkan secara turun temurun berdasarkan keturunannya.

30. Ukulele – Maluku

Alat Musik Tradisional Indonesia - Ukulele

Photo via kalabrand.com

Ukulele adalah alat musik Maluku yang dimana jika dilihat mirip seperti gitar, alat musik ini dimainkan dengan cara di petik. Untuk yang gemar musik tradisional pastinya sudah tahu jika alat musik ini sering sekali ada di musik keroncong. Namun sayangnya alat musik ini tersingkirkan dengan adanya Hawaiian yang menggunakan aliran listrik.

31. Fu – Maluku Utara

Alat Musik Tradisional Indonesia - Fu

Photo via percepat.com

Fu adalah salah satu alat musik yang berasal dari Maluku Utara, dimana alat musik ini berupa kulit kerang dan cara memainkannya dengan cara ditiup pada bagian yang berlubang atau terbuka. Alat ini biasanya digunakan untuk memanggil penduduk dan alat ini juga biasa digunakan untuk mengiringi tari-tarian khususnya masyarakat Suku Asmat.

32. Guoto – Papua Barat

Alat Musik Tradisional Indonesia - Guoto

Photo via twitter.com/malbekasi

Guoto adalah salah satu musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipetik. Alat musik satu ini sebagian besar terbuat dari kayu dengan tambahan senar. Senarnya ini terbentang dari ujung ke ujungnya dan permainan musik ini menjadi daya tarik orang yang datang ke Papua.

33. Tifa – Papua

Alat Musik Tradisional Indonesia - Tifa

Photo via id.wikipedia.org

Tifa adalah alat musik khas Indonesia bagian timur khusunya Maluku dan Papua, aat musik ini bentuknya menyerupai kendang yang terbuat dari kayu yang dilubangi bagian tengahnya. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul.

Nah, itulah daftar alat musik tradisional Indonesia yang harus kamu ketahui serta lestarikan sebagai bentuk rasa cinta terhadap tanah air. Kalau bukan kita sebagai generasi penerus bangsa, siapa lagi?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait