Aneka Olahan Tahu Yang Enak Dan Cocok Untuk Usaha Kuliner

Dibuat oleh blogunik

Tahu memang merupakan salah satu bahan makanan yang murah meriah. Harganya murah dan rasanya yang minimalis namun nagihin membuat tahu menjadi favorit masyarakat Indonesia. Bahkan bukan rahasia umum lagi kalau tahu memiliki kandungan yang memiliki manfaat kesehatan.

Dengan rasa yang minimalis, tahu kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan yang mengunggah selera. Mulai dari lauk pendamping nasi hingga camilan, semua bisa dibuat menggunakan bahan dasar tahu. Nggak heran jika makanan yang terbuat dari tahu menjadi salah satu bisnis kuliner yang digemari banyak orang.

Buat kamu yang berniat ingin membuka bisnis kuliner dengan bahan dasar tahu, berikut ini merupakan aneka olahan tahu yang enak dan cocok untuk usaha kuliner yang bisa kamu jadikan inspirasi. So let’s check it out guys!

1. Tahu Walik

Aneka Olahan Tahu Yang Enak Dan Cocok Untuk Usaha Kuliner

photo via instagram.com/tahuwalik_omtamuntilan

Olahan tahu yang enak dan cocok untuk dijadikan ide usaha yang pertama adalah tahu walik. Tahu walik merupakan olahan tahu yang belakangan makin populer dan menjadi salah satu jajanan kekinian. Tahu walik sendiri merupakan tahu goreng yang telah dikeluarkan bagian dalamnya. Kemudian tahu tersebut di balik sehingga bagian dalam tahu berada di luar. Selanjutnya tahu akan diisi oleh olahan daging ayam dan tepung. Tahu ini biasanya di nikmati dengan saus cocol, mulai dari saus kacang hingga saus yang pedas manis.

2. Tahu Bulat

Aneka Olahan Tahu Yang Enak Dan Cocok Untuk Usaha Kuliner

photo via instagram.com/pipilan_kitchen

Selanjutnya ada tahu bulat yang menjadi favorit anak-anak sekolahan. Olahan tahu berbentuk bulat dan di dalamnya kopong ini sempat viral beberapa waktu lalu dan identik dengan syair lagu andalannya, yang jadi slogan, “tahu bulat digoreng dadakan”. Kudapan ini memiliki rasa gurih dan harganya yang terjangkau membuat jajanan ini digemari banyak orang. Menjadi favorit banyak orang, tahu bulat bisa mejadi ide usaha kuliner kekinian yang menguntungkan.

3. Tahu Sumedang

Aneka Olahan Tahu Yang Enak Dan Cocok Untuk Usaha Kuliner

photo via instagram.com/babahagewe

Siapa yang nggak tahu Sumedang? Tahu sumedang merupakan makanan khas dari Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Tahu ini memiliki kulit luar berwarna coklat terang dan terlihat kasar, namun bagian dalamnya berwarna putih dan rasanya gurih serta segar. Biasanya tahu Sumedang ini digoreng dan santap dengan cabe rawit ataupun sambal cocol campuran dari cabe rawit, tauco, dan tomat. Rasanya yang nagihin selalu membuat tahu Sumedang laris manis di pasaran, cocok untuk ide bisnis kuliner bagi pemula.a

4. Tahu Crispy

photo via instagram.com/tahugaring.keputih

Tahu crispy adalah olahan tahu kekinian yang kini tengah digemari. Disebut tahu crispy karena olahan tahun ini dibuat dari perpaduan tahu yang dibalur tepung crispy sehingga teksturnya begitu renyah dan rasanya gurih. Menariknya, tahu crispy juga disajikan dengan taburan bumbu tabur, mulai dari bumbu tabur balado, jagung bakar, keju, bbq dan masih banyak lagi. Inovasi tahu kekinian ini amat digemari oleh semua kalangan karena murah meriah, sehingga cocok dijadikan bisnis kuliner kekinian yang menguntungkan.

5. Tahu Isi

Aneka Olahan Tahu Yang Enak Dan Cocok Untuk Usaha Kuliner

photo via instagram.com/retha_eka

Tahu isi adalah salah satu best seller didunia gorengan. Hampir semua lapisan masyarakat menyukai olahan tahu yang didalamnya berisi aneka sayuran yang ditumis seperti wortel, kol, maupun taoge ini. Rasanya yang gurih berpadu semperna dengan tekstur yang renyah diluar karena sebelum digoreng, adonan tahu dicelupkan dalam adonan tepung. Buat kamu yang masih pemula, usaha tahu isi bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu, karena tahu isi selalu diburu oleh penggemar gorengan.

6. Tahu Jeletot

Aneka Olahan Tahu Yang Enak Dan Cocok Untuk Usaha Kuliner

photo via yummy.co.id (Jeehan Kitchen)

Olahan tahu yang enak dan cocok untuk ide usaha kuliner adalah tahu jeletot. Olahan tahu ini hampir sama dengan tahu isi, dimana tahu goreng yang diberi isian tumisan aneka sayur. Yang membedakan adalah adanya tambahan ulekan cabai pada isian sayur tersebut sehingga membuat rasanya sangat pedas. Rasa pedas inilah yang menjadi ciri khas tahu jeletot, dan dapat menggugah selera makan hingga membuat penikmatnya ketagihan. Tahu jeletot sendiri merupakan jajanan Bandung yang sangat laris manis dikalangan remaja maupun dewasa, sehingga cocok dijadikan peluang bisnis.

7. Tahu Mercon

Aneka Olahan Tahu Yang Enak Dan Cocok Untuk Usaha Kuliner

photo via instagram.com/makanber2

Ada juga tahu mercon yang merupakan olahan tahu kekinian yang digemari oleh para pecinta pedas. Berbeda dengan tahu jeletot yang berisis tumisan sayur dengan cita rasa pedas, tahu mercon ini justru hanya tahu goreng yang diisi sambel didalamnya. Isian sambel pedas ini akan membuat mulut terbakar karena kepedasan. Meski begitu, tahu mercon selalu mampu membuat ketagihan. Banyak masyarakat yang memburu tahu mercon sebagai lauk pauk ataupun sebagai camilan. Cocok untuk ide usaha kuliner bagi kamu yang pemula.

8. Tahu Brintik

Aneka Olahan Tahu Yang Enak Dan Cocok Untuk Usaha Kuliner

photo via instagram.com/tahubrintik

Selanjutnya ada tahu brintik yang menjadi salah satu olahan tahu kekinian yang cocok untuk ide usaha kuliner. Tahu brintik sendiri merupakan olahan tahu putih yang memiliki tekstur lembut yang dicampur dengan tepung crispy. Tahu brintik ini memiliki dua bentuk yaitu tahu kotak dan stik tahu yang disajikan dengan tambahan bumbu seperti bumbu keju, balado dan barberque. Tahu brintik ini banyak sekali ditemui di daerah Bandung, namun kini tahu Brintik telah menjadi olahan tahu yang gurih dan kekinian.

9. Stik Tahu

Aneka Olahan Tahu Yang Enak Dan Cocok Untuk Usaha Kuliner

photo via instagram.com/ayuanitapetrisia

Camilan berbentuk stik biasanya identik dengan kentang, namun ternyata tahu juga bisa diolah menjadi stik tahu lho. Stik tahu ini memiliki ciri khas rasa garing dan gurih yang biasanya dilengkapi dengan saus tomat atau cabai. Proses pembuatannya juga mudah hampir sama seperti stik kentang. Tinggal hancurkan tahu dan tambahkan dengan bumbu, tepung dan telur, kemudian kamu bisa memasukan adonan tahu ke dalam plastik segitiga, kemudian mulai goreng dalam bentuk memanjang. Bahan-bahan untuk membuat stik tahu ini tergolong low budget, meski begitu bisa sangat menguntungkan jika dijadikan ide usaha kuliner.

10. Tahu Pong

Aneka Olahan Tahu Yang Enak Dan Cocok Untuk Usaha Kuliner

photo via instagram.com/koleksiresepsj

Olahan tahu yang memiliki rasa enak dan cocok dijadikan ide bisnis kuliner bagi pemula adalah tahu pong. Tahu pong sendiri adalah olahan tahu goreng yang memiliki rongga pada bagian tengah sehingga disebut sebagai tahu pong alias tahu kopong (kosong). Tahu goreng ini biasanya disajikan dengan sambal kecap rawit hijau yang diberi sedikit petis udang sehingga kental. Tak ketinggalan, acar lobak yang diiris tipis dengan rasa renyah-renyah asam yang menyegarkan.

11. Nugget Tahu

Aneka Olahan Tahu Yang Enak Dan Cocok Untuk Usaha Kuliner

photo via yummy.co.id (Depay Kitchen)

Cocok dijadikan frozen food, nugget tahu juga menjadi salah satu olahan tahu yang saat ini digemari sejuta umat karena rasanya yang lezat namun memiliki harga yang merakyat. Cara membuat nugget tahupun sangat mirip dengan cara membuat nugget pada umumnya. Bisa langsung digoreng dan disantap sebagai lauk ataupun cemilan, dan bisa juga dibekukan untuk dijual kembali.

12. Keripik Tahu

Aneka Olahan Tahu Yang Enak Dan Cocok Untuk Usaha Kuliner

photo via instagram.com/viditishop

Buat kamu yang ingin memasarkan produk jualanmu ke daerah yang lebih luas, maka keripik tahu bisa menjadi pilihan kamu. Olahan tahu dengan tekstur kering dan renyah ini sangat awet sehingga bisa bertahan hingga berbulan-bulan. Dan tentunya pemasaran keripik tahu bisa sampai keluar kota. Meskipun terbuat dari tahu, namun keripik tahu memiliki rasa yang gurih, bahkan kini kerap ditambahkan dengan bumbu tabur beraneka rasa.

13. Tahu Bakso

Aneka Olahan Tahu Yang Enak Dan Cocok Untuk Usaha Kuliner

photo via instagram.com/dessivilast

Olahan tahu yang enak dan cocok untuk usaha kuliner berikutnya adalah tahu bakso. Sesuai namanya, tahu bakso adalah olahan tahu yang didalamnya berisi bakso. Tahu bakso ini biasanya dijual oleh penjual bakso sebagai pelengkap isian baksonya. Meski begitu, tahu bakso juga bisa dijual sendiri dengan digoreng, rasanya renyah karena kulit tahu dan kenyal dari baksonya sendiri, cocok dijadikan camilan siang hari apalagi jika disantap dengan cocolan saus kacang ataupun saus sambal. Menariknya, tahu bakso juga bisa menjadi ide bisnis frozen food yang menjanjikan keuntungan besar dengan modal kecil.

14. Tahu Cabe Garam

Aneka Olahan Tahu Yang Enak Dan Cocok Untuk Usaha Kuliner

photo via instagram.com/yoanitasavit

Tahu Cabe Garam juga menjadi salah satu olehan tahu kekinian yang cocok dijadikan usahan kuliner karena memang memiliki rasa baru yang lezat. Sesuai namanya, tahu cabe garam sendiri merupakan olahan tahu goreng yang dimasak dengan bumbu asin dan pedas. Cocok dimakan sebagai cemilan ataupun lauk. Dengan kemasan yang kekinian, tahu cabe garam bisa menjadi ide bisnis yang menguntungkan buat kalian.

15. Tahu Pletok

Aneka Olahan Tahu Yang Enak Dan Cocok Untuk Usaha Kuliner

photo via instagram.com/makanpakereceh

Satu lagi olahan tahu yang enak dan cocok untuk usaha kuliner adalah tahu pletok. Tahu pletok sendiri merupakan salah satu jenis gorengan yang populer di Tegal. Tahu peltok ini terbuat dari kulit tahu yang dibelah-belah menjadi lebar kemudian ditambahkan adonan aci yang telah dicampur bumbu kunyit dan daun kucai. Tahu pletok digoreng hingga kering untuk menghasilkan tekstur renyah. Ukuran tahu pletok juga lebih besar karena menggunakan kulit tahu yang lebar. Ciri khas dari olaha tahu ini adalah rasa gurih dengan tekstur garing diluar dan kenyal didalam.

Nah itu dia aneka olahan tahu yang enak dan cocok untuk usaha kuliner. Tahu memang menjadi salah satu bahan dasar makanan yang sangat cocok buat para pemula yang ingin membangun usaha kuliner. Pasalnya harga tahu sangat merakyat dan rasanya yang minimalis memungkinkan kamu untuk berinovasi dan menciptakan olahan tahu kekinian yang dapat menarik minat masyarakat untuk mencobanya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait