Berbagai Jenis Bunga Anggrek Tercantik Dan Termahal di Dunia

4 minggu, by blogunik

Bunga anggrek tercantik dan termahal

Dari sekian banyak tanaman hias salah satu yang banyak digemari orang-orang adalah bunga anggrek. Bunga anggrek ini banyak dipilih karena mampu memberikan warna pada halaman rumah. Meskipun tidak memiliki wangi yang memikat namun melihat warnanya yang cantik bunga ini mampu memikat siapa saja yang melihatnya. Nah dari berbagai macam jenis bunga anggrek yang ada, berikut ini berbagai jenis bunga anggrek tercantik dan termahal di dunia.

15 Anggrek Tercantik dan Termahal di Dunia

1. Anggrek Bulan

Bunga anggrek tercantik dan termahal - Anggrek Bulan

Photo via isroi.com

Anggrek Bulan atau puspa pesona adalah salah satu bunga anggrek tercantik dan salah satu bunga nasional Indonesia. Bunga ini pertama kali ditemukan oleh seorang ahli botani Belanda bernama Dr. C.L. Blume. Bunga anggrek ini tersebar luas mulai dari Malaysia, Indonesia, Filipina, Papua dan Australia. Bunga anggrek ini bertahan hidup secara epifit dengan menempel pada batang atau cabang pohon di hutan-hutan dan tumbuh subur hingga 600 meter diatas permukaan laut. Bunga anggrek ini termasuk tanaman anggrek monopodial yang menyukai sedikit cahaya matahari sebagai penunjang hidupnya. Selain itu, daunnya berwarna hijau dengan bentuk memanjang serta akar berwarna putih. Bunga anggrek ini memiliki sedikit keharuman dan waktu mekar yang lama serta dapat tumbuh hingga diameter 10 cm lebih.

2. Anggrek Bulan Bintang

Bunga anggrek tercantik dan termahal - Anggrek Bulan Bintang

Photo via tokopedia.com

Anggrek satu ini termasuk salah satu bunga anggrek termahal, dimana anggrek ini bernama Anggrek Bulan Bintang. Jenis anggrek ini memiliki bunga yang sangat indah dan bunga ini mudah ditemukan di ketinggian 300 mdpl. Bunga anggrek ini memiliki 4 spesies yaitu Paraphalaenopsis denevei, Paraphalaenopsis labukensis, Paraphalaenopsis laycockii dan Paraphalaenopsis serpentilingua.

3. Anggrek Bulan Kalimantan Barat

Bunga anggrek tercantik dan termahal - Anggrek Bulan Kalimantan Barat

Photo via seputarbunga.blogspot.com

Anggrek Bulan Kalimantan Barat adalah salah satu jenis bunga anggrek termahal, bunga anggrek ini sering disebut Paraphalaenopsis serpentilingua. Bunga anggrek ini memiliki warna putih serta kuning pada bagian tengahnya sehingga terlihat sangat indah sekali. Tak heran jika jenis bunga anggrek ini termasuk salah satu bunga anggrek tercantik.

4. Anggrek Dendrobium

Bunga anggrek tercantik dan termahal - Dendrobium

Photo via orchidsnewguinea.com

Bunga anggrek satu ini bernama Anggrek Dendrobium dimana bunga anggrek ini salah satu yang termahal saat ini. Bunga anggrek ini memiliki bunga yang sangat indah dan memiliki aroma yang harum. Selain itu, bunga anggrek ini juga memiliki beberapa spesies yaitu Dendrobium ostrinoglossum, Dendrobium catinecloesum, Dendrobium macrophyllum dan lainnya.

5. Anggrek Emas Kinabalu

Bunga anggrek tercantik dan termahal - Anggrek Emas Kinabalu

Photo via twsflorist.co.id

Anggrek Emas Kinabalu adalah salah satu jenis bunga anggrek termahal dan bisa dikatakan cukup langka. Bunga anggrek ini terdapat di negara Malaysia dan harganya pun cukup mahal, dimana bunga anggrek ini dibandrol berkisaran Rp. 76 Jutaan. Harga bunga anggrek ini bisa dikatakan sepadan karena bunga anggrek emas kinabalu ini akan tumbuh selama 15 tahun agar dapat berbunga, dimana umut 8 tahun hingga 10 tahun baru memasuki umur dewasa.

6. Anggrek Hitam

Bunga anggrek tercantik dan termahal - Anggrek Hitam

Photo via goodnewsfromindonesia.id

Anggrek Hitam atau Coelogyne pandurata adalah bunga anggrek yang tumbuh di Semenanjung Malaya, Kalimantan dan Sumatera. Bunga anggrek ini merupakan maskot flora provinsi Kalimantan Timur. Sayangnya, habitat asli anggrek hitam ini mengalami penurunan karena semakin menyusutnya luas hutan di Kalimantan. Tapi anggrek ini masih bisa ditemukan di cagar alam Kersik Luway dalam jumlah yang sedikit.

7. Anggrek Hartinah

Bunga anggrek tercantik dan termahal - Anggrek Hartinah

Photo via agrarindo.com

Anggrek satu ini termasuk salah satu anggrek tercantik dan termahal. Anggrek ini memiliki nama latin Cymbidium hartinahianum. Anggrek ini ternyata hanya bisa tumbuh di daerah tertentu saja seperti Sumatra Utara dan Anggrek ini pertama kali ditemukan pada tahun 1976. Anggrek Hartinah ini memiliki ciri khas yaitu tumbuh merumpun dimana ia sangat suka dengan tempat terbuka serta suhu udara yang lembab.

8. Anggrek Jamrut

Bunga anggrek tercantik dan termahal - Anggrek Jamrut

Photo via wikipedia.org

Anggrek Jamrut adalah salah satu jenis anggrek termahal dimana bunga anggrek ini tersebar di beberapa daerah di Indonesia, Filipina, Fiji, Samoa dan lainnya. Anggrek ini memiliki ciri-ciri yaitu ukuran bunga 2,5 cm serta memiliki ukuran mencapai 10 hingga 40 cm untuk ukuran dewasa.

9. Anggrek Kebutan

Bunga anggrek tercantik dan termahal - Anggrek Kebutan

Photo via wikipedia.org

Anggrek Kebutan atau Ascocentrum Miniatum merupakan salah satu anggrek termahal. Anggrek satu ini memiliki bentuk bunga yang menarik. Selain itu, bunga anggrek ini juga memiliki warna yang sangat cerah dengan ciri khas warna orange. Bunga anggrek ini menyukai tempat yang memiliki ketinggian 0 hingga 1200 mdpl sehingga cocok di daerah dataran tinggi.

10. Anggrek Kasut Kumis

Bunga anggrek tercantik dan termahal - Anggrek Kasut Kumis

Photo via alamendah.org

Jenis anggrek ini banyak ditemui di Himalaya, Asia Selatan, Indonesia terutama di Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Papua. Bunga anggrek yang dijuluki anggrek kantung ini hidup ideal pada temperatur 18,5 hingga 20 derajat Celcius. Bunga anggrek ini juga dikenal sebagai anggrek sandal nona atau lady slipper. Bunga ini dinamakan seperti itu karena bibir bynganya menyerupai sebuah kantung besar dan mirip sebuah sandal.

11. Anggrek Kantung Kolopaking

Bunga anggrek tercantik dan termahal - Anggrek Kantung Kolopaking

Photo via alamendah.org

Anggrek satu ini terbilang langka dan anggrek ini merupakan tumbuhan endemik Kalimantan Tengah. Anggrek Kantung Kolopaking ini memiliki ciri daunnya yang berwarna hijau tua. Bentuk daunnya seperti pita dengan ujungnya membulat panjang. Anggrek ini memiliki kelopak berwarna putih serta urat bunga memiliki semburat garis berwarna coklat kemerahan dan coklat tua.

12. Anggrek Hawaiian Bog Orchid

Bunga anggrek tercantik dan termahal - Anggrek Hawaiian Bog Orchid

Photo via goorchids.northamericanorchidcenter.org

Platanthera holochila adalah spesies anggrek langka yang dikenal dengan nama umum anggrek rawa Hawaii. Anggrek ini merupakan endemik Hawaii, namun sayangnya anggrek yang tumbuh secara liar ini langka karena habitanya sendiri dirusak oleh manusia dan ancaman spesies anggrek impor. Namun saat ini bibit anggrek ini mulai ditanam di alam liar oleh para pecinta lingkungan dengan harapan mampu memperbanyak jumlahnya.

13. Anggrek Rothschild

Bunga anggrek tercantik dan termahal - Anggrek Rothschild

Photo via wikipedia.org

Anggrek Rothschild adalah salah satu jenis anggrek termahal dan sangat langka. Tak heran jika harganya sangat mahal dimana harganya bisa mencapai Rp. 62 juta. Harga tersebut bisa dikatakan sebanding dengan apa yang dimilikinya, karena bunga Anggrek Rothschild ini memerlukan waktu hingga Rp. 8 juta untuk berbunga.

14. Anggrek Shenzhen Nongke

Bunga anggrek tercantik dan termahal - Anggrek Shenzhen Nongke

Photo via twsflorist.co.id

Salah satu jenis bunga anggrek tercantik dan termahal lainnya yaitu Anggrek Shenzhen Nongke. Anggrek ini merupakan hasil persilangan yang dilakukan manusia dimana anggrek ini dikembangkan oleh perusahaan agrikultur Shenzhen Nongke. Bunga anggrek ini berwarna kuning kehijauan dengan bagian lidah berwarna merah hati bercampur putih, selain itu anggrek ini memiliki 5 kelopak bunga. Pada tahun 2005, anggrek ini pernah terjual dalam lelang dengan harga sekitar Rp. 2 miliar. Tak heran jika anggrek ini menjadi salah satu jenis anggrek termahal di dunia.

15. Anggrek Sendok

Bunga anggrek tercantik dan termahal - Anggrek Sendok

Photo via bibitbunga.com

Anggrek Sendok adalah salah satu jenis anggrek termahal dan bisa dikatakan juga jenis anggrek yang langka. Bahkan pemerintah telah menjadikan Anggrek Sendok ini sebagai tanaman dilindungi oleh pemerintah. Hal ini karena populasinya semakin sedikit dan harus dilindungi. Anggrek Sendok ini memiliki ciri-ciri seperti bunganya memiliki warna kuning dengan corak putih dibagian tengahnya.

Itulah beberapa jenis bunga anggrek tercantik dan termahal di dunia. Dari deretan bunga anggrek diatas, anggrek mana sih yang menjadi favoritmu?

Artikel Terkait