Anime Sad Ending Terbaik Yang Bakal Bikin Banjir Air Mata

4 minggu, by blogunik

Anime sad ending terbaik

Anime merupakan salah satu tontonan favorit bagi sebagian kalangan. Bagaimana tidak, pasalnya ada berbagai macam genre anime yang siap menemani apapun mood menonton yang kamu inginkan, entah itu komedi, senang, bersemangat, sedih, dan lain sebagainya. Apalagi dalam serial maupun film anime menyuguhkan visual yang lebih menarik meski hanya tontonan 2 dimensi. Salah satu genre anime yang diminati oleh banyak orang adalah “sad” alias cerita sedih. Walau kebanyakan genre anime selalu menyelipkan unsur komedi, namun ada banyak judul anime yang memiliki akhir cerita yang menyedihkan bahkan tragis. Seperti 15 anime sad ending terbaik berikut ini yang ceritanya pasti bakal bikin kamu menumpahkan air mata. Anime apa saja? Berikut ulasannya!

15 Anime Sad Ending Terbaik

1. Hotaru no Haka / Graves of the Fireflies

Anime sad ending terbaik

Photo via imdb.com

Film anime sad ending terbaik yang paling menguras air mata diawali dengan Hotaru no Haka yang dikenal juga dengan judul Graves of the Fireflies. Berlatar belakang ketika Jepang baru saja menyerah pada Perang Dunia II, Graves of the Fireflies menyuguhkan drama yang akan membuat hatimu terenyuh.

Anime yang telah rilis tahun 1988 ini menceritakan tentang perjuangan kakak beradik yang bertahan hidup dari peperangan dimana saat itu, Amerika membombardir Jepang sehingga kota-kota hancur dan menjadi rata dengan tanah.

Seita dan Setsuko yang telah kehilangan ibu mereka ketika Amerika Serikat mengebom Jepang. Sementara itu, ayah mereka bekerja di angkatan laut, sehingga dua saudara ini tinggal di rumah bibinya yang jahat. Merasa tidak betah, mereka berdua memutuskan untuk hidup sendiri dengan bernaung di bunker bekas perang. Di saat itulah, kehidupan tragis mereka dimulai.

Karena hidup tanpa tujuan dan arah Seita dan Setsuko hidup kelaparan dan juga terkena wabah. Disepanjang jalan cerita film anime ini, kalian akan dibuat haru, sedih dan merasa tidak tega melihat malangnya nasib mereka. Siap-siap tisu saat menonton film satu ini!

2. Hotarubi no Mori e / To the Forest of Firefly Lights

Anime sad ending terbaik

Photo via imdb.com

Film anime dengan jalan cerita yang sad ending berikutnya adalah Hotarubi no Mori e. Menonton anime ini, kamu akan dibuat kesal, marah namun juga sedih di akhir cerita. Hotarubi no Mori e sendiri merupakan adaptasi dari manga karya Yuki Midorikawa dengan judul yang sama. Anime ini menceritakan tentang persahabatan dan cinta tentang dua orang yang berbeda dunia namun bertemu dalam satu hutan. Diawali dengan pertemuan Hotaru Takegawa yang berusia 6 tahun dengan roh hutan bernama Gin.

Gin membantu Hotaru untuk keluar dari hutan, dan dari pertemuan mereka ini juga Hotaru mengetahui bahwa manusia tidak boleh menyentuh Gin karena saat itu terjadi, Gin akan menghilang.

Gin sudah memperingatkan Hotaru untuk tidak kembali ke hutan, namun dirinya tetap selalu menemui Gin setiap liburan musim panas. Hingga saat Hotaru telah menginjak usia remaja, ia kembali mengunjungi Gin. Kisah romantis merekapun dimulai meski Hotaru sama sekali tidak boleh menyentuh Gin begitupun sebaliknya. Namun dalam satu malam, dalam sebuah festival yang diselenggarakan oleh para makhluk halus penghuni hutan, kejadian yang tidak terduga terjadi dan mengakhiri segalanya.

3. Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai / Anohana: The Flower We Saw That Day

Anime sad ending terbaik

Photo via imdb.com

Menjadi salah satu serial anime dengan tema sad ending, anime Anohana ini pasti akan membuat kamu nangis kejer saat menontonnya hingga akhir. Anime sad ending ini bercerita seputar persahabatan dan cinta antara enam teman masa kecil yang terpisah setelah kematian salah seorang dari mereka yang bernama Menma. Kelima orang yang tersisa menyalahkan dirinya masing-masing dan terbebani oleh pikiran mereka sendiri, hingga salah seorang dari mereka didatangi oleh roh Menma.

Menma alias Meiko mendatangi Jintan untuk mengabulkan satu permintaannya yang belum terpenuhi agar dirinya dapat pergi ke akhirat. Menma meminta Jintan untuk mengumpulkan semua teman masa kecil mereka yang telah berpisah sejak kematiannya. Pertemuan mereka membangkitkan kembali rasa sakit dan perasaan bersalah karena kematian Menma. Tidak hanya membantu Menma memenuhi permintaan terakhirnya, tetapi mereka juga harus move on dari perasaan mereka dan melanjutkan hidup. Meskipun pada akhirnya mereka bersahabat kembali, namun kesedihan bahwa mereka tak akan lagi bertemu dengan Menma ada hal paling pahit yang bisa kamu rasakan dalam anime ini.

4. Plastic Memories

Anime sad ending terbaik

Photo via amazon.co.uk

Film anime sad ending berikutnya yang menguras air mata adalah Plastic Memories. Plastic Memories menggunakan setting masa depan dimana manusia berhasil menciptakan Android yang sangat mirip dengan manusia. Android yang diberi nama “Giftias” ini memiliki jangka kehidupan yang terbatas, yaitu hanya 81.820 jam atau 9 tahun 4 bulan.

Plastic Memories sendiri mengisahkan tentang Tsukasa yang merupakan karyawan baru di perusahaan penyewa robot android. Di tempat kerjanya ini, Tsukasa berkenalan dengan Isla, salah satu robot android yang dipekerjakan di perusahaan tersebut yang kemudian menjadi partner kerjanya. Menjadi partner kerja, hubungan antara Tsukasa dan Isla pun semakin dekat. Namun, siapa sangka jika hubungan ini tidak akan bertahan lama karena masa berlaku Isla sudah diambang batas.

5. Orange

Anime sad ending terbaik

Photo via twitter.com

Orange merupakan salah satu anime sad ending terbaik yang wajib kamu tonton. Anime ini akan membuat kamu nangis dan terenyuh dengan jalan ceritanya. Orange sendiri mengisahkan tentang Naho, seorang siswi SMA yang mendapatkan surat dari dirinya di masa depan. Surat tersebut berisikan tentang permintaan untuk menyelamatkan Kakeru, teman baiknya yang diprediksi akan meninggal karena bunuh diri dalam waktu dekat. Anime school satu ini memiliki premis yang berat namun jalan cerita yang menarik dan selalu membuat kamu penasaran. Namun kamu harus berbekal tisu untuk menonton anime satu ini.

6. Kimi no Suizou wo Tabetai

Anime sad ending terbaik

Photo via imdb.com

Kalau ngomongin soal anime sad ending paling menguras air mata, tentu Kimi no Suizou wo Tabetai tidak bisa dilewatkan. Anime ini merupakan salah satu movie anime dengan plot twist menyedihkan dan tidak terduga sama sekali. Anime ini menceritakan tentang Haruki Shiga yang tidak memiliki keinginan untuk berinteraksi dengan siapapun. Dia juga percaya bahwa orang-orang juga tidak peduli dengan keberadaannya.

Kehidupan Haruki mulai berubah saat secara tidak sengaja dirinya menemukan diary salah satu murid populer sekolahnya, Sakura Yamauchi. Dimana kemuadian seiring berjalannya waktu, Sakura kemudian memberitahu rahasianya pada Haruki bahwa ia memiliki penyakit pankreas dan usianya sudah tak lama lagi.

Meski pada awalnya dirinya tidak bersimpati pada Sakura, pada akhirnya Haruki menjadi partner Sakura dalam menjalani hari-hari terakhirnya. Berkat Sakura, Haruki akhirnya meninggalkan kehidupan membosankannya dan mengetahui arti dari kehidupan itu sendiri. Siap-siap baper ketika menonton anime satu ini.

7. Shigatsu wa Kimi no Uso / Your Lie in April

Anime sad ending terbaik

Photo via imdb.com

Shigatsu wa Kimi no Uso atau yang dikenal dengan judul Your Lie in April juga merupakan anime sad ending dengan jalan cerita yang menarik. Anime ini menggambarkan betapa pentingnya cinta dan persahabatan melalui musik.

Bercerita tentang seorang remaja bernama Arima Kousei yang trauma memainkan alat musik, terutama piano, karena kematian ibunya. Lantas, ia bertemu dengan gadis pemain biola bernama Miyazono Kaori yang berusaha mengajak Kousei bermain musik kembali secara perlahan-lahan. Kehidupan Arima Kousei lantas secara perlahan mulai berubah. Arima berakhir menyukai gadis pemain biola tersebut. Sayangnya, pada bagian akhir cerita, kamu akan dibuat nangis kejer dengan jalan cerita anime satu ini.

8. Kimi no Na Wa

Anime sad ending terbaik

Photo via medium.com

Kimi no Na Wa merupakan salah satu anime paling populer, karena dikenal dengan eksekusi visualnya yang sangat memukau. Kimi ni Na wa bercerita tentang kisah seorang siswi SMA, Mitsuha Miyamizu yang tinggal di sebuah pedesaan yang sangat ingin tinggal dan hidup di keramaian kota. Di satu sisi, terdapat Taki Tachibana yang tinggal di Tokyo dan kesulitan menyeimbangi kehidupan akademik dan pekerjaan sampingannya.

Pada suatu hari, mereka terbangun dan mendapati dirinya berada di tubuh orang lain. Mitsuha berada di tubuh Taki dan sebaliknya. Mereka mencoba beradaptasi dan mencari satu sama lain untuk memahami kejadian janggal ini. Mereka mulai membuat buku harian untuk melaporkan kejadian yang mereka alami saat bertukar tubuh. Suatu hari, fenomena pertukaran ini pun berhenti. Perasaan resah dan cinta yang timbul di dalam hati membuat mereka berusaha mencari keberadaan satu sama lain. Jadi salag satu anime movie sad ending, jangan lupa menyiapkan tisu untuk menonton anime satu ini.

9. Ookami Kodomo no Ame to Yuki

Anime sad ending terbaik

Photo via arthipo.com

Anime sad ending terbaik berikutnya adalah Ookami Kodomo no Ame to Yuki. Bertemakan hubungan keluarga, anime satu ini akan membuat kamu emosional. Ookami Kodomo no Ame to Yuki menceritakan tentang Hana yang harus menjadi ibu sekaligus ayah bagi kedua anaknya, Ame dan Yuki setelah sepeninggal suaminya yang merupakan manusia setengah serigala. Ame dan Yuki yang mewarasi darah dari sang ayah juga merupakan manusia setengah serigala yang harus Hana jaga dengan sepenuh hati.

Demi menjaga identitas kedua anaknya, ia harus pindah ke desa terpencil di daerah pegunungan. Namun bukan hal yang mudah untuk membesarkan putra-putrinya. Seiring berjalannya waktu, rahasia mulai terungkap dan Hana harus merelakan salah satu dari buah hatinya memilih jalan hidupnya sendiri.

10. Tokyo Magnitude 8.0

Anime sad ending terbaik

Photo via absoluteanime.com

Tokyo Magnitude 8.0 adalah salah satu anime yang anti-mainstream dimana mengangkat tema tentang bencana alam. Berbalut drama yang kuat, anime sad ending terbaik ini layak sekali untuk kamu tonton. Anime ini bercerita tentang Mirai Onozawa yang merasa muak dengan keadaan keluarganya dan berharap semuanya hancur. Pemikiran negatif dari Mirai menjadi kenyataan karena gempa dengan kekuatan 8.0 magnitudo mengguncang Jepang setelahnya.

Saat gempa terjadi, Mirai dan adiknya Yuki, sedang berada di Odaiba untuk melihat pameran robot. Kakak beradik ini menyaksikan kekuatan dari bencana alam yang kemudian memporak-porandakan Kanto. Mirai beserta adiknya terjebak dan harus mencari jalan. Mereka kemudian bertemu dengan Mari Kusakabe, yang kemudian membantu mereka untuk kembali ke rumah dan bertemu dengan keluarga mereka. Dimana letak sedihnya? Kamu harus menonton anime ini dulu ya!

11. True Tears

Anime sad ending terbaik

Photo via imdb.com

Salah satu anime sad ending terbaik berikutnya adalah True Tears. True Tears merupakan anime bergenre school romance yang menceritakan tentang cinta segitiga yang terjalin antara 3 remaja SMA bernama Shinichirou, Hiromi, dan Noe.

Semenjak kehilangan orang tua, Hiromi diadopsi oleh ayah Shinichirou dan mereka pun tinggal serumah. Shinichirou menaruh hati kepada Hiromi. Meski hidup di bawah atap yang sama, Shinichirou kesulitan untuk mengungkap perasaannya kepada Hiromi.

Namun suatu ketika Shinichirou berkenalan dengan gadis aneh bernama Isurugi Noe. mereka menjadi dekat. Perlahan-lahan Noe membuat Shinichirou menjadi lebih ceria. Namun kedekatan Shinichirou dan Noe tidak disukai oleh Hiromi. Pasalnya Hiromi juga memendam rasa terhadap Shinichirou. Bagaimana kisah cinta mereka? Saksikan langsung ya!

12. Byousoku 5 Centimeter / 5 Centimeters Per Second

Anime sad ending terbaik

Photo via makotoshinkai.fandom.com

Animasi bertajuk 5 Centimeters Per Second atau Byousoku 5 Centimeter juga menjadi salah satu film anime sad ending yang layak diperhitungkan. Anime ini menceritakan tentang kisah cinta hubungan jarak jauh (LDR). Dimana kedua karakter protagonis, Takaki Toono dan Akari Shinohara adalah teman masa kecil yang terpisah, namun tetap menjalin kontak dengan bertukar pesan.

Sebagai pasangan LDR, hubungan Takaki dan Akari mulai renggang. Hal ini diperparah dengan hadirnya orang ketiga di hubungan mereka. Meski begitu, mereka terus berusaha tetap mengingat satu sama lain sambil berharap agar bisa bertemu lagi, setidaknya satu kali. Mereka menjalani kehidupan sehari-hari dengan setengah hati, baik menyakiti diri sendiri maupun orang-orang di sekitar mereka. Cerita anime satu ini sangat mendalam, dan tentunya akan membuat kamu yang menontonnya menjadi baper.

13. Nana

Anime sad ending terbaik

Photo via imdb.com

Selanjutnya ada Nana yang bercerita tentang dua wanita muda yang memiliki nama sama namun, dengan kepribadian yang bertolak belakang. Nana Komatsu merupakan gadis yang naif dan sangat bergantung pada orang lain. Sedangkan Nana Osaki, seorang vokalis dari punk rock band memiliki kepercayaan diri tinggi dan ingin menjadi seorang penyanyi profesional.

Mereka bertemu di kereta dan pada akhirnya tinggal di apartemen yang sama, persahabatan mereka menjadi semakin dekat dan mereka berjanji untuk saling support satu sama lain. Namun, hubungan persahabatan mereka diterjang badai sehingga mengancam persahabatan mereka. Mampukah mereka mempertahankan persahabatan mereka?

14. Angel Beats!

Anime sad ending terbaik

Photo via amazon.com

Angel Beats! juga menjadi salah satu anime dengan sad ending yang paling membuat baper para penontonnya. Menceritakan tentang tentang sang tokoh utama, Otonashi yang terbangun di dunia misterius dengan seorang gadis di sampingnya. Sang gadis yang kemudian diketahui bernama Yuri menawari Otonashi senjata dan menyuruhnya untuk membunuh malaikat.

Otonashi juga diajak bergabung dalam Shinda Sekai Sensen (Front Pertempuran Akhirat). Shinda Sekai Sensen memiliki tujuan untuk mengalahkan seorang gadis bernama Tenshi (malaikat). Otonashi tidak percaya begitu saja bahwa Tenshi merupakan gadis jahat yang harus dilawan. Meski memutuskan untuk bergabung dengan Shinda Sekai Sensen, Otonashi perlahan mulai dekat dengan Tenshi dan mengetahui rahasia dari dunia setelah kematian ini. Kesedihan dan rasa sakit akan terus menerus dialami karakternya akan membuat air mata kamu terus mengalir.

15. Koe no Katachi / A Silent Voice

Anime sad ending terbaik

Photo via amazon.com

Satu lagi anime sad ending terbaik yang wajib kamu tonton adalah Koe no Katachi alias A Silent Voice. Anime ini bercerita tentang seorang gadis tuli bernama Shouko Nishimiya. Ia baru pindah ke sekolah dasar dan bertemu dengan Shouya Ishida.

Namun sayangnya, bukannya menjadi teman namun Shouya kerap mengejek Shouko secara keterlaluan, hingga akhirnya gadis tersebut memutuskan untuk pindah sekolah. Akibat dari perbuatannya, Shouya pun jadi di-bully oleh teman-teman kelasnya. Hal tersebut membuat ia menjadi sosok pendiam yang menghindari interaksi dengan orang lain. Kamu akan dibuat sedih dan terenyuh melihat perjuangan Shouya untuk dapat meminta maaf ke Shouko.

Nah itulah deretan anime sad ending terbaik yang akan membuat kamu banjir air mata. Banyak pelajaran hidup yang bisa kamu ambil dari setiap judul anime tersebut. Bagaimana menurut kalian guys? Anime mana nih yang mampu buat kamu nangis bombay?

Ada juga deretan anime perang terbaik yang bisa kamu tonton dengan alur cerita yang pastinya tidak kalah keren.

3+
Artikel Terkait