Arti, sejarah, alasan dan makna berkurban saat Idul Adha

1 tahun lalu

Sebentar lagi hari istimewa bagi umat Islam di dunia akan segera tiba. Hari tersebut merupakan hari Idul Adha yang jatuh setiap tanggal 10 Dzulhijjah di takwim Hijriyah dan untuk tahun 2017 ini akan jatuh pada tanggal 1 September 2017. Hari Idul Adha merupakan hari yang istimewa bagi umast Islam untuk bisa lebih mendekatkan diri pada Sang Pencipta serta mengagungkan-Nya.

Idul Adha memberi banyak sekali arti buat setiap umat muslim. Banyak arti yg dapat didapatkan dari Hari Raya Idul Adha pastinya tak terlepas dari sejarahnya. Idul Adha sangatlah berkaitan dengan momen qurban yang kala itu Nabi Ibrahim dengan keteguhan imannya serta kerelaan hatinya, beliau akan mengorbankan putranya, Ismail dengan akan menyembelihnya yang tidaklah lain hal tersebut dilaksanakan Nabi Ibrahim buat ketaatan pada Allah SWT.

Nabi Ismail juga dengan keikhlasan hatinya ikhlas buat disembelih. Akan tetapi, waktu Nabi Ibrahim telah bersiap buat menyembelih putranya, Allah menggantikannya dengan seekor domba. Peristiwa tersebut memberikan makna yang mendalam untuk seluruh umat. Jelas saja, Nabi Ismail yang merupakan putra satu-satunya dari Nabi Ibrahim dan kemudian Nabi Ibrahim diuji ketaatannya dengan perintah untuk menyembelih putranya itu.

Akan tetapi dengan didasari ketaqwaan Nabi Ibrahim yang begitu kuat, beliau pun menjalankan perintah Allah yang kemudian ternyata kerelaan hatinya tersebut diberikan ganti yang terindah berupa Nabi Ismail yang tak jadi disembelih, melainkan seekor domba yang besar. Sebagaimana ini telah dijelaskan dalam Surah Ash Shaffat Ayat 102-109.

indrathelazyman2

Dalam momen Idul Adha, umat muslim dianjurkan untuk melaksanakan sholat Id di pagi hari. Kemudian juga melakukan penyembelihan hewan qurban sebagai ibadah untuk mendekatkan diri kepada sang Pencipta dan juga sebagai wujud perhatian kepada sesama umat untuk saling berbagi.

Berqurban mempunyai makna untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, dengan arti lainnya adalah kesungguhan dengan menyerahkan segala hal kepada yang Maha Kuasa.

LombokAtraktif 

Dengan berqurban, umat muslim akan diajarkan untuk senantiasa saling berbagi kepada sesama muslim yang lain, terlebih berbagi kepada mereka-mereka yang kurang mampu. Kemudian juga dengan berqurban, keikhlasan hati manusia akan diuji, terlebih diuji dari sifat yang tamak dan berlebih-lebihan.

Berqurban akan mengajarkan bahwa apa yang didapatkan manusia saat ini tidaklah lain merupakan titipan dan sudah sepatutnya titipan tersebut dimanfaatkan secara baik dengan turut berbagi kepada sesama agar saling merasakan nikmat yang serupa.

theowordpower

Selain itu, makna yang paling dalam dari ibadah qurban adalah sebagai bentuk penghambaan kepada Allah Subhanahu wata’ala dengan membahagiakan sesama. Qurban adalah bentuk keshalehan sosial dimana pequrban akan merasakan indahnya berbagi bagi sekitar. Hal ini tak lepas dari arti kata qurban tersendiri dimana berarti ‘mendekat’. Qurban akan mendekatkan  secara emosional bagi si kaya atau si miskin dengan sama-sama merasakan santapan qurban di hari raya idul adha.

Akhir kata, kami ucapkan “Selamat Hari Raya Idul Adha 1438H”

Save

Save

Save

Save

Save