15 Artis Korea Yang Meninggal Akibat Bunuh Diri

1 bulan lalu, by blogunik

Deretan Artis Korea Yang Meninggal Akibat Bunuh Diri

Dunia hiburan Korea Selatan memang diidentikkan dengan kemewahan yang menyilaukan banyak orang. Banyaknya artis-artis yang memiliki hunian mewah, mobil mewah serta kehidupan yang mewah membuat banyak orang tersihir untuk bercita-cita seperti artis. Namun tahukah kamu meskipun dunia hiburan Korea Selatan menjanjikan kehidupan yang mewah, hal ini belum tentu membuat para penikmatnya bahagia. Menjalani kehidupan sebagai seorang artis tentunya ada banyak sekali tekanan yang mereka rasakan dan terkadang tekanan tersebut membuat sang artis depresi. Depresi inilah yang membuat beberapa artis di Korea Selatan mengakhiri hidupnya.

Penyebab Artis Korea Bunuh Diri

Korea Selatan tak hanya dikenal akan industri hiburannya yang populer, namun juga dikenal sebagai salah satu negara dengan kasus bunuh diri tertinggi di antara negara-negara maju lainnya. Pada tahun 2012, tercatat tidak kurang dari 15.000 kasus bunuh diri itu artinya setiap hari ditemukan 30-40 kasus bunuh diri. Pelaku bunuh diri ini pada umumnya berusia muda 10 – 30 tahun bahkan dari kalangan selebritis. Dalam beberapa kasus ada pula pelaku bunuh diri yang berusia diatas 60 tahun. Penyebab dari mereka melakukan bunuh diri bisa karena bullying, kesepian dan tekanan karir. Kasus bunuh diri ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang berpendidikan, memiliki jabatan tinggi dan mereka yang popularitasnya sedang meroket termasuk artis dan idol kpop. Bunuh diri dikalangan selebritis ini dikarenkan tekanan karir dan populatitas. Publik figure dituntut untuk selalu tampil hebat, cemerlang dan dipuja-puji. Hal tersebut juga didukung dengan sistem manajemen yang menjadikan artis yang dinaunginya layaknya robot yang tidak memiliki perasaan.

Selain itu, penggemar Korea juga termasuk kalangan “die-hard” di dunia, mereka akan melakukan apa pun demi memuja idol mereka. Inilah yang membuat para publik figure hidup dalam tekanan. Mereka tidak boleh merasa lelah, tertekan, kesepian, marah dan jenuh di depan publik. Tak hanya itu saja, mereka pun tidak diperbolehkan untuk menjalin hubungan asmara sesama artis atau idol. Selain itu, mereka juga memiliki penggemar yang sangat obsesif atau yang sering disebut dengan sasaeng. Sasaeng ini beranggapan bahwa idol mereka hanya milik mereka saja, mereka berani mengancam untuk membunuh, meneror, melakukan pelanggaran privasi dan melakukan hal-hal gila lainnya yang membuat para selebritis merasa tidak nyaman untuk hidup. Hal inilah yang membuat para selebritis memutuskan untuk menyelesaikannya dengan cara bunuh diri. Selain itu, filosofi hidup warga Korea tidak mengenal istilah curhat, seperti di Indonesia dan negara timur lainnya. Hal ini membuat orang Korea dipaksa oleh keadaan dan budaya untuk menyimpan sendiri masalahnya. Bagi mereka adalah hal yang memalukan jika orang lain tahu penderitaan yang ditanggung. Nah, berikut ini ada beberapa artis Korea yang meninggal akibat bunuh diri

1. Sulli “ex f(x)”

Artis Korea Yang Meninggal Akibat Bunuh Diri - Sulli

Photo via insider.com

Choi Jin Ri atau yang dikenal dengan nama panggung Sulli adalah salah satu artis dan penyanyi Korea yang memulai debutnya sebagai aktris pada tahun 2005. Pada tahun 2009, Sulli bergabung dengan girlband bentukan SM Entertainment yaitu f(x), namun pada tahun 2015 Sulli memutuskan untuk hengkang dari f(x) dengan alasan ingin fokus di dunia seni peran. Sepanjang perjalanan karirnya, Sulli tak lepas dari segala pemberitaan dan komentar negatif dari para netizen. Mulai dari kondisi badanya yang dibilang gemuk, pacarnya hingga gaya busananya. Netizen seakan-akan lupa bahwa Sulli juga manusia yang masih berusia belia.

Sulli bukannya tidak berupaya untuk melawan komentar jaha tersebut, Sulli justru berusaha bijak dan mempertimbangkan nasib netizen jika dilaporkan ke aparat kepolisian. Bertubi-tubi menerima kalimat-kalimat kasar dari netizen memperburuk kondisi mentalnya. Pada tanggal 14 Oktober 2019, Kepolisian Seongnam Sujeong melaporkan bahwa Sulli ditemukan meninggal oleh manajernya di rumahnya di Sujeonggu, Seongnam-si pada pukul 15. 21 waktu setempat. Manajer-nya menemukan Sulli meninggal setelah tidak dapat menghubungi kembali sejak panggilan telepon terkahir mereka sekitar pukul 6.30 malam pada 13 Oktober.

2. Jonghyun “Shinee”

Artis Korea Yang Meninggal Akibat Bunuh Diri - Jonghyun

Photo via moonrok.com

Kim Jong Hyun atau yang dikenal dengan nama panggung Jonghyun adalah vokalis utama dari boygrup Shinee. Pada tanggal 18 Desember 2017, Jonghyun ditemukan tak sadarkan diri disebuah apartemen sewaan di Cheongdam-dong sekitar pukul 18.10 KST. Sebelumnya, kakak perempuan dari Jonghyun ini menelepon ke petugas darurat pada pukul 16.42 dan melaporkan jika dia percaya saudaranya akan mencoba bunuh diri. Laporan menyebutkan bahwa Jonghyun mengirimkan sebuah pesan teks kepada kakanya dengan kata-kata seperti “selamat tinggal untuk yang terakhir kalinya”.

Jonghyun sempat dilarikan ke Rumah Sakit Universitas Konkuk dalam keadaan gagal jantung, ia kemudian menerima perawatan darurat untuk mendapatkan kesadaraannya kembali. Namun ia dinyatakan meninggal dunia di rumah sakit. Jonghyun diduga meninggal karena menghirup asap beracum karena mereka menemukan briket batubara dibakar di wajan setelah mereka tiba di apartemen. Jonghyun dimakamkan pada Kamis 21 Desember 2017 setelah dua hari disemayamkan di Asan Medical Center Funeral Hall.

3. Jang Ja Yeon

Artis Korea Yang Meninggal Akibat Bunuh Diri - Jang Ja Yeon

Photo via saostar.vn

Jang Ja Yeon dikenal memerankan tokoh Sunny dalam drama Boy Before Flower, dimana ia memiliki kisah yang memilukan. Aktris cantik ini ditemukan tewas pada tahun 2009 di rumahnya. Ia dikabarkan mengakhiri hidupnya karena tidak tahan dengan perlakuan manajemennya, dimana dilaporkan ia dipaksa melayani 31 pria agar bisa menjadi terkenal. Mirisnya lagi, puluhan pria yang harus dilayani Jang Ja Yeon adalah pejabat dan orang penting di dunia hiburan Korea Selatan. Sebagai pendatang baru di dunia hiburan, Jang Ja Yeon tidak bisa menolak karena itu permintaan dari manajemennya sendiri. Tak hanya itu saja, Jang Ja Yeon mendapatkan tindakan kekerasan dari agensinya sendiri.

4. Ahn So Jin

Artis Korea Yang Meninggal Akibat Bunuh Diri - Ahn So Jin

Photo via findagrave.com

Ahn So Jin atau Sojin adalah traniee dari salah satu agensi ternama yaitu DSP Entertainment. Selama 5 tahun, Sojin mendedikasikan hidupnya untuk mengejar mimpinya sebagai idola. Sojin dikenal sebagai salah satu peserta reality show KARA Project : The Beginning pada tahun 2014. Namun sayangnya ia gagal menjadi bagian dari Baby KARA pada program itu. Depresi, ia pun mengakiri hidupnya pada tanggal 24 Februari 2015 dengan melompat dari lantai 10 apartemennya di Daejeon, Korea Selatan. Peristiwa ini pun menjadi tamparan bagi agensi idol karena bagaimana pun juga, melalu program trainee yang berat dan ketat membuat para calon idol depresi dan stres berkepanjangan hingga akhirnya mengakhiri nyawanya sendiri.

5. Jeon Mi Sun

Artis Korea Yang Meninggal Akibat Bunuh Diri - Jeon Mi Sun

Photo via soompi.com

Jeon Mi Sun adalah aktris yang dikenal sebagai peran pendukung dalam film dan serial televisi seperti Memories of Murder, Moon Embracing the sun dan hide and seek. Sebelumnya Jeon Mi Sun sempat menjalani perawatan akibat depresi sebelum ditemukan meninggal di kamar hotelnya di kota Jeonju pada sabtu 29 Juni 2019. Kematian aktris ini bisa dikatakan mengagetkan karena ia terlihat sangat bugar sehari sebelumnya dan bersiap untuk syuting acara televisi Days 2 Nigh with My Mother. Penyebab kematian Jeon Mi Sun ini diduga bunuh diri.

6. Choi Jin-Sil

Artis Korea Yang Meninggal Akibat Bunuh Diri - Choi Jin-Sil

Photo via m.blog.naver.com

Choi Jin-Sil adalah aktris yang dikenal sebagai bintang film dan drama televisi serta bintang iklan yang laris. Karir beraktingnya dimulai ketika ia membintangi drama televisi Joseon Dynasty 500 years dan selanjutnya ia banyak membintangi beberapa drama dan film. Ia kemudian menikah pada tahun 2000 dan memiliki dua orang anak. Pernikahan keduanya tidak bertahan lama karena suaminya kasar sehingga ia menceraikan dan menjalani perang hak asuh anak dan karenanya ia kehilangan sponsor.

Pada suatu hari, Ahn Jae Hwan suami dari aktris Jeong Sun Hee ditemukan meninggal bunuh diri karena terlilit utang. Tak lama kemudian, Cho Jin Sil diduga sebagai irang yang meminjamkan uang ke Jae Hwan. Jin Sul pun menjadi target amukan netizen dimana ia diduga sebagai penyebab kematian Jae Hwan. Hal ini pun membuat Jin Sil mengalami trauma dan depresi berat, sebulan setelah kematian Jae Hwan, Jin Sil menggantungkan dirinya.

7. Jeong Da-Bin

Artis Korea Yang Meninggal Akibat Bunuh Diri - Jeong Da-Bin

Photo via femina.co.id

Jeong Da-Bin dikenal bermain di drama Rooftop Room Cat, ia ditemukan gantung diri dengan menggunakan handuk di rumah pacarnya di kawasan Gangnam pada tanggal 10 Februari 2007. Ia sendiri dikabarkan menderita depresi akibat tidak lagi mendapatkan banyak tawaran akting dan komentar negatif netizen mengenai penampilan fisiknya. Sebalum ditemukan meninggal, ia sempat mengunggah sebuah tulisan di blog pribadinya berjudul “The End”.

8. U-Nee

Artis Korea Yang Meninggal Akibat Bunuh Diri - U-Nee

Photo via femina.co.id

U-Nee adalah penyanyi rapper Korea Selatan yang bunuh diri diusianya baru 26 tahun. Ia ditemukan meninggal bunuh diri di apartemennya pada tanggal 21 Januari 2007. U-Nee meninggal diduga karena depresi sehingga ia melakukan bunuh diri.

9. Kim Ji Hoo

Artis Korea Yang Meninggal Akibat Bunuh Diri - Kim Ji Hoo

Photo via lensa.id

Kim Ji Hoo adalah aktor dan model asal Korea Selatan yang secara terbuka mengakui jika dirinya seorang gay. Pada 6 Oktober 2008, ia ditemukan gantung diri di rumahnya di Jamsil, Seoul Selatan. Diduga ia melakukan ini karena kesepian, ia juga menulis surat wasiat yang berisi permintaan agar jenazahnya dikremasi.

10. Kim Sung Min

Artis Korea Yang Meninggal Akibat Bunuh Diri - Kim Sung Min

Photo via celebrity.okezone.com

Kim Sung Min adalah salah satu aktor yang meninggal akibat bunuh diri, dimana ia mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri. Awalnya, Kim Sung Min masih sempat bertahan hidup dan dilarikan ke rumah sakit. Namun pada pukul 11 siang pada tanggal 24 Juni 2016, dokter menyebutkan kondisi sang aktor tidak sadarkan diri. Penyebab dari bunuh dirinya ini karena sempat terlibat pertengkaran dengan sang istri bahkan ia nyaris melakukan kekerasan kepada istrinya.

Mencegah hal yang tidak diinginkan putra Kim Sung Min yang berusia 18 tahun menghubungi polisi. Setelah bertengkar, istri dan anak Kim Sung Min meninggalkan rumah untuk menenangkan diri . Istri Kim Sung Min sempat khawatir dengan kondisi sang aktor karena setiap bertengkar Kim Sung Min melarikan diri ke dalam minuman berakohol., ia selalu membicarakan mengenai ingin mengakhiri hidupnya. Polisi pun sempat memeriksa kediaman Kim Sung Min dan menemukan Kim Sung Min dalam keadaan tergandung dengan menggunakan dasi.

11. Park Yong Ha

Artis Korea Yang Meninggal Akibat Bunuh Diri - Park Yong Ha

Photo via downlllll.blogspot.com

Park Yong Ha adalah aktor drama Winter Sonata yang ditemukan tewas bunuh diri di Seoul pada tahun 2010. Aktor ini nekat menggantungkan dirinya dengan kabel camcorder dan ia bunuh diri karena frustasi mengatahui penyakit ayahnya yang semakin kritis.

12. Kim Daul

Artis Korea Yang Meninggal Akibat Bunuh Diri - Kim Daul

Photo via artranked.com

Kim Daul adalah seorang model internasional yang bunuh diri pada tanggal 19 November 2009 di sebuah apartemen di Paris. Ia melakukan bunuh diri dengan cara gantung diri dan pada saat itu ia baru berusia 20 tahun. Ia melakukan hal ini karena mengalami depresi.

13. Kang Doo-ri

Artis Korea Yang Meninggal Akibat Bunuh Diri - Kang Doo-ri

Photo via anatiion.blogspot.com

Kang Doo-ri adalah aktris yang ditemukan tewas dalam kecelakaan mobil pada 14 Desember 2015 di Incheon, Korea Selatan. Pada awalnya ia diduga meninggal akrena kecelakan mobil tapi kenyataannya ia menghabisi nyawanya sendiri. Kemungkinan besar ia mengalami depresi akibat persaingan yang sangat ketat.

14. Ahn Jae Hwan

Artis Korea Yang Meninggal Akibat Bunuh Diri - Ahn Jae Hwan

Photo via today.line.me

Ahn Jae Hwan adalah seorang aktor yang meninggal pada tanggal 8 September 2008, ia bunuh diri dengan cara meracuni diri sendiri dengan karbon monoksida saat duduk di mobilnya. Ia melakukan hal ini di duga karena masalah uang termasuk bisnisnya yang gagal dan hutang. Sebelum bunuh diri, ia meninggalkan catatan permintaan maaf kepada sang istri yang baru dinikahinya.

15. Chae Dong-ha

Artis Korea Yang Meninggal Akibat Bunuh Diri - Chae Dong-ha

Photo via english.hani.co.kr

Chae Dong-ha adalah mantan personil dari SG Wannabe, dimana ia ditemukan gantung diri di rumahnya pada tahun 2011. Ia diketahui bunuh diri karena depresi akibat kematian manajernya pada tahun 2009 akibat menghirup gas di sebuah kamar hotel.

Itulah beberapa artis Korea yang meninggal akibat bunuh diri, meskipun artis diidentikan dengan kemewahan hal ini belum tentu membuat mereka bahagia. Semakin populer mereka maka tekanan mereka semakin tinggi, mereka juga dituntut untuk selalu tampil sempurna. Padahal artis juga manusia biasa yang pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait