Bahaya Menaruh Ponsel Di Saku Baju Atau Celana Bagi Kesehatan

7 bulan lalu

Ponsel merupakan salah satu alat yang tidak bisa dipisahkan dari penggunanya, mungkin kamu salah satunya. Ketika kamu berpergian dan lupa membawa ponsel kamu merasa ada sesuatu yang hilang atau tidak lengkap. Di zaman saat ini, ponsel merupakan kebutuhan yang sangat penting dan wajib dimiliki oleh semua orang mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Dengan benda persegi panjang ini, kita bisa melakukan hal yang menarik mulai dari update media sosial, berfoto, mendengarkan musik, membuat video hingga bermain game. Fitur yang lengkap dan canggih inilah yang membuat orang-orang ketergantungan dengan ponsel ini karena hal ini juga banyak orang yang menyimpan ponselnya disaku celana ataupun baju karena alasan lebih praktis ketimbang menaruhnya di dalam tas. Namun tahukah kamu ? jika menaruh ponsel di saku baju atau celana berbahaya bagi kesehatan ? Berikut ini bahaya yang terjadi jika kamu menaruh ponsel di saku baju atau celana bagi kesehatan

 

1. Mengganggu Kesuburan

Photo via : http://nulis.co.id

Buat kamu yang sering menyimpan ponsel di saku celana, ada baiknya kamu tidak melakukannya lagi. Biasanya hal ini dilakukan oleh para pria yang sering menaruh ponselnya di saku celana. Karena letaknya berdekatan dengan organ intim, maka kemungkinan terjadinya radiasi. Radiasi ini dapat mempengaruhi kualistas sperma, dan bisa menjadi salah satu penyebab mandul pada pria. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

 

2. Meningkatkan Risiko Kanker Payudara

Photo via : http://rsudciawi.bogorkab.go.id

Selain pria yang gemar menaruh ponsel di saku celana, para wanita pun gemar menyimpan ponsel di dekat saku baju yang berdekatan dengan payudara. Namun, hal ini bukanlah hal yang baik dilalukan, karena menaruh ponsel di dekat saku baju dapat menyebabkan kanker payudara. Hal ini dikarenakan radiasi ponsel yang menyala. Selain tidak baik buat wanita, menaruh ponsel di saku baju juga bisa berakibat fatal pada kerja dan proses kerja denyut jantung, terutama jika ponsel sedang berdering atau bergerak.

 

3. Menyerap Energi Tubuh

Photo via : https://www.vox.com

Menyimpan ponsel di dalam saku celana juga dapat mempengaruhi ritme badan yang berkaitan dengan waktu beristirahat, daya ingat pada otak besar dan kerja organ tubuh lainnya. Mungkin kamu tidak sadari, menaruh ponsel di saku celana dapat menghambat peredaran darah yang mengangkat asupan oksigen & nutrisi ke seluruh bagian tubuh. Hal ini juga bisa menghambat aktivitas sel saraf sensorik & motorik sebab asupan oksigen ke dalam sel yang berjalan lambat.

 

4. Memicu Sakit Kepala

Photo via : https://www.feeling.be

Menaruh ponsel di saku baju juga dapat mempengaruhi otak kita. Radiasi ponsel dapat mempengaruhi saraf manusia hingga dapat menyebabkan kanker atau tumor terutama anak-anak yang kulit kepala dan tengkoraknya lebih tipis daripada orang dewasa. Paparan radiasi ini akan merusak sel-sel otak dan membuatnya terjangkit berbagai jenis penyakit karena otak adalah pusat pengendalian tubuh. Jika hal ini terus terjadi bisa menyebabkan glikoma dan memicu munculnya sel otak akustik neuroma. Selain itu, radiasi ponsel mempercepat pembentukan neoplasma dari sel-sel yang tidak wajar menjadi sel kanker aktif pada otak.

 

5. Menggangu Sistem Pencernaan

Photo via : https://www.medcom.id

Menaruh ponsel di saku celana juga bisa mengganggu sistem pencernaan. Menyimpan ponsel di saku celana mempunyai tingkat absorpsi nutrisi oleh sistem pencernaan lebih rendah dibandingkan orang yang menyimpan ponsel di tempat lain. Efek dari radiasi ini dapat mempersempit saluran pencernaan, jadi asupan nutrisi yang masuk lebih sedikit. Radiasi dari ponsel ini juga mempengaruhi pencernaan yang letaknya berdekatan dengan organ reproduksi yaitu usus halus, usus besar dan lambung.

 

6. Dapat Menimbulkan Nyeri

Photo via : https://hellosehat.com

Selain mengganggu sistem pencernaan kita, menaruh ponsel di saku celanan juga dapat menimbulkan rasa nyeri. Rasa sakit ini biasanya timbul di daerah kaki dan bokong, rasa nyeri ini dikarenakan radiasi ponsel. Meletakkan ponsel di saku celana bagian belakang dapat mempengaruhi rasa nyeri pada kaki dan bokong karena radiasi pada ponsel ini mengenai saraf siatikatik atau serat yang berhubungan dengan sistem saraf pusat.

Facebook Comments

Baca Juga