Berbagai Jenis Dan Macam Sambal Yang Ada Di Indonesia

    Kuliner

Orang yang memiliki lidah Indonesia, tentunya saat makan kurang lekap rasanya tanpa ditemai oleh sambal. Yup, sambal merupakan salah satu pelengkap dihampir semua jenis makanan di Indonesia. Makanan yang dicampur dengan sambal akan menambah rasa tersendiri, sensasi pedasnya membuat kita ketagihan untuk terus menyantapnya. Di Indonesia yang memiliki beraneka ragam suku dan budaya tentunya memiliki banyak jenis sambal dari berbagai daerah yang diracik dengan cara unik dan memiliki rasa yang unik dan khas pula. Berikut ini macam-macam sambal yang ada di Indonesia yang BlogUnik rangkum untuk kalian :

 

1. Sambal Matah

Photo via : dagelan.co

Sambal Matah ini merupakan sambal khas Bali yang rasanya enak dan segar. Rasa segar dari sambal ini terdapat karena bahan-bahan yang digunakan tidak ditumis melainkan mentah-mentah, maka dari itu dinamai sambal matah. Bahan-bahan untuk sambal matah ini yaitu bawang merah, cabe rawit, serai, jeruk, minyak goreng dan sedikit garam.

 

2. Sambal Bongkot

Photo via : Pinterest

Masih dari Bali, selain sambal matah ada juga sambal bongkot. Bongkot merupakan nama lain dari kecombrang. Sambal bongkot ini terbuat dari bunga kecombrang yang diiris tipis-tipis dan dicampur dengan cabai dan bawang merah. Sambal ini bisa dimakan bersama ayam atau ikan.

 

3. Sambal Tempoyak

Photo via : http://pedomanbengkulu.com

Tempoyak merupakan daging buah durian yang sudah di fermentasi. Sambal ini mungkin terdengar aneh tapi ternyata sambal ini banyak peminatnya lho. Cara membuat sambal ini yaitu fermentasi durian dalam toples yang tertutup rapat selama seminggu, setelah itu campurkan dengan sambal yang sudah diulek dan tumis. Rasa dari sambal ini pedas, asin, asam dan manis.

 

4. Sambal Belut

Photo via : http://resepkuliner23.blogspot.co.id

Sambal ini sangat enak ditemani dengan nasi. Sambal ini merupakan campuran dari belut yang sudah digoreng. Cara membuatnya yaitu bersihkan belut dan buang isi perutnya, setelah matang campurkan belut goreng tersebut dengan sambal yang sudah kamu buat. Sambal ini mirip dengan ayam penyet.

 

5. Sambal Roa

Photo via : https://id.tastemade.com

Sambal roa ini merupakan sambal dengan perpaduan suwiran daging ikan roa panggang yang dihaluskan dan disangrai, setelah itu dicampurkan dengan berbagai bumbu halus dan ditambah pelengkap bahan lainnya.

 

6. Sambal Petai

Photo via : http://www.windacarmelita.com

Buat kamu yang menyukai petai kalian bisa cobain sambal petai ini, sambal ini akan membuatmu ketagihan. Cara membuatnya yaitu haluskan cabai merah, bawang putih, cabai rawit, kemiri, sedikit gula dan garam setelah goreng dan tambahkan petai.

 

7. Sambal Kecap

Photo via : http://hujau.blogspot.com

Sambal kecap ini menggunakan bahan-bahan yang fresh tanpa perlu digoreng. Cara membuat sambal ini cukup mudah kalian hanya perlu tomat yang sudah diiris, bawang merah, cabe rawit, cabe hijau dan kecap manis. Sambal ini sangat enak jika ditemani dengan ayam atau ikan bakar, tak hanya itu saja bahkan tempe dan tahu goreng juga sangat nikmat.

 

8. Sambal Dabu-dabu

Photo via : http://sajiansedap.grid.id

Sambal satu itu merupakan sambal khas dari Manado, Sulawesi Utara. Sambal ini terbuat dari cabai merah, bawang merah, kemangi, cabai hijau, tomat, garam dan perasan jeruk nipis. Sambal ini mirip dengan sambal matah khas dari Bali.

 

9. Sambal Mangga

Photo via : https://www.vebma.com

Sambal satu ini menggunakan bahan utama mangga. Samabl ini terbilang cukup unik dari sambal-sambal lainnya. Sambal ini cocok didampingin dengan nasi dan daging. Cara membuatnya yaitu haluskan cabai merah, garam, gula merah dan terasi. Setelah itu masukkan mangga yang sudah di iris kecil-kecil. Rasa sambel ini agak asam manis karena buah mangga.

 

10. Sambal Tomat

Photo via : hipwee.com

Sambal tomat memang sering menjadi menu pelengkap ketika makan. Sambal ini memiliki rasa yang nikmat dan lezat jika dipadukan dengan lalapan. Smabl ini menggunakan tomat yang segar dan rasa pedas dari cabai.

 

11. Sambal Terasi

Photo via : http://resepku.info

Sambal terasi merupakan salah satu menu pelengkap makan yang banyak disukai orang-orang. Sambal ini pastinya selalu ada di rumah, karena sambal ini sangat cocok menemani ketika makanan. Selain itu baunya yang khas membuat kita tergoda untuk mencobanya.

 

12. Sambal Bawang

Photo via : https://www.tupperware.co.id

Samabl ini menjadikan bawang merah dan putih sebagai ciri khas utamanya. Rasa bawang putih yang kuat akan membuat rasanya pedasnya semakin keluar dan bawang merah menambah nikmat sambal ini. Sambal ini bisa dibilang cukup pedas, namun kamu pasti ketagihan.

 

13. Sambal Ijo

Photo via : http://tips-cara.info

Sambal satu ini banyak ditemui di restoran padang. Sambal ini terbuat dari cabe hijau, sambal ini memiliki rasa yang khas dan tidak terlalu pedas. Sambal ini cocok dipadukan dengan masakan padang yang bersantan.

 

14. Sambal Bajak

Photo via : https://cookingwithmamamiyuki.wordpress.com

Sambal ini mirip seperti sambal terasi yang memiliki rasa yang nempel di lidah. Sambal ini memiliki tekstur yang agak kasar namun mampu menggugah selera, sehingga kita ingin menyantapnya. Sambal ini sudah terkenal sebagai sambal khas nusantara.

 

15. Sambal Kacang

Photo via : http://laceandcoco.com

Samabl kacang merupakan salah satu jenis sambal yang terbuat dari kacang tanah yang digoreng dan ditambahkan cabe rawit. Sambal kacang ini cocok dipadukan dengan lontong dan sayuran yang direbus.

 

16. Sambal Colo-colo

Photo via : http://abdulromli.it.student.pens.ac.id

Sambal ini merupakan sambal khas Ambon, sambal ini terkenal pedas dan hampir semua masyarakat Ambon tidak pernah lepas dari sambal ini. Sambal ini sangat mudah dibuat bahan-bahannya sudah umum digunakan.

 

17. Sambal Embe

Photo via : bukalapak.com

Selain sambal bongkot dan sambal matah, Bali juga memiliki sambal embe. Sambal embe ini memiliki cita rasa tersendiri dan sangat cocok untuk menemani ketika makan. Sambal ini terbuat dari cabe rawit, bawang goreng, garam dan sedikit minyak yang di goreng.

 

18. Sambal Honje

Photo via : https://id.tastemade.com

Sambal honje merupakan sambal khas dari tanah Sunda yang terdapat di daerah Kec. Labuan Kab. Padeglang-Banten. Sambal ini wajib ada setiap acara makan-makan bersama pada saat kumpul Botram atau Bancakan selain itu juga ngaliwet makan bersama dengan nasi liwet.

 

19. Sambal Andaliman

Photo via : Pinterest

Sambal Andaliman adalah salah satu sambal pedas yang sering ditemui dan disajikan sebagai pendamping masakan Batak. Andaliman sendiri merupakan nama bumbu masakan yang berasal dari kulit liar buah dari tanaman citrus biasanya disebut merica batak.

 

20. Sambal Goang

Photo via : youtube

Sambal ini khas Tasikmalaya yaitu sambal goang. Sambal ini terbuat dari cabe rawit, bawang putih, garam dan kencur. Sambal ini selalu dikonsumsi dengan lalapan. Salah satu makanan yang populer disajikan dengan sambal goang adalah pepes, nasi tutug oncom dan ayam atau ikan goreng.

 

21. Sambal Kaluku

Photo via : http://www.dapoeryuyu.com

Sambal kaluku memiliki cita rasa yang sangat istimewa. Biasanya sambal ini dibuat untuk disajikan bersama Buras yang juga masakan asli Ujung Pandang. Sambal ini menggunakan bahan dasar ikan gabus sebagai pemicu citarasa utama. Sambal ini diracik dengan cabe rawit yang dicampurkan dengan parutan kelapa yang masih muda.

 

22. Sambal Bacang

Photo via : http://hanieliza.blogspot.co.id

Sambal Bacang merupakan sambal yang berasal dari daerah Palembang Sumatera Selatan. Bahan utama sambal ini adalah Bacang, yang merupakan salah satu jenis buah yang masih satu kerabat dengan mangga yang dikenal memiliki aroma yang wangi.

 

23. Sambal Parado

Photo via : https://resepbunda131.blogspot.com

Sambal parado merupakan sambal dengan rasa yang luar biasa pedas dengan potongan jeruk purut uyang yang memiliki rasa asam dan sedikit pahit namun rasanya sangat istimewa. Sambal ini sangat cocok di hidangkan dengan apapun itu.

 

24. Sambal Cibiuk

Photo via : https://uniek88.wordpress.com

Sambal Cibiuk merupakan salah satu sambal favorit di Jawa Barat tepatnya di Garut. Sambal ini memiliki rasa yang khas dengan perpaduan kencur dan terasi yang membuat semua orang ketagihan. Samabl ini cocok disantap dengan ayam.

 

25. Sambal Dadak

Photo via : http://resepneneku.blogspot.co.id

Sambal ini cukup terkenal di tanah Sunda. Rumah makan di Sunda biasanya selalu menyediakan resep sambal dadak ini sebagai pendamping masakan Sunda. Sambal ini memiliki citarasa pedas, sedikit manis dan segar.

 

26. Sambal Korek

Photo via : https://id.tastemade.com

Sambal korek bisa dibilang pedasnya nampol banget. Sambal ini bisa membuat kamu bercucuran keringat saat menyantapnya. Sambal ini terasa pedasnya apalagi ditambah dengan nasi yang masih ngebul dan tambahan ayam goreng.

 

27. Sambal Lingkung

Photo via : bukalapak.com

Sambal ini dibuat dengan bahan dasar ikan seperti ikan tenggiri, ikan belida, ikan berdaging putih dan lainnya. Sambal ini berbeda dari sambal pada umumnya yang menonjolkan rasa pedas, sambal ini justru memiliki rasa pedas yang tipis dan rasa gurih yang menonjol.

 

28. Sambal Tumpang

Photo via : http://blog-dapuribu.blogspot.co.id

Sambal tumpang merupakan olahan khas daerah Jawa Timur tepatnya sekitar Kediri. Sambal ini merupakan modifikasi sambal pecel, dimana bumbu yang digunakan untuk membuat sambal tumpang sama dengan bumbu untuk membuat sambal pecel ala Jawa Timur. Yang membedakannya hanya pada bahan intinya yaitu menggunakan tempe yang dihaluskan. Tempe yang digunakan adalah tempe yang busuk, bukan berarti yang sudah basi. Tetapi tempe yang terlalu lama di fermentasi.

 

29. Sambal Pencit

Photo via : Pinterest

Pencit merupakan sebutan untuk buah mangga muda bagi daerah di Jawa Timur, segarnya buah mangga muda ini sangat pas untuk dijadikan bahan campuran sambal. Rasa pedas dari sambal bercampur dengan rasa asam dari buah mangga muda ini.

 

30. Sambal Petis

Photo via : https://mangcook.com

Sambal satu ini biasanya dijadikan cocolan untuk gorengan tahu ataupun tempe . Sambal ini memiliki rasa yang enak dan pedas. Sambal petis ini terbuat dari bahan dasar cabe yang dipadukan dengan petis. Petis sendiri memang sudah sangat terkenal di pulau Jawa.

 

31. Sambal Peda

Photo via : https://www.omiyago.com

Sambal ini memiliki rasa asin, manis gurih, segar dan aroma yang mampu menggugah selera. Peda sendiri merupakan sejenis ikan laut yang sudah melalui proses pengasinan, maka dari itulah sambal ini terasa asin dan gurih.

Recent search terms:

Advertisements
Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >