Berbagai Kelebihan Orang Kidal Dibandingkan Orang Normal

1 minggu lalu

Mayoritas masyarakat Indonesia lebih banyak menggunakan tangan kanan. Karena menggunakan tangan kanan mencirikan kesopanan. Hal-hal yang baik dilakukan oleh tangan kanan, dan hal-hal yang tidak baik ataupun jorok dilakukan oleh tangan kiri. Maka dari itu, tak jarang mereka yang memiliki kebiasaan menggunakan tangan kiri atau biasa disebut kidal merasa malu. Bahkan jika seseorang memakai tangan kiri untuk makan ataupun bersalaman akan dianggap tidak sopan. Selain itu alasan seseorang menggunakan tangan kiri saja masih menjadi sebuah misteri, jadi jangan dulu berpikiran negatif dengan orang kidal.

Perlu kalian ketahui guys, menjadi kidal itu bukan berarti orang tersebut cacat. Pasalnya tak jarang masyarakat Indonesia menganggap rendah orang kidal. Meski hanya 12 persen dari seluruh populasi di dunia adalah orang kidal, tapi kamu tidak boleh meremehkan mereka karena sebetulnya orang-orang ini adalah orang-orang yang istimewa lho!

Mungkin banyak diantara kalian yang kini mengagumi orang-orang yang bertangan kidal. Gak heran sih, pasalnya sebagai orang yang istimewa, mereka yang kidal ternyata memiliki berbagai kelebihan dibanding dengan orang yang menggunakan tangan kanan lho! Penasaran apa saja kelebihan orang kidal? Check it out guys!

1. Orang kidal biasanya lebih pintar

Berbagai Kelebihan Orang Kidal Dibandingkan Orang Normal - Orang kidal biasanya lebih pintar

photo via : www.thestreet.com

Mereka yang kidal tampaknya sebagian besar merupakan orang-orang yang sangat cerdas. Mereka mampu menangani ilmu matematika dan arsitektur. Ilmuwan Dr Alan Searleman dari St Lawrence University menemukan bahwa lebih banyak orang kidal yang memiliki IQ di atas 140 dibanding orang normal.

Selain itu, orang kidal juga memiliki kemungkinan lebih besar untuk menjadi jenius. Hal ini terbukti karena setelah melakukan survei dari sebuah organisasi yang beranggotakan orang dengan IQ tertinggi di dunia. Terdapat 20% anggota organisasi yang merupakan orang kidal.

Dan kita juga tak bisa memungkiri jika orang-orang cerdas yang terkenal didunia ini seperti Albert Einstein, Isaac Newton, Benjamin Franklin, Charles Darwin dan Bill Gates adalah orang-orang yang bertangan kidal. Dan itu adalah bukti nyata guys!

2. Orang kidal lebih kreatif

Berbagai Kelebihan Orang Kidal Dibandingkan Orang Normal - Orang kidal lebih kreatif

 

photo via : www.istockphoto.com

Gara-gara didominasi oleh otak kanan, orang kidal biasanya jauh lebih kreatif dibanding dengan orang-orang bertangan kanan biasanya. Pasalnya otak kiri fungsinya mengatur hal-hal yang berhubungan dengan logika, sedangkan otak kanan mengatur hal-hal yang abstrak seperti seni, bahasa, musik, dan emosi. Selain itu, orang yang bertangan kidal menurut hasil penelitian yang dimuat di american journal of psychology menunjukkan bahwa otak mereka memiliki kemampuan berfikir divergen. Artinya mereka mampu memikirkan alternatif solusi lain ketika berhadapan dengan suatu masalah. Itu lah sebabnya orang kidal lebih kreatif dari pada orang biasa. banyak dari mereka yang menjadi seniman, musisi dan pandai di bidang arsitektur.

3. Lebih baik dalam olahraga

Berbagai Kelebihan Orang Kidal Dibandingkan Orang Normal - Lebih baik dalam olahraga

photo via : http://www.zimbio.com

Walaupun tidak ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa orang kidal pasti lebih jago berolahraga, namun kita tidak bisa menampik jika banyak atlet olahraga yang terkenal dan berprestasi adalah seorang kidal. Sebut saja seperti legenda golf Phil Mickelson, juara Tennis Rafael Nadal, juara Tinju Oscar de la Hoya bahkan legenda bulu tangkis asal China Lin Dan. Orang kidal disebut cenderung lebih atletis, memiliki kesadaran yang lebih spesial dan berfikir lebih cepat. Para pemain yang kidal pasti akan mudah dikenal oleh penggemarnya dan memiliki banyak fans.

4. Ingatan yang lebih baik

Berbagai Kelebihan Orang Kidal Dibandingkan Orang Normal - Ingatan yang lebih baik

photo via : www.neuropsychologue-dieppe.com

Studi menunjukkan bahwa memori yang dimiliki orang bertangan kidal mempengaruhi kemampuan ingatan yang lebih baik daripada orang normal. Terutama untuk memanggil ingatan kembali (recall memory).

5. Multitasking

Berbagai Kelebihan Orang Kidal Dibandingkan Orang Normal - Multitasking

photo via : www.medicalnewstoday.com

Kelebihan yang dimiliki orang kidal ialah di mana mereka memiliki kemampuan otak yang lebih cepat dari orang normal. Dan ini mempengaruhi adanya kebiasaan multitasking yang dimiliki orang kidal. Para peneliti menemukan bahwa percakapan antara otak kiri dan kanan terjadi lebih cepat ada orang kidal dan semakin dominan otak kiri akan semakin baik untuk multi-tasking.

6. Mampu mengetik lebih cepat

Berbagai Kelebihan Orang Kidal Dibandingkan Orang Normal - Mampu mengetik lebih cepat

photo via : www.techadvisor.co.uk/

Sebuah studi menemukan fakta bahwa orang kidal mampu mengetik jauh lebih cepat. Dengan keyboard QWERTY standar, mereka mampu menghasilkan 3400 kata hanya dengan menggunakan tangan kiri. Sebagai perbandingan, orang tidak kidal hanya mampu mengetik 450 kata dengan tangan kanan.

7. Lebih jago bermain game

Berbagai Kelebihan Orang Kidal Dibandingkan Orang Normal - Lebih jago bermain game

photo via : thetechreviewer.com

Orang kidal ternyata punya respon yang lebih cepat terhadap rangsangan disekelilingnya. Karena kemampuan respon yang cepat ini orang kidal memiliki potensi lebih baik dalam bermain game. Mereka juga punya gerak stumulus yang lebih baik, jadi gak heran kalau mereka lebih jago main game.

8. Mampu memproses suatu rangsangan lebih cepat

Berbagai Kelebihan Orang Kidal Dibandingkan Orang Normal - Mampu memproses suatu rangsangan lebih cepat

photo via : www.scientificamerican.com

Dari hasil penelitian yang dilakukan tahun 2005 lalu oleh Universitas Australia, menunjukkan bahwa orang kidal mampu menggunakan hemisfer otak bagian kanan dan bagian kiri sekaligus saat memproses suatu informasi. Dengan kemampuan bekerja secara berbarengan tersebut, otak orang kidal mampu berkerja lebih cepat. Sedangkan orang normal, otak bagian kanan dan bagian kiri bejerja secara bergantian, sehingga rangsangan akan lebih lama di proses.

9. Mendengar lebih baik

Berbagai Kelebihan Orang Kidal Dibandingkan Orang Normal - Mendengar lebih baik

photo via : http://www.goodchoicesgoodlife.org

Orang dengan tangan kidal disebut lebih akurat dalam mendengarkan perubahan suara yang terjadi dengan cepat dan sering. Penelitian menemukan bahwa orang dengan kecenderungan otak kanan dan kiri memiliki spesialiasasi mendengarkan yang berbeda pada tipe suara dan efeknya. Artinya, orang kidal yang lebih terhubung dengan bagian kanan otak mampu mendengar perubahan suara lebih baik daripada orang normal.

10. Mampu melihat dalam air lebih baik

Berbagai Kelebihan Orang Kidal Dibandingkan Orang Normal - Mampu melihat dalam air lebih baik

photo via : www.imagenesmi.com

Salah satu keuntungan menjadi orang kidal adalah mampu menyesuaikan diri lebih mudah di dalam air. Jika orang kidal hobi berenang, mereka akan bisa lebih cepat melihat di dalam air. Walaupun alasannya masih misteri namun peneliti berpikir ini ada hubungannya dengan dominasi otak si kidal.

11. Pembuat keputusan yang baik

Berbagai Kelebihan Orang Kidal Dibandingkan Orang Normal - Pembuat keputusan yang baik

photo via : www.patheos.com

Keuntungan lain dari menjadi orang kidal adalah bahwa mereka bisa membuat keputusan yang lebih baik. Menurut para ilmuwan, orang kidal tertarik meluangkan waktu mereka untuk melakukan sesuatu yang baru dan mereka tak kenal dan pahami. Dan saat itu, mereka cenderung akan memikirkan konsekuensinya. Ini membuat mereka menjadi pengambil keputusan yang lebih baik.

12. Mampu mempekerjakan kedua tangannya dengan baik

Berbagai Kelebihan Orang Kidal Dibandingkan Orang Normal - Mampu mempekerjakan kedua tangannya dengan baik

photo via : docplayer.biz.tr

Karena sering dianggap tidak normal, orang dengan tangan kidal sering dipaksa menggunakan tangan kanan agar terlihat lebih sopan. Hasilnya, tak jarang orang kidal yang akhirnya mampu menggunakan kedua tangannya dengan sama baik. Orang-orang ini disebut sebagai ambidexterous, dan bahkan lebih langka lagi populasinya di seluruh dunia.

13. Orang-orang kidal memiliki hari perayaan

Berbagai Kelebihan Orang Kidal Dibandingkan Orang Normal - Orang-orang kidal memiliki hari perayaan

photo via : /www.onlarissa.gr

Jangan malu jika kamu adalah seorang yang bertangan kidal. Karena walaupun hanya kelompok minoritas, namun mereka yang kidal tentu dianggap spesial oleh banyak orang. Maka dari itu, setiap 13 Agustus orang-orang kidal di seluruh dunia merayakan International Lefthanders Day. Perayaan ini dimulai sejak 1976 untuk mempromosikan kesadaran ketidaknyamanan menjadi seorang kidal di dunia yang didominasi para pengguna tangan kanan.

Ada sebanyak 7-10 persen orang kidal di dunia saat ini. Salah satu negara yang paling banyak merayakan event orang kidal adalah Britania Raya dengan 20 event setiap tahun termasuk event atletis, adaptasi, dan kreativitas.

Facebook Comments

Baca Juga