Berbagai Persiapan Yang Diperlukan Agar Mudik Lebaranmu Lancar

2 minggu lalu

Mudik merupakan salah satu tradisi masyarakat di Indonesia yang dilakukan menjelang lebaran, mudik ini dilakukan untuk kembali ke kampung halaman untuk merayakan lebaran. Mudik ini dilakukan khususnya bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar dan biasanya mudik ini dilakukan beberapa hari sebelum lebaran. Hal ini dikarenakan perjalanan yang ditempuh sangat jauh dan juga memakan waktu yang cukup lama, karena itu diperlukan beberapa persiapan yang matang agar perjalanan selama mudik lancar, nyaman dan aman. Berikut ini berbagai persiapan yang diperlukan agar mudik lebaranmu lancar

1. Perencanaan Waktu

Berbagai Persiapan Yang Diperlukan Agar Mudik Lebaranmu Lancar - Perencanaan Waktu

Photo via : http://shriramfinance.in/

Pertama-tama kamu harus memilih waktu mudik yang tepat untuk menghemat dana dan juga memberikan rasa nyaman. Jika kamu memilih untuk menggunakan kendaraan umum seperti bus, pesawat, kereta api atau kapal, adabaiknya kamu memesan tiket keberangkatan dan kepulangan jauh hari sebelumnya. Karena jika kamu membelinya terlalu dekat dengan hari H maka bisa dipastikan harga tiketnya akan jauh lebih mahal.

2. Merencanakan Budget Mudik

Berbagai Persiapan Yang Diperlukan Agar Mudik Lebaranmu Lancar - Merencanakan Budget Mudik

Photo via : http://ccsnl.ca

Meskipun kamu berkesempatan untuk pulang mudik ke kampung halaman, bukan berarti kamu harus menghamburkan uang dan isi tabunganmu. Sebelumnya, ada baiknya kamu membuat daftar anggaran biaya yang nantinya akan kamu keluarkan selama mudik. Seperti tiket untuk pulang-pergi, biaya bensin, budget untuk oleh-oleh dan uang saku untuk keluarga di kampung. Kamu juga harus mengingat dan tidak perlu memaksakan kebutuhan yang sebenarnya tidak bisa dipenuhi.

3. Jangan Membawa Barang Terlalu Banyak

Berbagai Persiapan Yang Diperlukan Agar Mudik Lebaranmu Lancar - Jangan Membawa Barang Terlalu Banyak

Photo via : https://www.arah.com

Perjalanan yang jauh terkadang membuat kita ingin membawa semua isi rumah mudik lebaran tapi hal ini justru membuat perjalanan kurang nyaman dan membuat kita semakin repot. Selain itu, kita juga harus mengeluarkan uang tambahan yang tidak sedikit untuk membayar jasa pengangkut barang atau porter. Tapi jika memang mengharuskan kamu bisa menggunakan jasa pengiriman kilat untuk mengirim sebagian barang tersebut.

4. Persiapkan Kondisi Fisik

Berbagai Persiapan Yang Diperlukan Agar Mudik Lebaranmu Lancar - Persiapkan Kondisi Fisik

Photo via : https://hellosehat.com

Mungkin karena saking semangatnya kamu menyiapkan persiapan untuk mudik, kamu jadi lupa menjaga kondisi kesehatan sehingga kamu terserang penyakit karena kelelahan. Meskipun kamu disibukkan dengan berbagai macam persiapan mudik kamu juga harus menjaga kondisi badan agar tetap sehat. Perjalanan yang akan kamu lalui akan panjang selama mudik sehingga kamu memerlukan tenaga yang fit ketika saat mudik, kamu juga tidak mau kan perjalanan mudik kamu terganggu karena kamu terserah penyakit?

5. Periksa Kondisi Kendaraan

Berbagai Persiapan Yang Diperlukan Agar Mudik Lebaranmu Lancar - Periksa Kondisi Kendaraan

Photo via : http://autoglobemagz.com

Jika kamu memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi, kamu harus memeriksa kondisi kendaraan terlebih dahulu. Lakukan pengecekan mobil atau motor di bengkel-bengkel terdekat. Kondisi kendaraanmu merupakan faktor terpenting dan paling berpengaruh pada keselamatan diri dan juga keluarga. Jika kamu mudik menggunakan mobil pastikan untuk memeriksa mesin, accu, lampu, radiator, rem, oli, ban, air bag dan juga roda. Untuk kamu yang mudik menggunakan motor periksalah ban, rem, mesin dan oli.

6. Persiapkan Peralatan Darurat

Berbagai Persiapan Yang Diperlukan Agar Mudik Lebaranmu Lancar - Persiapkan Peralatan Darurat

Photo via : https://www.carmudi.co.id

Selain mempersiapkan kondisi dan juga kendaraan yang pria, kamu juga harus mempersiapkan peralatan darurat yang nantinya bisa saja kamu perlukan ketika diperjalanan. Peralatan darurat ini wajib ada disetiap kendaraan dan biasanya disimpan dalam bagasi. Peralatan darurat ini seperti kunci ban, segitiga pengaman, dongkrak, ban cadangan dan tak lupa juga dengan kotak P3K.

7. Peta Perjalanan

Berbagai Persiapan Yang Diperlukan Agar Mudik Lebaranmu Lancar - Peta Perjalanan

Photo via : https://mashable.com

Peta menjadi salah satu hal yang wajib dibawa selama berkendara, namun karena semakin berkembangnya teknologi saat ini peta sudah berkembang menjadi fitur global positioning systeem (GPS) yang biasanya ada di dalam kendaraan sendiri atau di smartphone. Jika kamu menggunakan smartphone ada baiknya kamu membawa powerbank agar batrei ponsel tercukupi selama perjalanan. Namun jika kamu memiliki peta bawa saja untuk mengantisipasi salah rute perjalanan.

8. Hindari Mengangkut Penumpang Berlebihan

Berbagai Persiapan Yang Diperlukan Agar Mudik Lebaranmu Lancar - Hindari Mengangkut Penumpang Berlebihan

Photo via : https://www.inews.id

Demi keselamatan bersama dan kenyamanan sebaiknya hindari mengangkut beban atau orang yang melebihi kapasitas kendaraan. Pada dasarnya setiap kendaraan yang ada sudah dirancang untuk mengangkut beban dan orang sesuai dengan kapasitasnya masing-masing. Tapi jika melebihi kapasitas maka keselamatan para penumpang menjadi taruhannya. Jika mobil berkapasitas 7-8 orang jangan digunakan untuk mengangkut 10 orang atau lebih dan begitu juga jika mudik menggunakan sepeda motor, motor yang seharusnya mengangkut 2 orang jangan sampai mengangkut 3-4 orang. Selain karena kenyamanan terganggu, berbahaya juga bagi para penumpang dan pengendara lainnya.

9. Membawa Makanan dan Minuman Yang Cukup

Berbagai Persiapan Yang Diperlukan Agar Mudik Lebaranmu Lancar - Membawa Makanan dan Minuman Yang Cukup

Photo via : https://katadata.co.id

Mudik identik dengan kemacetan di sepanjang jalan baik itu di tol maupun di jalan yang panjang atau kecil yang menjadi jalur mudik. Untuk itu ada baiknya membawa persediaan makanan dan minuman yang cukup. Karena kemungkinan kalian akan terjebak dalam kemacetan yang mungkin bisa menghabiskan waktu berjam-jam lamanya.

10. Patuhi Peraturan Lalu Lintas

Berbagai Persiapan Yang Diperlukan Agar Mudik Lebaranmu Lancar - Patuhi Peraturan Lalu Lintas

Photo via : http://mediaindonesia.com

Demi keselamatan semua dan kebaikan semua sebaiknya kamu mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan berkendalah sesuai dengan kecepatan normal. Tidak ada untungnya jika kamu kebut-kebutan dijalan apalagi jika kamu mengendarakan kendaraan zig-zag atau salip-kanan salip-kiri. Parahnya lagi jika kamu berani menerobos lampu merah, dimana nantinya akan membahayakan keluarga kamu sendiri dan pengguna jalan lainnya. Ingatlah keluarga di kampung yang menantimu datang dengan keadaan selamat.

11. Istirahat Jika Kelelahan

Berbagai Persiapan Yang Diperlukan Agar Mudik Lebaranmu Lancar - Istirahat Jika Kelelahan

Photo via : https://pontas.id

Perjalanan yang memakan waktu berjam-jam dan ditambah dengan kemacetan yang terjadi di sepanjang jalan membuat badan merasa lelah. Jika sudah merasa lelah jangan paksakan diri untuk berkendara terus. Baiknya kamu mengambil waktu sejenak untuk beristirahat di tempat peristirahatan terdekat. Terus lanjutkan perjalananmu ketika kondisi badan kamu sudah kembali fit, tanamkan prinsip berkendara yang aman dan nyaman dengan beristirahat yang cukup.

12. Utamakan Keselamatan

Berbagai Persiapan Yang Diperlukan Agar Mudik Lebaranmu Lancar - Utamakan Keselamatan

Photo via : http://rsa.or.id

Terakhir, saat mudik kita sering sekali mendengar adanya kecelakaan di perjalanan. Salah satu faktor yang menyebabkan ini terjadi yaitu kelalaian pengendaranya sendiri yang kurang hati-hati. Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan sebaiknya kita mengutamakan keselamatan, tidak ada gunanya ugal-ugalan atau kebut-kebutan di jalan karena hal ini akan merugikan diri sendiri, keluarga yang kita bawa dan orang lain yang menggunakan jalan. Utamakanlah keselamatan dan kenyaman pada saat kamu memilik untuk mudik dengan kendaraan pribadi, pelan-pelan asal selamat.

Facebook Comments

Baca Juga