Profil dan Biodata Lengkap Shahrukh Khan

2 minggu lalu, by blogunik

biodata Shahrukh Khan

0

Shahrukh Khan atau yang dikenal dengan SRK adalah seorang pemeran film, produser dan pembawa acara asal India. Shahrukh Khan sendiri sangat populer sehingga ia disebut juga sebagai “King of Bollywood”, “Baadshah of Bollywood” atau “King Khan”. Hal ini dikarena karena ia sudah tampil di dalam 80 film Bollyood dan meraih sederet penghargaan. Ia sendiri juga memiliki jumlah penggemar yang fantastis di Asia dan diaspora India di seluruh dunia. Tak hanya itu saja, Shahrukh Khan juga menjadi salah satu bintang film paling sukses di dunia dalam hal jumlah audien dan pemasukan.

Pada awalnya ia memulai karirnya di beberapa serial televisi pada akhir 1980-an dan ia membuat debut Bollywoodnya pada tahun 1992 dengan film “Deewana”. Pada awal karirnya ia dikenal memerankan peran-peran jahat, lalu naik membintangi sejumlah film percintaan seperti Dil To Pagal Hai, Kuch Kuch Hota Hai, Mohabbatein dan Kabhi Kushi Kabhie Gham.

Kemudian pada tahun 2015, ia menjadi salah satu ketua dari perusahaan produksi perfilman bernama Red Chillies Entertainment dan subsider-subsidernya dan salah satu pemilik dari tim kriket Loga Primer India Kolkata Knight Riders. Media sering menyebutkan “Brand SRK” karena beberapa pendutaan dan pabean kewirausahaannya. Shahrukh Khan juga giat tampil dalam daftar-daftar tokoh paling berpengaruh dalam budaya India. Pada tahun 2017, ia menjadi pemeran bayaran tertinggi kedelapan di dunia dan berbayaran tertinggi di India menurut Forbes.

Shahrukh Khan lahir pada 2 November 1965 di sebuah keluarga muslim di New Delhi. Ia sendiri dibesarkan di kawasan Rajendra Nagar, Delhi. Ayahnya memiliki beberapa pabean usaha yang meliputi sebuah restoran dan keluarganya tinggl dalam kehidupan kelas menengah di rumah susun sewaan. Khan sendiri masuk sekolah di St. Columba di Delhi. Di masa mudanya ia berakting dalam drama-drama panggung dan meraih pujian atas peniruannya dari para pemeran Bollywood. Khan juga masuk Kolese Hansraj untuk meraih gelar sarjana di bidang ekonomi namun ia lebih banyak menjalani waktunya di Theatre Action Group (TAG), Delhi. Setelah Hansraj, ia mulai belajar untuk gelar master dalam bidang Komunikasi Massa di Jamia Millia Islamia, namun berhenting untuk melanjutkan karir aktingnya. Tak hanya itu saja, ia juga masuk ke Sekolah Drama Nasional di Delhi saat karir awalnya di Bollywood.

Anggota Keluarga Shahrukh Khan

Pada tahun 1991, Shahrukh Khan menikah dengan kekasihnya bernama Gauri Kali Chibber yang merupakan seorang Hindu Punjabi. Mereka menikah setelah menjalin hubungan selama enam tahun lamanya. Meskipun karirnya saat ini sedang bersinar, ia tidak pernah lupa pada tanggung jawabnya sebagai kepala keluarga. Hal ini dibuktikan dengan hubungan harmonis rumah tangganya yang jauh dari isu-isu miring. Nah, buat kalian yang ingin mengenal anggota keluarga Shahrukh Khan berikut ini informasi mengenai mereka.

Istri Shahrukh Khan – Gauri Kali Chibber

Gauri Kali Chibber - istri Shahrukh Khan

Gauri Kali Chibber – istri Shahrukh Khan | Photo via instagram.com/gaurikhan

Istri Shahrukh Khan sendiri bernama Gauri Kali Chibber dan kini telah menjadi Gauri Khan. Gauri sendiri lahir pada tanggal 6 Oktober 1970 dan ia sendiri berprofesi sebagai produser film dan desainer. Gauri sendiri pertama kali bertemu dengan Shahrukh Khan sekitar tahun 1984. Setelah menjalin hubungan selama beberapa tahun lamanya, mereka pun memutuskan untuk menikah. Shahrukh Khan dan Gauri Khan menikah pada tanggal 25 Oktober 1991. Keduanya diketahui memiliki kepercayaan yang berbeda, Shahrukh Khan adalah seorang muslim dan Gauri adalah seorang Hindu. Meskipun mereka memiliki perbedaan, namun hal itu bukanlah suatu kendala. Buktinya mereka bisa melewati semuanya tanpa ada kabar yang kurang menyenangkan terkait rumah tangga mereka.

Anak Shahrukh Khan

Dari kehidupan pernikahan Shahrukh Khan dan Gauri, mereka telah dikaruniai 3 orang anak yaitu Aryan Khan, Suhana Khan dan Abram Khan.

  • Aryan Khan

    Aryan Khan - anak Shahrukh Khan

    Aryan Khan – anak Shahrukh Khan | Photo via instagram.com/___aryan___

    Anak pertama bernama Aryan Khan, Aryan adalah putra tertua yang lahir pada 13 November 1997. Dimana Aryan memilih untuk belajar di luar negeri dan ia tercatat sebagai siswa di Sevenoaks School, London, Inggris. Setelah itu ia melanjutkan berkuliah di University of Southern California, Los Angeles, Amerika Serikat. Siapa yang menyangka jika Aryan ternyata pernah bermain film waktu kecil, ia pernah membintangi film berjudul Kabhi Khushi Kabhi Gham dan berperan sebagai Rahul kecil.

  • Suhana Khan

    Suhana Khan - anak Shahrukh Khan

    Suhana Khan – anak Shahrukh Khan | Photo via instagram.com/suhana_khan_officiall

    Kemudian pada tahun 2000 Shahrukh Khan dan Gauri kembali dikaruniai seorang anak perempuan bernama Suhana Khan. Suhana sendiri lahir pada tanggal 22 Mei dan ia tumbuh menjadi anak perempuan tangguh yang hobi sepak bola. Suhana sendiri bersekolah di Dhirubhai Ambani International School, Mumbai. Suhana sendiri juga ternyata pernah menjadi kapten tim sepak bola U-14. Tak hanya itu saja, Suhana juga berbakat dalam bidang tulis menulis dan ia pernah tercatat mememangkan lomba menulis tahunan Katha National Story Writing Competition.

  • Abram Khan

    Abram Khan - anak Shahrukh Khan

    Abram Khan – anak Shahrukh Khan | Photo via instagram.com/iamabramk

    Berjarak 13 tahun tepatnya pada tahun 2013, Shahrukh Khan dan Gauri kembali dikaruniai anak ke tiga bernama Abram Khan. Kelahiran putranya ini sempat membuat publik heboh lantaran Abram dilahirkan melalui ibu pengganti.

Biodata Lengkap Shahrukh Khan

Shahrukh Khan

Photo via instagram.com/iamsrk

Nama Lengkap : Shah Rukh Khan
Nama Panggung : Shahrukh Khan
Tempat Tanggal Lahir : New Delhi, 2 November 1965
Kewarganegaraan : India
Ayah Shahrukh Khan: Muhammad Mir Taz
Ibu Shahrukh Khan: Fatimah Begum
Istri Shahrukh Khan : Gauri Chibber
Anak Shahrukh Khan : Aryan Khan, Suhana Khan dan Abram Khan
Profesi : Aktor, produser film, pembawa acara
Tahun Aktif : 1988 – sekarang
Pendidikan : St. Columba’s School, Hansraj College, New Delhi University
Zodiak : Scorpio
Media Sosial : @iamsrk

Karir Shahrukh Khan

Film Yang Pernah Di Perankan Shahrukh Khan

1992 – Deewana
1992 – Raju Ban Gaya Gentlement
1993 – Baazigar
1993 – Darr
1993 – Kabhi Haan Kabhi Naa
1994 – Anjaam
1995 – Guddu
1995 – Karan Arjun
1995 – Dilawale Dulhania Le Jaygenge
1997 – Koyla
1997 – Yes Boss
1997 – Pardes
1997 – Dil To Pagal hai
1998 – Duplicate
1998 – Dil Se
1998 – Kuch Kuch Hota Hai
1999 – Baadshah
2000 – Phir Bhi Dil Hai Hindustani
2000 – Josh
2000 – Mohabbatein
2001 – One 2 Ka 4
2001 – Asoka
2001 – Kabhi Kushi Kabhie Gham
2002 – Hum Tumhare Hain Sanam
2002 – Devdas
2003 – Chalte Chalte
2003 – Kal Ho Na Hoo
2004 – Main Hoon Na
2004 – Yeh Lamhe Judaai Ke
2004 – Veer-Zaara
2004 – Swades
2005 – Paheli
2006 – Kabhi Alvida Naa Kehna
2006 – DON
2007 – Om Shanti Om
2008 – Rab Ne Bana Di Jodi
2009 – Billu Barber
2010 – My Name is Khan
2011 – One
2011 – DON2
2012 – Jab Tak Hai Jaan
2013 – Chennai Express
2014 – Happy New Year
2015 – Dilwale
2016 – FAN

Film Yang Pernah Diproduserin Shahrukh Khan

2000 – Phir Bhi Dil Hai Hindustani
2001 – Asoka
2003 – Chalte Chalte
2004 – Main Hoon Na
2005 – Kaal
2005 – Paheli
2007 – Om Shanti Om
2009 – Billu
2011 – Always Kabhi Kabhi
2011 – One

Foto-foto Shahrukh Khan

Shahrukh Khan

Photo via instagram.com/iamsrk

Shahrukh Khan

Photo via instagram.com/iamsrk

Shahrukh Khan

Photo via instagram.com/iamsrk

Shahrukh Khan

Photo via instagram.com/iamsrk

Shahrukh Khan

Photo via instagram.com/iamsrk

Shahrukh Khan

Photo via instagram.com/iamsrk

Shahrukh Khan

Photo via instagram.com/iamsrk

Shahrukh Khan

Photo via instagram.com/iamsrk

Shahrukh Khan

Photo via instagram.com/iamsrk

0
Artikel Terkait