Deretan Cap Buruk Indonesia di Mata Dunia

3 minggu lalu, by blogunik

Terlahir sebagai warga negara Indonesia tentu sangat membanggakan. Tidak ada warga Indonesia yang tidak bangga dengan negara tempatnya terlahir. Pasalnya Indonesia memiliki keberagaman seni dan budaya serta kekayaan alam yang melimpah yang tidak dimiliki di negara lain. Indonesia juga memiliki ribuan tempat wisata yang eksotis dan memanjakan mata. Bahkan hanya di Indonesia, kamu akan menemukan berbagai kuliner yang berbeda-beda dari sabang sampai merauke. Nggak heran banyak wisatawan yang ingin mengunjungi Indonesia dan menikmati berbagai pesona yang terjadi di Indonesia. Apalagi warga Indonesia dikenal sebagai warga yang ramah dan murah senyum, sehingga wisatawan betah berlama-lama berlibur di negara kita ini.

Namun Indonesia tidaklah sesempurna yang kita sebutkan tadi guys. Seperti yang kita tahu, ada saja hal-hal yang kerap membuat kita sedih dan juga marah karena kelakuan oknum-oknum tidak bertanggung yang sayangnya juga merupakan warga Indonesia. Pasalnya, karena oknum-oknum tidak bertanggung jawab inilah, Indonesia yang dulunya dikenal sebagai negara yang menakjubkan dengan segala ramah tamah yang membuat turis terpesona, akhirnya sering dicap dengan hal-hal yang buruk.

Bahkan menurut sebuah penelitian, yang dikutip melalui Kompas.com, mengatakan bahwa, saat pasar-pasar wisatawan mancanegara yang ingin berkunjung ke Indonesia, mereka lebih dulu akan mencari Informasi melalui Google. Kemudian, ketika mendapatkan informasi di mesin pencari Google, mereka justru mendapat cerita-cerita negatif tentang Indonesia. Hal ini membuktikan kalau banyak cap buruk Indonesia yang tersebar melalui media maya di Mancanegara. Mau tau apa saja cap buruk Indonesia di mata Dunia? Berikut ulasannya!

1. Negara yang banyak koruptornya

Deretan Cap Buruk Indonesia Di Mata Dunia

photo via change.org

Cap buruk Indonesia di mata dunia pertama adalah Indonesia di cap sebagai negara yang dihuni oleh banyak koruptor. Hal ini dikarenakan akan banyaknya kasus korupsi yang terjadi di Indonesia. Baik dalam lingkup pemerintahan maupun dalam masyarakatnya sendiri. Tidak sekali dua kali kita melihat berita korupsi yang menjadi viral dikalangan masyarakat Indonesia bahkan mancanegara, sebut saja seperti kasus korupsi E-KTP yang melibatkan Setya Novanto yang membuat masyarakat Indonesia menjadi marah.

Tak hanya itu, kasus korupsi skala kecil juga kerap terjadi dikalangan masyarakat, seperti yang kita tahu, tidak sekali dua kali wisatawan asing yang masuk ke Indonesia harus memberikan uang ekstra kepada petugas pemerintahan seperti kantor imigrasi, atau saat berurusan dengan pihak berwajib. Belum lagi dengan pemberitaan tentang korupsi Indonesia yang meluas hingga media luar negeri. Tentu saja hal ini memberikan cap buruk pada negara Indonesia.

2. Negara dengan warga pemalas

Deretan Cap Buruk Indonesia Di Mata Dunia

photo via waspada.co.id

Malas adalah salah satu cap buruk yang melekat pada penduduk Indonesia dimata dunia. Kenapa penduduk Indonesia di cap pemalas? Hal ini dikarenakan kebanyakan penduduk Indonesia adalah pengabdi jam karet alias sering datang terlambat. Tidak hanya itu, orang-orang asing di luar sana juga menganggap orang Indonesia begitu malas karena membuang sampah sembarangan. Habis makan disuatu tempat, sampah makanannya tidak langsung dibersihkan tapi ditinggal begitu saja.

Sifat malas orang Indonesia juga tercermin dari foto-foto yang beredar diinternet, dimana memperlihatkan banyak pejabat-pejabat pemerintahan yang malah tertidur saat rapat. Nggak heran kenapa negara tetangga kerap menjuluki Indonesia sebagai negara dengan penduduk termalas.

3. Negara yang tidak tertib dan tidak suka antri

Deretan Cap Buruk Indonesia Di Mata Dunia

photo via merdeka.com

Guys, coba deh perhatikan, apakah saat upacara bendera di sekolah, teman-temanmu bisa berbaris dengan tertib? Pasti ada saja teman-teman yang membuat barisan terlihat tidak tertib. Itu adalah contoh kecil dimana orang Indonesia susah untuk dapat tertib.

Lebih parahnya lagi adalah masalah ketidak tertiban yang sering terjadi di jalan raya yang akhirnya membuat jalanan menjadi macet. Pengendara tidak mau mematuhi rambu-rambu lalu lintas, asal potong jalan yang membuat jalan menjadi semrawut dan tambah macet karena tak ada yang mau mengalah, belum lagi ada yang naik ke trotoar agar terhindar dari kemacetan yang semakin membuat Indonesia di cap buruk oleh negara lain.

Bukan hanya di jalan raya, masalah ketidak tertiban juga melekat pada penduduk Indonesia ketika mengantri sesuatu. Seperti mengantri di antrian loket, mengantri saat di kasir dll, kebanyakan orang Indonesia ingin dilayani terlebih dahulu sehingga banyak yang nyerobot sana-sini agar dirinya tak mengantri terlalu lama. Jika kalian salah satu dari orang yang tidak bisa tertib, maka segera ubah kebiasaan tersebut, karena hal inilah yang melekat pada warga Indonesia dan menjadi cap buruk Indonesia di mata dunia.

4. Negara yang dipenuhi dengan orang-orang arogan

Deretan Cap Buruk Indonesia Di Mata Dunia

photo via youtube.com (CNN Indonesia)

Siapa sih yang mau ngaku kalau dirinya arogan? Tentu tidak ada seorangpun yang mau mengaku kalau dirinya sombong, angkug dan congak. Begitupun penduduk Indonesia, kita sebagai orang Indonesia tentu tidak merasa memiliki sifat arogan tersebut, namun ternyata penilaian dari warga negara lain justru mengatakan sebaliknya, banyak yang menganggap kalau orang Indonesia memiliki sikap yang arogan. Hal ini tercermin dari banyaknya orang Indonesia yang gampang merendahkan dan menghina orang lain.

Banyak juga orang-orang kaya atau bahkan pejabat yang marah-marah dan sok berkuasa ketika ditegur atau ditilang polisi. Selain itu, konvoi suporter bola yang memenuhi jalanan dan menganggap jalanan adalah milik pribadi sehingga mengganggu pengguna jalan lain juga merupakan bentuk dari arogansi. Jadi nggak heran kenapa orang-orang dari negara lain mencap Indonesia sebagai negara dengan arogansi tinggi.

5. Negara ter-rasis

Deretan Cap Buruk Indonesia Di Mata Dunia

photo via beritagar.id

Istilah “rasis” itu bukan hanya dipakai untuk menjelaskan diskriminasi yang dilakukan kaum kulit putih terhadap kulit hitam? Menurut Oxford English Dictionary, definisi rasisme merujuk pada pemahaman yang menganggap bahwa ras atau suku tertentu lebih superior atas ras atau suku yang lainnya. Dengan kata lain, semua tindakan atau pemikiran yang sifatnya melecehkan ras, etnis, atau suku lain bisa digolongkan sebagai tindakan rasis.

Indonesia yang memiliki banyak suku dan budaya ternyata juga tidak lepas dari rasisme. Seperti yang kita tahu, akhir-akhir ini di Indonesia banyak sekali terjadi kasus rasisme seperti penghinaan agama, penghinaan budaya, diskriminasi atas suku tertentu dan masih banyak lagi yang menyedot perhatian publik bukan hanya Indonesia tapi juga mancanegara. Hal ini membuat Indonesia memiliki cap sebagai negara rasis di mata dunia.

6. Negara yang jorok

Deretan Cap Buruk Indonesia Di Mata Dunia

photo via kompas.com

Salah satu cap buruk Indonesia di mata dunia yang bisa langsung terlihat adalah kejorokkan orang Indonesia. Meskipun tidak semua, namun cukup banyak orang Indonesia yang berprilaku jorok sehingga membuat tumpukan sampah dipinggir jalan tak pernah bisa hilang, meskipun sudah dibersihkan tapi keesokan harinya pasti ada lagi. Cukup banyak juga orang Indonesia yang berprilaku jorok sehingga banyak sungai di Indonesia yang dipenuhi sampah dan akhirnya berbau busuk.

Orang Indonesia suka buang sampah sembarangan, tidak mau berusaha untuk mencari tempat sampah. Bukannya tidak ada tempat sampah, hanya mereka saja yang tidak mau mencari tempat sampah. Bukan hanya masalah sampah, cap jorok pada orang Indonesia juga terjadi karena banyak orang Indonesia yang meludah sembarangan. Bahkan orang Indonesia bisa dengan mudah meludah di tengah jalan padahal saat itu mereka sedang berkendara dan disekitarnya banyak pengendara lain yang mungkin saja bisa terkena ludahannya. Nggak heran kenapa orang Indonesia bisa dicap sebagai negara yang Jorok di mata dunia.

7. Negara yang penduduknya emosian

Deretan Cap Buruk Indonesia Di Mata Dunia

photo via kompas.com

Dikit-dikit bentrok, dikit-dikit tawuran, itulah yang kadang kala sering terjadi pada masyarakat Indonesia. Hal ini terjadi karena masyarakat Indonesia selalu mudah berprasangka buruk pada hal tertentu sehingga menjadi mudah terprovokasi. Nggak heran deh kalau di Indonesia sering terjadi kerusuhan ataupun tawuran dari skala kecil hingga besar.

Ketika terprovokasi, masyarakat akan dengan begitu mudah merendahkan atau menghina kelompok atau bahkan negara lain yang akhirnya menjadi rasisme. Bahkan beberapa orang menganggap masyarakat Indonesia adalah orang yang sangat tidak bisa mengontrol emosi. Bagaimana tidak, ketika keyakinan mereka sedikit tersenggol dan salah satu dari mereka merasa tersinggung, maka seperti yang banyak diberitakan di TV-TV, kerusuhan, tawuran dan main hakim sendiri tak bisa dielakkan. Sikap buruk inilah yang telah mencoreng nama Indonesia di mata dunia.

8. Negara dengan penerbangan terburuk

Deretan Cap Buruk Indonesia Di Mata Dunia

photo via pramugari.co.id

Di tahun 2016 lalu, Airlines Rating mengeluarkan peringkat tahunan pada penerbangan didunia. Dan hasilnya sembilan dari 10 maskapai terburuk di dunia berasal dari Indonesia. Tentu saja hasil tersebut membuat penerbangan di Indonesia di cap buruk oleh mata dunia bahkan mungkin masih hingga sekarang.

Apalagi, dikutip dari moneysmart.id, Skytrax, yang merupakan lembaga penilai industri penerbangan telah merilis daftar maskapai penerbangan terbaik di dunia. Dan hasilnya Garuda yang merupakan maskapai penerbangan terbaik di Indonesia mengalami penurunan peringkat, tahun 2019 ini Garuda Indonesia harus rela turun tiga peringkat dari tahun lalu yang menempati posisi ke-9, itu artinya Garuda menembapi urutan ke 12 maskapai penerbangan terbaik didunia. Terdepak dari 10 besar airlines terbaik, tentu saja sedikit banyaknya mempengaruhi kepercayaan warga luar terhadap penerbangan di Indonesia.

9. Negara yang suka menebang pohon sembarangan

Deretan Cap Buruk Indonesia Di Mata Dunia

photo via wwf.fi

Tak bisa dipungkiri, kebanyakan penduduk Indonesia suka menerima tanpa mau memberi. Salah satunya adalah dengan menebang pohon sembarangan tanpa melakukan penghijauan kembali. Kita selalu mengambil apapun yang kita mau dari alam tapi kita lupa untuk memberikan apa yang alam butuhkan.

Menebang pohon dengan seenaknya tanpa melakukan penghijauan, tentu dapat merugikan alam khususnya hutan yang mana merupakan paru-paru bumi. Apalagi jika tidak mendapat ijin dari pemerintah bisa saja mereka melakukan pelanggaran hukum. Banyak kasus mengenai hal ini dan tentu saja ini kebiasaan buruk orang Indonesia yang telah mendunia.

10. Salah satu negara dengan lalu lintas terburuk di dunia

Deretan Cap Buruk Indonesia Di Mata Dunia

photo via boombastis.com

Guys, pernahkah kalian membandingkan jalanan di Indonesia dengan jalanan yang ada di luar negeri? Sangat berbeda bukan? Jalanan di Indonesia seperti Jakarta misalnya, selalu macet dan padat. Bahkan ada banyak jalanan yang rusak dan berlubang yang membuat pengendara tidak nyaman. Tidak hanya itu, masyarakat Indonesia juga seperti menyepelekan rambu-rambu lalu lintas yang disediakan.

Ada jembatan penyebrang tapi tetap nyeberang jalan sembarangan, ada traffic light tapi tetap dilanggar, sudah jelas-jelas lampu merah masih terus melaju bahkan ngebut. Trotoar bukannya dipakai untuk pejalan kaki tapi dipakai untuk tempat jualan dan parkir. Sudah tau macet, masih aja nggak mau sabar dan malah mencari-cari celah yang justru membuat jalanan semakin macet. Hal seperti inilah yang semakin membuat nama Indonesia terlihat buruk di mata dunia.

11. Salah satu negara penghasil polusi udara tertinggi di dunia

Deretan Cap Buruk Indonesia Di Mata Dunia

photo via elshinta.com

Dikutip dari Merdeka.com, Perwakilan Khusus Sekretaris-Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), Rachel Kyle mengatakan Indonesia sebagai satu dari 3 negara Asia Tenggara dengan tingkat polusi tertinggi selain Vietnam dan Filipina. Nggak heran sih, pasalnya hampir setiap keluarga di Indonesia memiliki kendaraan bermotor baik itu sepeda motor maupun mobil. Bahkan dalam satu keluarga bisa saja memiliki lebih dari 2 motor dan juga lebih dari 1 mobil. Belum lagi ditambah banyaknya pabrik-pabrik yang ada di Indonesa yang pasti ikut andil sebagai penyumbang polusi udara. Asap rokok, asap pembakaran sampah dll juga tak boleh dilupakan sebagai penyumbang aktif polusi udara di Indonesia.

12. Salah satu negara menyumbang polutan air tertinggi di dunia

Deretan Cap Buruk Indonesia Di Mata Dunia

photo via klanews.id

Tak hanya polusi udara, Indonesia juga dicap sebagai negara penyumbang polutan air alias negara yang sering melakukan pencemaran air terbesar didunia. Dikutip dari Jawapos.com, Indonesia telah digolongkan sebagai pencemar laut terbesar kedua di dunia, tepat setelah Tiongkok. Laporan menunjukkan Indonesia memproduksi 187,2 juta ton sampah plastik setiap tahun. Tentu hal ini juga mencoreng nama Indonesia di mata dunia. Bahkan karena hal ini, bisa saja puluhan tahun lagi partikel plastik akan ada dalam makanan laut yang kita konsumsi sebab ikan di laut mengonsumsi plastik yang dilapisi bakteri dan alga.

13. Negara dengan jumlah perokok tertinggi

Deretan Cap Buruk Indonesia Di Mata Dunia

photo via pl.delfi.lt

Sepanjang mata memandang, tak sulit menemukan orang Indonesia yang merokok. Bahkan anggota keluarga kita juga bisa saja salah satu perokok aktif. Yup, nggak heran pasalnya dikutip dari Detik.com, Indonesia kini jadi negara dengan tingkat perokok tertinggi di dunia dan juga merupakan pasar rokok terbesar di dunia pada 2018. Volume penjualan retail rokok di Indonesia mencapai 316,1 miliar batang pada 2018. Volume penjualan rokok di Indonesia ini meningkat 32,8% dibandingkan 2017 sebanyak 238 miliar batang. Lumayan sulit menemukan pria Indonesia yang tidak merokok. Hal ini kian menambah image buruk Indonesia di mata dunia.

Nah itulah berbagai cap buruk Indonesia di mata dunia. Bagaimana menurut kalian guys? Tentu kita sebagai warga negara Indonesia ingin Indonesia berubah menjadi lebih baik. Namun Indonesia tidak akan berubah jika kita, sebagai penduduknya tidak mau bergerak untuk menjadi lebih baik. Dan akan semakin bagus jika kita semua bergerak dan berubah menjadi individu sekaligus warga negara yang lebih baik tanpa perlu menunggu orang lain berubah terlebih dahulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait