Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Secara Alami Dan Cepat



Jerawatan? Mau menghilangkan jerawat dengan cepat dan alami? Sebelum kita bahas caranya, ada baiknya kalian baca penjelasannya dulu ya. Semua orang didunia ini, pasti pernah muncul jerawat di wajahnya. Tak usah khawatir saat jerawat menyerang wajah kalian, sebab jerawat merupakan penyakit ataupun kondisi umum yang bisa terjadi pada siapapun. Jerawat ini terjadi saat pori-pori kulit tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak. Bukan hanya timbul di wajah, namun jerawat bisa muncul di dada, punggung bahu dan leher. Jerawat juga bisa muncul karena faktor keturunan, hormon dan produksi minyak.

Jenis jerawat itu berbeda-beda, untuk itu cara mengatasinya juga berbeda-beda tergantung jenis dan tingkat keparahannya. Maka dari itu, kamu harus mengenali terlebih dahulu jenis-jenis jerawat secara umum sebagai berikut:

  • Whitehead (komedo tertutup)
    Whitehead muncul saat kotoran atau kelebihan minyak (sebum) terjebak di bawah permukaan kulit, sehingga membentuk benjolan putih yang keras.
  • Blackhead (komedo terbuka)
    Blackhead muncul saat pori-pori kulit terbuka, sehingga membuat kotoran dan sebum naik ke permukaan kulit. Warnanya yang kehitaman terjadi karena oksidasi saat udara bereaksi dengan melanin, suatu pigmen yang ada di dalam sebum.
  • Bintil (atau bisul)
    Bintil merupakan luka jerawat yang terbentuk saat kelebihan kotoran dan minyak yang terjebak di bawah kulit, sehingga menyebabkan terjadinya radang, iritasi, bengkak dan kemerahan yang sering kali disertai nanah. Nanah merupakan cairan kental berwarna kekuningan yang terbuat dari leukosit (sel darah putih) dan bakteri yang telah mati. Nanah biasanya muncul untuk merespons adanya radang atau infeksi di jaringan tubuh.
  • Benjolan
    Benjolan merupakan jerawat yang meradang, keras, dan besar yang muncul jauh di dalam kulit.
  • Kista
    Kista merupakan jerawat penuh nanah yang menyakitkan yang terbentuk jauh di dalam kulit dan sering kali bisa menyebabkan bekas luka.

Jika di wajah atau bagian tubuh yang lain timbul jerawat, jangan buru-buru mencari perawatan medis, sebab pengobatan medis kadang bisa menyebabkan kulit kering dan menipis. Coba gunakan perawatan alami untuk menghilangkan jerawat kalian. Walaupun alami namun, pengobatan ini mampu mengatasi jerawat secara cepat dan ampuh. Yuk kita simak cara ampuh menghilangkan jerawat secara alami dan cepat berikut ini :

1. Menggunakan Uap

photo via : uvhero.com

Cara yang pertama untuk menghilangkan jerawat secara alami dan aman adalah dengan menggunakan uap. Uap akan membuka pori-pori yang tertutup sehingga kulit dapat bernafas, sehingga kotoran yang terperangkap didalam pori-pori dapat keluar.

Berikut adalah cara menghilangkan jerawat menggunakan uap:

  1. Isilah sebuah wadah seperti baskom dengan air hangat yang telah dicampur dengan minyak esensial kesukaan kalian, atau jika kalian tidak memiliki minyak esensial, kamu bisa menggantinya dengan teh herbal kering.
  2. Setelah itu, posisikan wajah di atas wadah tersebut agar wajah terkena uap panas dari air tersebut.
  3. Lakukan penguapan selama kurang lebih 10 menit secara teratur.
  4. Sehabis itu, bilas wajah dengan air dingin agar kotoran terlepas dari kulit wajah, dan juga untuk menutup kembali pori-pori yang terbuka.

Lakukan cara diatas secara teratur ya, niscaya jerawat kalian akan sembuh dan wajah kalian akan bersih dari jerawat.

2. Menggunakan Masker Herbal

Cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat selanjutnya adalah dengan menggunakan masker herbal. Masker ini bisa kalian buat sendiri dirumah, karena bahan-bahan dan cara pembuatannya sangat mudah.

Berikut adalah cara menghilangkan jerawat menggunakan masker herbal:

  1. Campurkan 1 sendok makan madu, 1 butir putih telur dan 1 sendok teh jus lemon. Kamu juga bisa menambahkan setengah sendok teh minyak esensial favorit kamu seperti Pepermin, Spearmint, Lavendel, Calendula atau Timi. Setelah itu aduk masker hingga tercampur semua.
  2. Oleskan campuran masker pada wajah dan area leher secara merata. Namun jangan menggunakan masker terlalu tebal agar masker tidak menetes dari wajah atau membutuhkan waktu terlalu lama untuk proses pengeringannya.
  3. Gunakan masker hingga mengering kurang lebih sekitar 15-20 menit.
  4. Setelah kering basuh wajah dengan air hangat, jangan menggunakan media bantu seperti spons atau handuk karena bisa menimbulkan iritasi pada kulit berjerawat kamu. Setelah dibasuh dengan bersih, barulah kamu bisa menggunakan handuk yang terbuat dengan kain katun untuk mengeringkan wajah kamu yang basah. Caranya cukup dengan menepuk-nepuk wajah hingga kering. Sebagai tahap akhir, kamu bisa mengoleskan pelembab nonkomedo pada area wajah kamu.

3. Menggunakan Masker Garam Laut

Garam laut memiliki konsentrasi keasaman yang tinggi sehingga dapat membantu membunuh bakteri, garam laut juga bisa membantu melarutkan minyak berlebih pada wajah. Dengan kasiat dari kandungan di dalam garam tersebut maka garam laut juga merupakan salah satu bahan alami yang bisa kalian gunakan untuk menghilangkan jerawat. Caranya yaitu dengan membuat masker garam laut sebagai obat penghilang jerawat. Kamu bisa membuat sendiri masker garam laut dengan mudah

Berikut adalah cara menghilangkan jerawat dengan masker garam laut:

  1.  Pertama larutkan 1 sendok teh garam laut ke dalam 3 sendok teh air panas lalu tambahkan 1 sendok makan madu, dan aduk hingga tercampur rata.
  2.  Oleskan secara merata campuran masker pada wajah yang telah dibersihkan terlebih dahulu.
  3. Gunakan masker selama maksimal 10 menit, jangan lebih dari 10 menit, sebab garam laut menyerap air dan bisa mengeringkan kulit secara berlebihan jika terlalu lama dibiarkan.
  4. Bilas masker dengan air hangat atau dingin setelah 10 menit, lalu tepuk-tepuk wajah dengan handuk bersih hingga kering.\
  5. Setelah itu gunakan pelembap nonkomedo sebagai sentuhan akhir.

Perlu kamu tahu, kalau penggunaan masker garam laut ini hanya dibolehkan hanya sekali sehari, karena jika terlalu sering diaplikasikan ke wajah, kulit wajah kamu bisa terlalu kering hingga pelembabpun tak dapat membantu.

4. Menggunakan Minyak Alami

Cara yang keempat adalah dengan menggunakan minyak untuk menghilangkan jerawatmu secara alami. Banyak yang berpikir jika minyak selalu berdampak buruk bagi kulit, jadi kita biasanya menggunakan produk pembersih kulit yang mengandung bahan kimia yang justru malah membuat kulit iritasi. Kita lupa bahwa minyak alami pada kulit dihasilkan untuk melindungi, melembapkan, dan menjaga agar kulit tetap sehat. Minyak memiliki kemampuan tidak saja untuk membasmi kotoran dan minyak-minyak yang tidak diinginkan, tetapi juga mencegah pengelupasan kulit yang dihasilkan oleh sabun pembersih.

Berdasarkan prinsip kimia, cara terbaik melarutkan minyak, kotoran, sel-sel kulit mati dan bakteri pada wajah adalah dengan menggunakan minyak lainnya. Namun minyak ini bukan sembarang minyak. Pilihlah minyak alami yang bersifat nonkomedo dan tidak akan menyumbat pori-pori serta memperparah masalah jerawat, seperti minyak zaitun.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menghilangkan jerawat dengan menggunakan minyak alami:

  1. Tambahkan minyak zaitun dengan minyak esensial seperti Rosemary yang antibakteri khusus terhadap area kulit yang terkena jerawat. Setelah itu aduk pembersih minyak kalian.
  2. Oleskan pembersih minyak pada wajah kalian, jangan pernah menggunakan handuk atau spons karena dapat mengakibatkan iritasi.
  3. Lakukan gerakan memutar kecil untuk memijat minyak hingga meresap kedalam kulit. Lakukan selama 2 menit, setelah itu bersihkan wajah dengan handuk hangat.
  4. Karena minyak tidak bisa larut dengan air, maka cara untuk membersihkan wajah juga berbeda dari cara biasanya. Untuk menghilangkan pembersih minyak dari wajah, tempatkan handuk yang telah direndam di air hangat ke wajah kamu dan biarkan selama 20 detik. Bersihkan minyak secara perlahan dan halus, lalu bilas handuk dalam air hangat.
  5. Ulangi langkah ke-4 ini hingga kamu membersihkan seluruh minyak dari wajah kamu.

5. Menggunakan Masker Soda Kue dan Air

Soda kue atau biasa disebut dengan baking soda tidak hanya dipakai sebagai bahan kue saja, kamu juga bisa menggunakannya untuk menghilangkan jerawat pada wajah kamu. Selain jerawat biasa, menggunakan masker soda kue juga bisa menjadi cara menghilangkan jerawat batu secara alami dan cepat. Soda kue memiliki manfaat dapat menjadi penyeimbang pH kulit untuk mencegah jerawat. Tidak hanya penyeimbang, soda kue juga dapat menjadi antiseptik dan anti-inflamasi untuk menyembuhkan jerawat membandel.

Cara menghilangkan jerawat dengan masker soda kude dan air sangatlah mudah seperti berikut ini:

  1. Cukup campurkan 2 sendok makan soda kur dengan air hingga mengental.
  2. Setelah itu aplikasikan masker soda kue secara merata pada wajah yang telah dibersihkan terlebih dahulu.
  3. Tunggu selam 15 menit lalu bersihkan dengan menggunakan air hangat.
  4. Setelah mengaplikasikan masker soda kue, kulit wajah kamu bisa menjadi sedikit kering, oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan pelembab nonkomedo setelahnya.

6. Menggunakan Bawang Putih

photo via : http://lajmi.net

Bawang putih bukan hanya digunakan sebagai bumbu dapur saja loh! namun ternyata bawang putih juga bisa dimanfaatkan sebagai masker penghilang jerawat membandel. Selain itu, bawang putih juga dapat membantu menghilangkan peradangan pada kulit karena bawang putih yang merupakan anti virus, anti jamur, anti oksidan, dan antiseptik sehingga kesehatan kulit akan terus terjaga.

Untuk menggunakan bawang putih, kamu bisa mengaplikasikannya dengan 2 cara:

  1. Cara pertama adalah dengan membaginya menjadi dua lalu gosokan pada jerawat. Ingat ya digosok secara lembut agar tidak menambah luka pada jerawatmu. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.
  2. Sedangkan cara kedua adalah dengan menghaluskannya terlebih dahulu agar terlihat seperti masker. Setelah itu kalian dapat mengaplikasikan masker bawang putih tersebut pada wajah yang telah dibersihkan terlebih dahulu. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat. Mengobati jerawat dengan bahan alami seperti bawang putih sudah pasti dijamin aman.

7. Menggunakan Es Batu

Es batu dapat meningkatkan sirkulasi darah, karena itu kita sering melihat es batu digunakan untuk mengompres orang dengan luka lebam. Sama seperti luka lebam, es batu juga dapat membantu menghilangkan jerawat membandel.

Cara menghilangkan jerawat dengan es batu sangatlah mudah sebagai berikut:

  1. Ambil es batu secukupnya, bungkus dengan kain bersih lalu letakkan pada jerawat membandel selama beberapa detik.
  2. Lakukan secara rutin sampai jerawat terlihat mengempis.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

8. Menggunakan Masker Cuka Sari Apel

Cara ampuh menghilangkan jerawat secara alami dan cepat berikutnya adalah dengan menggunakan masker cuka sari apel. Cuka apel memiliki kandungan asam asetat yang tinggi dan anti mikroba.

Untuk menggunakannya, caranya mudah saja:

  1. Tuang cuka apel pada kapas lalu oleskan pada wajah secara merata.
  2. Diamkan selama 20 menit dan kemudian bilas dengan air hangat.

Ingin hasil yang lebih maksimal? Lakukan sebelum tidur dan biarkan semalaman.

9. Menggunakan Masker Pisang dan Kunyit

photo via : www.organiclifestylemagazine.com

Pisang kaya akan antioksidan, potasium, dan vitamin E. Kandungan tersebut membuat wajah menjadi lebih cerah dan lembap. Lektin yang juga ada pada pisang dapat melawan bakteri penyebab jerawat. Sedangkan pada kunyit terkandung kurkuminoid yang berkhasiat obat bagi wajah yang meradang.

Untuk membuat masker pisang dan kunyit sebagai obat penghilang jerawat caranya cukup mudah:

  1. Pertama haluskan 1 buah pisang, lalu tambahan setengah sdm bubuk kunyit dan setengah sdm soda kue, aduk hingga rata.
  2. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih.
  3. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.
  4. Jangan lupa pakai pelembap usai memakai masker jika dirasa wajah kering.

10. Menggunakan Masker Yogurt dan Madu

Yougurt dan madu memiliki berbagai kandungan yang sangat baik digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan jerawat. Caranya yaitu dengan membuat masker dari campuran yogurt dan madu. Yogurt mengandung bakteri baik, asam laktat, dan asam alfa hidroksi yang dapat membantu menghilangkan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Berikut adalah caranya membuat masker penghilang jerawat menggunakan yogurt dan madu:

  1. Campurkan 1 sdm madu dan 2 sdm yogurt, aduk hingga rata.
  2. Oleskan pada wajah.
  3. Diamkan selama 15 meni.
  4. Bilas dengan air hangat.

 

Ingat ya, bahwa semua langkah dan cara diatas akan mampu menghilangkan jerawat kalian apabila dilakukan secara baik dan teratur.

Nah kalau kamu ingin terbebas selamanya dengan yang namanya jerawat, kamu bisa melakukan pencegahan agar kulitmu tidak terjangkit jerawat secara berulang-ulang. Tentunya kamu gak mau kan kalau wajah yang baru saja sembuh dari jerawat kembali dihinggapi jerawat. Nah untuk itu, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.

 

Tips mencegah jerawat kembali lagi:

1. Berhenti merokok

Bagi kamu yang suka merokok, jika tak ingin memiliki wajah penuh jerawat ada baiknya kamu harus berhenti merokok. Sebab aktifitas merokok bisa menyebabkan suatu kondisi yang bernama jerawat. Jerawat pada orang perokok akan susah dan lama disembuhkan sebab, aktifitas merokok dapat membuat tubuh tidak memberi respons radang untuk menyembuhkan kulit seperti yang dilakukan pada jerawat biasa. Perokok juga berpeluang empat kali lebih besar untuk terserang jerawat tingkat sedang setelah melalui masa remaja, terutama wanita yang berusia antara 25 hingga 50 tahun. Bukan hanya untuk perokok aktif, mereka yang perokok pasif juga rentan terhadap jerawat apabila terlalu sering terkena asap rokok. Bukan hanya jerawat, namun keriput dan tanda penuaan dini pada kulit juga bisa disebabkan oleh rokok, sebab rokok menciptakan radikal bebas, mengganggu produksi kolagen, serta menurunkan protein kulit.

2. Hindari meyentuh wajah secara terus menerus

Wajah adalah bagian yang sering kita sentuh setiap harinya. Namun pastikan tangan kalian bersih saat akan menyentuh wajah. Tangan yang mengandung kotoran dan bakteri bisa menyumbat pori-pori kulit dan membuat jerawat bertambah parah apabila kalian menyentuhnya terus-menerus. Jika kulit kamu mengalami iritasi yang disebabkan oleh jerawat, kamu bisa menggunakan pembersih wajah yang lembut dan bebas minyak setiap hari untuk membersihkan kelebihan kotoran dan menenangkan kulit. Dan yang lebih penting, jangan sekali-kali kamu memencet jerawat sendiri karena beresiko menimbulkan bekas luka dan juga memperluas penyebaran bakteri sehingga jerawat akan turus bertumbuh dikulit kamu.

4. Cucilah wajah secara rutin

Pastikan kamu mencuci wajahmu secara rutin setiap harinya. Lakukan setidaknya dua kali sehari. Satu kali saat kamu baru bangun tidur, untuk membersihkan minyak yang terkumpul pada kulit saat kamu tidur. Dan satu kali sebelum kamu tidur untuk membersihkan minyak yang terkumpul diwajah sepanjang hari. Selain itu, kamu juga perlu mencuci wajah setelah kamu berkeringat.

5. Gunakan cara membersihkan wajah yang tepat

Banyak dari kita yang menggunakan handuk atau spons saat membersihkan wajah, padahal alat yang terbaik untuk membersihkan wajah adalah jari-jari kalian. Apalagi buat kalian yang telah terinfeksi jerawat, makan pemaikan handuk atau spons dapat membuat kulit teriritasi lebih lanjut. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

Gerakan yang tepat untuk membersihkan wajah adalah dengan gerakan memutar yang lemubt agar zat pembersih dapat meresap kedalam kulit dengan sempurna. Lakukan gerakan tersebut kurang lebih sekitar 10 detik. Selain itu, tidak diperkenankan juga untuk mengelupas kulit mati yang mengeras, agar menghindari ikutnya kulit baru terkelupas.

6. Jangan memencet jerawat sembarangan

photo via : /beautyhealthtips.in/

Perlu kalian ketahui bahwa, jerawat sebenarnya berguna untuk memerangkap bakteri yang berbahaya. Maka dari itu, seberapapun parahnya jerawat pada wajah kamu, kamu gak per khawatir. Asalkan kamu mengobatinya dengan cara yang tepat dan jangan sekali-kali untuk menyentuh dan memencet jerawat sembarangan.

Cairan yang keluar dari jerawat yang pecah banyak mengandung bakteri P. acnes. Mungkin kalian senang melihat caran ini keluar dari jerawat kamu yang pecah, namun sesungguhnya kamu hanya menularkan bagian kulit yang sehat terhadap bakteri yang tadinya tersimpan dalam jerawat. Hal ini akan menyebabkan jerawat tersebar, alih-alih menghilang. Memecahkan jerawat juga bisa meninggalkan bekas luka dan bagian kulit dengan warna yang berbeda.

7. Konsumsi banyak sayur dan buah-buahan

Untuk mencagar timbulnya kembali jerawat, kamu harus memperhatikan kandungan serat yang harus kamu makan setiap harinya. Kurangi mengkonsumsi daging yang mengandung hormon dan xat serupa karena bisa membuat hormon kamu tidak seimbang sehingga menyebabkan timbulnya jerawat. Sebaliknya, konsumsi banyak serat, sayuran dan buah-buahan segar. Makanan yang banyak mengandung vitamin A, C, E, dan zinc bisa membantu mengurangi jerawat yang parah karena memiliki kandungan nutrisi yang antiradang.

Tinggalkan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of

Baca Juga

+ VIDEO PILIHAN MORE >