Cara Ampuh Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami



Cara ampuh menghilangkan karang gigi secara alami

Gigimu ada banyak karang giginya? Dengan menggunakan beberapa bahan alami yang bisa kamu temukan dirumah ini bisa membantumu untuk menghilangkan dan juga membersihkan karang gigi yang melekat dan menempel di gigimu. Tentu saja bahan-bahan ini selain mampu membersihkan gigi, juga membuat mulut kita jadi bersih dari bakteri pembuat bau mulut.

Sebetulnya amat disarankan untuk pergi ke dokter gigi apabila terdapat berbagai masalah gigi, termasuk dalam hal perawatan karang gigi. Jika para doketer gigi biasanya menggunakan alat kusus yang digunakan untuk mencongkel ataupun memaksa kotoran-kotoran karang gigi ini untuk diangkat dari daerah gigi. Bagian-bagian tersebut biasanya dapat dilihat dari warnanya yang semakin menguning ataupun adanya bagian-bagian yang keras ppada pinggir ataupun sela-sela gigi kita.

Tentu saja perawatan yang dilakukan oleh para dokter gigi ini bukanlah hal yang bisa menggantikan perwatan gigi yang kita lakukan sehari-hari yakni dengan jalan menggosok gigi kita secara teratur tiap hari. Cara untuk menyikat gigi pun tidak boleh secara asal, kita harus menyikat gigi kita secara teratur dan melakukannya dengan lembut. Selain selalu rajin menyikat gigi dan juga pergi ke dokter gigi untuk membersihkan karang gigi, kamu juga bisa menggunakan beberapa cara dibawah ini untuk menghilangkan karang gigi secara alami.

1. Mencampur Aloe Vera dan Glycerine

Cara menghilangkan karang gigi secara alami - Mencampur Aloe Vera dan Glycerine

photo via : www.organicfacts.net

Lidah buaya merupakan bahan alami yang serba guna dan bisa dimanfaatkan untuk banyak hal. Salah satunya adalah untuk membersihkan plak-plak pada gigi kita? Untuk menggunakannyapun cukup mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan secangkir air, setengah cangkir baking soda, satu sendok teh gel lidah buaya, minyak esensial lemon, dan empat sendok teh gliserin nabati. Setelah semua bahan tercampur, gunakanlah bahan tersebut sebagai pasta gigi saat menggosok gigimu. Niscaya saat bangun pagi, gigimu akan putih cemerlang.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

2. Kulit Jeruk

Cara menghilangkan karang gigi secara alami - Kulit Jeruk

photo via : cewekbanget.grid.id

Cara kedua adalah dengan menggunakan kulit jeruk. Kalo kamu termasuk orang yang suka makan jeruk, sebaiknya kulitnya jangan langsung dibuang. Karena kamu bisa menggunakan kulit jeruk untuk digunakan sebagai pembersih gigi. Caranyapun amatlah mudah, kamuy cukp menggosok-kosongkan kulit jeruk pada gigi kalian, tunggu hingga kering dan lihat saja perbedaannya nanti. Kalau kamu merasa malu melakukan hal ini, kamu bisa menumbuknya dan mencampurkannya dengan pasta gigi dan menggunakan campuran ini untuk menggosok gigi.

3. Makan Banyak Buah dan Sayuran

Cara menghilangkan karang gigi secara alami -

photo via : tribunnews.com

Selain menyehatkan tubuh kita, makan buah dan sayuran ternyata bermanfaat juga untuk membersihkan karang gigi. Kalau kamu suka makan buah dan sayuran tentu saja hal ini akan membantumu untuk menjaga kesehatan tubuh dan gigi. Adapun beberapa buah dan sayuran yang bisa membantumu untuk menjaga kesehatan gigimu adalah apel, seledri, wortel dan paprika. Dengan mengunyah dan makan buah dan sayuran tersebut, akan membantumu untuk memulihkan warna putih dari gigi yang kamu miliki serta membantu menghilangkan karang gigi.

4. Mengunyah Biji Wijen

Cara menghilangkan karang gigi secara alami - Mengunyah biji wijen

photo via : bukalapak.com

Cara ampuh membersihkan karang gigi secara alami selanjutnya adalah dengan mengunyah biji wijen. Cara ini tergolong mudah dan gampang untuk dilakukan. Cukup dengan menggunakan biji wijen saja sebagai bahan pengganti pasta gigi, kamu sudah bisa membuat gigimu terlihat putih dan bersih. Biji Wijen dengan teksturnya yang lembut bisa digunakan sebagai scrub gigi dengan menghilangkan plak dan karang gigi tanpa merusak bagian gigi. Yang perlu kamu lakukan hanyalah dengan jalan mengunyah segenggam biji wijen hingga halus, namun jangan dimakan yah! Ambil sikat gigi yang bersih dan mulailah sikat gigimu degnan menggunakan remahan biji wijen tadi.

5. Menikmati Banyak Buah Ara

Cara menghilangkan karang gigi secara alami - Menikmati Banyak Buah Ara

photo via : www.erabaru.net

Buah Ara adalah buah yang memiliki banyak sekali manfaat didalamnya untuk berbagai pengobatan-pengobatan alaami. Selain untuk pengobatan, buah Ara juga bermanfaat untuk kesehan dan kebersihan gigi kita, karena buah Ara ini memiliki kandungan yang bagus dan mampu untuk melawan bakteri dan hal-hal buruk lainnya di dalam mulut kita yang bisa merusak gigi yang kita miliki. Caranyapun amatlah mudah, karena kamu cukup makan buah ini dalam jumlah yang banyak secara bersamaan yang nantinya otomatis membersihkan gigi gigimu dari plak maupun karang gigi.

6. Pasta Gigi Vitamin C

Cara menghilangkan karang gigi secara alami - Pasta Gigi Vitamin C

photo via : naturallys.net

Cara berikutnya adalah kamu bisa membuat pasta gigi sendiri dari buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti Jeruk, Tomat, Stroberi dan buah-buahan lainnya yang mengandung vitamin C. Kamu cukup mencampurkan semua buah-buahan tersebut hingga kental dan tempelkan pada daerah gigi kita yang ingin kita bersihkan. Biarkan pasta ini menempel pada gigimu setidaknya selama lima menit, lalu bilas dengan air bersih. Selain berguna untuk membersihkan gigi, pasta vitamin C ini juga bisa membuat mulutmu jadi bersih dan sehat bebas dari bakteri yang bisa membuat bau mulut.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

7. Makan Makanan Pedas

Cara menghilangkan karang gigi secara alami - Makan makanan pedas

photo via : www.merdeka.com

Buat kamu yang doyan makan pedas, nah hobi makanan yang kamu makan ini bisa membantumu buat membersihkan gigimu loh. Dan ini bukan hal asal ataupun cuman persepsi saja loh. Cara ini memang alami dan secara tidak langsung juga bakalan membantumu membersihkan gigi milikmu. Teori dibelakang cara ini adalah, saat kamu makan-makanan yang pedas, secara tidak langsung, tubuh terutama yang ada di bagian mulut secara tidak langsung akan berusaha untuk menghasilkan air lius yang lebih banyak. Seperti yang sudah kita ketahui, airl liur, ludah atau saliva kita ini merupakan senjata rahasia yang ada di dialam mulut kita. Saliva mampu mencuci gigi dan membersihkan gigi kita dari hal-hal buruk yang ada.

8. Berkumur dengan Cuka

Cara menghilangkan karang gigi secara alami - Berkumur dengan Cuka

photo via : hellosehat.com

Cara membersihkan karang gigi secara alami berikutnya adalah dengan menggunakan cuka. Bisa dibilang cara ini bukanlah hal yang disukai untuk dilakukan mengingat rasa dari cuka yang tidak enak. Namun cara yang satu ini memang mampu membersihkan gigi secara efektif dan sekaligus tidak membahayakan gigi kita sendiri. Caranyapun cukup mudah, kamu cukup mengambil dua sendok makan cuka, satu sendok makan garam dan air bersih secukupnya. Setelah larutan ini jadi dan tercampur dengan rata, gunakanlah larutan ini untuk berkumur. Lakukan hal ini setiap 2-3 hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun jangan samapai lupa untuk membilas mulutmu setelah berkumur dengan menggunakan larutan ini yah.

9. Cengkeh

Cara menghilangkan karang gigi secara alami - Cengkeh

photo via : hellosehat.com

Untuk bahan alami yang dapat menghilangkan karang gigi selanjutnya adalah cengkeh. Cengkeh sendiri memang telah dikenal di berbagai belahan dunia akan kemampuannya untuk mengobati rasa nyeri untuk kasus sakit gigi selama berabad-abad. Cengkeh sendiri bisa dibilang bahan yang banyak ditemukan di berbagai daerah maupun supermarket-supermarket terdekat. Hal itu dikarenakan bahan yang satu ini merupakan bahan yang biasa digunakan sebagai salah satu bumbu masakan. Caranyapun cukup mudah, yakni kamu cukup mencampurkan cengkeh yang telah dihaluskan dengan air hingga membentuk pasta. Setelah pasta jadi, oleskan pasta ini pada gigi yang bernoda dan biarkan beristirahat beberapa saat, lalu bilas bersih gigimu dengan dengan air bersih.

10. Snack Keju

Cara menghilangkan karang gigi secara alami - Snack Keju

photo via : hellosehat.com

Sambil menyelam minum air, mungkin itulah hal yang tepat tentang yang satu ini, karena buat kamu yang gemar makan keju, ternyata dengan keju yang sudah kamu makan mampu membantumu untuk mengatasi plak-plak yang ada pada gigimu. Hal ini karena keju tua seperti keju Swiss atau Cheddar ini mampu menetralisir asam yang menumpuk pada mulut setelah kita makan. Karena sebenarnya, asam-asam inilah yang merangsang pembentukan plak-plak pada gigi. Oleh kareannya, dengan makan snack keju setelah makan dapat membantumu mengurangi pertumbuhan plak-plak pada gigimu.

Demikianlah berbagai yang bisa membantumu untuk menghilangkan karang gigi secara alami. Ingat, kesehatan mulut dan gigi itu penting lho!

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

Tinggalkan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of

Baca Juga

+ VIDEO PILIHAN MORE >