Cara Membuat Stiker WhatsApp sendiri

2 bulan lalu

Saat ini, sudah tidak dipungkiri lagi jika aplikasi messenger yang sering dipakai oleh orang-orang salah satunya adalah WhatsApp. Meskipun fiturya tidak sekaya yang dimiliki oleh aplikasi messenger yang lainnya, namun aplikasi yang satu ini memiliki keunggulannya tersendiri. Dengan semakin banyaknya pengguna aplikasi ini, tentu saja membuat para pihak pengembang aplikasi messenger ini mulai memberikan fitur-fitur baru untuk aplikasi ini.

Salah satu fitur baru yang bisa kalian coba adalah dengan cara berkirim stiker. Meskipun saat ini sudah ada berbagai stiker dalam aplikasi ini, namun jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya, tentu saja jumlahnya tidak terlalu banyak. Oleh karenanya, WhatsApp memberikan fitur untuk mendambahkan stiker buatan sendiri kedalam aplikasi ini. Dengan fitur stiker yang baru ini, tentu saja kamu bisa memasukkan stiker-stiker buatan mu sendiri seperti menggunakan fotomu sendiri sebagai stiker WhatsApp.

Cara untuk membuat stiker buatanmu sendiripun tidak sulit, namun cara untuk membuatnya juga tidaklah instan. Berikut ini adalah caranya.

1. Persiapan Aplikasi

Untuk membuat stiker WhatsApp sendiri, kamu setidaknya butuh 3 buah foto yang nantinya ingin kamu gunakan sebagai stiker. Lalu kamu juga perlu beberapa aplikasi penunjang untuk membuat stiker tersebut. Untuk membuat stiker WhatsApp sendiri, minimal kamu harus mengunduh aplikasi pihak ketiga yang bernama Personal Stickers for WhatsApp yang nantinya digunakan untuk mengupload gambar sticker buatanmu sendiri ke aplikasi WhatsApp.

2. Persiapan gambar stiker

photo via : play.google.com

Sediakan tiga buah foto yang akan digunakan sebagai stiker nantinya. Kamub bisa menggunakan foto selfie ataupun foto lainnya untuk kamu gunakan sebagai stiker. Kalau kamu menggunakan foto selfie sebagai stiker, tentu saja biasanya fotomu isi backgroundnya juga bukan! Nah, kalau kamu ingin menghapus background dari fotomu, kamu bisa menggunakan berbagai aplikasi editing foto baik yang ada di smartphone milikmu ataupun di komputer atau PC. Tapi kalau kamu belum ada bayangan soal aplikasi yang bisa membantumu menghapus gambar background dari foto selfiemu, kamu bisa juga menggunakan aplikasi Background Eraser. Dengan aplikasi ini kamu tinggal membuka foto dengan menggunakan aplikasi ini lalu tinggal menggunakan beberpa tool yang disedikan oleh aplikasi ini. Mulai dari tool otomatis menghapus background hingga tool manual untuk menghapusnya. Sedikit tips, pastikan kamu menghapus semua background dengan rapi, jadi nantinya stiker foto selfiemu bisa terlihat bagus. Kalau kamu sudah selesai mengedit fotomu, tinggal klik tanda centang yang ada dan nantinya foto-foto tersebut akan otomatis terkonversi menjadi gambar dengan format PNG.

3. Upload stiker

photo via : play.google.com

Setelah selesai menyiapkan foto yang akan digunakan untuk stiker, selanjutnya tinggal mengupload stiker buatanmu tersebut kedalam WhatsApp. Untuk memasukkan stiker ini kamu bisa menggunakan aplikasi yang telah diunduh tadi yakni Personal Sticker For WhatsApp. Caranyapun amat mudah, kalian tinggal buka aplikasinya, lalu tekan add untuk menambahkan stiker dan akhirnya selesai sudah. Stiker buatanmu sendiri sudah bisa kamu gunakan.