Cara Memilih Warna Foundation Yang Cocok Dengan Warna Kulitmu



Foundation merupakan salah satu alat makeup yang sangat penting dan tidak boleh ketinggalan. Foundation ini digunakan selain untuk alas bedak, digunakan juga untuk menutupi kekurangan pada kulit wajah. Foundation sendiri memiliki banyak sekali shade warna, hal ini dikarenakan setiap orang memiliki warna kulit yang berbeda-beda. Kamu harus berhati-hati dalam memilih warna foundation, karena jika salah memilih foundation berefek kurang baik pada wajah kamu. Bukannya kamu terlihat cantik, sebaliknya kamu terlihat aneh. Pernahkah kamu melihat orang dengan dandanan warna wajah dan leher berbeda ? mungkin seperti itulah penampilan jika kamu salah memilih warna foundation. Nha, biar kamu tidak salah memilih, berikut ini cara memilih warna foundation yang cocok dengan warna kulit kamu

 

1. Ketahui Warna Dasar Kulit

Photo via : https://www.ixxxi-jewelry.com

Pertama-tama, kamu harus mengetahui undertone atau warna dasar kulit kamu. Pada dasarnya undertone dibagi menjadi tiga yaitu cool undertones, neutral undertones dan warm undertones. Cara mengetahui undertone kita yaitu dengan melihat pembuluh darah vena yang ada di pergelangan tangan. Cool undertones adalah orang yang memiliki pembulu darah dengan warna ungu muda atau biru tua. Neutral undertones adalah orang yang memiliki pembuluh darah berwarna biru kehijauan. Warm undertones adalah orang yang memiliki pembuluh darah warna hijau atau olive.

 

2. Cobalah Beberapa Shade Foundation Secara Bersamaan

Photo via : http://hudabeauty.com

Setelah kamu mengetahui undertone kamu, cobalah bebrapa shade warna foundation secara bersamaan. Hal ini dilakukan untuk membandingkan shade warna mana yang lebih menyatu dengan kulit kamu. Kamu juga harus tahu, warna yang terlihat di botol akan berbeda jika kamu aplikasikan di kulit. Jadi kamu harus mencobanya secara langsung. Jika kamu ke toko kosmetik, tentunya mereka memiliki tester yang bisa kamu coba. Kamu juga tidak perlu malu untuk mencobanya karena tester yang ada boleh kamu coba sebelum membelinya.

 

3. Cobalah Foundation Di Bagian Rahang

Photo via : http://makeupbymaanavi.blogspot.com

Kebanyakan orang pastinya saat mencoba foundation pasti di punggung tangan kan? Cara ini sebenarnya kurang tepat, karena kulit tangan kita berbeda dengan kulit wajah. Sebaiknya kamu mencoba foundationnya pada rahang bawah atau peher atas. Setelah kamu mengoleskannya, kamu perlu menunggu beberapa menit untuk foundation memblend dengan kulitmu. Jika setelah beberapa menit warna foundation mendekati warna kulitmu, berarti kamu menemukan foundation yang cocok denganmu.

 

4. Cobalah Foundation Di Tempat Yang Terang

Photo via : https://www.beritakawasan.com

Pada saat kamu ingin mencoba foundation carilah tempat yang terang. Biasanya di toko kosmetik tersedia meja rias yang memiliki lampu yang terang natural. Namun ada juga toko kosmetik yang tidak memiliki meja rias, jika seperti itu carilah tempat yang terang untuk mencoba foundation. Jika kamu mencoba di tempat yang pencahayaannya kurang, kemungkinan warna kulitmu akan terlihat lebih gelap atau malah sebaliknya.

 

5. Pilihlah Warna Yang Paling Mirip Dengan Warna Kulit Kamu

Photo via : http://www.harpersbazaar.co.id

Setelah mencoba beberapa shade foundation, pilih saja warna yang paling mendekati dengan kulitmu. Selain itu kamu bisa menyesuaikan dengan gaya make up kamu. Nah, untuk kamu yang suka makeup bergaya korea-korea-an kamu bisa memilih shade yang lebih terang sedikit dari kulit asli kamu. Namun jika kamu ingin bergaya ala American atau Arabian kamu bisa memilih shade yang lebih gelap dari kulit. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

 

6. Tentukan Coverage Yang Tepat

Photo via : https://www.youtube.com

Jenis foundation itu ada banyak sekali mulai dari yang cair hingga yang padat. Ketika kamu memilih foundation, tentunya kamu harus tahu coverage yang kamu inginkan. Jika kamu menginginkan foundation full coverage kamu bisa mencoba menggunakan foundation cair atau krim. Namun, buat kamu yang menggunakan foundation sehari-hari kamu bisa memilih tinted moisturizer atau BB Cream atau CC Cream, dimana bosa meratakan warna kulit dan menghilangkan noda diwajah.

 

7. Sesuaikan Dengan Jenis Kulit Kamu

Photo via : https://hellosehat.com

Ketika kamu sudah menemukan foundation yang cocok dengan warna kulitmu dan harganya cocok. Kamu juga harus menyesuaikan dengan jenis kulit kamu lho. Kebutuhan foundation untuk kulit kering, oily, sensitif dan berjerawat tentunya berbeda. Maka dari itu kamu perlu menyesuaikannya, jika kamu oily skin kamu bisa menggunakan doundation powder, dry skin cocok dengan foundation cair dan foundation gel cocok untuk dry skin atau kulit berjerawat.

Tinggalkan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of

Baca Juga

+ VIDEO PILIHAN MORE >