Cara Mengatasi Sembelit Secara Alami dan Aman

Dibuat oleh blogunik

Sembelit atau susah buang air besar tentunya sangat mengganggu aktifitas kita sehari-hari. Terkadang secara tidak sadar kita sering menyepelekan sembelit ini, padahal jika kita tidak buang air besar terlalu sering hal ini akan membawa masalah dan risiko kesehatan yang cukup besar. Bahkan sembelit bisa dikatakan sudah akut jika berlangsung lebih dari 3 hari. Nah, untuk mengatasi sembelit ini biasanya kita mengkonsumsi obat laksatif berbentuk tablet atau pun gel yang biasanya dijual di apotek. Selain menggunakan obat, kita juga bisa mengatasinya secara alami. Berikut ini cara mengatasi sembelit secara alami dan aman

1. Air Putih

Cara Mengatasi Sembelit Secara Alami - Air Putih

Photo via honestdocs.id

Air Putih adalah salah satu cara mengatasi sembelit secara alami, kurangnya cairan dalam tubuh dapat menyebabkan dehidrasi sehingga dapat memicu sembelit. Maka dari itu mengkonsumsi air putih lebih sering dari biasanya saat susah buang air besar dapat menjadi obat pencahar yang alami. Saat mengalami sembelit, feses yang lewat di usus bergerak lebih lambat inilah yang menyebabkan usus menyerap cairan dari feses lebih banyak. Akibatnya, feses menjadi kering dan padat dan untuk mengatasinya kamu membutuhkan lebih banyak cairan.

2. Air Lemon

Cara Mengatasi Sembelit Secara Alami - Air Lemon

Photo via homeholistichealth.com

Selain air putih, kamu juga bisa mengatasi sembelit dengan mengkonsumsi air lemon. Kandungan pada air lemon ini dapat mengatasi pergerakan di saluran pencernaan, selain itu air lemon ini juga dapat melembutkan feses. Air lemon ini juga mengandung vitamin C dan antioksidan yang baik untuk tubuh.

3. Buah-buahan

Cara Mengatasi Sembelit Secara Alami - Buah-buahan

Photo via tuttogreen.it

Buah-buahan adalah salah satu cara mengatasi sembelit secara alami dan aman. Buah-buahan yang dapat dijadikan sebagai obat pencahar adalah pisang, pir dan apel. Buah-buahan ini mengandung air yang dapat meningkatkan asupan cairan tubuh. Selain itu, buah-buahan ini juga mengandung nutrisi yang penting untuk membantu melancarkan buang air besar. Buah pisang memiliki kandungan tinggi serat dan kalium yang dapat membantu melunakkan feses dan melancarkan saluran pencernaan, Buah apel mengandung pektin dan serat yang dapat merangsang organ perut mengeluarkan feses. Buah pir dapat dikonsumsi sebagai obat pencahar alami untuk meredakan sembelit.

4. Daun Senna

Cara Mengatasi Sembelit Secara Alami - Daun Senna

Photo via indonesian.alibaba.com

Daun Senna adalah tumbuhan yang dapat digunakan untuk mengatasi sembelit secara alami dan aman. Tumbuhan ini menjadi ramuan yang berasal dari beberapa spesies berbungan berbeda dari tanaman Cassia. Daun Senna ini dapat diseduh atau dihaluskan lalu dimasukkan ke dalam obat kapsul.

5. Kopi

Cara Mengatasi Sembelit Secara Alami - Kopi

Photo via thejakartapost.com

Mengkonsumsi kopi merupakan salah satu cara mengatasi sembelit secara alami yang bisa kamu lakukan. Untuk sebagian orang, mengkonsumsi kopi dapat memicu mulas karena mengaktifkan pergerakan otot usus. Mulas inilah yang menjadi sinyal untuk kamu bisa buang air besar. Kopi ini mengandung sedikit serat yang dapat membantu keseimbangan bakteri usus. Namun kopi juga memiliki efek diuretik yaitu membuat kamu lebih sering buang air kecil.

6. Kismis

Cara Mengatasi Sembelit Secara Alami - Kismis

Photo via hellosehat.com

Kismis tidak hanya sebagai bahan isian roti saja, namun kismis juga dapat digunakan sebagai obat pencahar alami. Kismis mengandung asam tartarat yang memiliki efek pencahar, selain itu kismis juga kaya akan kalori, serat, vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh. Serat yang terdapat dalam kismis ini mampu membantu melancarkan pencernaan dengan melunakkan feses.

7. Lidah Buaya

Cara Mengatasi Sembelit Secara Alami - Lidah Buaya

Photo via medicalnewstoday.com

Lidah Buaya tak hanya bermanfaat untuk kecantikan saja, namun juga bisa bermanfaat untuk mengatasi sembelit. Lidah buaya ini bisa kamu olah menjadi jus sebagai obat pencahar alami. Lidah buaya ini dapat membantu meningkatkan asupan cairan tubuh, selain itu tanaman ini juga mengandung antrakuinon yang memiliki efek seperti obat pencahar.

8. Sari Cuka Apel

Cara Mengatasi Sembelit Secara Alami - Sari Cuka Apel

Photo via shopee.co.id

Sari Cuka Apel adalah salag satu obat pencahar alami yang dapat membantu ketidakteraturan usus dalam membuang kotoran di perut. Di dalam sari cuka apel ini mengandung bahan aktif yang bertindak sebagai obat susah buang air alami yaitu kalium, asam malat, asam asetat, kalsium dan pektin.

9. Suplemen psyllium

Cara Mengatasi Sembelit Secara Alami - Suplemen psyllium

Photo via medicalnewstoday.com

Suplemen psyllium adalah salah satu pencahar herbal yang dapat mengatasi sembelit secara alami dan aman. Psyllium ini dapat digunakan untuk mengobati sembelit kronis dan dapat dikombinasikan dengan obat pencahar lainnya.

10. Teh Hitam dan Teh Hijau

Cara Mengatasi Sembelit Secara Alami - Teh Hitam dan Teh Hijau

Photo via darka-shop.cz

Tak hanya kopi, teh hitam dan teh hijau juga bisa digunakan untuk mengatasi sembelit secara alami. Teh hitam dan teh hijau ini mengandung kafein yang dapat dijadikan sebagai obat pencahar alami. Teh hitam dan teh hijau ini dapat kamu konsumsi di pagi hari agar lebih cepat merasakan dorongan untuk segera buang air besar.

11. Teh Herbal

Cara Mengatasi Sembelit Secara Alami - Teh Herbal

Photo via publicdomainpictures.net

Teh Herbal adalah salah satu minuman yang bisa digunakan untuk mengatasi sembelit. Kamu bisa menggunakan peppermint, dandelion dan jahe sebagai pengganti teh celup. Peppermint mengandung menthol yang bisa memperlancar feses, dandelion dapat merangsang hati untuk menghasilkan cairan empedu yang mampu meredakan gejala sembelit. Sedangkan jahe berkhasiat tidak berbeda jauh dengan dandelion.

Nah, itulah cara mengatasi sembelit secara alami dan aman yang bisa kamu lakukan jika kamu tidak ingin mengkonsumsi obat-obatan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.