Cara Mengetahui Ciri-Ciri Orang Berjiwa Psikopat Agar Kamu Terhindar Dari Jerat Cinta Mereka

5 bulan lalu

Apa yang ada dalam benak kalian jika mendengar kata “Psikopat”? Pastinya hal-hal yang mengerikan dan berbau kekerasan hingga pembunuhan bukan? Sampai-sampai kita selalu berdoa agar diajuhkan dengan orang-orang yang memiliki jiwa Psikopat.

Namun didunia ini termasuk Indonesia, ada banyak orang-orang yang memiliki jiwa psikopat namun tertutupi dengan sifat yang menyenangkan, paras rupawan dan terlihat baik dan polos, sehingga kita terkelabui dengan kamuflase yang mereka lakukan.

Psikopat sendiri merupakan kondisi psikologis serius yang tercakup ke dalam gangguan kepribadian antisosial. Psikopat secara harfiah juga bisa disimpulkan orang yang sakit jiwa. Pengidapnya juga sering disebut sebagai sosiopat, karena perilakunya yang antisosial dan merugikan orang-orang terdekatnya. Perilaku kasar adalah salah satu tanda dari sakit jiwa atau psikopat (psyche berarti jiwa dan pathos berarti penyakit). Psikopat tidak sama dengan gila, karena seorang psikopat tidak hilang ingatan. Mereka sadar sepenuhnya atas apa yang dilakukannya.

Nah bagaimana jadinya kalau kita memiliki pasangan seorang psikopat? Pastinya sangat mengerikan bukan? Tapi mendeteksi seseorang berjiwa psikopat atau tidak bukanlah perkara mudah, pasalnya seorang psikopat pandai menyembunyikan jati diri mereka dibalik wajah dan perilaku yang menyenangkan. Tapi kalian gak usah khawatir, sebab kali ini Blog Unik akan membagikan beberapa tips ataupun cara untuk mengenali tanda-tanda orang yang memiliki mental psikopat. Setidaknya kamu tidak salah pilih dalam menentukan pasangan dan dapat melepaskan diri sedini mungkin sebelum kamu tersakiti lebih jauh lagi. Berikut ulasannya.

 

1. Hati-hatilah dengan seseorang yang memiliki daya tarik yang sangat menawan

photo via : www.wowmenariknya.com

Tak bisa dipungkiri jika kebanyakan orang akan cepat luluh ataupun terpesona dengan orang-orang yang berwajah rupawan, pintar bersilat lidah, dan menghibur. Namun sebaiknya kamu harus berhati-hati dengan tipe orang seperti itu, sebab tak menutup kemungkinan jika mereka memiliki jiwa psikopat yang tertutupi dengan tampilan luarnya yang menawan. Memang tidak semua psikopat berwajah tampan atau cantik. Namun pada umumnya psikopat berpenampilan menarik dan sikapnya menyenangkan. Psikopat menggunakan pesonanya untuk memanipulasi dan menutupi sifat asli mereka. Dia pandai menghibur dan menyenangkan hati kamu, dia selalu ada saat kamu membutuhkan, sehingga kamu merasa tertarik kepadanya. Sebaiknya kamu harus mengenal dan meneliti terlebih dahulu latar belakang seseorang sebelum kamu menjalin hubungan dekat dengannya. Biasanya psikopat memiliki trauma masa lalu atau dibesarkan dengan cara yang salah.

2. Waspadai orang-orang yang bersifat posesif berlebihan

Cemburu tanda cinta..yup awalnya pasti kamu senang saat pacar kamu merasa cemburu saat kamu terlihat dekat dengan orang lain. Karena itu tandanya ia sangat mencintai kamu. Namun kamu akan berbalik kesal saat kadar kecemburuan pacar kamu sudah berlebihan hingga menjadi posesif. Seorang psikopat memiliki kecemburuan yang melewati batas, dia selalu curiga tanpa bukti, bahkan dia akan curiga dan membenci setiap lawan jenis yang ada di dekat kamu selain itu dia juga akan marah besar saat kamu pulang terlambat barang semenitpun. Jika itu yang terjadi pada pasangan kalian, maka kalian harus berhati-hati, siapa tau pasangan kalian memiliki mental psikopat.

3. Menginginkan hubungan serius dalam waktu singkat

Guys, sebaiknya kamu lebih berhati-hati dengan orang yang baru kalian kenal namun menginginkan hubungan serius padahal kalian baru kenal sekitar 2 bulanan. Seorang psikopat biasanya bertindak dengan cepat. Mereka akan segera meminta kamu menjadi pacarnya atau bahkan melamar kamu. Itu karena seorang psikopat merasa lebih bebas memperlakukan korbannya sesuka hati dalam status pacaran atau menikah. Status sebagai pacar atau suami istri dianggap sebagai pengesahan bahwa kamu hanya miliknya dan dia berhak sepenuhnya atas diri kamu. Walaupun kamu nyaman dan menyukainya namun sebaiknya kamu selidiki dulu latar berlakangnya sebelum menerima dirinya menjadi bagian hidup kamu. Jangan langsung termakan bujuk dan rayuannya kalau kamu gak mau tersiksa setelahnya.

4. Perhatikan apakah teman dekat atau pacar kamu sering melanggar privacy kamu atau enggak?

Seorang psikopat akan terus memantau targetnya. Nah jika pacar kamu selalu ingin tau kamu ada dimana, dan sedang apa dan pertanyaan tersebut terus menerus dipertanyakan dalam waktu singkat, maka kamua harus mulai waspada. Selain itu mereka juga akan memeriksa isi tas kamu, isi handphone, hingga isi dimpet kalian. Dan lebih parahnya lagi seorang psikopat bisa memaksa kalian untuk memberikan mereka password media sosial dan E-Mail kamu kepadanya. Mereka akan membaca semua chat kamu dengan siapapun hingga tak ada privacy sama sekali yang kamu rasakan.

5. Melarang kamu bergaul

Jika kamu memiliki pasangan yang selalu melarang kamu bergaul dengan teman-teman tanpa ada alasan yang jelas dan sering tak masuk akal, maka kamu harus mulai waspada dan hati-hati. Pasalnya seorang psikopat akan menilai semua teman kamu adalah pembawa pengaruh buruk bagi kamu. Menurutnya, kamu sudah cukup hidup bersamanya tanpa perlu siapa pun lagi. Bahkan orang psikopat tak segan akan mengganggu teman-teman kamu hingga kamu merasa tidak nyaman.

6. Menjauhkan kamu dari keluarga

Selain melarang kamu bergaul, seorang psikopat juga akan berusaha untuk menjauhkan kamu dari keluarga. Dia pandai mempengaruhi kamu sehingga kamu merasa bahwa dirinya lebih penting daripada keluarga kamu sendiri. Hasilnya kamu bisa sering terlibat konflik dengan keluarga kamu karena kamu mulai suka melawan keluarga bahkan kamu bisa menjadi orang asing bagi keluarga kamu sendiri.

7. Tidak welcome dan selalu negative thinking dengan orang lain

Seorang psikopat selalu menganggap orang baru atau orang asing adalah musuh. Mereka cenderung curiga dan menganggap orang baru adalah sebuah ancaman. Dia selalu merasa orang-orang ingin berbuat jahat padanya dan selalu negative thinking pada orang-orang baru. Jadi tak heran jika mereka selalu melarang korbannya untuk bergaul dengan orang-orang baru. Dab itulah sebabnya kenapa seorang psikopat biasanya antisosial.

8. Merasa selalu benar

Psikopat selalu merasa benar. Tak peduli seberapa besar kesalahan yang ia perbuat, dirinya akan selalu merasa benar. Dia akan marah jika orang lain mengatakan dia salah. Selain itu, psikopat juga merupakan orang-orang sombong yang percaya kalau dirinya adalah manusia yang unggul. Mereka merupakan seseorang yang memiliki pandangan yang terlalu tinggi akan kemampuan dan harga dirinya, percaya diri, sombong dan pembual.

9. Senang membual dan menceritakan masa lalu

Salah satu yang tanda jika pasangan kamu berjiwa psikopat adalah di selalu menganggap dirinya hebat. Semua cerita yang ia sampaikan kepada kalian terlalu hiperbola atau terkesan dilebih-lebihkan dan tidak konsisten. Dia selalu bercerita tentang kesuksesaannya walaupun telah terjadi di masa lalu ataupun kisah dari pengalaman seseorang yang ia klaim sebagai kisah hidupnya.

10. Sulit mengendalikan diri

Tanda berikutnya jika pasangan kalian bermental psikopat adalah sulit mengendalikan amarah dan mudah melakukan kekerasan. Hal ini dikarenakan seorang psikopat tidak memiliki rasa sesal dan tidak berpikir panjang untuk menimbang baik-buruknya tindakan yang akan mereka lakukan. Mereka mudah terpicu amarahnya dengan hal-hal kecil. Mereka bereaksi negatif terhadap kekecewaan, kegagalan, dan kritik. Mereka mudah menyerang orang hanya karena hal-hal sepele. Mereka gemar menantang nyali dan perkelahian.

11. Melakukan Kekerasan Verbal dan Fisik

photo via : http://www.cantik.co.id/

Jika mengendalikan diri saja seorang psikopat kesulitan, sudah bisa dipastikan jika mereka tidak akan segan melakukan kekerasan baik secara verbal maupun fisik. Kekerasan verbal meliputi penghinaan dengan kata-kata seperti mengatai kamu dengan kata-kata kotor, sebutan binatang, dan memanggil kamu dengan sebutan yang tidak sopan. Kekerasan fisik mulai dari mencubit, menampar, memukul, menendang, mengikat, mengurung, bahkan menggunakan senjata tajam untuk menyakiti kamu.

12. Selalu mengulang kesalahan yang sama

Hati-hatilah dengan seorang psikopat, karena sekali saja kamu masuk dalam jeratnya makan akan sulit untuk melarikan diri. Walaupun mereka telah banyak melakukan kesalahan namun kamu selalu bisa untuk memaafkannya. Itu karena psikopat memiliki kemampuan merayu korban demi mendapatbelas kasihan. Dia akan meminta maaf hingga menangis setelah melakukan kesalahan atau hal-hal buruk pada kamu. Namun setelah kamu maafkan, mereka akan melakukan kesalahan yang sama di lain waktu. Seorang psikopat juga sering menunjukkkan emosi dramatis seperti ingin bunuh diri ketika kamu meninggalkannya. Jika hal tersebut terjadi, kamu bisa mengatakan padanya bahwa kamu tidak bertanggung jawab atas tindakannya. Jangan biarkan ia mengendalikan dirimu. Jika ada sesuatu yang mulai mengancam dirimu segera hubungi layanan darurat.

13. Memperlakukan seseorang sebagai orang murahan

Salah satu tanda psikopat yang sering kita lihat di film-film adalah mereka memperlakukan seseorang khususnya seorang wanita seperti orang murahan. Dia akan memaksa korbannya untuk melakukan apa yang ia mau, termasuk hubungan intim, tidak peduli jika korbannya tidak mengiginkannya. Mereka melakukannya sebatas untuk menuntaskan kepuasan semata dan bukan karena landasan cinta.

14. Seorang psikopat tak tahan rasa bosan

Psikopat sering kali memiliki kedisiplinan yang rendah dalam menjalankan tugasnya hingga selesai, karena mereka mudah bosan. Mereka tidak akan bisa bekerja dalam pekerjaan yang sama untuk waktu yang lama atau tugas-tugas yang mereka anggap membosankan atau rutin.

15. Tidak punya empati

Jika kalian ingin dekat dengan seseorang ataupun telah memiliki kekasih, kalian perli memperhatikan cara mereka memperlakukan binatang. Sebab jika mereka kasar terhadap binatang tak menutup kemungkinan mereka juga akan kasar terhada sesama manusia. Kamu juga bisa melihat melihat caranya memperlakukan pengemis dan orang-orang yang mendapat musibah. Psikopat tidak memiliki kepedulian atau empati untuk menolong.

16. Hidup bagai parasit

Ciri-ciri psikopat lain adalah memiliki ketergantungan yang disengaja pada orang lain, misalnya dalam hal uang. Dia sering memanfaatkan orang lain untuk kesenangannya. Sedikit demi sedikit dia akan menghabiskan uang kamu dengan cara meminta baik-baik hingga memaksa. Dia akan mengambil apa saja milik kamu yang berharga, bahkan dengan cara kekerasan.

17. Banyak berbohong

Psikopat tidak pernah bisa jujur terhadap pasangannya sendiri apalagi dengan orang lain. Bisa dalam skala sedang atau parah. Dalam skala sedang mereka akan menjadi cerdik, lihai, mahir, licik, dan pandai. Dalam skala parah mereka akan menipu, curang, tidak bermoral, manipulatif, dan tidak jujur.

18. Tidak mampu mencintai

Psikopat sangat egomaniak hingga ke titik yang sulit bagi orang normal untuk memahaminya. Mereka sangat mementingkan diri sendiri dan hal itu tidak dapat diubah, sehingga membuat mereka benar-benar tidak mampu mencintai orang lain, termasuk orangtua, pasangan, dan anak-anak mereka sendiri. Satu-satunya perlakuan baik yang diperlihatkan oleh psikopat adalah ketika hal itu dapat digunakan sebagai keuntungan mereka atau memudahkan rencana dan tujuan mereka.

 

Cara melindungi diri dari pacar/pasangan/kekasih yang suka bertindak kasar dan cenderung psikopat

Nah setelah kamu tahu ciri-ciri seseorang memiliki gangguan mental seperti psikopat, Berikut BlogUnik bagikan cara melindungi diri dari pasangan ataupun kekasih yang berjiwa psikopat agar kalian tak menjadi korbannya.

1. Jika pasangan kalian memiliki tanda-tanda seperti di atas, maka kamu perlu melakukan tindakan dengan mengakhiri hubungan dengannya. Jika mereka mengancam akan bunuh diri segera telepon layanan darurat jika ia terkesan benar-benar ingin menyakiti diri sendiri.

2. Terapkan batasan secara konsisten jika ancaman bunuh diri digunakan untuk mengendalikan kamu atau sudah berkali-kali ia melakukan hal tersebut. Katakan pada dirinya jika kamu tak bertanggung jawab atas tindakannya. Dan jangan biarkan dia mengendalikan dirimu dengan ancaman-ancaman berbahaya uang ia gunakan.

3. Ingatlah bahwa psikopat biasanya terkesan ramah dan menarik pada awalnya. Selama beberapa minggu pertama, ia berpura-pura baik sampai akhirnya kamu menyadari ada sesuatu yang tidak beres dengannya. Jika kamu merasa tidak nyaman saat bertemu dengannya, putuskan hubungan jika interaksi dengannya membuat kalian merasa takut.

photo via : www.brilio.net

4. Seorang psikopat akan bersikap baik saat kamu menolongnya, namun saat kamu menolak permintaannya dan tidak bosa membantunya ia akan marah dan tiba-tiba bertindak agresif pada kamu dan membuatmu ketakutan. Walaupun belum kamu mengalami ketakutan saat menghadapinya. Namun ada baiknya kamu mendengarkan kata hati dan mengingat-ingat, apakah ia selalu menyalahkan kamu atas masalah yang menimpanya, sering melakukan kebohongan saat bersama kamu, sering memanfaatkan kamu, tiba-tiba bersikap agresif atau tidak peduli pada kesehatan fisik dan mental. Jika hal tersebut terjadi segera putuskan hubungan dengannya dan terapkan batasan yang membuat kamu merasa aman secara fisik, mental dan finansial.

5. Cara terbaik menghadapi psikopat adalah menjauhkan diri darinya dan hal-hal yang berkaitan dengannya. Putuskan hubungan dan jangan berkomunikasi lagi dengannya. Meskipun terkesan kurang baik, inilah cara terbaik untuk menjaga kesehatan fisik dan mentalmu. Memutuskan hubungan bukan hal mudah, tetapi pertahankan pendirian dan jangan menyalahkan diri sendiri. Sadari bahwa kamu mengambil keputusan ini untuk memproteksi diri, bukan mengabaikannya.

6. Buatlah rencana untuk memproteksi diri jika ia cenderung melakukan tindak kekerasan. Jika kamu tinggal serumah dengannya, mintalah anggota keluarga atau teman baik membantu kamu membebaskan diri dari masalah ini dengan cara yang aman.

7. Mintalah surat perintah penahanan jika kamu merasa tidak aman. Tergantung aturan yang berlaku, temui petugas yang berwenang mengeluarkan surat perintah penahanan sebagai proteksi dalam kondisi darurat.

Baca Juga